Asuransi Pengiriman

Diskon Terbaik Diskon Terbaik
500+ Pilihan 500+ Pilihan
Bantuan Klaim Bantuan Klaim
+62
Tampilkan promo kartu kredit?
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
1970/01/01 00:00:00Cicilan 0%Hemat 30%
 

Daftar Asuransi Pengiriman Terbaik 2021

Asuransi pengiriman adalah jaminan ganti rugi apabila terjadi kerusakan atau kehilangan barang selama proses pengiriman. Manfaat ini umumnya bisa didapatkan melalui ekspedisi pengiriman hingga e-commerce.

Berikut ini adalah pilihan produk yang tersedia di Indonesia:

1. Tokopedia

  • Manfaat pengembalian saldo jika barang hilang dalam pengiriman
  • Cara klaim:
    • Langkah 1: Segera ajukan klaim ke pihak Tokopedia (max. 2×24 jam sejak barang hilang)
    • Langkah 2: Sertakan dokumen (formulir klaim, BAP kurir, dan investigasi kurir)
    • Langkah 3: Proses verifikasi dokumen
    • Langkah 4: Pengembalian saldo Tokopedia (3×243 jam) maupun non Tokopedia (14 hari kerja)
  • Manfaat pengembalian saldo jika barang rusak di kurir maupun buyer
  • Cara klaim:
    • Langkah 1: Segera ajukan klaim ke pihak Tokopedia (max. 2×24 jam sejak barang hilang)
    • Langkah 2: Sertakan dokumen (formulir klaim, BAP kurir, dan investigasi kurir)
    • Langkah 3: Proses verifikasi dokumen
    • Langkah 4: Pengembalian saldo Tokopedia (3×243 jam) maupun non Tokopedia (14 hari kerja)
  • Manfaat ganti rugi jika barang tidak sesuai dan ingin melakukan free terun
  • Cara klaim:
    • Langkah 1: Segera ajukan klaim ke pihak Tokopedia (max. 2×24 jam sejak barang hilang)
    • Langkah 2: Sertakan dokumen (formulir klaim, BAP kurir, dan investigasi kurir)
    • Langkah 3: Proses verifikasi dokumen
    • Langkah 4: Pengembalian saldo Tokopedia (3×243 jam) maupun non Tokopedia (14 hari kerja)

2. GoSend

  • Pelanggan GoSend secara otomatis mendapatkan uang pertanggungan asuransi pengiriman barang maksimum Rp1 juta tanpa dikenakan biaya tambahan
  • Pelanggan GoSend mendapatkan uang pertanggungan asuransi pengiriman barang maksimum Rp10 juta jika terjadi kerusakan atau kehilangan
  • Biaya asuransi pengiriman barang GoSend: Rp500 untuk satu kali pengiriman melalui GoSend

3. JNE

  • Ganti rugi atas risiko kerusakan atau kehilangan selama proses pengiriman oleh JNE
  • Barang yang dapat diasuransikan:
    • Nilainya lebih dari Rp1 juta
    • Barang berharga yang nilainya 10 kali lipat dari biaya pengiriman
    • Dokumen yang dianggap berharga oleh nasabah maupun JNE
  • Cara hitung premi asuransi JNE: (0,2% x harga barang) + biaya administrasi Rp5 ribu
  • Cara klaim:
    • Langkah 1: Hubungi call center JNE (021) 2927888 atau email [email protected]
    • Sertakan dokumen klaim (bukti resi asli, resi asuransi, formulir klaim, invoice atau faktur pembelian barang)
 

Tentang Asuransi Pengiriman di Indonesia

Asuransi pengiriman memberikan jaminan ganti rugi atas risiko kerusakan atau kehilangan barang yang diasuransikan selama proses pengiriman. Jenis proteksi ini sangat berguna  untuk mengurangi risiko kerugian finansial baik untuk buyer maupun seller saat melakukan proses pesanan, khususnya untuk barang berharga atau nilai produk yang mahal.

 

Cara Klaim Asuransi Pengiriman

Pengajuan klaim atau ganti ruginya terbilang sangat sederhana dan memakan waktu singkat (biasanya paling lama 14 hari kerja). Berikut ini langkah-langkahnya: 

Pengajuan klaim (max. 2×24 jam sejak barang hilang/rusak) → sertakan dokumen klaim → perusahaan akan melakukan verifikasi dokumen → klaim disetujui → pengembalian saldo sesuai polis. 

  • Formulir klaim
  • BAP kurir
  • Investigasi kurir
  • Invoice atau faktur pembelian barang
  • Bukti resi (jika ada)
 

Pertanyaan Seputar Asuransi Pengiriman

Berikut sejumlah pertanyaan yang sering diajukan terkait asuransi pengiriman Indonesia.

Apa itu asuransi pengiriman?

Asuransi pengiriman barang adalah proteksi finansial yang memberikan jaminan ganti rugi atas risiko kerusakan atau kehilangan barang selama proses pengiriman oleh ekspedisi atau e-commerce.

Mengapa butuh asuransi pengiriman?

Jenis asuransi ini akan sangat berguna khususnya bagi seller untuk menghindari risiko kerugian jika terjadi kerusakan pada barang yang dijual. Sementara untuk buyer, asuransi ini sangat diperlukan, khususnya jika membeli atau melakukan pengiriman barang yang nilainya cukup mahal.

Siapa saja yang butuh asuransi pengiriman?

Seller yang melakukan transaksi jual-beli khususnya dalam jumlah banyak. Asuransi pengiriman juga penting dimiliki oleh buyer yang melakukan pembelian atau pengiriman barang berharga. 

 

Penulis Clara Naomi Penulis yang memiliki pengalaman dalam bidang finansial dan asuransi. Menulis guna mendorong masyarakat sadar pentingnya pengaturan keuangan yang baik dan ideal. Lihat profile penulis
Chat Bantuan Chat Bantuan