15 Cara Mempercepat Koneksi WiFi, Internet Jadi Antilemot

cara mempercepat koneksi wifi

Bagaimana cara mempercepat koneksi WiFi? Pertanyaan cara mempercepat koneksi WiFi kini dilontarkan banyak orang karena bekerja dari rumah alias work from home (WFH) maupun anak-anak yang belajar secara online atau school from home (SFH) selama Pandemi Covid-19. 

Koneksi WiFi alias jaringan komunikasi nirkabel yang lambat tentu menyebalkan, karena bisa mengganggu pekerjaan maupun jadwal sekolah online. Tak heran, kini banyak yang menanyakan bagaimana cara mempercepat koneksi WiFi.

Nah, kita akan membahas tips bagaimana mempercepat koneksi WiFi lewat berbagai cara di artikel ini. 

Cara mempercepat koneksi WiFi 

Ada kalanya, meski kita merasa sudah berada dekat dengan router atau titik hotspot-nya, namun koneksi WiFi melambat. Kalau sudah begini, pekerjaan atau aktivitas kita dalam berselancar di dunia maya bisa terganggu. 

Berikut ini 15 cara mempercepat jaringan WiFi dikutip dari Detik dan sumber lainnya:

  • Pindahkan router ke tempat optimal
  • Perbarui firmware router
  • Jauhkan dari perangkat elektronik lain
  • Jauhkan dari perangkat wireless
  • Ganti channel
  • Buat antena sendiri
  • Ganti router yang usang
  • Ubah pengaturan ponsel pintar
  • Gunakan password
  • Reboot router
  • Periksa kekuatan sinyal
  • Lakukan speed test
  • Gunakan software analisis WIFI
  • Ubah pengaturan QoS
  • Beli router baru

1. Pindahkan router ke tempat optimal

Posisi router punya peran penting dalam menentukan kelancaran koneksi WiFi. Router yang dipasang secara terbuka di ruangan memang kurang sedap dipandang, tapi jangan lantas menyembunyikan router di tempat tertutup, misalnya di lemari. Hal ini tentu akan mengganggu transmisi data antara router dengan perangkat kita. 

Supaya optimal, maka posisikan router di ruang terbuka (tidak terhalang benda) dan kalau bisa di tengah rumah atau ruangan agar bisa menjangkau seluruh bagian rumah/ruangan. 

2. Perbarui firmware router

Terkadang kita lupa kalau jurus ini cukup ampuh untuk mempercepat koneksi WiFi. Ya, perbarui firmware router kamu. Perusahaan pembuat router biasanya secara berkala memperbarui software untuk menghasilkan koneksi WiFi yang lebih cepat. Nah karenanya, kamu juga harus ikut memperbaruinya. 

3. Jauhkan dari perangkat elektronik lain

Hindari menempatkan router dekat dengan perangkat elektronik lain seperti televisi. Alasannya, perangkat elektronik tersebut bisa mengganggu sinyal wifi yang dipancarkan oleh router

4. Jauhkan dari perangkat wireless

Tak hanya perangkat elektronik, perangkat yang bisa memancarkan bluetooth juga bisa mengganggu sinyal WiFi. Hindarkan router dari benda-benda seperti speaker bluetooth

5. Ganti channel

Sinyal WiFi dari router ini ternyata cukup sensitif kalau penempatannya tidak benar. Apalagi jika penggunanya memiliki tetangga yang juga memiliki router sebagai pemancar sinyal WiFi. Ada kalanya, router dan access points mereka bisa saja mengganggu milik kalian dan membuat sinyal WiFi menjadi lambat. 

Router WiFi bisa bekerja di berbagai channel, siasati lambatnya jaringan dengan memilih channel yang lebih sepi dan jarang digunakan.

Di PC atau komputer Windows, kalian bisa melihat channel mana yang digunakan oleh WiFi tetangga. Caranya masuk ke Command Prompt dan ketik “netsh wlan show all”. Nantinya kalian akan melihat daftar yang berisi jaringan wireless dan channel yang digunakan di sekitar kalian.

6. Buat antena sendiri

Salah satu cara untuk mempercepat koneksi WiFi adalah mengkreasikan antena router sendiri. Contoh, dengan membuat antena router dari kaleng minuman. Ternyata cara ini cukup ampuh loh mempercepat koneksi WiFi.

Antena router DIY ini dibuat dengan memotong bagian atas dan bawah kaleng, serta potong kaleng di tengah sehingga menjadi lembaran metal.

Taruh potongan kaleng ini di belakang antena router dengan bentuk seperti parabola, dan biarkan bagian depannya terbuka. Walau hasilnya tidak begitu drastis, trik ini berhasil mempercepat koneksi WiFi.

7. Ganti router yang usang

Tujuannya untuk memperlebar batas bandwith. Kalau kalian menggunakan router lama, misalnya yang menggunakan standar 802.11n, router tersebut memiliki batas bandwidth yang cukup rendah. Jadi, sebisa mungkin upgrade router kalian dengan router yang memiliki standar terbaru yaitu 802.11ac yang bisa mendukung bandwidth hingga 1Gbps.

8. Ubah pengaturan ponsel pintar

Settingan dalam smartphone kita ternyata berpengaruh pada cepat-lambatnya koneksi WiFi. Kalau kamu pengguna Android, Xiaomi khususnya, kamu bisa mengatur opsi WiFi dalam ponsel. Klik Advanced Settings dan pilih WiFi Speed Mode untuk menentukan prioritas bandwidth pada aplikasi tertentu. 

Regular mode bisa dipilih untuk membagi bandwidth secara merata untuk aplikasi yang berjalan di foreground dan background.

Sedangkan Extreme mode untuk memprioritaskan bandwidth pada aplikasi yang berjalan di foreground, sedangkan aplikasi yang berjalan di background kemungkinan tidak bisa mengakses internet untuk sementara.

9. Gunakan password

Pernah nggak terpikir kalau lemotnya koneksi WiFi karena ada tetangga atau orang lain yang nakal? Maksudnya, mereka masuk ke dalam jaringan WiFi kita. Karena penggunaan data semakin besar, maka koneksinya jadi lambat. 

Untuk menyiasati hal ini, kamu bisa menggunakan password untuk mengamankan koneksi WiFi kamu. Pastikan juga password kalian menggunakan enkripsi WPA2 agar lebih sulit dibobol oleh orang lain.

10. Reboot router

Reboot router kamu secara berkala untuk meningkatkan kecepatan koneksi WiFi. Ingat, reboot dilakukan secara reguler ya, tidak hanya saat koneksi terasa lemot saja. 

11. Periksa kekuatan sinyal 

Periksa kembali kekuatan sinyal yang dipancarkan router di rumahmu. Ada beberapa aplikasi yang bisa diunduh untuk melakukan ini. Dengan mengecek kekuatan sinyal, maka kamu bisa memastikan bagian mana saja di ruangan atau rumahmu yang bisa menerima sinyal dengan kuat. 

12. Lakukan speed test 

Tes ini dilakukan dengan membandingkan kecepatan koneksi antara WiFi dan jaringan kabel. Bila dua-duanya memang lambat, artinya ada masalah dengan penyedia layanan internet. Bila koneksi yang lambat hanya pada jaringan WiFi, maka bisa dipastikan ada masalah di situ. 

13. Gunakan software analisis WiFi 

Untuk memudahkan analisis mengapa koneksi WiFi lambat, kamu bisa lho memanfaatkan software WiFi Analyzer gratis seperti free inSSIDer utility. Fungsinya, untuk melihat kanal mana dengan penggunaan paling banyak.

Setelah kamu mengetahui kanal mana yang dapat kamu gunakan, kamu bisa mengatur kanal pada pengaturan router yang kamu gunakan.

14. Ubah pengaturan QoS

Nah bagian ini cukup teknis. Untuk kamu yang menggunakan komputer atau laptop dengan sistem operasi Windows 8 ke atas, Windows secara default mengalokasikan 20 persen bandwidth untuk kebutuhan Windows Update, dan 80 persen bandwidth yang tersedia untuk internet kamu.

Artinya, kamu bisa mempercepat koneksi WiFi dengan mengatur penuh lebar pita untuk internet kamu.

Caranya, yakni sebagai berikut:

  • Klik Start > Run > ketikkan “gpedit.msc” (tanpa tanda kutip).
  • Klik menuju Local Computer Policy > Computer Configuration > Administrative Templates.
  • Klik Network kemudian QoS Packet Scheduler.
  • Klik dua kali (double click) pada Limit Reservable Bandwidth.
  • Klik menu Enable. Setelah itu isikan nilai 0 pada bandwidth limit.
  • Klik Apply.
  • Restart komputer.

15. Beli router baru

Kalau memang dirasa perlu dan router lama tak bisa berjalan optimal lagi, ya mau enggak mau harus beli router baru. Carilah yang benar-benar berkualitas sehingga tak perlu sering gonta-ganti router

Itu tadi beberapa cara mempercepat koneksi WIFI. Selain itu, yuk pahami lebih dalam apa itu WIFI dan cara kerjanya. 

Apa itu WIFI

Dikutip dari portal teknikelektronika, WiFi merupakan singkatan dari Wireless Fidelity. WiFi merupakan implementasi dari teknologi komunikasi nirkabel (tanpa kabel) yang memanfaatkan gelombang radio. Melalui gelombang ini, dua perangkat atau lebih bisa dapat saling terhubung dan saling bertukar informasi dan data. 

WiFi atau kerap dituliskan dengan Wi-Fi pertama kali ditemukan oleh perusahaan NCR Corporation dan AT&T pada tahun 1991. Saat itu, penggunaannya sebatas untuk sistem kasir. Namun, selang satu dekade kemudian, penggunaan WiFi sudah semakin meluas. Bahkan, saat ini WiFi banyak digunakan untuk perangkat ponsel dan laptop, hingga televisi. 

Tak hanya itu, sistem smart home atau rumah pintar juga memanfaatkan koneksi WiFi untuk menghubungkan perangkat rumah tangga seperti lampu, lemari es, dan AC. 

Bagaimana cara kerja WiFi?

WiFi bekerja pada jaringan area lokal atau LAN (Local Area Network) yang tidak memerlukan kabel dengan koneksi kecepatan yang tinggi. WiFi juga kerap disebut dengan WLAN atau Wireless Local Area Network. Seperti dijelaskan di atas, kunci penyampaikan informasi pada WiFi menggunakan sinyal radio. 

Teknologi WiFi ini memanfaatkan dua frekuensi gelombang radio dalam mengirimkan dan menerima sinyal Radio. Kedua Frekuensi gelombang radio tersebut adalah Frekuensi 2,4GHz dan 5GHz.

Saat dipancarkan, router kemudian menerima data dari internet akan menerjemahkannya menjadi Sinyal Radio yang kemudian ditransmisikan dari antena WiFi ke perangkat penerima WiFi seperti ponsel pintar dan laptop yang dilengkapi dengan rangkaian WiFi. 

Selanjutnya, komputer atau ponsel pintar kita akan menerima sinyal WiFi ini dan segera membacanya serta menerjemahkannya menjadi data yang dapat dimengerti oleh perangkat-perangkat tersebut. 

Dari situlah kemudian terjalin koneksi di antara pengguna dan jaringan. Sebaliknya, dalam pengiriman informasi dari komputer atau ponsel, perangkat tersebut akan menerjemahkan data menjadi sinyal radio dan mentransmisikannya menggunakan antena. 

Router nirkabel menerima sinyal tersebut dan menerjemahkannya. Router kemudian mengirimkan informasi ke Internet menggunakan koneksi Ethernet kabel fisik.

Jarak jangkauan sebuah router WiFi atau hotspot bervariasi, namun biasanya sekitar 30 meter dalam ruangan. Kemudian bicara soal kecepatan koneksi, hal ini juga bergantung pada seberapa dekat jarak antara perangkat dengan router

Koneksi WiFi akan meningkat apabila perangkat pengguna berada di dekat router atau titik hotspot-nya. Sebaliknya, koneksi sinyal WiFi akan semakin lambat apabila berada di wilayah yang jauh dari sumber sinyalnya.

Itu tadi beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mempercepat koneksi WiFi, baik di rumah atau di kantor. Kalau misalnya masalah tak terpecahkan, kamu bisa panggil penyedia layanan internet. Bisa jadi, gangguan memang ada di jaringan internet, atau ada komponen lain yang rusak. Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →