11 Asuransi Jiwa Terbaik 2021 dan Tips Memilihnya

Berbagai Jenis Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa terbaik adalah polis yang menawarkan manfaat pertanggungan sesuai kebutuhan calon nasabah dengan premi bersahabat.

Asuransi jiwa merupakan produk yang memberikan uang santunan atau uang pertanggungan (UP) kepada ahli waris (keluarga) jika nasabah meninggal dunia atau cacat tetap total.

 

Perlu digaris-bawahi bahwa polis bagus tidak berpaku hanya pada faktor premi murah saja. Alasannya, percuma jika premi yang dipilih murah tapi uang pertanggungannya tidak bisa mencukupi kebutuhan ketika terjadi risiko meninggal dunia.

Karena itu, dalam memilih asuransi jiwa sebaiknya pertimbangkan faktor lainnya seperti uang pertanggungan sebanding dengan premi, jenis proteksi yang dipilih sesuai kebutuhan, hingga pertimbangkan kesehatan keuangan perusahaan.

  • Berjangka (term life): memberikan uang pertanggungan dalam jangka waktu tertentu. Misal hanya 1, 5, 10, 20, atau maksimal 30 tahun. Cocok untuk proteksi jangka pendek.
  • Seumur hidup (whole life): manfaat uang pertanggungan meninggal dunia diberikan selama masa hidup nasabah, selama tetap membayarkan premi. Cocok untuk nasabah usia lanjut.
  • Unit link: memberikan manfaat uang pertanggungan + nilai tunai investasi sekaligus. Jadi, sebagian premi digunakan untuk asuransi dan sisanya diinvestasikan.
  • Dwiguna: memberikan manfaat uang pertanggungan meninggal dunia + tabungan sekaligus. Jadi, sebagian premi digunakan untuk tabungan dan sisanya untuk asuransi.

Rekomendasi Asuransi Jiwa Terbaik di Indonesia

Dalam mencari asuransi terbaik, penting banget calon nasabah mengetahui kebutuhan untuk kemudian dapat disesuaikan dengan jenis proteksi yang sesuai. Nah, cara mudahnya kamu bisa mengisi form berikut ini:

Setelah mengetahui jenis asuransi apa yang sesuai dengan kebutuhan, sekarang kamu bisa simak ulasan rekomendasi asuransi jiwa terbaik di Indonesia!

  1. AIA
  2. Prudential
  3. Sequis Life
  4. Manulife
  5. Allianz
  6.  AXA Mandiri
  7. Cigna
  8. Sunlife
  9. Simas Jiwa
  10. BCA Life
  11. Generali Indonesia

1. AIA

Salah satu polis asuransi jiwa murni terbaik AIA yang dapat dipertimbangkan adalah AIA Critical Protection. Sebab tidak hanya memberikan manfaat uang pertanggungan meninggal dunia saja, tapi juga menanggung biaya perawatan atas risiko penyakit kritis hingga usia 99 tahun. Nasabah juga bebas memilih masa pembayaran premi, antara 10-20 tahun dengan manfaat loyalty bonus  di akhir masa asuransi

(+) Manfaat asuransi jiwa + asuransi penyakit kritis

(+) Manfaat loyalty bonus, artinya sepersekian persen dari premi akan dikembalikan di masa akhir asuransi

(+) Menanggung hingga usia 100 tahun

(-) Tidak ada manfaat asuransi kesehatan sekaligus

2. Prudential

Salah satu pilihan polis asuransi jiwa terbaik unggulan Prudential adalah PRULink Generasi Baru yang tersedia dalam bentuk konvensional dan syariah. Polis asuransi jiwa Prudential ini tergolong sebagai asuransi unit link. Artinya nasabah bisa mendapatkan manfaat uang pertanggungan meninggal dunia dan nilai tunai investasi sekaligus. Jika premi asuransi unit link umumnya mahal, berbeda dengan PRULink Generasi Baru yang bisa didapatkan dengan kisaran premi mulai Rp400 ribu per bulan!

(+) Pilihan polis konvensional dan syariah

(+) Premi yang dibayarkan sepenuhnya untuk manfaat asuransi, jadi tidak dibagi dengan investasi

(+) Tambahan alokasi investasi 5% setelah 10 tahun pertama

(-) Minimum uang pertanggungan tidak terlalu besar, yaitu mulai Rp200 juta

3.  Sequis Life

Untuk yang mencari asuransi jiwa mikro dapat mempertimbangkan polis Asuransi Mikro Sequis Sejahtera. Jenis asuransi mikro dari Sequis Life ini menawarkan manfaat uang pertanggunfgan meninggal dunia + pertanggungan biaya pembedahan sekaligus. Adapun keunggulan asuransi mikro ada pada preminya yang bersahabat. Karena itu, jenis asuransi ini sangat cocok untuk calon nasabah yang memiliki budget atau anggaran terbatas.

(+) Premi murah

(+) Memberikan manfaat pembedahan sekaligus

(-) Uang pertanggungan tidak tinggi atau sebanding dengan premi yang dibayarkan

4. Manulife

Salah satu produk terbaik dari Manulife adalah Santunan Jiwa Proteksi, yaitu asuransi yang memberikan uang pertanggungan meninggal dunia hingga Rp300 juta. Nasabah juga bakal mendapatkan pengembalian premi 100 persen di masa akhir polis.

(+) Terdapat manfaat pengembalian premi 100%

(+) Kesehatan keuangan perusahaan sangat baik

(-) Hanya menanggung usia nasabah hingga 65 tahun

Dapatkan promo gratis premi 1 bulan untuk proteksi asuransi jiwa Manulife selama 1 tahun!

5. Allianz

Polis lainnya yang dapat dipertimbangkan adalah dari Allianz, yaitu SmartLink NewFlexi Account. Polis ini memberikan proteksi hingga usia 100 tahun dan manfaat nilai tunai investasi sekaligus. Selain itu, nasabah juga bisa menambahkan berbagai rider atau manfaat tambahan mulai dari pertanggungan penyakit kritis sampai pembebasan premi.

(+) Menanggung hingga usia 100 tahun

(+) Dapat dilengkapi dengan rider asuransi penyakit kritis dan pembebasan premi

(-) Rider artinya nasabah akan dikenakan biaya premi tambahan

6. AXA Mandiri

AXA Mandiri Secure Plan adalah salah satu polis asuransi jiwa murni terbaik dari AXA Mandiri. Alasannya, polis ini menawarkan perlindungan selama 10 tahun dan memberikan  manfaat pengembalian premi 110 persen jika tidak ada klaim. Padahal masih jarang lho polis yang memberikan manfaat pengembalian premi di atas 100 persen. Selain itu, nasabah juga hanya perlu membayar premi selama 5 tahun pertama saja untuk manfaat proteksi 10 tahun!

(+) Cukup bayar premi 5 tahun untuk masa perlindungan polis 10 tahun

(+) Manfaat pengembalian premi hingga 110%

(+) Kesehatan keuangan perusahaan sangat bagus

7. Cigna

Cigna Family Eazilife adalah salah satu produk andalan Cigna karena bisa menanggung tujuh anggota keluarga dalam satu polis dengan pengembalian premi di akhir masa asuransi. Selain itu, nasabah juga bisa mendapatkan uang pertanggungan sampai Rp500 juta dengan masa perlindungan 10 tahun. Selain memberikan manfaat uang pertanggungan meninggal dunia, polis dari Cigna ini juga menanggung risiko penyakit kritis.

(+) Cocok untuk asuransi jiwa keluarga

(+) Manfaat asuransi penyakit kritis sekaligus

(-) Nilai uang pertanggungan masih kalah saing atau tidak terlalu besar

8. Sunlife

Salah satu polis menarik dari Sun Life adalah Asuransi Sun Safety Like karena selain memberikan proteksi jiwa, produk ini juga menanggung risiko penyakit kritis dengan pengembalian premi hingga 50 persen. Manfaat tersebut bisa didapatkan hanya dengan menyisihkan uang premi mulai dari Rp248 ribu per bulan. Kisaran uang pertanggungan yang diberikan juga cukup besar, yaitu mulai dari Rp200 juta hingag Rp1 miliar.

(+) Premi murah

(+) Manfaat asuransi penyakit kritis sekaligus

(+) Uang pertanggungan hingga Rp1 miliar

(-) Polis hanya dapat diperpanjang hingga nasabah usia 75 tahun

9. Simas Jiwa

Asuransi Simas Jiwa juga hadir dengan polis unggulannya, yaitu Siji Guard. Polis ini menanggung hingga usia nasabah 69 tahun. Uang pertanggungan akan diberikan jika nasabah meninggal dunia akibat sakit maupun kecelakaan. Adapun polis juga menanggung biaya perawatan di rumah sakit akibat kecelakaan.

(+) Manfaat uang pertanggungan meninggal dunia + asuransi kecelakaan diri sekaligus

(+) Kesehatan keuangan sangat bagus

(-) Polis hanya dapat diperpanjang hingga nasabah usia 69 tahun

10. BCA Life

Rekomendasi asuransi jiwa terbaik di Indonesia selanjutnya adalah dari BCA Life. Melalui polis BCA Life Protection Guard yang memberikan uang pertanggungan hingga Rp1 miliar dan manfaat pengembalian premi 50 persen di akhir masa polis. Uang pertanggungan diberikan jika nasabah mengalami risiko meninggal dunia baik akibat sakit maupun kecelakaan.

(+) Nilai uang pertanggungan tinggi, yaitu hingga Rp1 miliar

(+) Terdapat manfaat pengembalian premi hingga 50 persen

(-) Polis hanya dapat diperpanjang hingga nasabah usia 59 tahun

11. Generali Indonesia

Generali sering disebut sebagai pilihan unit link terbaik yang patut dipertimbangkan. Sebab, Generali memiliki keunggulan pada teknologinya dalam mengelola investasi, yaitu RoboARMS (Auto Risks Management System), yaitu sistem manajemen risiko investasi otomatis berbasis Artificial Intelligent. Sementara untuk salah satu polis unggulannya adalah iPLAN yang menawarkan uang pertanggungan sampai dengan Rp3 miliar. Selain itu, asuransi tambahan yang tersedia juga bervariasi, mulai dari pertanggungan penyakit kritis sampai pembebasan premi.

(+) Teknologi manajemen pengelolaan investasi mumpuni

(+) Nilai uang pertanggungan tinggi, yaitu hingga Rp3 miliar

(+) Pilihan rider asuransi penyakit kritis + pembebasan premi

(-) Pilihan rider akan dikenakan biaya premi tambahan

Ciri Asuransi Jiwa Terbaik dan Terpercaya

Nah, sebelum memilih yang terbaik, ada beberapa ciri asuransi jiwa terbaik yang harus diperhatikan. Yuk, simak ulasan selengkapnya berikut:

Kenapa penting untuk memiliki asuransi jiwa? Tentu saja untuk memberikan perlindungan finansial kepada keluarga jika kepala keluarga mengalami kematian atau musibah cacat tetap yang menyebabkan tidak bisa bekerja dan menghasilkan nafkah.

Artinya, perlindungan yang diberikan harus cukup bagi seluruh keluarga. Maka, ciri pertama adalah harus memberikan uang pertanggungan memadai, yaitu jumlah uang yang cukup untuk menunjang kehidupan keluarga secara layak.

Pilihlah produk dengan premi terjangkau namun memberikan manfaat maksimal. Bagaimana caranya? Pilihlah produk term life tanpa unsur investasi karena menawarkan premi paling murah jika dibandingkan unit link.

Beberapa perusahaan telah berinovasi dengan membuat produk dalam satu paket. Tujuannya memberikan premi lebih terjangkau dengan manfaat lebih komprehensif. Salah satunya adalah proteksi jiwa yang digabung dengan asuransi kesehatan keluarga.

Dengan produk ini, kita bisa mendapatkan proteksi jiwa sekaligus penggantian uang jika anggota keluarga harus dirawat inap di rumah sakit atau klinik.

Ada varian produk asuransi jiwa menawarkan pengembalian premi apabila nasabah tidak mengajukan klaim. Umumnya nasabah bisa mendapatkan pengembalian mulai dari 25 persen sampai lebih dari 100 persen. Manfaat ini cocok bagi kita yang merasa khawatir kalau premi bakal hangus.

Beberapa polis juga menawarkan asuransi tambahan (rider) jika nasabah ingin mendapatkan manfaat lebih. Pertanggungan tambahan yang ditawarkan di antaranya pembebasan premi jika nasabah mengalami cacat tetap, pertanggungan penyakit kritis, hingga uang santunan tambahan jika meninggal akibat kecelakaan.

Ciri terpenting yang tidak boleh kita abaikan adalah kredibilitas perusahaan. Perusahaan asuransi yang telah terdaftar dan diawasi OJK, terbukti bertahan, serta memberikan banyak kepuasan kepada para nasabahnya patut kita pilih.

Terkahir, coba cek apakah uang pertanggungan yang diterima sebanding dengan premi yang dibayarkan. Misal, mungkin kamu akan tergoda dengan premi Rp50 ribu sebulan. Namun, jika dilihat uang pertanggungannya hanya senilai Rp1 juta, sementara kebutuhan finansial jika terjadi risiko meninggal dunia Rp100 juta. Alhasil, polis yang dibayarkan jadi tidak berguna.

Cara Menyesuaikan Anggaran dengan Premi yang Ideal

Untuk mendapatkan asuransi jiwa terbaik, hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengetahui berapa uang pertanggungan yang ideal sesuai dengan kebutuhan finansial kamu saat ini. Ini bisa dilakukan dengan melakukan perhitungan menggunakan kalkulator uang pertanggungan berikut ini:

Setelah mengetahui berapa nilai uang pertanggungan yang diberikan, barulah kamu bisa membandingkan premi dengan sejumlah polis dari perusahaan asuransi jiwa yang ada di Indonesia.

Bandingkan dan temukan polis asuransi jiwa dari berbagai perusahaan di Lifepal.co.id!

Berapa Premi Asuransi Jiwa?

Besaran premi ditentukan oleh beberapa faktor, yaitu uang pertanggungan, jangka waktu asuransi, usia tertanggung, jenis kelamin, dan kesehatan tertanggung.

Untuk menghitung kebutuhan uang pertanggungan, ada tiga metode yang biasanya digunakan, yaitu:

1. Human Life Value

Metode ini menggunakan pendapatan bulanan dikalikan dengan lama dana yang tersedia buat menopang hidup untuk menentukan uang pertanggungan. Faktor bunga dan pertumbuhan dana jika uang tersebut disimpan dalam produk perbankan tidak digunakan. Berikut rumus untuk menghitungnya.

Uang Pertanggungan = Pendapatan per Tahun x Rencana Durasi Pensiun

2. Income Based Value

Metode ini besarnya bunga yang diterima jika uang pertanggungan disimpan dalam produk perbankan, misalnya instrumen investasi pendapatan tetap seperti ORI. Harapannya, uang pertanggungan yang cair bisa menjadi passive income untuk keluarga.

Uang Pertanggungan = Penghasilan Tahunan : 6%

3. Financial Needs Based Value

Metode ini dipakai untuk membayar kebutuhan biasa di masa depan, misalnya dana pendidikan. Jadi, uang pertanggungan diukur dari perkiraan biaya sekolah di masa depan setelah dikalikan dengan inflasi.

Uang Pertanggungan = Perkiraan Biaya di Masa Depan x Tingkat Inflasi

Pertanyaan Seputar Asuransi Jiwa

Apakah kamu masih bingung atau punya pertanyaan dalam memilih asuransi terbaik yang sesuai kebutuhan dan anggaran? Jangan ragu untuk konsultasikan secara gratis dengan ahlinya melalui Tanya Lifepal!

Asuransi jiwa terbaik adalah ketika polis yang dipilih dapat memberikan uang pertanggungan sesuai kebutuhan nasabah ketika terjadi risiko meninggal dunia dengan premi bersahabat.
Jenis proteksi ini sangatlah penting dimiliki setiap orang, khususnya yang sudah berkeluarga atau memiliki tanggungan. Sebab, kita tidak akan pernah tahu kapan risiko meninggal dunia dapat terjadi kepada siapa dan kapan saja. Dengan adanya proteksi finansial atas risiko meninggal dunia, keluarga yang ditinggalkan dapat tetap melanjutkan hidup.
Risiko meninggal dunia dapat terjadi kepada siapa saja, artinya tidak memandang usia. Nah, untuk kamu yang masih usia muda, cocok banget memilih asuransi jiwa dwiguna, sebab kamu bisa mendapatkan manfaat uang pertanggungan meninggal dunia dan tabungan sekaligus. Jadi, dihitung-hitung sama saja menabung untuk jangka panjang.
Tentu saja tidak. Ada kok beberapa pilihan polis asuransi yang menawarkan syarat maksimal usia masuk hingga 60 tahunan dan dapat diperpanjang sampai 100 tahun. Hanya saja preminya tentu akan lebih mahal karena risiko juga akan semakin tinggi mengikuti usia. Karena itu, sebaiknya daftarkan diri pada proteksi life insurance sejak usia muda agar premi yang dibayarkan tidak terlalu mahal.
Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →