Cek Premi Asuransi Pengiriman
Dapatkan 10% DISKON Daftar sekarang untuk penawaran terbatas
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku
Cari Asuransi Semudah 1, 2, 3!
1
2
3
Isi formulir untuk melihat pilihan
Sesuai Profil & Kebutuhanmu
Konsultasi gratis melalui telepon
Dengan tim ahli, cukup 5 menit
Temukan asuransi terbaik
Sesuai Kebutuhan dan Anggaranmu

Asuransi Pengiriman Terbaik di Indonesia 2023

Asuransi pengiriman adalah produk yang memberikan ganti rugi jika terjadi kerusakan atau kehilangan barang selama  proses pengiriman. Jenis asuransi ini sangat cocok untuk calon nasabah yang memiliki usaha seller baik secara offline maupun online, khususnya jika produk yang dijual bernilai tinggi.

Misalnya, calon nasabah adalah seller toko online yang menjual barang elektronik. Kemudian, nasabah mengirimkan produk laptop yang dijualnya kepada buyer. Namun, produk yang diasuransikan jatuh dan mengalami kerusakan. Nah, di sini pentingnya peran asuransi guna memberikan ganti rugi sesuai dengan perjanjian polis yang telah disepakati bersama.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Cara Kerja Asuransi Pengiriman

Berdasarkan cara kerjanya, asuransi pengiriman terbagi menjadi dua kategori, yaitu Business-to-Business (B2B) dan Business-to-Customer (B2C). Berikut rinciannya:

KategoriCara Kerja
B2BPengangkutan untuk produk dalam jumlah banyak. Perjanjian polis dilakukan antar produsen atau perusahaan ekspor/impor dengan perusahaan asuransi.
B2CPengiriman barang elektronik dan barang dagangan lainnya. Perjanjian polis dilakukan antara jasa ekspedisi (JNE, TIKI, Dll) dengan pelanggan/buyer.

Daftar Polis Asuransi Pengiriman Terbaik 2022

Saat ini sudah ada cukup banyak pilihan perusahaan asuransi yang memberikan proteksi selama barang dikirim. Berikut ini adalah beberapa pilihan terbaiknya:

  1. Asuransi Pengiriman JNE
  2. Asuransi Pengiriman TIKI
  3. Asuransi Pengiriman J&T
  4. Asuransi Pengiriman Tokopedia
  5. Asuransi Pengiriman Bukalapak
  6. Asuransi Pengiriman SiCepat
  7. Asuransi Pengiriman Deliveree

1. Asuransi JNE

Asuransi JNE adalah layanan proteksi pengiriman barang yang dihadirkan oleh perusahaan logistik Jalur Nugraha Ekakurir (JNE). Fungsi dari Asuransi Pengiriman JNE adalah memberikan ganti rugi jika terjadi kerusakan atau kehilangan paket atau barang selama proses pengiriman.

Syarat Asuransi JNE

Bila Anda ingin mengirim barang melalui ekspedisi satu ini, penting sekali untuk memahami syarat dan ketentuan barang yang bisa dilindungi oleh Asuransi JNE. Berikut penjabaran mengenai syarat Asuransi JNE yang harus diketahui:

  1. Nilai barang lebih dari Rp1 juta.
  2. Nilai barang atau dokumen berharga 10x lipat dari biaya pengiriman.
  3. Dokumen lainnya yang dianggap pihak JNE atau pelanggan berharga.
  • BPKB mobil: nilai max asuransi Rp3,5 juta / buku.
  • BPKB motor: nilai max asuransi Rp2,5 juta / buku.
  • STNK mobil: nilai max asuransi Rp2 juta / lembar.
  • STNK motor: nilai max asuransi Rp1 juta / lembar.
  • Ijazah: nilai max asuransi Rp200 ribu.
  • Paspor: nilai max asuransi Rp500 ribu.
  • Sertifikat asli: nilai maks. asuransi Rp2 juta.
  • Dokumen lainnya: nilai maks. asuransi Rp2 juta / dokumen.
  • Sarang burung walet dikenakan biaya asuransi + tambahan biaya sebesar 200 persen dari harga asuransi.

Perhitungan dan biaya Asuransi JNE terbilang sederhana dengan nilai yang sangat bersahabat. Berikut adalah perhitungan dan biaya Asuransi JNE:

Biaya Asuransi JNE = (0,2% x nilai barang) + biaya administrasi Rp5.000 ribu

Contoh Perhitungan Asuransi JNE:

Nasabah mengirimkan laptop senilai Rp5 juta. Mengikuti rumus di atas, maka biaya asuransi yang dikenakan pada nasabah adalah Rp15.000 ribu.

(0,2% x Rp5 juta) + Rp5.000 ribu = Rp15.000 ribu

Klaim dapat dilakukan dengan menghubungi customer service perusahaan di nomor (021) 2927888 atau via email customercare@jne.co.id. Berikut ini adalah dokumen klaim yang dibutuhkan:

  • Bukti resi asli
  • Bukti resi asuransi
  • Formulir klaim dan kartu identitas
  • Invoice atau faktur pembelian barang

Dokumen tersebut di atas bisa langsung dibawa dan ditunjukkan pada petugas JNE baik di kantor pusat, cabang, atau sub agen terdekat. Selain itu, Anda juga bisa menghubungi petugas customer service di nomor (021) 2927888 atau customercare@jne.co.id (surel CS JNE).

Batas maksimum pengajuan klaim paling lambat 14 hari kalender yang dihitung sejak barang atau paket seharusnya diterima. Pengajuan klaim tidak akan diproses oleh pihak JNE apabila melebihi ketentuan 14 hari kalender sejak paket atau barang seharusnya diterima.

Kantor Pusat JNE

Jl. Tomang Raya No. 11

Jakarta Barat 11440, Indonesia

Contact Center: (021) 2927 8888

Telepon Kantor: (021) 566 5262

Fax: (021) 5671413

Email: customercare@jne.co.id

JNE terdaftar secara resmi menjadi anggota di Asosiasi IATA (International Air Transport Association), ASPERINDO (Asosiasi Perusahaan Nasional Pengiriman dan Pengantaran Barang Indonesia), Agen Maskapai Penerbangan dan juga tunduk pada ketentuan yang berlaku khusus Penyelenggara POS.

2. Asuransi TIKI

Asuransi TIKI adalah layanan proteksi pengiriman barang yang dihadirkan oleh PT Citra Van Titipan Kilat (TIKI).  Proteksi ini berfungsi untuk memberikan ganti rugi jika paket atau barang yang diasuransikan rusak maupun hilang selama proses pengiriman.

Proteksi ini memiliki peran cukup penting, terutama pengiriman TIKI di luar Jabodetabek yang harus menggunakan jalur udara. Sementara lokasi tujuan sekitar Jabodetabek umumnya pengiriman menggunakan jalur darat. Karena itu risiko terjadi kerugian selama proses pengiriman sangat mungkin terjadi.

Barang yang Dapat Diasuransikan TIKI

Asuransi Pengiriman TIKI ini ditujukan untuk barang atau dokumen yang bernilai tinggi. Berikut ini adalah beberapa syarat barang yang wajib atau disarankan untuk diasuransikan:

  • Nilai barang lebih dari Rp1 juta.
  • Nilai barang atau dokumen berharga 10x lipat dari biaya pengiriman.
  • Dokumen resmi dan berharga: KTP, SIM, BPKB, paspor, ijazah, dan sertifikat.
  • Barang elektronik
  • Barang rawan pecah

Nah, perlu dipahami juga bahwa besaran ganti rugi diberikan sesuai dengan nilai barang. Meski begitu, kerugian yang ditanggung adalah hilang dan rusak fisik, alias bukan rusak fungsional.

Contohnya, kerusakan fisik untuk barang handphone adalah layar pecah. Sementara rusak fungsional adalah tidak berfungsi atau prosesor lambat, maka itu menjadi tanggung jawab pihak dealer atau seller.

Biaya asuransi TIKI juga terbilang murah jika dibandingkan dengan perusahaan logistik lainnya. Sebab, TIKI tidak menetapkan biaya administrasi. Berikut ini adalah rumus cara menghitungnya:

0,2% x nilai barang

Contoh Perhitungannya

Misal nasabah mengirimkan barang elektronik senilai Rp2 juta, artinya biaya asuransi yang harus dibayarkan adalah Rp4 ribu.

0,2% x Rp2 juta = Rp4 ribu

Klaim asuransi dapat bisa dilakukan secara online dengan menghubungi nomor customer service 1500 125 atau via email di tiki@tiki.id. Berikut ini dokumen klaim yang umumnya perlu diikutsertakan:

  • Bukti resi asli
  • Bukti resi asuransi
  • Formulir klaim dan kartu identitas
  • Invoice atau faktur pembelian barang

Kantor Pusat TIKI

Jl. Raden Saleh Raya No. 2

Jakarta 10430 Indonesia

Hotline: 1500 125 (24 jam)

Email: tiki@tiki.id.

3. Asuransi J&T

Asuransi J&T adalah jaminan ganti rugi yang diberikan kepada nasabah jika terjadi risiko kerusakan* atau kehilangan barang selama proses pengiriman. J&T asuransi bersifat wajib jika paket yang dikirim berupa objek atau dokumen berharga. Besaran ganti rugi yang diberikan perusahaan pun disesuaikan dengan jenis paketnya.

Syarat dan Ketentuan Asuransi J&T

Untuk dapat mengasuransikan paket J&T Anda, ada beberapa syarat dan ketentuan yang perlu diperhatikan. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  • Biaya asuransi maks. Rp1 juta
  • Biaya asuransi dokumen maks. Rp100 ribu.
  • Biaya ganti rugi jika barang rusak atau hilang maks. Rp20 juta
  • Biaya ganti rugi jika dokumen rusak atau hilang maks. Rp2 juta

Perlu dipahami bahwa asuransi paket J&T hanya diwajibkan untuk jenis barang dan dokumen berharga saja. Artinya, ditujukan untuk nilai paket 10 kali lipat lebih besar dari biaya pengiriman.

Artinya, jika biaya pengiriman antar kota Rp9 ribu, maka nilai paket yang dapat diasuransikan adalah Rp90 ribu. Jika barang atau dokumen bernilai di bawah Rp90 ribu, maka nasabah dapat memilih untuk mengasuransikan paketnya atau tidak.

Biaya asuransi pengiriman barang J&T menggunakan rumus perhitungan 0.2 persen dari biaya invoice. Jadi, kembali lagi disesuaikan dengan nilai paketnya. Agar lebih jelas, perhatikan contoh perhitungan Asuransi Pengiriman J&T berikut ini:

(0.20% x Rp2 juta) + Rp5 ribu (biaya penanganan) = Rp11 ribu

Jadi, dapat disimpulkan bahwa untuk nilai paket Rp2 juta, biaya asuransi pengiriman barang J&T yang harus dibayarkan adalah Rp11 ribu.

Klaim Asuransi Pengiriman J&T dapat dilakukan baik oleh seller maupun buyer yang mengalami kerugian paket hilang atau rusak. Berikut ini langkah-langkah klaim asuransi J&T yang dapat diikuti:

  • Menyertakan dokumen sebagai berikut:
    • Lampiran bukti foto barang
    • Faktur/ invoice pembelian,
    • Nomor resi dan foto sebelum packing atau pengemasan
    • Surat Asuransi TIKI
    • Identitas pengirim yang masih berlaku
  • Pengajuan klaim hanya dapat dilakukan oleh pengirim paket
  • Pengajuan klaim dapat dilakukan dengan menghubungi call center atau mengunjungi langsung kantor pusat/ cabang terdekat
  • Segera ajukan klaim, maks. 3 hari sejak paket diterima
Alamat Kantor Pusat J&T
Landmark Pluit Unit B1
Lt. 8-10, Jalan Pluit Selatan Raya.
Indonesia, Jakarta Utara, 14450
Call Center: (021) 8066 1888
Kantor Cabang J&T
  • Kantor Cabang J&T – Tanah Abang: Jl. Cilamaya No 38 Cideng Barat, Gambir, Jakarta Pusat | Telp: (021) 29922478
  • Kantor Cabang J&T – Jatinegara: Jl. Basuki Rahmat No.08, RT.03/RW.06 Kel. Cipinang Besar Selatan, Kec. Jatinegara, Jakarta Timur | Telp: (021) 21011050
  • Kantor Cabang J&T – Surabaya: Jl. Jagir Wonokromo No.248, Kel. Sidosermo, Kec. Wonokromo, Jawa Timur | Telp: (031) 99845410
  • Kantor Cabang J&T – Surabaya 2: Jl. Mulyosari No.190, Kel. Kalisari, Kec. Mulyorejo, Surabaya | Telp: (031) 59173853
  • Kantor Cabang J&T – Semarang: Jl. Anjasmoro Raya No.57, Kel. Karangayu, Kec. Semarang Barat, Semarang | Telp: (0247) 6434724
  • Kantor Cabang J&T – Semarang 2: Jl. MT Haryono No.820, Semarang | Telp: (0247) 6442832

4. Asuransi Tokopedia

Asuransi Tokopedia adalah proteksi pengiriman barang yang dihadirkan oleh perusahaan e-commerce Tokopedia bekerja sama dengan PT Asuransi Tokio Marine Indonesia. Asuransi pengiriman ini memiliki manfaat berupa ganti rugi jika terjadi kerusakan, kehilangan, atau penipuan ketika nasabah berbelanja online di Tokopedia.

Kerugian yang ditanggung Asuransi Pengiriman Tokopedia meliputi:

  • Barang hilang sebagian/keseluruhan
  • Barang rusak sebagian/keseluruhan
  • Barang yang diterima pembeli (buyer) tidak sesuai

Barang yang Dapat Diasuransikan Tokopedia

Berbeda dengan asuransi pengiriman logistik, Tokopedia memberikan layanan asuransi untuk segala barang tanpa terkecuali. Jadi, asuransi tidak hanya berlaku untuk barang dengan nilai jutaan rupiah saja. Jika barang dirasa rentan rusak, seperti barang mudah pecah atau mudah rusak jika terbentur, sangat dianjurkan untuk nasabah mengasuransikannya.

Syarat dan Ketentuan Asuransi Tokopedia

Perlu dipahami bahwa Asuransi Pengiriman Tokopedia yang dihadirkan merupakan produk dari PT Asuransi Tokio Marine Indonesia. Artinya, proses ganti rugi akan dilakukan sepenuhnya oleh perusahaan Asuransi Tokio Marine Indonesia, melalui Tokopedia.

Berikut ini adalah syarat dan ketentuan Asuransi Pengiriman Tokopedia:

  • Pengajuan klaim maksimal 2×24 jam sejak status “Pesanan Tiba”.
  • Klaim tidak dapat diajukan jika status barang “Pesanan Selesai”.
  • Nilai ganti rugi yang diberikan adalah senilai harga barang + ongkos kirim awal + ongkos return + ongkos re-shipment.
  • Nilai ganti rugi maksimal Rp100 juta per invoice.
  • Manfaat asuransi tidak berlaku jika:
    • Dokumen klaim tidak lengkap.
    • Pengiriman menggunakan kurir instant/same day (Gojek dan Grab) yang dipesan secara pribadi atau tidak tercatat dalam sistem Tokopedia.
    • Keterangan produk dalam invoice tidak sesuai
    • Produk berupa makanan, minuman, dan obat-obatan yang tidak terdaftar BPOM.

Biaya asuransi Tokopedia disesuaikan dengan nilai barang dan ongkos kirim saat pembelian. Namun, untuk toko official store, premi akan ditanggung sepenuhnya oleh Tokopedia Official Store. Berikut ini adalah perhitungan yang digunakan untuk menentukan preminya:

Biaya Asuransi Tokopedia = 0,40% x nilai barang + ongkos kirim (dibulatkan ke nominal ratusan terdekat)

Contoh Perhitungannya

Nasabah membeli barang elektronik sebesar Rp800 ribu dengan ongkos kirim Rp28.700. Maka, biaya asuransi yang harus dibayarkan adalah Rp32.200.

0,40% x Rp800 ribu + Rp29.000 ribu = Rp32.200

Cara klaim Asuransi Pengiriman Tokopedia sebaiknya dilakukan sesegera mungkin. Perlu diketahui juga bahwa pengguna yang dapat mengajukan klaim asuransi adalah pengguna atau nasabah yang namanya terdaftar dalam Polis. Berikut ini langkah-langkah pengajuan klaimnya:

  • Laporkan pada Tokopedia Care → www.tokopedia.com/help
  • Tokopedia akan meneruskan ke partner dalam jangka waktu 1×24 jam
  • Partner melakukan pemeriksaan dokumen dalam jangka waktu 3×24 jam
  • Jika dokumen dinyatakan belum lengkap, maka nasabah harus melakukan upload ulang dokumen yang disyaratkan
  • Partner berhak membatalkan pengajuan klaim apabila terbukti ada tindak penipuan atau manipulasi data
  • Nasabah akan mendapatkan notifikasi yang memberikan informasi apakah pengajuan klaim diterima atau ditolak
  • Jika disetujui maka ganti rugi akan diberikan dalam Saldo Penghasilan Pengguna

5. Asuransi Bukalapak

Asuransi Bukalapak adalah proteksi pengiriman barang yang dihadirkan oleh e-commerce Bukalapak bekerja sama dengan PT. Sompo Insurance Indonesia dan AXINAN Pte Ltd. Manfaat yang diberikan oleh asuransi ini adalah ganti rugi atas risiko kerusakan atau hilangnya barang yang diasuransikan.

Barang yang Dapat Diasuransikan Bukalapak

Layanan Asuransi Pengiriman Bukalapak tersedia untuk hampir semua jenis barang tanpa terkecuali. Artinya, baik barang bernilai jutaan rupiah, maupun puluhan ribu rupiah dapat diasuransikan. Proteksi asuransi pengiriman sangat dianjurkan untuk jenis barang yang rawan mengalami kerusakan, seperti barang mudah pecah, elektronik, dan lain sejenisnya.

Syarat dan Ketentuan

Proteksi pengiriman yang diberikan oleh Bukalapak dikelola oleh PT. Sompo Insurance Indonesia. Artinya, penggantian merupakan tanggung jawab perusahaan Asuransi Sompo dan dibantu operasionalnya melalui Axinan. Berikut ini adalah syarat dan ketentuan klaim:

  • Nilai pertanggungan ganti rugi maksimal Rp100 juta per 1 order.
  • Nilai pertanggungan ganti rugi untuk barang seni budaya maksimal Rp50 juta per 1 order.
  • Kerugian total loss jika barang hilang atau kerusakan sama dengan atau lebih tinggi dari 75% harga barang pada mulanya.
  • Jika paket hilang atau rusak sebagian, maka yang digantikan juga hanyalah sebagian sesuai kerugian.
  • Polis berlaku selama 40 hari kalender sejak aktif.
  • Untuk barang hilang, Bukalapak akan meminta konfirmasi kehilangan dari pihak ekspedisi terkait.
  • Biaya asuransi pengiriman barang tidak dapat dikembalikan/refund apabila barang sudah diproses atau dikirimkan oleh penjual.

Biaya asuransi Bukalapak disesuaikan dengan nilai barang dan ongkos kirim atas barang yang diasuransikan. Berikut ini adalah perhitungan penetapan premi yang digunakan oleh Bukalapak:

0,2% – 1% x nilai barang + ongkos kirim

Contoh Perhitungannya

Sebagai contoh, misal nasabah beli barang elektronik senilai Rp500 ribu dengan ongkos kirim Rp25 ribu, maka biaya asuransi pengiriman yang harus dibayarkan adalah paling tinggi Rp33 ribu.

1% x Rp800 ribu + Rp25 ribu = Rp33 ribu

Klaim Asuransi Bukalapak sebaiknya dilakukan sesegera mungkin, sebab umumnya ada batas waktu pengajuan klaim yang ditentukan oleh perusahaan. Berikut ini cara pengajuan klaim asuransinya:

  • Laporkan dengan menghubungi call center Bukalapak di (021) 50813333.
  • Pengajuan klaim disertai penjelasan kronologi kerugian.
  • Menyertakan bukti berupa foto kondisi barang atau kemasan paket.
  • Untuk kerugian barang senilai Rp5 juta atau lebih harus disertai surat keterangan hilang dari Kepolisian Negara Republik Indonesia.
  • Proses analisa klaim memakan waktu 3 hari kerja.
  • Untuk barang dengan nilai lebih dari Rp10 juta akan dibutuhkan proses investigasi tambahan oleh pihak asuransi.

6. SiCepat

SiCepat adalah layana pengiriman paket untuk jangkauan domestik dan internasional. Sebagai salah satu perusahaan pengiriman ternama di Indonesia, SiCepat memberikan proteksi asuransi untuk nilai barang di atas Rp1 juta yang dibebakan kepada pengirim.

Kerugian yang ditanggung pengiriman SiCepat meliputi:

  • Barang hilang sebagian/keseluruhan
  • Barang rusak sebagian/keseluruhan
  • Barang yang diterima pembeli (buyer) tidak sesuai

Perhitungan dan Biaya Asuransi Pengiriman SiCepat:

Biaya Asuransi Tokopedia = 0,5% x nilai barang + biaya administrasi Rp100 ribu

8. Deliveree

Deliveree adalah layanan pengiriman cargo dan ekspedisi yang dapat diakses secara online. Selain menawarkan layanan pengiriman barang untuk keperluan bisnis, Deliveree juga menawarkan layanan pengiriman barang untuk pindahan rumah dan kantor. Deliveree bekerjasama dengan asuransi AXA Indonesia dalam memberikan perlindungan asuransi pengiriman. Menariknya biaya premi asuransi pengiriman Deliveree bersifat gratis atau tidak dibebankan kepada nasabah.

Pertanyaan Seputar Asuransi Pengiriman

Asuransi pengiriman barang adalah sebuah produk asuransi yang disediakan untuk melindungi barang dari risiko kerusakan atau kehilangan selama proses pengiriman oleh jasa ekspedisi atau e-commerce.

Asuransi Pengiriman Tokopedia adalah layanan perlindungan untuk melindungi transaksi yang dilakukan oleh penggunaan. Segala bentuk transaksi yang menggunakan layanan ini mencakup proses pengiriman (pengiriman awal, retur, dan pengiriman kembali). Khusus untuk retur dan pengiriman kembali berlaku bila barang yang diterima pengguna tidak sesuai.

Asuransi Pengiriman Tokopedia sendiri merupakan hasil kerja sama dengan PT Panasonic Insurance Service Indonesia dan PT Asuransi Tokio  Marine Indonesia.

Biaya asuransi pengiriman adalah sejumlah dana yang dikeluarkan oleh pembeli untuk mengasuransikan barang yang dibelinya. Dengan membayarkan biaya tadi, barang yang dibeli akan dijamin aman sampai tujuan, tidak hilang, atau bahkan rusak selama dalam proses pengirimannya.

Asuransi Tokopedia membagi layanan klaimnya menjadi beberapa status, yaitu:

  • Kendala Barang Hilang: Pesanan Belum Diterima (Status Pesanan Delivered) / Fake Delivery dan Pesanan Belum Sampai (Status Pesanan Shipping
  • Kendala Barang Rusak

Bila Anda mengalami kedua status tadi, Anda bisa langsung mengajukan klaim ke pihak Asuransi Tokopedia. Informasi lebih detail mengenai cara klaimnya bisa dilihat di Tab Tokopedia.

Dilansir dari situs resmi JNE, biaya Asuransi JNE adalah 0,2 persen dari nilai barang yang tertera. Itu sebabnya, besaran biaya Asuransi JNE sangat bergantung pada jenis barang yang akan dikirim.

Sama seperti JNE, biaya Asuransi J&T juga akan disesuaikan dengan nilai paket yang akan dikirimkan oleh pengguna. Untuk mengetahui biaya asuransi, sila cek di sini!

Jenis asuransi ini akan sangat berguna khususnya bagi seller untuk menghindari risiko kerugian jika terjadi kerusakan pada barang yang dijual. Sementara untuk buyer, asuransi ini sangat diperlukan, khususnya jika membeli atau melakukan pengiriman barang yang nilainya cukup mahal.

Seller yang melakukan transaksi jual-beli khususnya dalam jumlah banyak. Asuransi pengiriman juga penting dimiliki oleh buyer yang melakukan pembelian atau pengiriman barang berharga. 

Biaya asuransi pengiriman barang merupakan biaya tambahan yang digunakan untuk mengasuransikan barang yang dikirim dari penjual/seller kepada pembeli/buyer, dengan tujuan untuk menjamin barang yang dikirim akan tetap aman sampai tujuan, tidak hilang ataupun rusak di jalan.

Secara umum, biaya asuransi pengiriman barang ditanggung oleh pihak pembeli saat melakukan pembelian, baik ditambahkan sesuai persetujuan atau sudah termasuk dalam harga barang (untuk barang barang tertentu yang wajib diasuransikan).

Shopee sebagai salah e-commerce terbesar di Indonesia sayangnya tidak menyediakan asuransi pengiriman untuk barang yang dipesan. Jika Anda ingin menambah perlindungan pada pesanan Anda atas risiko kehilangan atau kerusakan selama pengiriman, dapat menghubungi penjual/seller untuk mengajukan langsung asuransi pengiriman Shopee ke pihak jasa kirim, namun kemungkinan akan dikenai biaya tambahan.

Seluruh biaya tersebut akan ditanggung oleh penjual atau pembeli, dan pastikan penjual mendapatkan bukti pembayaran asuransi pengiriman barang dari jasa kirim yang digunakan.

Asuransi pengiriman barang memiliki rate yang berbeda-beda tergantung dari ketentuan dan kebijakan perusahaan masing-masing. Untuk penjelasan selengkapnya mengenai berapa asuransi pengiriman barang, sila cek tab perusahaan terkait.

Bagi perusahaan atau yang memiliki usaha pengiriman barang, AXA Mandiri memiliki produk asuransi bisnis dengan manfaat berupa perbaikan atau penggantian barang atas risiko kerusakan barang dengan ketentuan:

  • Telah dibeli dalam waktu 30 hari setelah tanggal pembelian di Indonesia
  • Telah dibeli dalam waktu 45 hari jika pembelian dilakukan di luar negeri

Terdapat pula manfaat perlindungan lain berupa santunan tunai jika nasabah meninggal dunia atau dirawat inap di rumah sakit lebih dari 2 hari akibat kecelakaan. Produk ini telah terdaftar di OJK dengan nama Asuransi Purchase Protection & Hospital Cash.

Asuransi pengiriman barang kapal laut atau istilah lainnya adalah asuransi marine cargo merupakan jenis asuransi yang memberikan perlindungan atas pengiriman atau pengangkutan barang melalui jalur laut atau kapal laut. Secara teknis, asuransi cargo hampir sama dengan asuransi pengiriman, namun asuransi cargo memiliki jaminan pertanggungan yang lebih banyak dan kompleks.

Selain itu asuransi cargo juga mencakup jalur pengiriman lainnya seperti jalur udara dan darat. Barang-barang yang diasuransikan juga tidak terbatas pada barang kecil saja, namun bisa juga barang seperti mobil atau motor, sehingga juga tergolong asuransi pengiriman mobil. Salah satu perusahaan asuransi yang memberikan perlindungan asuransi pengiriman mobil adalah PT Tokio Marine Indonesia.

JNE merupakan salah satu jasa kirim yang menyediakan asuransi untuk pengiriman barang. Memiliki Asuransi Pengiriman Barang JNE sangat penting, terutama jika barang yang dibeli memiliki nilai cukup besar dan harganya mencapai jutaan rupiah.

Dengan Asuransi Pengiriman JNE, maka barang Anda bisa mendapatkan perlindungan atas hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya kerusakan barang saat pengiriman, barang hilang, atau mengalami kecelakaan. Simak selengkapnya pada tab JNE.

Customer Service