Asuransi Pengiriman

Diskon Terbaik Diskon Terbaik
500+ Pilihan 500+ Pilihan
Bantuan Klaim Bantuan Klaim
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
1970/01/01 00:00:00Cicilan 0%Hemat 30%
Perusahaan Anda Sudah Didaftarkan!
Konsultan kami akan mengirim penawaran untuk Anda segera
1970/01/01 00:00:00Cicilan 0%Hemat 30%

Asuransi Pengiriman: Pengertian & Cara Kerja 

Asuransi pengiriman adalah produk yang memberikan ganti rugi jika terjadi kerusakan atau kehilangan barang selama  proses pengiriman. Jenis asuransi ini cocok banget untuk calon nasabah yang memiliki usaha seller baik secara offline maupun online, khususnya jika produk yang dijual bernilai tinggi.

Misalnya, calon nasabah adalah seller toko online yang menjual barang elektronik. Kemudian, nasabah mengirimkan produk laptop yang dijualnya kepada buyer. Namun, produk yang diasuransikan jatuh dan mengalami kerusakan. Nah, di sini pentingnya peran asuransi guna memberikan ganti rugi sesuai dengan perjanjian polis yang telah disepakati bersama. 

Bagi Anda yang memiliki usaha pengiriman atau jual beli barang, jangan lupa untuk mendaftarkan karyawan dalam asuransi kesehatan. Yuk, bandingkan berbagai pilihan polis terbaiknya dengan mengisi formulir di atas!

Begini Cara Kerjanya

Cara kerjanya terbagi menjadi dua kategori, yaitu Business-to-Business (B2B) dan Business-to-Customer (B2C)

KategoriCara Kerja
B2BPengangkutan untuk produk dalam jumlah banyak. Perjanjian polis dilakukan antar produsen atau perusahaan ekspor/impor dengan perusahaan asuransi. 
B2CPengiriman barang elektronik dan barang dagangan lainnya. Perjanjian polis dilakukan antara jasa ekspedisi (JNE, TIKI, Dll) dengan pelanggan/ buyer. 

Daftar Polis Terbaik 2021 

Saat ini sudah ada cukup banyak pilihan perusahaan asuransi yang memberikan proteksi selama barang dikirim. Berikut ini adalah beberapa pilihan terbaiknya: 

1. JNE

Polis asuransi yang dihadirkan oleh perusahaan logistik Jalur Nugraha Ekakurir. Adapun barang yang dapat diasuransikan harus bernilai lebih dari Rp1 juta. Lihat manfaat asuransi JNE selengkapnya!

2. TIKI

Perusahaan logistik PT Citra Van Titipan Kilat (TIKI) memberikan layanan asuransi dengan manfaat berupa ganti rugi jika barang yang diasuransikan mengalami kehilangan, kerusakan, dan risiko kerugian lainnya. Lihat manfaat asuransi TIKI selengkapnya!

3. J&T

Asuransi J&T dihadirkan oleh perusahaan logistik terkait untuk memberikan jaminan ganti rugi jika terjadi risiko kerusakan atau kehilangan barang selama proses pengiriman. Ketahui cara kerja dan premi J&T Asuransi selengkapnya!

4. Tokopedia

Asuransi pengiriman Tokopedia bekerjasama dengan PT Asuransi Tokio Marine Indonesia, di mana perusahaan bertanggung jawab dalam memberikan ganti rugi atas risiko kerusakan, kehilangan , dan kesalahan terkait proses pengiriman dan pengembalian barang yang diasuransikan.

5. Bukalapak

Perusahaan e-commerce Bukalapak bekerjasama dengan PT. Sompo Insurance Indonesia. Artinya, proteksi asuransi Bukalapak merupakan tanggung jawab perusahaan asuransi Sompo. Layanan proteksi asuransi ini dikenal juga dengan nama asuransi pengiriman bukalapak.

Biaya Asuransi Pengiriman

Umumnya menggunakan perhitungan seperti: 0,2% x harga barang + biaya administrasi. Artinya, semakin mahal nilai barang yang diasuransikan, semakin tinggi pula biaya preminya. 

Klaim Asuransi Pengiriman

Klaim tiap perusahaan tentu saja berbeda-beda. Namun, sebagian besar perusahaan memberikan klaim dalam bentuk ganti rugi yang disesuaikan kembali dengan perjanjian polis. 

Pertanyaan Seputar Asuransi Pengiriman

Asuransi pengiriman adalah proteksi finansial yang memberikan jaminan ganti rugi atas risiko kerusakan atau kehilangan barang selama proses pengantaran oleh ekspedisi atau e-commerce.

Jenis asuransi ini akan sangat berguna khususnya bagi seller untuk menghindari risiko kerugian jika terjadi kerusakan pada barang yang dijual. Sementara untuk buyer, asuransi ini sangat diperlukan, khususnya jika membeli atau melakukan pengantaran barang yang nilainya cukup mahal.

Seller yang melakukan transaksi jual-beli khususnya dalam jumlah banyak. Proteksi ini juga penting dimiliki oleh buyer yang melakukan pembelian atau pengantaran barang berharga.

Penulis Clara Naomi Penulis yang memiliki pengalaman dalam bidang finansial dan asuransi. Menulis guna mendorong masyarakat sadar pentingnya pengaturan keuangan yang baik dan ideal. Lihat profile penulis
Chat Bantuan Chat Bantuan