Jangan Salah Pilih, Kenali Jenis Asuransi Mobil dan Manfaatnya

jenis asuransi mobil - Lifepal

Memahami jenis asuransi mobil sangat penting sebelum kamu memutuskan untuk membeli polis asuransi untuk kendaraan kesayanganmu. Secara umum, ada dua jenis asuransi kendaraan yaitu All Risk yang meng-cover segala jenis kerusakan baik parsial maupun total, dan jenis TLO yang hanya meng-cover risiko total saja.

Melindungi kendaraan dengan asuransi mobil merupakan langkah cerdas untuk mengurangi risiko finansial yang diakibatkan oleh kerusakan kendaraan seperti baret, lecet, penyok hingga kerusakan total dan kehilangan. Dengan adanya asuransi mobil, kamu bisa mengalihkan risiko mahalnya biaya perbaikan kendaraan di bengkel akibat kecelakaan ke perusahaan asuransi. 

Dalam artikel ini, kita akan membahas secara lengkap jenis-jenis asuransi mobil serta manfaatnya sehingga kamu bisa memilih jenis asuransi kendaraan yang tepat. 

Jenis-Jenis Asuransi Mobil

Berikut ini adalah macam-macam asuransi mobil yang perlu kamu ketahui. 

1. Asuransi mobil All Risk

Jenis asuransi mobil All Risk memberikan perlindungan menyeluruh dari berbagai risiko yang menimpa kendaraan, baik parsial seperti baret, lecet dan penyok hingga total seperti kerusakan parah dan kehilangan. Oleh karena perlindungannya yang menyeluruh, jenis asuransi All Risk disebut juga sebagai asuransi comprehensive

Umumnya jenis asuransi kendaraan All Risk harga preminya lebih mahal ketimbang TLO mengingat manfaat perlindungannya yang luas. Namun, jenis asuransi ini tetap banyak dipilih, khususnya bagi pemilik mobil yang ingin memaksimalkan perlindungan kendaraannya. 

2. Asuransi TLO

Jenis asuransi mobil Total Loss Only (TLO) adalah jenis asuransi kendaraan yang memberikan perlindungan terhadap risiko kerusakan total atau kehilangan saja. Dalam asuransi TLO, yang dimaksud kerusakan total adalah kerusakan yang biaya perbaikannya lebih dari 75% dari harga mobil sesaat sebelum terjadinya risiko. 

Misalnya biaya perbaikan kendaraan akibat kecelakaan ditaksir sebesar Rp190 juta, sedangkan harga mobilnya masih sekitar Rp250 juta. Maka risiko tersebut sudah bisa dialihkan ke perusahaan asuransi mengingat biaya perbaikannya lebih dari 75%. Jika kurang, maka klaim asuransi mobil TLO kamu tidak akan diterima. 

3. Asuransi Kombinasi 

Asuransi kombinasi merupakan asuransi yang menggabungkan antara manfaat perlindungan dari All Risk dan TLO. Biasanya skema asuransi mobil kombinasi diterapkan pada kendaraan yang baru dibeli menggunakan fasilitas kredit. 

Meskipun namanya kombinasi, tetapi dalam praktiknya jenis asuransi All Risk dan TLO akan digunakan terpisah. Misalnya pada tahun pertama dan kedua, mobil akan menggunakan proteksi asuransi All Risk sementara di tahun selanjutnya menggunakan asuransi TLO. 

4. Asuransi Perluasan (Rider)

Asuransi perluasan merupakan jenis asuransi yang ditambahkan saat kamu membeli asuransi mobil All Risk maupun TLO. Dengan memiliki rider asuransi mobil, kamu bisa mengurangi risiko finansial dari kejadian yang tidak terkontrol seperti gempa bumi dan kerusuhan. 

Ada beberapa jenis asuransi perluasan yang umumnya ada pada asuransi kendaraan seperti: 

  • Gempa Bumi
  • Angin Topan
  • Banjir
  • Tsunami
  • Huru-Hara Dan Kerusuhan
  • Terorisme Dan Sabotase 
  • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga (TJHPK)
  • 5. Asuransi Mobil Collision Coverage

    Asuransi jenis ini dikhususkan untuk menanggung biaya pengobatan akibat kecelakaan yang disebabkan oleh pengemudi. Bukan hanya itu, jenis asuransi mobil Collision Coverage juga dapat meng-cover ganti rugi sesuai dengan harga mobil yang dimiliki. 

    Perluasan Jaminan Asuransi Mobil

    Dalam dunia asuransi mobil, ada beberapa opsi perluasan jaminan yang bisa kamu pertimbangkan untuk memberikan perlindungan yang lebih komprehensif.  Selain asuransi dasar, beberapa tambahan ini bisa menjadi pertimbangan penting dalam melindungi aset dan diri kamu sendiri. 

    Berikut ini adalah beberapa perluasan jaminan asuransi mobil yang bisa kamu pertimbangkan:

    1. Tanggung jawab hukum (TJH) pihak ketiga

    Asuransi Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga (TJH) adalah perluasan asuransi yang memberikan perlindungan terhadap risiko kerugian yang disebabkan oleh tuntutan pihak ketiga kepada pemegang polis. Misalnya, kamu mengendarai mobil dan tanpa sengaja menabrak seorang pejalan kaki yang mengakibatkan cedera. 

    Dalam kasus ini, asuransi Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga akan menanggung biaya medis dan kompensasi lainnya yang mungkin dituntut oleh pejalan kaki tersebut. Sementara itu, pihak ketiga di sini merujuk kepada individu atau entitas lain selain pemegang polis, istri, anak, dan orang-orang yang berada di bawah pengawasan tertanggung. 

    2. Pertanggungan risiko pribadi

    Pertanggungan risiko pribadi adalah perluasan asuransi yang memberikan perlindungan kepada kamu sebagai pemilik atau pengemudi mobil.  Jaminan ini mencakup risiko cedera atau kematian yang mungkin kamu alami akibat kecelakaan saat mengemudikan mobil. 

    Jadi, jika kamu mengalami kecelakaan dan mengalami cedera atau bahkan kematian, asuransi ini akan memberikan kompensasi kepada kamu atau ahli waris kamu. Ini adalah tambahan yang sangat penting, mengingat risiko kecelakaan selalu ada saat berkendara. Oleh karena itu, Pertanggungan Risiko Pribadi bisa menjadi penambah perlindungan yang berharga untuk polis asuransi mobil kamu.

    3. Cakupan perlindungan co-penumpang

    Ada lagi jenis asuransi yang terbagi dalam kategori besarnya, yakni cakupan perlindungan co-penumpang.  Biasanya, beberapa penyedia asuransi akan menawarkan jenis ini meski bisa dicairkan dengan cara membayar premi secara tambahan. 

    Jika penumpang atau orang yang mengemudi mati, maka akan mendapatkan kompensasi 100%. Selain itu, untuk jenis cacat tetap yang disebabkan oleh cedera apa pun, maka kompensasi yang akan diterima adalah 100%. 

    4. Kerugian akibat bencana alam 

    Asuransi rider lainnya yang juga bisa kamu pilih saat membeli produk asuransi kendaraan adalah proteksi kerugian yang disebabkan karena bencana alam seperti banjir, angin topan, dan gempa bumi. 

    Kejadian-kejadian tersebut merupakan peristiwa yang tidak terduga dan bisa sewaktu-waktu mengancam keselamatan pengemudi dan kendaraannya. Oleh karena itu, sangat penting untuk memiliki asuransi rider mobil yang meng-cover kerugian akibat risiko di atas. 

    5. Huru-hara

    Mobil kamu juga mungkin mengalami kerusakan yang disebabkan karena kejadian huru-hara seperti demonstrasi yang ricuh. Jika tidak sengaja terjebak dalam situasi ini sehingga menyebabkan mobil kamu mengalami kerusakan akibat lemparan batu dan lain sebagainya, kamu bisa mendapatkan ganti rugi.

    6. Terorisme

    Meskipun sangat jarang, tindakan terorisme juga bisa menjadi risiko yang dapat mengakibatkan kerugian besar jika terjadi pada kendaraanmu. Asuransi mobil memiliki manfaat perluasan yang dapat meng-cover risiko kerusakan pada kendaraan akibat aksi terorisme.

    Manfaat Memiliki Asuransi Mobil

    Setelah kamu memahami jenis-jenis asuransi kendaraan, khususnya jenis asuransi mobil dan manfaat perluasannya, kamu juga perlu tahu apa saja sih manfaat yang bisa didapatkan dari memiliki asuransi mobil.  Banyak manfaat yang dapat kamu peroleh dari memiliki asuransi mobil. Berikut adalah beberapa manfaat asuransi kendaraan yang akan kamu rasakan. 

    1. Memberikan rasa tenang dan aman

    Salah satu manfaat utama dari memiliki asuransi mobil adalah memberikan rasa tenang dan aman saat kamu berkendara. Dengan asuransi mobil, kamu tidak perlu khawatir tentang biaya perbaikan yang mungkin timbul akibat kerusakan atau kecelakaan.  Pihak asuransi akan menanggung biaya-biaya tersebut, sehingga kamu bisa berkendara dengan lebih nyaman. 

    2. Menghemat biaya perbaikan kendaraan

    Asuransi mobil juga dapat membantu kamu menghemat biaya perbaikan kendaraan. Seperti yang mungkin sudah kamu ketahui, kerusakan pada mobil bisa terjadi kapan saja dan biaya perbaikan bisa sangat mahal. 

    Dengan memiliki asuransi mobil, biaya perbaikan akan ditanggung oleh asuransi, sehingga kamu tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk biaya perbaikan tersebut.  Ini tentunya dapat menghemat pengeluaran kamu secara signifikan.

    3. Membantu perencanaan keuangan

    Memiliki asuransi mobil juga membantu dalam perencanaan keuangan, lho.. Biaya perbaikan mobil yang tiba-tiba dapat mengganggu keuanganmu jika kamu tidak memiliki asuransi. 

    Dengan asuransi mobil, kamu bisa merencanakan keuanganmu dengan lebih baik karena kamu sudah tahu bahwa biaya perbaikan mobil akan ditanggung oleh asuransi.  Hal ini akan membantu kamu untuk merencanakan pengeluaran dengan lebih efektif.

    4. Bebas dari tanggungan pihak ketiga

    Manfaat lain dari memiliki asuransi mobil adalah kamu bisa terbebas dari risiko finansial akibat tuntutan hukum dari pihak ketiga jika mengalami kecelakaan yang menyebabkan kerugian pihak lain. TJHPK ini biasanya bisa pengguna dapatkan dengan menambah biaya premi. 

    Jika terjadi kecelakaan dan kamu dianggap sebagai penyebabnya, asuransi mobil akan menanggung biaya kompensasi kepada pihak ketiga sesuai dengan ketentuan yang ada di buku polis. Jadi, kamu tidak perlu khawatir tentang biaya kompensasi yang mungkin akan membebanimu secara finansial, karena asuransi akan menanggungnya.

    5. Menjaga nilai aset tetap tinggi

    Terakhir, asuransi mobil membantu menjaga nilai aset kamu tetap tinggi. Mobil adalah investasi besar dan memiliki nilai yang cukup tinggi.  Kerusakan pada mobil bisa menurunkan nilainya secara signifikan.  Dengan asuransi mobil, mobil kamu akan selalu dalam kondisi baik karena biaya perbaikan ditanggung oleh asuransi, sehingga nilai aset kamu tetap terjaga.

    Bagaimana Perhitungan Premi Asuransi Mobil All Risk dan TLO?

    Premi asuransi mobil diperhitungkan berdasarkan beberapa faktor penting seperti kondisi mobil, tipe mobil, usia mobil, lokasi pemilik, dan fungsi penggunaan mobil. 

    Tarif atau rate asuransi mobil sendiri sudah diatur oleh OJK yaitu perkalian antara persentase tarif sesuai aturan dengan harga kendaraan yang akan diasuransikan.  Jika kamu ingin mengasuransikan mobil pribadi yang biasa digunakan untuk mobilitas sehari-hari seperti pergi ke kantor, kamu dapat menggunakan acuan rate asuransi mobil untuk non-bus dan non-truk. 

    Rate asuransi mobil All Risk untuk kendaraan non-bus dan non-truk adalah sebagai berikut:

    KategoriHarga KendaraanWilayah IWilayah 2Wilayah 3
    Kategori 10 – Rp125 juta3,82% – 4,20%3,26% – 3,59%2,53% – 2,78%
    Kategori 2>Rp125 juta -Rp200 juta2,67% – 2,94%2,47% – 2,72%2,69% – 2,96%
    Kategori 3>Rp200 juta -Rp400 juta2,18% – 2,40%2,08% – 2,29%1,79% – 1,97%
    Kategori 4>Rp400 juta -Rp800 juta1,20% – 1,32%1,20% – 1,32%1,14% – 1,25%
    Kategori 5>Rp800 juta1,05% – 1,16%1,05% – 1,16%1,05% – 1,16%

    Sedangkan untuk rate asuransi mobil TLO untuk kendaraan non-bus dan non-truk adalah sebagai berikut:

    KategoriHarga KendaraanWilayah 1Wilayah 2Wilayah 3
    Kategori 10 s.d.Rp 125 juta0,47%-0,56%0,65%-0,78%0,51%-0,56%
    Kategori 2>Rp 125 juta –Rp 200 juta0,63%-0,69%0,44%-0,53%0,44%-0,48%
    Kategori 3>Rp 200 juta –Rp 400 juta0,41%-0,46%0,38%-0,42%0,29%-0,35%
    Kategori 4>Rp 400 juta– Rp 800 juta0,25%-0,30%0,25%-0,30%0,23%-0,27%
    Kategori 5> Rp 800 juta0,20%-0,24%0,20%-0,24%0,20%-0,24%

    Contoh perhitungan premi asuransi mobil All Risk 

    Sebagai ilustrasi, misalkan kamu memiliki mobil Honda CR-V 1.5 Turbo seharga Rp500 juta. Jika melihat rate asuransi mobil All Risk, maka harga mobil kamu masuk ke dalam kategori 4.

    Menurut kartu tanda penduduk (KTP), tempat tinggal kamu berada di DKI Jakarta, yang berarti mobil kamu masuk dalam Wilayah 2.  Jadi, dengan melihat tabel rate asuransi mobil All Risk, diketahui tarif yang dikenakan untuk mobil Honda CRV tersebut adalah 1,20% – 1,32%. Maka perhitungannya akan seperti ini: 

    1,20% x Rp500.000.000 = Rp6.000.000

    Perlu diingat bahwa nilai ini adalah perkiraan, dan premi asuransi mobil sebenarnya dapat berfluktuasi tergantung pada berbagai kondisi dan faktor.

    Contoh perhitungan premi asuransi mobil TLO

    Sementara itu, untuk asuransi TLO di Wilayah 2 dengan kategori 4, tingkat premi asuransi berkisar antara 0,25% – 0,30%. Jadi, biaya premi asuransi yang harus dibayar adalah:

    0,25% x Rp500.000.000 = Rp1.250.000

    Perbandingan Beberapa Produk Asuransi Mobil

    Setelah mengetahui beberapa jenis asuransi yang terdapat untuk kendaraan bermobil, apakah kamu sedang mencari asuransi mobil terbaik”font-weight: 400;”>Saat ini sudah banyak sekali asuransi mobil yang menawarkan perlindungan terbaik dan terpercaya. Nah, kamu bisa melihat beberapa referensi macam macam asuransi mobil di sini agar bisa tahu pilihan terbaik.

    1. Asuransi mobil Sinarmas

    Salah satu produk layanan asuransi untuk mobil yang terbaik adalah asuransi mobil Sinarmas. Terdapat dua pilihan asuransi yang bisa kamu pilih, yakni All Risk dan Total Loss Only.

    Jika kamu memilih untuk menggunakan produk dari layanan Sinarmas, maka perlu mengetahui biaya preminya selama satu tahun. Biaya preminya sekitar Rp782.000 untuk setiap tahunnya. Tentunya harga tersebut bukan harga yang tergolong mahal, bukan? 

    Apalagi manfaat yang didapatkan salah satunya adalah gratis ongkos taksi selama mobil di bengkel karena perbaikan. kamu bisa melakukan klaim asuransi melalui aplikasi hanya dalam waktu satu hari saja.

    2. Asuransi mobil Jasaraharja Putera

    Salah satu perusahaan yang bisa dipilih untuk melakukan cek asuransi mobil adalah Jasaraharja PuteraProduk asuransi ini akan menghadirkan pelayanan terbaik dan bisa menjamin segala risiko kerusakan atau terjadinya kehilangan mobil. Selain itu, jenis asuransi yang tersedia di perusahaan tersebut adalah TLO dan All Risk.

    Kedua pilihan jenis asuransi tersebut mempunyai biaya premi tergolong murah. Alhasil, kamu bisa memilihnya sebagai solusi asuransi terbaik untuk kendaraan mobil. Belum lagi cakupannya yang luas sehingga membuat asuransi tersebut menjadi berbasis BUMN atau sosial milik negara.

    3. Asuransi mobil Garda Oto

    Produk asuransi yang bisa menjadi perbandingan asuransi mobil terbaik adalah Garda Oto. Layanan ini menawarkan klaim asuransi dengan melalui 4 channels.

    Mulai dari klaim online melalui website, unit layanan strategis, melalui aplikasi Garda Mobile Otocare, dan Garda Akses 24 jam melalui telepon.  Salah satu keunggulan dari asuransi ini adalah memberikan sejumlah fitur layanan tambahan berupa aplikasi. Alhasil, pengguna bisa menggunakannya untuk memilih lokasi bengkel mobil.

    Selain itu, layanan ini juga bisa membantu antar jemput kendaraan menuju bengkel dan menyediakan layanan perbaikan di seluruh bengkel Garda. Belum lagi terdapat sejumlah keuntungan yang bisa didapatkan. Mulai dari polis online yang cepat terbitnya, garansi bengkel selama 6 bulan, sampai layanan darurat selama 24 jam.

    4. Asuransi mobil Honda Allianz

    Salah satu asuransi terbaik dan pastinya sudah tidak asing lagi adalah asuransi mobil Allianz. Di sini kamu bisa menemukan jenis asuransi All Risk dan TLO.  Dengan mempunyai produk dari pilihan asuransi tersebut, akan ada sejumlah manfaat yang bisa didapatkan nantinya. Tentunya hal ini bisa menjadi perbandingan asuransi mobil dengan produk asuransi lainnya. 

    Manfaat yang bisa didapatkan jika menggunakan asuransi dari Allianz adalah ganti rugi kerusakan mobil atau pencurian.  Selain itu, ada juga santunan meninggal dunia dan biaya taksi selama mobil dalam kondisi perbaikan. Tidak hanya itu saja, pengguna bisa memanfaatkan bantuan darurat yang tersedia selama 24 jam.

    5. Asuransi mobil AXA Mandiri 

    Asuransi mobil AXA Mandiri memiliki dua jenis polis asuransi mobil yakni All Risk dan TLO. Asuransi mobil All Risk menanggung biaya perbaikan akibat kerusakan parsial maupun total. 

    Untuk jenis asuransi kendaraan TLO, Axa Mandiri menanggung kerusakan yang nilainya 75% dari harga mobil.  Keunggulan asuransi mobil AXA adalah jaringan rekanan bengkel yang luas dan tersedia layanan bantuan di jalan raya. 

    6. Asuransi mobil MAG 

    Asuransi MAG memiliki reputasi yang baik sebagai perusahaan asuransi terkemuka di Indonesia. Pada tahun 2022 lalu, Asuransi MAG berhasil meraih Best General Insurance dengan ekuitas mencapai Rp1,5 Triliun. 

    Produk asuransi mobil MAG ada dua yakni MAGNA Basic Comprehensive dan MAGNA Basic TLO.  Asuransi MAGNA Basic Comprehensive menanggung kerusakan parsial seperti baret, lecet dan penyok, termasuk kerusakan parah atau total. 

    Sedangkan untuk rider atau manfaat tambahannya berupa risiko banjir, badai, angin topan, gempa bumi, letusan gunung berapi, Tsunami, kerusuhan, tanggung jawab hukum pihak ketiga, dan kecelakaan diri.

    7. Asuransi kendaraan All Risk Tugu Pratama

    Asuransi ini bisa kamu pilih untuk asuransi mobil Toyota yang menawarkan jenis asuransi All Risk. Premi yang asuransi mobil Tugu Pratama tawarkan hanya berkisar Rp 33.000 setiap bulannya. Jadi, dalam satu tahun, kamu hanya perlu mengeluarkan biaya premi sebesar Rp 396.000. Wah, sangat terjangkau sekali, bukan?

    Tips Memilih Asuransi Mobil

    Setelah memahami jenis asuransi mobil, mungkin kamu saat ini sedang mempertimbangkan untuk mendapatkan perlindungan asuransi untuk mobil kesayanganmu. Tapi, sebelum kamu terburu-buru, ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan. Berikut beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan.

    1. Tentukan kebutuhanmu

    Sebelum memilih asuransi mobil, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menentukan kebutuhanmu. Apakah kamu menginginkan perlindungan penuh atau hanya perlindungan dasar? 

    Pertimbangkan juga kondisi mobilmu, umur kendaraan, dan seberapa sering kamu mengendarainya. Semua informasi ini akan membantumu dalam memutuskan jenis asuransi mobil yang paling sesuai untukmu. 

    2. Pahami cakupan asuransi

    Jangan pernah ragu untuk mempelajari detail cakupan asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi. Pastikan kamu tahu persis apa yang dijamin dan apa yang tidak dijamin.

    Ha ini penting agar kamu tidak mendapatkan kejutan yang tidak sesuai dengan harapan saat kamu mengajukan klaim. Jadi, baca dengan cermat semua ketentuan dan syarat yang terkait dengan polis asuransimu.

    3. Bandingkan harga dan manfaat

    Selanjutnya, jangan lupa untuk membandingkan harga dan manfaat dari beberapa perusahaan asuransi. Dengan membandingkan, kamu bisa mendapatkan pilihan yang paling baik sesuai dengan budget dan kebutuhanmu. 

    Ingat, asuransi tidak boleh memberatkanmu secara finansial. Jadi, pastikan premi yang kamu bayar sebanding dengan manfaat yang kamu terima. Carilah opsi yang memberikan perlindungan terbaik tanpa harus menguras dompetmu.

    4. Tinjau masa klaim asuransi

    Siapa yang ingin menghadapi masalah saat mengajukan klaim asuransi? Pastikan kamu tahu berapa lama proses klaim biasanya berlangsung. 

    Kamu tentu tidak ingin menunggu berlarut-larut saat situasi membutuhkan klaim. Jadi, pastikan perusahaan asuransi yang kamu pilih memiliki proses klaim yang cepat dan efisien.

    5. Baca review dan reputasi perusahaan

    Terakhir, sebelum kamu memutuskan asuransi mobil yang tepat, jangan lupa untuk mengecek review dari pengguna asuransi dan reputasi perusahaan. Jangan hanya tergiur oleh premi murah, tetapi pastikan juga bahwa perusahaan asuransi memiliki reputasi yang baik dan telah membantu banyak orang dalam situasi sulit.

    Tips dari Lifepal! Selalu periksa detail polis sebelum memilih asuransi mobil. Pastikan untuk memahami apa saja yang ditanggung dan tidak ditanggung oleh polis tersebut.  Selain itu, pertimbangkan juga reputasi dan layanan klaim dari perusahaan asuransi untuk memastikan kamu mendapatkan perlindungan terbaik.

    Cari Tahu Asuransi Mobil yang Cocok di Lifepal

     

    Memilih asuransi mobil yang tepat dapat menjadi proses yang membingungkan, tetapi Lifepal dapat mempermudahnya untuk kamu.  Lifepal menawarkan berbagai pilihan asuransi mobil dari berbagai perusahaan terpercaya sehingga memungkinkanmu untuk membandingkan dan memilih asuransi mobil terbaik yang sesuai kebutuhan.

    Tim support Lifepal juga siap membantu kamu dengan pertanyaan atau masalah yang mungkin kamu miliki. Jika kamu masih bingung mengenai biaya premi asuransi mobil, jenis asuransi mobil yang sebaiknya dipilih dan rekomendasinya, coba ikuti kuis berikut ini. 

    Pertanyaan Seputar Macam Macam Asuransi Mobil

    Biaya asuransi mobil All Risk biasanya lebih mahal ketimbang jenis asuransi mobil TLO yakni sekitar 1,05-4,2% dari harga mobil. Jika mobil harganya Rp250 juta, maka biaya asuransi All Risk dengan premi 2% adalah Rp5 juta per tahun.
    Asuransi mobil umumnya menanggung kerugian atau kerusakan yang diakibatkan oleh kecelakaan. Selain itu, polis bisa mencakup pencurian, kerusakan akibat bencana alam, dan tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga.
    Biasanya, polis asuransi mobil dikeluarkan dalam 7-14 hari kerja. Lamanya waktu terbit polis ini bisa bervariasi tergantung pada masing-masing perusahaan asuransi
    Total Loss Only (TLO) adalah jenis asuransi kendaraan yang memberikan perlindungan hanya jika kendaraan mengalami kerusakan total atau hilang karena pencurian. Artinya, klaim asuransi hanya dapat diajukan jika kerusakan pada kendaraan mencapai batasan persentase tertentu (biasanya 75% atau lebih) dari nilai kendaraan sebelum kejadian.
    Biaya asuransi mobil All Risk tergantung pada beberapa faktor seperti harga mobil dan wilayah. Biasanya, tarif untuk produk asuransi ini berkisar antara 1,05% hingga 4,2% dari harga mobil. Sebagai contoh, jika tarif asuransi All Risk adalah 2% dari harga mobil senilai Rp100 juta, biaya asuransi All Risk akan menjadi Rp2 juta (2% x Rp100 juta).

     

    Customer Service

    call me
    whatsapp