Cara Klaim Asuransi Mobil Sinar Mas dan Syarat Dokumennya

cara klaim asuransi mobil sinarmas

Cara klaim Asuransi Mobil Sinar Mas sangat penting untuk diketahui oleh nasabah. Klaim ini dapat diajukan ketika nasabah mengalami kecelakaan yang menyebabkan kerusakan yang dijamin di dalam polis.

Produk yang dikenal sebagai Simas Mobil ini merupakan produk unggulan Asuransi Sinar Mas yang menawarkan beberapa jenis pilihan pertanggungan. Polisnya tersedia untuk jaminan mobil pribadi maupun bisnis.

Pengalaman klaim Asuransi Mobil Sinar Mas terbilang cukup mudah untuk dilakukan. Yuk baca selengkapnya di artikel berikut ini!

Cara Klaim Asuransi Mobil Sinar Mas

Mengajukan klaim untuk polis asuransi Simas Mobil dapat dilakukan sesuai dengan jenis kerusakan yang terjadi. Sebelum itu, pastikan terlebih dahulu bahwa kerusakan tersebut dijamin di dalam polis agar tidak berisiko klaim ditolak.

Kamu bisa mengeceknya melalui contoh polis Asuransi Mobil Sinar Mas yang kamu miliki. Dalam polis biasanya sudah tertera dokumen apa saja yang menjadi persyaratan klaim untuk tiap jenis kerusakan.

Beberapa langkah prosedur klaim Asuransi Mobil Sinar Mas sesuai jenisnya adalah sebagai berikut:

1. Laporkan kejadian

Segera laporkan klaim dalam kurun waktu 5 x 24 jam atau 5 hari setelah kejadian kerugian terjadi. Kamu bisa melaporkan klaim melalui sarana berikut ini:

  • Menggunakan aplikasi Mobile Asuransi Sinar Mas Online yang dapat diunduh di ponsel
  • Menghubungi nomor Customer care 24 Jam 021-23567888 / 5050 7888
  • Mengirimkan email ke alamat frontdesk.klaim_mbu@sinarmas.co.id
  • Mengunjungi langsung kantor cabang Asuransi Sinar Mas terdekat. Misalnya di Sinar Mas Medan.
  • 2. Lengkapi dokumen persyaratan

    Setelah menghubungi pihak Sinar Mas dan melaporkan kerugian yang terjadi, lengkapi dokumen persyaratan sesuai jenis klaim yang diajukan. Kamu bisa mengajukan klaim untuk kerugian parsial (Partial Loss), kerugian total (Total Constructive Loss), serta kehilangan akibat pencurian (Stolen).

    Kamu bisa melihat apa saja dokumen persyaratan klaim yang perlu disiapkan pada buku polis yang dimiliki. Perlu diperhatikan untuk melengkapi semua dokumen yang diminta agar mengurangi risiko pengalaman klaim Asuransi Mobil Sinar Mas ditolak.

    3. Pihak asuransi melakukan survei

    Setelah klaim diajukan, pihak Sinar Mas akan menugaskan Surveyor yang akan menyurvei mobil yang mengalami kerugian. Survei ini bisa dilakukan di kantor cabang Asuransi Sinar Mas terdekat atau di lokasi nasabah (rumah atau kantor).

    Setelah mobil disurvei dan dokumen persyaratan sudah lengkap, maka Surveyor akan menerbitkan Surat Perintah Kerja (SPK) agar mobil dapat segera diperbaiki di bengkel rekanan.

    4. Perbaikan dilakukan

    Jika ada perbaikan yang harus dilakukan sebagai ganti rugi, maka mobil akan langsung dibawa ke bengkel rekanan terdekat atau yang dipilih. Namun jika penggantian kerugiannya tidak dapat diperbaiki (misal hilang atau rusak total), maka tidak akan dilakukan perbaikan dan hanya mengirimkan ganti rugi sesuai jaminan.

    Apabila klaim diterima oleh pihak Sinar Mas, kamu wajib untuk melengkapi dokumen berikut ini:

  • BPKB asli
  • Faktur asli
  • Surat Blokir STNK asli
  • Surat Keterangan Hilang asli dari Kepolisian setempat atau POLDA
  • 2 Kwitansi kosong yang sudah di tanda tangani oleh nasabah (salah satunya bermaterai cukup)
  • Faktur asli (untuk kendaraan jeis pick up)
  • Syarat dan Dokumen Klaim Asuransi Mobil Sinar Mas

    Tiap jenis klaim yang diajukan memiliki dokumen persyaratan yang berbeda-beda. Oleh karena itu sangat penting untuk memerhatikan apa saja dokumen yang harus dilengkapi sebelum dikirimkan ke pihak asuransi baik cara klaim Asuransi Mobil Sinar Mas lecet hingga hilang.

    Pastikan semua dokumen telah benar sesuai dengan jenis klaim yang ingin kamu ajukan. Berikut rincian syarat klaim Asuransi Mobil Sinar Mas selengkapnya.

    1. Klaim kecelakaan (Partial Loss)

    Apabila mobil mengalami kerusakan parsial yang disebabkan oleh kecelakaan, seperti baret, penyok, lecet, maka kamu wajib melengkapi dokumen klaim berikut:

  • Formulir klaim asuransi mobil yang sudah diisi dengan lengkap dan benar.
  • STNK asli.
  • SIM pengemudi.
  • KTP asli, bisa menggunakan hasil scan atau foto asli apabila nama pelapor klaim bukan nasabah.
  • Jika polis atas nama perusahaan, maka formulir pengajuan klaim wajib distempel perusahaan.
  • Surat Tanda Penerimaan Laporan dari Kepolisian setempat, jika mobil rusak parah, kehilangan aksesoris (misalnya radio atau spion), dan lecet akibat perbuatan jahat orang lain.
  • 2. Klaim kerusakan parah (Constructive Total Loss)

    Apabila mobil yang ditanggung mengalami kerusakan parah, termasuk tidak dapat dikendarai, maka wajib melengkapi dokumen sebagai berikut:

  • BPKB dan STNK asli.
  • Surat Blokir STNK asli.
  • Kunci mobil asli dan cadangan.
  • Buku KIR (untuk kendaraan sejenis pick up).
  • 2 Lembar Kwitansi kosong yang sudah ditanda tangani oleh nasabah dan diberi materai salah satunya.
  • Faktur asli.
  • Surat pernyataan Subrogasi yang sudah ditanda tangani di atas materai Rp6.000.
  • Surat pelepasan hak (jika atas nama perusahan atau badan hukum).
  • 3. Klaim kendaraan hilang (Stolen)

    Jika mengalami kerugian yang disebabkan hilangnya kendaraan akibat pencurian atau perbuatan jahat orang lain, maka kamu wajib menyiapkan dokumen berikut ini:

  • Formulir klaim yang sudah diisi dengan lengkap dan benar
  • STNK asli
  • Kunci mobil asli dan cadangfan
  • KTP asli, bisa menggunakan hasil scan atau foto asli apabila nama pelapor klaim bukan nasabah.
  • Jika polis atas nama perusahaan, maka formulir pengajuan klaim wajib distempel perusahaan.
  • Surat Tanda Penerimaan Laporan dari Kepolisian setempat
  • Biaya Klaim Asuransi Mobil Sinar Mas

    Ketika hendak mengajukan klaim, PT Asuransi Sinar Mas akan membebankan biaya asuransi mobil untuk klaim terhadap semua jenis produk, termasuk Simas Mobil.

    Biaya klaim Asuransi Mobil Sinar Mas adalah minimum risiko sendiri untuk klaim partial loss, CTL, dan kehilangan (stolen). Besaran biaya OR asuransi adalah sebesar minimal Rp300 ribu untuk setiap jenis klaim.

    Pastikan kamu sudah bertanya terlebih dahulu mengenai biaya risiko sendiri ini, sebab tidak ada fasilitas Sinar Mas Mobil uang kembali setelah biaya ini dibayarkan.

    Tips Klaim Asuransi Mobil Sinar Mas Agar Tidak Ditolak

    Meski cara klaim Asuransi Kendaraan Sinar Mas terbilang mudah, nyatanya tak semua pengajuan dapat diterima oleh perusahaan asuransi. Bisa jadi, pengajuan klaim kamu justru ditolak lantaran ada beberapa alasan seperti dokumen persyaratan tidak lengkap atau risiko tidak dijamin polis. 

    Sebelum kamu mengajukan klaim, sebaiknya mengetahui tips agar klaim Asuransi Mobil Sinar Mas tidak mereka tolak sebagai berikut:

  • Pastikan polis asuransi masih aktif dan premi tidak telat dibayarkan.
  • Polis tidak dalam masa tunggu yang lamanya 30 – 60 hari sejak polis disetujui.
  • Ketahui pengecualian klaim yang tercantum dalam buku polis. Cek apakah klaim atas kerugian yang timbul tidak termasuk ke dalam risiko yang dikecualikan tersebut.
  • Ajukan klaim dalam waktu sesegera mungkin supaya perusahaan asuransi dapat menentukan klaim diterima atau ditolak. Batas maksimal klaim Asuransi Sinar Mas yaitu 5 hari.
  • Siapkan dokumen yang dipersyaratkan dengan lengkap.
  • Perlu dipahami bahwa tidak semua asuransi akan menanggung biaya perbaikan di luar kota. Misalnya, nasabah berdomisili di Jakarta dan terjadi kerugian di Bandung. Kemudian, nasabah ingin mengajukan klaim di bengkel area Bandung. Untuk itu, kamu harus menanyakan hal ini kepada asuransi terlebih dahulu.
  • Tips dari Lifepal! Asuransi Mobil Sinar Mas terkenal dengan layanannya yang terbilang bisa diandalkan, termasuk kemudahan dalam proses klaim. Kemudahan tersebut membuat produk bernama Simas Mobil ini menjadi salah satu asuransi mobil terbaik yang banyak dipilih.

    Selain proses klaim yang mudah, tersedia juga bengkel rekanan Asuransi Sinar Mas yang tersebar luas di seluruh wilayah Indonesia. Jadi kamu gak perlu bingung lagi untuk mencari bengkel terdekat saat terjadi kerugian.

    Lindungi mobil kesayanganmu selama 24 jam dengan asuransi mobil terbaik. Pilihlah asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu. Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi mobil terbaik:

    Pertanyaan Seputar Cara Klaim Asuransi Mobil Sinarmas

    Besaran biaya klaim Asuransi Mobil Sinar Mas risiko sendiri adalah minimal Rp300 ribu per kejadian. Klik di sini untuk tahu lebih lanjut seputar asuransi mobil Sinarmas.
    Proses klaim Asuransi Mobil Sinar Mas biasanya tidak membutuhkan waktu yang lama. Kamu wajib melaporkan kejadian selambat-lambatnya 5 hari setelah kejadian terjadi.
    Perwakilan pengajuan klaim dapat diwakilkan dengan syarat tetap melampirkan KTP asli atau surat kuasa dari pemegang polis serta salinannya. Kemudian mengetahui kejadian secara lengkap.
    Sinar Mas memiliki asuransi untuk kendaraan bermotor roda dua, yakni Simas Motor. Informasi selengkapnya bisa menghubungi call center Asuransi Sinar Mas 021 – 235 67 888 atau email ke info@sinarmas.co.id.
    Asuransi mobil memberikan pertanggungan atas risiko seperti tabrakan, benturan, tergelincir, kebakaran, hingga kehilangan. Daripada risiko tersebut menguras tabunganmu, lebih baik manfaatkan asuransi mobil yang bagus untuk mengantisipasinya. Cari tahu rekomendasinya di Lifepal.

    Customer Service

    call me
    whatsapp