Cicilan 0%
Hemat 30%

Asuransi Pengiriman

  • Diskon Terbaik
  • 500+ Pilihan
  • Bantuan Klaim
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.

Asuransi Pengiriman: Pengertian & Cara Kerja

Asuransi pengiriman adalah produk yang memberikan ganti rugi jika terjadi kerusakan atau kehilangan barang selama  proses pengiriman. Jenis asuransi ini cocok banget untuk calon nasabah yang memiliki usaha seller baik secara offline maupun online, khususnya jika produk yang dijual bernilai tinggi.

Misalnya, calon nasabah adalah seller toko online yang menjual barang elektronik. Kemudian, nasabah mengirimkan produk laptop yang dijualnya kepada buyer. Namun, produk yang diasuransikan jatuh dan mengalami kerusakan. Nah, di sini pentingnya peran asuransi guna memberikan ganti rugi sesuai dengan perjanjian polis yang telah disepakati bersama.

Bagi Anda yang memiliki usaha pengiriman atau jual beli barang, jangan lupa untuk mendaftarkan karyawan dalam asuransi kesehatan. Yuk, bandingkan berbagai pilihan polis terbaiknya dengan mengisi formulir di atas!

Begini Cara Kerjanya

Cara kerjanya terbagi menjadi dua kategori, yaitu Business-to-Business (B2B) dan Business-to-Customer (B2C)

KategoriCara Kerja
B2BPengangkutan untuk produk dalam jumlah banyak. Perjanjian polis dilakukan antar produsen atau perusahaan ekspor/impor dengan perusahaan asuransi.
B2CPengiriman barang elektronik dan barang dagangan lainnya. Perjanjian polis dilakukan antara jasa ekspedisi (JNE, TIKI, Dll) dengan pelanggan/ buyer.

Daftar Polis Terbaik 2021

Saat ini sudah ada cukup banyak pilihan perusahaan asuransi yang memberikan proteksi selama barang dikirim. Berikut ini adalah beberapa pilihan terbaiknya:

  1. Asuransi JNE
  2. Asuransi TIKI
  3. Asuransi J&T
  4. Asuransi Tokopedia
  5. Asuransi Bukalapak

1. Asuransi JNE

Asuransi JNE adalah layanan proteksi pengiriman barang yang dihadirkan oleh perusahaan logistik Jalur Nugraha Ekakurir (JNE). Fungsi dari asuransi pengiriman JNE adalah memberikan ganti rugi jika terjadi kerusakan atau kehilangan paket  atau barang selama proses pengiriman.

Barang yang Dapat Diasuransikan JNE

Proteksi yang dihadirkan oleh JNE ini hanya tersedia untuk barang dengan nilai tinggi saja. Artinya, barang yang nilainya puluhan ribu rupiah tidak dapat diasuransikan. Berikut ini adalah beberapa syaratnya:

  • Nilai barang lebih dari Rp1 juta.
  • Nilai barang atau dokumen berharga 10x lipat dari biaya pengiriman.
  • Dokumen lainnya yang dianggap pihak JNE atau pelanggan berharga.

2. Asuransi TIKI

Asuransi TIKI adalah layanan proteksi pengiriman barang yang dihadirkan oleh PT Citra Van Titipan Kilat (TIKI).  Proteksi ini berfungsi untuk memberikan ganti rugi jika paket atau barang yang diasuransikan rusak maupun hilang selama proses pengiriman.

Proteksi ini memiliki peran cukup penting, sebab pengiriman TIKI jika diluar Jabodetabek menggunakan jalur udara. Sementara lokasi tujuan sekitar Jabodetabek, pengiriman menggunakan jalur darat. Karena itu, risiko terjadi kerugian selama proses pengiriman sangat mungkin terjadi.

Barang yang Dapat Diasuransikan TIKI

Asuransi pengiriman TIKI ini ditujukan untuk barang atau dokumen yang bernilai tinggi. Berikut ini adalah beberapa syarat barang yang wajib atau disarankan untuk diasuransikan:

  • Nilai barang lebih dari Rp1 juta.
  • Nilai barang atau dokumen berharga 10x lipat dari biaya pengiriman.
  • Dokumen resmi dan berharga: KTP, SIM, BPKB, paspor, ijazah, dan sertifikat.
  • Barang elektronik
  • Barang rawan pecah

Nah, perlu dipahami juga bahwa besaran ganti rugi diberikan sesuai dengan nilai barang. Meski begitu, kerugian yang ditanggung adalah hilang dan rusak fisik, alias bukan rusak fungsional. Contohnya, kerusakan fisik untuk barang handphone adalah layar pecah. Sementara rusak fungsional adalah tidak berfungsi atau prosesor lambat, maka itu menjadi tanggung jawab pihak dealer atau seller.

Biaya Asuransi TIKI

Biaya asuransi TIKI juga terbilang murah jika dibandingkan dengan perusahaan logistik lainnya. Sebab, TIKI tidak menetapkan biaya administrasi. Berikut ini adalah rumus cara menghitungnya:

0,2% x nilai barang

Contoh Perhitungannya

Misal nasabah mengirimkan barang elektronik senilai Rp2 juta, artinya biaya asuransi yang harus dibayarkan adalah Rp4 ribu.

0,2% x Rp2 juta = Rp4 ribu

Cara Klaim Asuransi TIKI

Klaim asuransi dapat bisa dilakukan secara¬†online¬†dengan menghubungi nomor¬†customer service¬†1500 125 atau via¬†email¬†di¬†[email protected]¬†Berikut ini dokumen klaim yang umumnya perlu diikutsertakan:

  • Bukti resi asli
  • Bukti resi asuransi
  • Formulir klaim dan kartu identitas
  • Invoice atau faktur pembelian barang

Layanan Nasabah Asuransi TIKI

Kantor Pusat TIKI
Jl. Raden Saleh Raya No. 2¬†Jakarta 10430 IndonesiaHotline: 1500 125 (24 jam)Email:¬†[email protected]

3. Asuransi J&T

Asuransi J&T adalah jaminan ganti rugi yang diberikan kepada nasabah jika terjadi risiko kerusakan* atau kehilangan barang selama proses pengiriman. J&T asuransi bersifat wajib jika paket yang dikirim berupa objek atau dokumen berharga. Besaran ganti rugi yang diberikan perusahaan pun disesuaikan dengan jenis paketnya.

*S&K berlaku

Biaya Asuransi J&T

Biaya asuransi J&T menggunakan rumus perhitungan 0.2 persen dari biaya invoice. Jadi, kembali lagi disesuaikan dengan nilai paketnya. Agar lebih jelas, perhatikan contoh perhitungan asuransi J&T berikut ini:

(0.20% x Rp2 juta) + Rp5 ribu (biaya penanganan) = Rp11 ribu

Jadi, dapat disimpulkan bahwa untuk nilai paket Rp2 juta, biaya asuransi yang harus dibayarkan adalah Rp11 ribu.

Manfaat yang Diberikan

Perlu dipahami bahwa asuransi paket J&T hanya diwajibkan untuk jenis barang dan dokumen berharga saja. Artinya, ditujukan untuk nilai paket 10 kali lipat lebih besar dari biaya pengiriman.

Artinya, jika biaya pengiriman antar kota Rp9 ribu, maka nilai paket yang dapat diasuransikan adalah Rp90 ribu. Jika barang atau dokumen bernilai di bawah Rp90 ribu, maka nasabah dapat memilih untuk mengasuransikan paketnya atau tidak.

Syarat dan Ketentuannya

Untuk dapat mengasuransikan paket J&T Anda, ada beberapa syarat dan ketentuan yang perlu diperhatikan. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  • Biaya asuransi max. Rp1 juta
  • Biaya asuransi dokumen max. Rp100 ribu.
  • Biaya ganti rugi jika barang rusak atau hilang max. Rp20 juta
  • Biaya ganti rugi jika dokumen rusak atau hilang max. Rp2 juta

Cara Klaim Asuransi J&T

Klaim asuransi J&T dapat dilakukan baik oleh seller yang mengalami kerugian paket hilang atau rusak. Berikut ini langkah-langkah klaim asuransi yang dapat diikuti:

  • Lampiran bukti foto barang, faktur/¬†invoice¬†pembelian, nomor resi dan foto sebelum¬†packing¬†atau pengemasan.
  • Pengajuan klaim hanya dapat dilakukan oleh pengirim paket.
  • Pengajuan klaim dapat dilakukan dengan menghubungi¬†call center¬†atau mengunjungi langsung kantor pusat/ cabang terdekat.
  • Segera ajukan klaim, max. 3 hari sejak paket diterima.

Layanan Nasabah

Alamat Kantor Pusat J&T
Landmark Pluit Unit B1
Lt. 8-10, Jalan Pluit Selatan Raya.
Indonesia, Jakarta Utara, 14450
Call Center: (021) 8066 1888

4. Asuransi Tokopedia

Asuransi Tokopedia adalah proteksi pengiriman barang yang dihadirkan oleh perusahaan e-commerce Tokopedia bekerja sama dengan PT Asuransi Tokio Marine Indonesia. Asuransi pengiriman ini memiliki manfaat berupa ganti rugi jika terjadi kerusakan, kehilangan, atau penipuan ketika nasabah berbelanja online di Tokopedia.

Kerugian yang ditanggung meliputi:

  • Barang hilang sebagian / keseluruhan
  • Barang rusak sebagian / keseluruhan
  • Barang yang diterima pembeli (buyer)¬†tidak sesuai

Barang yang Dapat Diasuransikan Tokopedia

Berbeda dengan asuransi pengiriman logistik, Tokopedia memberikan layanan asuransi untuk segala barang tanpa terkecuali. Jadi, asuransi tidak hanya berlaku untuk barang dengan nilai jutaan rupiah saja. Jika barang dirasa rentan rusak, seperti barang mudah pecah atau mudah rusak jika terbentur, sangat dianjurkan untuk nasabah mengasuransikannya.

Syarat & Ketentuan

Perlu dipahami bahwa asuransi pengiriman yang dihadirkan merupakan produk dari PT Asuransi Tokio Marine Indonesia. Artinya, proses ganti rugi akan dilakukan sepenuhnya oleh perusahaan asuransi Tokio Marine Indonesia, melalui Tokopedia.

Berikut ini adalah syarat dan ketentuan klaim yang penting untuk diperhatikan:

  • Pengajuan klaim maksimal 2√ó24 jam sejak status ‚ÄúPesanan Tiba‚ÄĚ.
  • Klaim tidak dapat diajukan jika status barang ‚ÄúPesanan Selesai‚ÄĚ.
  • Nilai ganti rugi yang diberikan adalah senilai harga barang + ongkos kirim awal + ongkos¬†return +¬†ongkos¬†re-shipment .
  • Nilai ganti rugi maksimal Rp100 juta per¬†invoice.
  • Manfaat asuransi tidak berlaku jika:
    • Dokumen klaim tidak lengkap.
    • Pengiriman menggunakan kurir¬†instant/ same day¬†(Gojek dan Grab) yang dipesan secara pribadi atau tidak tercatat dalam sistem Tokopedia.
    • Keterangan produk dalam¬†invoice¬†tidak sesuai
    • Produk berupa makanan, minuman, dan obat-obatan yang tidak terdaftar BPOM.

Biaya Asuransi Tokopedia

Biaya asuransi Tokopedia disesuaikan dengan nilai barang dan ongkos kirim saat pembelian. Namun, untuk toko official store, premi akan ditanggung sepenuhnya oleh Tokopedia Official Store. Berikut ini adalah perhitungan yang digunakan untuk menentukan preminya:

0,40% x nilai barang + ongkos kirim (dibulatkan ke nominal ratusan terdekat)

Contoh Perhitungannya

Nasabah beli barang elektronik sebesar Rp800 ribu dengan ongkos kirim Rp28.700. Maka, biaya asuransi yang harus dibayarkan adalah Rp32.200.

0,40% x Rp800 ribu + Rp29 ribu = Rp32.200

Cara Klaim Asuransi Pengiriman Tokopedia

Cara klaim asuransi pengiriman Tokopedia sebaiknya dilakukan sesegera mungkin. Perlu diketahui juga bahwa pengguna yang dapat mengajukan klaim asuransi adalah pengguna atau nasabah yang namanya terdaftar dalam Polis. Berikut ini langkah-langkah pengajuan klaimnya:

  • Laporkan pada Tokopedia Care ‚Üí www.tokopedia.com/help
  • Tokopedia akan meneruskan ke¬†partner¬†dalam jangka waktu 1√ó24 jam
  • Partner melakukan pemeriksaan dokumen dalam jangka waktu 3√ó24 jam
  • Jika dokumen dinyatakan belum lengkap, maka nasabah harus melakukan¬†upload¬†ulang dokumen yang disyaratkan
  • Partner berhak membatalkan pengajuan klaim apabila terbukti ada tindak penipuan atau manipulasi data
  • Nasabah akan mendapatkan notifikasi yang memberikan informasi apakah pengajuan klaim diterima atau ditolak
  • Jika disetujui maka ganti rugi akan diberikan dalam Saldo Penghasilan Pengguna

5. Asuransi Bukalapak

Asuransi Bukalapak adalah proteksi pengiriman barang yang dihadirkan oleh e-commerce Bukalapak bekerjasama dengan PT. Sompo Insurance Indonesia. Manfaat yang diberikan oleh asuransi ini adalah ganti rugi atas risiko kerusakan atau hilangnya barang yang diasuransikan.

Barang yang Dapat Diasuransikan Bukalapak

Layanan asuransi pengiriman Bukalapak tersedia untuk hampir semua jenis barang tanpa terkecuali. Artinya, baik barang bernilai jutaan rupiah, maupun puluhan ribu rupiah dapat diasuransikan. Proteksi asuransi pengiriman sangat dianjurkan untuk jenis barang yang rawan mengalami kerusakan, seperti barang mudah pecah, elektronik, dan lain sejenisnya.

Syarat & Ketentuan

Proteksi pengiriman yang diberikan oleh Bukalapak dikelola oleh PT. Sompo Insurance Indonesia. Artinya, penggantian merupakan tanggung jawab perusahaan asuransi Sompo. Berikut ini adalah syarat dan ketentuan klaim:

  • Nilai pertanggungan ganti rugi maksimal Rp100 juta per 1 order.
  • Nilai pertanggungan ganti rugi untuk barang seni budaya maksimal Rp50 juta per 1 order.
  • Kerugian total loss jika barang hilang atau kerusakan saa dengan atau lebih tinggi dari 75% harga barang pada mulanya.
  • Jika paket hilang atau rusak sebagian, maka yang digantikan juga hanyalah sebagian sesuai kerugian.
  • Polis berlaku selama 40 hari kalender sejak aktif.
  • Untuk barang hilang, Bukalapak akan meminta konfirmasi kehilangan dari pihak ekspedisi terkait.

Biaya Asuransi Bukalapak

Biaya asuransi Bukalapak disesuaikan dengan nilai barang dan ongkos kirim atas barang yang diasuransikan. Berikut ini adalah perhitungan penetapan premi yang digunakan oleh Bukalapak:

0,2% ‚Äď 1% x nilai barang + ongkos kirim

Contoh Perhitungannya

Sebagai contoh, misal nasabah beli barang elektronik senilai Rp500 ribu dengan ongkos kirim Rp25 ribu, maka biaya asuransi pengiriman yang harus dibayarkan adalah paling tinggi Rp33 ribu.

1% x Rp800 ribu + Rp25 ribu = Rp33 ribu

Cara Klaim Asuransi Pengiriman Bukalapak

Klaim asuransi Bukalapak sebaiknya dilakukan sesegera mungkin, sebab umumnya ada batas waktu pengajuan klaim yang ditentukan oleh perusahaan. Berikut ini cara pengajuan klaim asuransinya:

  • Laporkan dengan menghubungi call center Bukalapak di (021) 50813333.
  • Pengajuan klaim disertai penjelasan kronologi kerugian.
  • Menyertakan bukti berupa foto kondisi barang atau kemasan paket.
  • Untuk kerugian barang senilai Rp5 juta atau lebih harus disertai surat keterangan hilang dari Kepolisian Negara Republik Indonesia.
  • Proses analisa klaim memakan waktu 3 hari kerja.
  • Untuk barang dengan nilai lebih dari Rp10 juta akan dibutuhkan proses investigasi tambahan oleh pihak asuransi.

Pertanyaan Seputar Asuransi Pengiriman

Chat Bantuan