Beli Mobil atau Rumah Dulu, Mana yang Lebih Baik?

beli mobil atau rumah

Beli mobil atau rumah adalah pertanyaan yang sering muncul dalam menentukan prioritas keuangan. Keduanya sama-sama berharga tinggi. Enaknya bisa punya rumah dan mobil sekaligus. Sayang, itu baru sebatas angan. 

Mimpi itu kepentok realita kalau dihadapkan pada dana yang terbatas. Nah, jika kamu punya uang yang hanya seharga satu mobil atau satu tunai, kira-kira mau mana yang lebih baik diprioritaskan? 

Beli mobil dulu

Beli mobil dulu bisa jadi pilihan sebagian orang yang membutuhkan kendaraan pribadi agar bisa menjangkau kantor dengan lebih nyaman. 

Kemudian, mobil juga bisa dimanfaatkan untuk menambah profesi seperti dijadikan disewakan, digunakan untuk usaha atau sebagai driver online. Artinya, mobil bisa jadi aset yang menghasilkan.

Kalau dari segi status sosial, pasti naik dong. Bagaimana pun punya mobil itu berdampak langsung sama kasta sosial seseorang.

Prioritas beli mobil mungkin karena membutuhkan alat transportasi yang layak dan nyaman. Ketika membutuhkan mobil sebagai alat transportasi, maka itu bisa jadi ‘kebutuhan’. Bisa saja mobil jadi motivasi untuk meningkatkan kinerja di kantor. Atau bisa juga sebagai ‘imbalan’ telah bekerja keras selama ini.

Bila mengacu pada latar belakang ini, sah-sah saja membelanjakan uang untuk beli mobil. Tinggal keputusannya mau beli seken atau baru. Di samping itu, merek dan jenis kendaraan juga berpengaruh terhadap harga.

Misalnya kamu punya uang Rp100 juta. Dengan dana Rp100 juta, kamu bisa dapat mobil murah baru

Sedangkan kalau beli mobil seken, paling banter dapat tahun yang sedikit tua. Misalnya Toyota Avanza tahun 2008 atau Daihatsu Xenia tahun 2010.

Apa pun opsinya, entah mau beli tunai tapi seken atau kredit mobil baru, tetap perhatikan biaya harian yang dikeluarkan. Sebut saja perawatan servis dan bahan bakar yang nilainya enggak murah.

Tak ketinggalan juga, nilai investasi kendaraan menurun karena barang bergerak. Biasanya penyusutannya mulai dari 5-10 persen per tahun.

Temukan pilihan perlindungan finansial dari asuransi mobil supaya kamu tidak perlu lagi khawatir dengan mahalnya biaya perawatan dan perbaikan kerusakan mobil di bengkel. Dengan jaminan finansial dari asuransi mobil, dana tabungan dan investasimu jadi aman.

Beli rumah dulu

Sebagian lagi mungkin berpendapat, rumahlah yang lebih penting untuk didahulukan pembeliannya. Pasalnya, harga rumah akan terus meningkat bahkan sering melampaui laju inflasi. Menunda pembelian akan membuat seseorang semakin sulit memiliki rumah di kemudian hari.

Tinggal niatnya apa dulu. Rumah jadi tempat tinggal atau sebagai sarana investasi.  

Alasannya sangat kuat mengingat rumah adalah kebutuhan primer. Apa mau selamanya tinggal di rumah kontrakan atau nebeng di rumah mertua?

Asuransi Mobil Lifepal Desktop
Asuransi Mobil Lifepal Mobile

Yang tak kalah penting juga, membeli rumah juga bagian dari investasi karena nilainya yang terus naik seiring perjalanan waktu.

Artinya, beli rumah juga bagian dari strategi investasi. Bisa saja rumah itu tak ditinggali tapi disewakan ke orang lain. Alhasil, akan ada pemasukan tambahan. Hanya perlu diingat, berinvestasi pada rumah juga didasarkan pada tujuan keuangan.

Berikutnya tinggal dipertimbangkan konsekuensinya. Misalnya biaya renovasi dan perawatan rumah. Termasuk juga pajak, biaya listrik, biaya lingkungan sosial, dan sebagainya. Apakah penghasilan bulanan sanggup menutupi pengeluaran tambahan tersebut.

Pertimbangan sebelum beli mobil atau rumah

Sebelum menjatuhkan pilihan untuk beli rumah atau mobil dulu, ada beberapa hal yang bisa kamu pertimbangkan. Hal ini menyangkut kemampuan dan kebutuhan kamu. 

Berikut ini beberapa pertimbangan yang dimaksud: 

Kondisi keuangan 

Baik mobil maupun rumah harganya sama-sama berharga mahal. Misalnya untuk jenis mobil multipurpose low vehicle (MPV) rata-rata harganya sudah di atas Rp170 juta per unit. Bahkan untuk jenis mobil umat berkapasitas 7 seat, harganya bisa di atas Rp200 juta.

Begitupun dengan rumah, di mana harga di kota besar seperti Jabodetabek sudah sangat tinggi. Satu unitnya bisa mencapai Rp300 juta hingga miliaran rupiah. Jadi pertimbangkan dengan bijak, dengan uang yang kamu punya sekarang, pastikan ada sisa yang bisa digunakan sebagai dana darurat atau tabungan. 

Pertimbangkan kebutuhan

Tentu saja tak ada yang benar rumah atau mobil yang lebih dulu dibeli. Sebab ini akan tergantung pada kebutuhan kamu yang sebenarnya. Artinya, kalau kamu tidak membeli salah satunya atau menundanya, maka akan berdampak buruk bagi kamu. 

Misalnya, untuk kamu yang memiliki keahlian menyetir lalu ingin beralih profesi menjadi driver online, maka membeli mobil dulu bisa jadi hal utama.  

Pastikan nilai guna untuk jangka panjang

Hal berikutnya yang harus kamu pikirkan sebelum memutuskan untuk membeli rumah atau mobil dulu yaitu manfaatnya. Usahakan pilihanmu dijatuhkan pada yang paling memberikan manfaat untuk jangka panjang. 

Kamu yang sudah berkeluarga dan berencana memiliki anak atau malah sudah memiliki anak tetapi masih tinggal di rumah orang tua, tentu akan lebih membutuhkan rumah dulu.  

Kenaikan harga di masa depan 

Mobil atau rumah keduanya memiliki nilai investasi di masa depan. Kamu bisa membeli mobil untuk digunakan sebagai driver online. Begitupun rumah yang bisa disewakan saat tidak digunakan. 

Tetapi ingat, keduanya memiliki nilai yang bisa semakin tinggi atau rendah seiring berjalannya waktu. Sama-sama menjadi aset kekayaan, tetapi rumah menjadi investasi yang menjanjikan dalam jangka panjang dibanding kendaraan. Tetapi saat proses penjualannya rumah akan lebih lama ketimbang jual mobil.

Gunakan opsi lain 

Memang memiliki segala sesuatu secara tunai memberikan ketenangan. Tetapi, kalau sampai uangmu benar-benar habis hanya untuk beli satu unit mobil atau rumah, maka tentu itu bukan pilihan yang bijak. 

Rawat Inap Desktop Lifepal
Rawat Inap Promo Lifepal Mobile

Tak ada salahnya kalau kamu ingin membeli mobil ataupun rumah dengan memanfaatkan fasilitas kredit bank seperti kredit pemilikan rumah (KPR) dan kredit kendaraan bermotor (KKB).

Uangnya bisa kamu pakai untuk membayar uang muka yang lebih besar dari ketetapan, lalu sisanya bisa kamu investasikan. 

Kalau masih bingung jenis investasi apa yang cocok untukmu, maka bisa gunakan kalkulator profil risiko investasi dari Lifepal ini.

Kalau memutuskan membeli mobil, dapatkan rekomendasinya dari kuis berikut ini

Sudahkah memutuskan untuk membeli mobil tipe apa atau masih mencari-cari pilihan mana yang cocok? Temukan rekomendasi mobil yang cocok dengan ikuti kuis di bawah ini.

Dapatkan juga pilihan asuransi mobil yang tepat dengan mengikuti kuis berikut ini.

Buat kamu yang mau tahu lebih banyak tentang asuransi mobil? Lihat pertanyaan populer seputar asuransi di Tanya Lifepal

Pertanyaan seputar usaha sewa motor 

Lebih baik beli mobil atau rumah dulu?

Mana lebih baik, rumah atau mobil dulu? Jawabannya tergantung kebutuhan dan keuangan. Jadi pertimbangkan dengan bijak, dengan uang yang kamu punya sekarang, pastikan ada sisa yang bisa digunakan sebagai dana darurat atau tabungan.

Untuk penjelasannya, kamu bisa baca selengkapnya di artikel ini.

Asuransi apa yang menanggung biaya perbaikan kendaraan?

Untuk menanggung biaya servis dan perbaikan mobil, kamu bisa memanfaatkan asuransi mobil. Asuransi mobil akan menjaminmu dari mahalnya biaya perbaikan dan servis mobil sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan uang terlalu banyak.

Mana lebih baik, rumah atau mobil dulu? Jawabannya tergantung kebutuhan dan keuangan. Jadi pertimbangkan dengan bijak, dengan uang yang kamu punya sekarang, pastikan ada sisa yang bisa digunakan sebagai dana darurat atau tabungan.

Untuk penjelasannya, kamu bisa baca selengkapnya di artikel ini.

Untuk menanggung biaya servis dan perbaikan mobil, kamu bisa memanfaatkan asuransi mobil. Asuransi mobil akan menjaminmu dari mahalnya biaya perbaikan dan servis mobil sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan uang terlalu banyak.