Cara Memilih Premi Asuransi Jiwa yang Murah dengan Tepat

setelah kena phk

Nyatanya kesadaran untuk memproteksi diri sendiri dan keluarga di Indonesia masih terbilang sangat rendah. Hal itu kebanyakan disebabkan oleh beberapa anggapan yang salah kaprah.

Salah satunya adalah premi asuransi yang dianggap mahal, padahal tidak semuanya demikian. Lagi pula, sebenarnya kita pun bisa menyesuaikan pilihan dengan kondisi dan kebutuhan pribadi, jadi premi bulanannya bisa ditekan.

Yuk, kita telaah bersama-sama cara memilih premi asuransi yang murah sesuai dengan kebutuhan kita.

Mengapa Besaran Premi Berbeda-Beda?

Harga premi

Mahal atau murahnya premi asuransi jiwa tergantung pada jenis asuransi dan kondisi kita masing-masing. Premi asuransi jiwa murni tentu akan berbeda dengan asuransi jiwa seumur hidup dan unit link

Selain jenisnya, kondisi masing-masing calon nasabah asuransi juga membuat besaran premi menjadi berbeda satu dengan lainnya. Misalnya jika kita masih muda, belum memiliki tanggungan, tidak merokok, dan tidak memiliki riwayat sakit yang berat, maka bisa dipastikan premi yang harus kita bayarkan lebih murah.

Berbeda halnya jika kita sudah cukup berumur saat memiliki asuransi, sudah memiliki tanggungan keluarga, perokok aktif, dan memiliki kondisi kesehatan buruk. Semakin tinggi risikonya, semakin berat pula jaminan yang diberikan perusahaan asuransi.

Jadi kesimpulannya, besaran premi setiap orang sewajarnya berbeda-beda karena kebutuhan dan kondisi yang berlainan juga. Nah, jadi jangan berlarut-larut dalam anggapan bahwa premi asuransi selalu mahal, ya.

Tips Mudah Mendapatkan Premi Asuransi Murah

Premi

Untuk mendapatkan premi asuransi murah, beberapa tips ini bisa kita jadikan panduan.

1. Tunggu apa lagi? Beli asuransi sekarang juga!

Besaran premi asuransi akan disesuaikan dengan risiko yang dimiliki peserta atau nasabahnya. Pada dasarnya, perusahaan asuransi akan berasumsi bahwa semakin muda usia tertanggung maka semakin ringan risiko yang dimilikinya. Sedangkan semakin tua usia nasabah asuransi, maka akan semakin besar juga risiko yang harus ditanggung.

Oleh karena itu, besaran premi yang harus dibayarkan oleh tertanggung yang berusia muda akan cukup murah dan terjangkau. 

Namun saat kita baru mengambil asuransi saat tua, maka perusahaan asuransi akan menanggung risiko yang besar. Walhasil premi yang dikenakan kepada kita juga akan semakin mahal. 

Maka milikilah asuransi sekarang juga! Membeli asuransi pada usia muda akan memberikan kita keuntungan berupa pembayaran premi yang cukup ringan.

2. Pilih asuransi jiwa murni

Berbeda dengan asuransi unit link yang memiliki manfaat investasi, asuransi jiwa murni hanya ditujukan untuk proteksi jiwa tertanggung sepenuhnya. Selain itu, tidak akan ada pengembalian premi kepada peserta sebab sejumlah premi yang dibayarkan akan hangus pada akhir masa pembayaran premi. 

Dengan demikian, premi asuransi jiwa murni jauh lebih terjangkau karena hanya difungsikan sebagai proteksi bukan sebagai instrumen investasi.

3. Hindari mengambil asuransi rider jika tidak membutuhkan

Rider adalah asuransi tambahan yang ditambahkan ke dalam proposal asuransi. Pembelian rider sah-sah saja dilakukan dengan syarat memang benar-benar dibutuhkan. Tujuannya adalah memberikan manfaat tambahan kepada tertanggung. 

Namun perlu diingat bahwa penambahan rider ini selalu berbanding lurus dengan penambahan sejumlah biaya premi asuransi. Jadi, sangat penting untuk mempertimbangkannya dengan cermat sebelum akhirnya membelinya. Pastikan kita hanya membeli asuransi dan rider yang sangat dibutuhkan saja.

4. Tidak perlu mengambil asuransi seumur hidup

Produk asuransi seumur hidup (whole life) akan mengenakan sejumlah premi yang lebih besar. Dalam asuransi ini, kita wajib membayar premi yang meningkat seiring dengan peningkatan usia kita selaku pemegang polis. 

Hal ini dikarenakan risiko yang ditanggung perusahaan asuransi juga akan semakin besar pula seiring dengan pertambahan usia tertanggung.

Padahal saat sudah tua, perlindungan asuransi mungkin saja sudah tidak begitu dibutuhkan. Pada usia tersebut, anak-anak kita pasti telah dewasa dan mandiri serta tidak tergantung lagi secara finansial.

6. Pilih asuransi keluarga

Saat ini beberapa perusahaan asuransi juga memiliki produk asuransi keluarga. Jenis asuransi ini akan sangat tepat bagi kita yang ingin seluruh keluarga memiliki proteksi. 

Dalam layanan asuransi ini, kita tidak akan dikenakan premi terpisah antara anggota keluarga yang satu dan yang lainnya karena perusahaan asuransi hanya akan menerbitkan satu polis saja untuk seluruh anggota keluarga. Pembelian satu polis akan membantu kita berhemat sebab harganya jauh lebih murah dibandingkan penggunaan polis terpisah.

7. Minimum premi paling murah

Setiap perusahaan asuransi memiliki batasan premi minimum yang berbeda-beda. Nah, kita bisa memilih perusahaan dengan minimum premi paling murah dan sesuai dengan kemampuan finansial serta kebutuhan kita.

Dengan mengetahui beberapa tips untuk memilih asuransi jiwa murah barusan, ketakutan akan besaran premi yang mahal sebaiknya tidak lagi jadi hambatan bagi kita untuk memiliki asuransi. Kita harus sadar bahwa asuransi penting untuk menjamin kondisi finansial keluarga. Jangan sampai merepotkan keluarga jika terjadi hal yang tidak diinginkan atas diri kita. 

Untuk mendapatkan informasi terkait yang lebih lengkap lagi, jangan ragu untuk mencari tahu di Lifepal!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →