Mengapa Butuh Asuransi Jiwa untuk Karyawan? Ini Alasannya!

asuransi kesehatan karyawan

Setiap perusahaan tentu ingin menjaga agar karyawannya sejahtera; merasa bahagia, nyaman, dan terus berkontribusi terhadap perusahaan. Salah satu cara menjamin kesejahteraan mereka adalah dengan memberikan program asuransi jiwa untuk karyawan. 

Seperti kita ketahui, program asuransi jiwa adalah perlindungan yang diberikan untuk memproteksi diri dari risiko finansial yang terjadi pada seseorang. Asuransi jiwa saat ini tidak hanya bisa dibeli secara perseorangan, tetapi juga perusahaan untuk memproteksi karyawannya. 

Mengapa perusahaan membutuhkan asuransi jiwa untuk karyawan? Berikut sejumlah alasan pentingnya memiliki asuransi jiwa untuk karyawan. 

Asuransi Jiwa untuk Karyawan Menambah Daya Tarik Perusahaan di Mata Pencari Kerja

Mayoritas pekerja saat ini adalah generasi milenial dan generasi Z, yang dikenal sebagai generasi dengan tingkat literasi keuangan lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya. Selepas lulus kuliah dan mencari kerja, mereka mempertimbangkan gaji dan benefit yang diberikan perusahaan.

Salah satu benefit menarik yang diberikan perusahaan adalah asuransi jiwa atau kesehatan untuk karyawannya. Ini menandakan bahwa perusahaan peduli dengan kesejahteraan karyawannya. Sehingga karyawan yang bekerja tidak perlu khawatir risiko yang terjadi saat sedang bekerja. 

Hal ini tentu menambah daya tarik calon karyawan atau karyawan untuk bekerja di sebuah perusahaan. Ditambah lagi jaminan perlindungan diberikan juga mencakup keluarga karyawan, membuat karyawan tidak perlu khawatir bila sakit, mengalami risiko kecelakaan kerja atau meninggal dari asuransi. Sebab telah terjamin secara finansial. 

Asuransi Jiwa untuk Karyawan Meningkatkan Reputasi Perusahaan

Perusahaan yang dikenal dengan reputasi baik akan menjadi tujuan para pencari kerja atau profesional. Reputasi tersebut bisa didapat dengan salah satunya pengelolaan SDM. Artinya, bagaimana cara sebuah perusahaan memperlakukan SDM sangat penting. Salah satunya lewat jaminan kesejahteraan dengan memberikan asuransi jiwa bagi karyawannya. 

Tentu sebuah kerugian bila karyawan terbaik dan profesional memilih untuk mengundurkan diri dengan alasan kesejahteraan dan ketidakpastian di masa depan. Maka itu memberikan asuransi jiwa dapat menjaga kualitas dari para pekerjanya lebih baik. 

Hasilnya, produktivitas dan target perusahaan akan tercapai dan menguntungkan perusahaan karena mitra atau rekan kerja akan berdatangan untuk berbisnis dengan perusahaan. Lewat reputasi yang baik perusahaan akan terus berkembang. 

Mempermudah Pengelolaan Anggaran Karyawan

Perusahaan yang memiliki asuransi karyawan berarti mempercayakan pengelolaan finansial aset SDMnya ke perusahaan asuransi.

Sehingga, perusahaan tidak perlu repot memikirkan pengelolaan dana karyawannya.

Perusahaan bisa lebih fokus pada hal-hal yang lebih besar. Apalagi pengelolaan anggaran karyawan ini untuk jangka panjang sehingga dibutuhkan SDM yang mumpuni dan konsisten mengelolanya. 

Mempercayakan pengelolaan anggaran karyawan dengan membeli asuransi jiwa sangat praktis, terjamin dan menguntungkan. Tentu, pilihan perusahaan asuransi jiwanya harus yang sudah terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan ya. 

Meningkatkan Loyalitas Karyawan

Banyak cara untuk meningkatkan loyalitas karyawan kepada perusahaan. Mulai dari kenaikan gaji, karier, penilaian kinerja, kesempatan mengasah kreativitas hingga memberikan asuransi kepada karyawan. 

Karyawan yang memiliki asuransi kesehatan dan asuransi jiwa dari perusahaan secara psikologis akan merasa tenang dan nyaman dalam bekerja. Selain itu, karyawan bisa menyeimbangkan pendapatannya dan mencapai kesejahteraan hidup dengan lebih cepat. 

Karyawan akan merasa kondisi keuangannya lebih stabil atau bisa teratasi seandainya terjadi risiko dalam bekerja yang mengakibatkan sakit, cacat atau meninggal dunia. Sehingga mereka akan berpikir berkali-kali untuk keluar dari perusahaan tersebut dan jauh lebih loyal kepada perusahaan. 

Asuransi Jiwa untuk Karyawan Meningkatkan Kesejahteraan Perusahaan

Karyawan dengan tubuh dan jiwa yang sehat dan kuat akan mendongkrak produktivitas kerja sebuah perusahaan. Saat karyawan sedang sakit atau mengalami musibah, karyawan memiliki penopang yang berasal dari asuransi karyawan, sehingga tidak harus menguras anggaran perusahaan. 

Keuangan perusahaan yang stabil dampaknya sangat terasa bagi karyawan dalam urusan keuangan. Hal ini akan mengurangi konflik di dalam karyawan itu sendiri atau antar karyawan. 

Fokus karyawan akan bertumpu pada pekerjaan dan membuat perusahaan mampu mencapai targetnya dengan cepat. Hasilnya, perusahaan akan terus tumbuh dan berkembang sejalan juga dengan mencapai kesejahteraan. 

Meningkatkan Kualitas Kerja Karyawan

Asuransi karyawan dari perusahaan dapat melindungi keamanan ekonomi para karyawannya. Sehingga semangat kerja karyawan akan tercipta untuk mencapai target perusahaan dan lebih berkreatif dalam pekerjaannya. 

Secara individu, karyawan akan terpacu untuk berprestasi karena menyadari perusahaan memperhatikan karyawannya. Dalam proses mencapai prestasi tersebut tentu dilakukan tidak sendirian tapi dibantu oleh mitranya. Sehingga secara otomatis, karyawan yang berprestasi akan memengaruhi rekan kerjanya yang lain untuk mengekor. 

Semangat positif ini timbul karena keamanan finansial atau keuangan tercapai. Karyawan secara sadar bekerja dengan maksimal untuk memberikan yang terbaik kepada perusahaan. 

Mendapatkan Karyawan Berkualitas

Program kesejahteraan karyawan lewat asuransi diberikan secara rata artinya pemberiannya tidak didasarkan pada kinerja pegawai, tetapi didasarkan pada keanggotaannya sebagai bagian dari organisasi. Sehingga pegawai merasa tercipta keadilan, dalam kondisi tersebut karyawan akan bekerja dengan maksimal. 

Pada proses tersebut, semua karyawan akan terpacu untuk berprestasi dan berkualitas. Tidak hanya pada satu atau dua orang saja tapi seluruhnya. Prestasi kerja artinya menunjukkan hasil kerja karyawan baik secara kualitas maupun kuantitasnya sesuai yang dikehendaki perusahaan.

Nah, semoga artikel ini bisa menambah keyakinan kamu tentang pentingnya asuransi jiwa untuk karyawan. Bila perusahaan kamu belum memiliki asuransi jiwa untuk karyawannya, hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah memberikan saran kepada departemen HRD

Bila akan mendaftar asuransi jiwa, salah satu komponen yang perlu kamu hitung untuk menentukan uang pertanggungan. Yuk kita coba hitung dengan Kalkulator Uang Pertanggungan berikut ini!

Semoga saran tersebut ditindaklanjuti ya, sebab asuransi jiwa untuk karyawan itu sebenarnya kebutuhan untuk karyawan dan membawa hal baik untuk perusahaan. 

Punya pertanyaan lebih lanjut soal asuransi? Mari tanyakan langsung kepada ahlinya melalui fitur Tanya Lifepal!

Pertanyaan Seputar Asuransi Jiwa untuk Karyawan

Asuransi jiwa untuk karyawan adalah produk proteksi yang dibeli oleh sebuah perusahaan untuk melindungi keuangan karyawannya dari risiko meninggal dunia.
Produk ini penting untuk meningkatkan daya tarik calon karyawan terhadap perusahaan. Benefit asuransi jiwa juga dapat meningkatkan reputasi perusahaan.
Umumnya ada tiga jenis asuransi yang diberikan untuk karyawan, yaitu asuransi jiwa, asuransi kesehatan, dan dana pensiun.
Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →