Cara Oper Gigi Mobil Matic yang Mudah untuk Pemula

cara oper gigi mobil matic

Mobil transmisi otomatis atau dikenal dengan mobil matic bisa menjadi pilihan untuk kamu yang ingin berkendara dengan mudah. Meskipun terlihat mudah, kamu tetap perlu mengetahui cara oper gigi mobil matic yang tepat dan benar untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan

Pasalnya bila salah dalam melakukan perpindahan gigi mobil matic, maka kamu bisa merusak gearbox. Selain itu, jika asal mengoperasikan mobil matic, mobil kamu bisa mati mendadak saat dikendarai. 

Tak mau kan hal tersebut terjadi? Oleh sebab itu, simak ulasan lengkap mengenai cara oper gigi mobil matic yang mudah untuk pemula berikut ini, ya. 

Komponen gigi mobil matic yang harus dipahami

Mobil transmisi otomatis memberikan kemudahan dalam berkendara ternyata memiliki struktur komponen yang lebih kompleks ketimbang mobil transmisi manual. Sebelum mengetahui cara berkendara yang baik dan benar kamu perlu mengetahui komponen-komponen tersebut.

Torque converter

Torque converter merupakan komponen mobil pada mobil transmisi otomatis yang bertugas untuk memperbesar momen mesin dan berlanjut pada bagian transmisi dengan sistem ATF atau minyak transmisi otomatisnya.

Tugas lainnya dari komponen yang dipasang dengan cara mengencangkan menggunakan baut pada flywheel crankshaft ini yakni sebagai kopling otomatis untuk memindahkan atau memutuskan momen mesin terhadap transmisi. 

Dalam sistem kerjanya, rupanya bisa juga untuk melembutkan mesin, meredamkan getaran mesin hingga menggerakkan pompa oli.

Planetary gear unit

Tugas dari komponen mobil yang satu ini adalah untuk menaikkan dan menurunkan kecepatan mobil serta menghasilkan tenaga untuk menggerakkan mobil. 

Di dalam planetary gear unit ini terdapat komponen paling utama yang memiliki peran penting untuk mendapatkan perbandingan gigi bila diperlukan yakni brake. Brake pada planetary gear unit bekerja memanfaatkan tekanan hidrolis.

Manual linkage

Di setiap mobil transmisi otomatis atau matic dibekali dua buah linkage yang bisa dikendalikan secara manual oleh pengemudi. Komponen tersebut terdiri berupa selector lever dengan kabel, akselerator, dan kabel throttle.

Hydraulic control unit

Kamu bisa menemukan komponen hydraulic control unit di bagian valve body assembly yang berada di bawa planetary gear. Fungsi komponen mobil matic yang satu ini untuk mengontrol performa brake dan kopling transmisi otomatis dengan tekanan yang berasal dari pompa oli.

Oli yang digunakan adalah oli pan reservoir fluid untuk meningkatkan tekanan hidrolis, katup, dan pipa yang mengalirkan minyak transmisi di bagian kopling, brake dan komponen lainnya di dalam mekanisme transmisi otomatis ini.

Automatic transmission fluid (ATF)

Automatic transmission fluid atau ATF atau yang sering didengar dengan sebutan oli transmisi terdiri dari beberapa bahan tambahan pada sistem transmisi otomatis guna melumasi transmisi.

Harus digarisbawahi bahwa oli yang digunakan adalah oli ATF yang sudah direkomendasikan produsen mobil tersebut untuk menjaga performa dan kinerja sistem transmisi. 

Cara merawatnya juga cukup mudah yakni kamu harus sering-sering melakukan pengecekan rutin terhadap level oli transmisi agar sistem tersebut bisa bekerja secara optimal. 

Pemeriksaan dilakukan saat mesin berada dalam putaran idle, di mana tuas transmisi berada di posisi P dan suhu kerjanya normal.

Cara oper gigi matic

Kalau dilihat, mengoperasikan gigi matic memang terlihat mudah dibandingkan dengan transmisi manual.

Namun, kamu harus tetap mengetahui cara oper matic gigi, terutama saat kamu berada di jalanan tanjakan, oper gigi, hingga saat mundur. Berikut ini caranya. 

Cara pindah gigi mobil matic di tanjakan

Pengaturan gigi mobil matic saat melaju di jalan menanjak yang membutuhkan akselerasi tinggi adalah dengan mengubah posisi gigi dari D menuju D-3, D2, atau L (Low) tanpa perlu menginjak rem. Cara oper gigi mobil matic di tanjakan yang seperti ini yang membuat usia gearbox menjadi panjang.

Perlu diingat saat akan memindahkan gigi ke gigi rendah kurangi kecepatan mobil untuk menghindari over rev atau perputaran mesin yang terlalu tinggi.

Dampak dari over rev sendiri adalah mesin dan beberapa komponen di dalam gearbox akan mengalami kerusakan. Setelah melintasi jalan menanjak tersebut kamu bisa mengembalikan lagi pada gigi D.

Cara oper gigi mobil matic di tanjakan tersebut juga berlaku saat kamu melakukan perpindahan gigi untuk melaju di atas jalanan menurun. 

Cara pindah gigi mobil matic di turunan, apakah harus injak rem? Jawabannya adalah oper gigi mobil matic di jalanan menurun tetap harus dibantu dengan rem agar mobil tidak meluncur dengan cepat.

Mengoper gigi mobil matic pada posisi gigi D-3 atau D-2 membuat kamu tetap menjaga engine brake tetap dalam performa yang baik.

Apabila mobil kamu sudah dilengkapi dengan fitur triptonic, maka kamu bisa melakukan perpindahan gigi dengan cara menggeser tuas transmisi pada posisi plus ( + ) atau minus ( – ). 

Pada pengaturan gigi mobil matic yang demikian akan menempatkan gigi sesuai kebutuhan akselerasi mobil tanpa merusak gearbox.

Cara pindah gigi mobil matic saat jalan

Hal utama yang perlu diperhatikan saat mengetahui cara pindah gigi mobil matic saat berada di jalan adalah pastikan posisi mobil harus berhenti saat menggeser tuas ke posisi P, R, N ataupun D. Hindari menggeser tuas mobil sembari mobil melaju.

Seperti yang ditulis Gridoto.com, seorang ahli montir asal Tangerang Selatan Efendi Prabowo menyebutkan bahwa saat melakukan perpindahan tuas pada transmisi posisi P, R, N, ataupun D sebaiknya keadaan mobil berhenti dan tidak sambil melaju.

Injak pedal rem dan tekan tombol penguncian transmisi otomatis bila mobil kamu telah dilengkapi fitur tersebut. 

Saat posisi tuas sudah berada di P (Park atau Parkir), R (Reverse atau Mundur, N (Netral) atau D (Drive atau Jalan) maka kamu bisa mengangkat jari dari tombol penguncian tersebut dan melepaskan injakan kaki pada pedal rem.

Kekeliruan para pengemudi yang lain adalah pada saat di lampu merah, kamu melakukan pengaturan gigi mobil matic justru berada di D sembari menginjak rem bukan oper gigi N pada mobil matic.

Untuk diketahui bahwa bila pengaturan gigi mobil matic kamu seperti itu, maka kamu bisa memperpendek usia gearbox kamu.Tidak sampai di situ saja, kampas rem mobil kamu juga akan semakin terkikis karena digunakan dengan berlebih.

Kecuali, di saat kamu harus mengatur perpindahan gigi mobil matic saat di lampu merah dan kondisi jalanan menanjak atau menurun, maka kamu memang memerlukan bantuan pedal rem. Bahkan, mengaktifkan mode Parking Brake pada situasi tersebut cukup dianjurkan.

Bagaimana cara pindah gigi pada mobil motic di saat mobil akan bermanuver? Cara oper gigi matic di saat kamu memerlukan tenaga untuk melakukan akselerasi untuk menyalip kendaraan, kamu bisa menekan habis pedal gas atau kick down.

Bisa juga dengan cara mengubah posisi gigi pada putaran mesin saat berada di titik torsi dan tenaga optimal dengan menurunkan gigi yang paling rendah yakni D-3 atau overdrive off ( OD/OFF) serta menggunakan mode manual.

Sementara itu untuk melakukan perpindahan gigi pada mobil matic saat ingin melakukan parkir adalah dengan mengubah tuas posisi menjadi gigi P atau Parking. 

Kekeliruan terbesar adalah kamu melakukan parkir dan meninggalkan mobil dalam keadaan tuas pada gigi N dan mengaktifkan Parking Brake.

Sebagai informasi, saat tuas berada di gigi N dan mengaktifkan Parking Brake sewaktu parkir mobil, maka komponen yang bekerja lebih keras adalah kampas rem. Kampas rem tersebut menjepit disc brake sehingga mobil jadi tidak bergerak.

Sedangkan bila kamu memindahkannya pada gigi P, maka yang bekerja adalah sistem gearbox yang memberikan ganjalan pada gigi-gigi roda sehingga mobil tidak akan bergerak. Bahkan dengan memindahkan tugas pada gigi N, kamu tidak perlu mengaktifkan Parking Brake.

Jangan sampai biaya untuk merawat atau memperbaiki mobilmu justru menguras tabungan. Manfaatkan asuransi mobil syariah agar kamu terjamin dari mahalnya tagihan perbaikan di bengkel. Asuransi mobil syariah memberimu jaminan ganti rugi dengan tetap mengedepankan pengelolaan keuangan sesuai ketentuan syariat.

Cara pindah gigi mobil matic saat mundur

Cara oper gigi mobil matic pada saat akan mundur di tengah mobil sedang melaju yang baik adalah membiarkan mobil dalam keadaan benar-benar berhenti terlebih dulu. Keseringan para pengendara justru hanya mengurangi kecepatan mobil dan langsung menggeser posisi tuas ke gigi R.

Saat hal tersebut dilakukan maka gearbox berisiko rusak lebih cepat. Karenanya, sebaiknya biarkan mobil benar-benar berhenti dulu sebelum memundurkan mobil. 

Bila perlu injak pedal rem untuk membuat mobil benar-benar berhenti. Lalu, perhatikan apakah posisi belakang mobil sudah aman untuk melaju mundur.

Promo Car Brand Lifepal Desktop
Promo Car Brand Lifepal Mobile

Tips berkendara menggunakan mobil matic agar aman

Meskipun terlihat mudah cara oper gigi pada mobil matic dengan hanya dua pedal yakni rem dan pedal gas saja, ada tips khusus agar kamu berkendara menggunakan mobil transmisi otomatis ini dengan benar dan tetap menjaga umur dan performa setiap komponen pada mobil.

1. Pastikan indikator mobil aktif baru nyalakan mesin mobil

Tips untuk merawat mesin dan komponen mobil matic adalah dengan membiarkan lampu indikator mobil menyala terlebih dahulu baru menyalakan mesin.

Saat kunci sudah masuk ke dalam lubang, maka tunggu sampai jarum berputar dan indikator mobil telah aktif atau menyala. 

Lampu indikator tersebut menyala memberikan informasi bahwa seluruh komponen dan sistem yang membutuhkan kelistrikan telah hidup. Sehingga setelahnya baru kamu bisa menyalakan mesin mobil.

2. Gunakan tuas transmisi sesuai fungsi dan kebutuhannya

Kamu tentu sudah mengetahui fungsi dan perintah setiap tuas transmisi seperti P yang berarti tuas untuk parkir.

Tuas R untuk memundurkan  mobil, tuas N untuk memberikan kenetralan pada mobil saat akan berhenti dalam waktu singkat. Dan, tuas D yang berfungsi untuk berkendara atau drive. Pastikan kamu menggunakan keempat tuas tersebut sesuai fungsinya

3. Pindahkan tuas dengan perlahan dan menekan pedal rem

Pindah gigi pada mobil matic dengan sangat perlahan-lahan seperti saat mobil sedang sepenuhnya berhenti jangan langsung memindahkan tuas pada gigi D. 

Pindahkan dulu tuas pada gigi N. Contoh lainnya pada saat kamu akan memarkir mobil dengan cara mundur, maka pastikan terlebih dahulu bahwa mobil telah benar-benar berhenti baru pindah gigi mobil matic pada gigi R.

Selain itu, saat kamu ingin memindahkan tuas pada persneling, sebaiknya bersamaan dengan menekan pedal rem untuk mencegah risiko kerusakan pada mesin mobil matic.

4. Melakukan akselerasi dengan lembut dan spontan

Melakukan akselerasi dengan lembut dan spontan ternyata selain memperpanjang usia untuk setiap komponen mesin mobil matic, juga bisa meminimalisir risiko kemungkinan kecelakaan terjadi. 

Misalnya saja menghilangkan kebiasaan ngegas dan mengerem dengan cepat saat berkendara di tengah jalanan yang padat. Bahkan, melakukan akselerasi dengan lembut dan spontan ini juga bisa menghemat pengeluaran bahan bakar.

5. Sesekali gunakan mode kendara

Apabila mobil matic kamu telah dilengkapi dengan riding mode atau mode berkendara, maka tidak ada salahnya untuk menggunakan mode ekonomis tersebut.

Bukan berarti mode berkendara ini kamu jadi tidak bisa memiliki kecepatan yang lebih cepat. Kamu bisa menggunakan mode sport sehingga performa mesin mobil bekerja lebih maksimal.

Kesalahan saat melakukan oper gigi mobil matic

Sekalipun mobil transmisi otomatis memberikan segudang kemudahan dan kenyamanan dalam berkendara, tetapi tetap saja banyak ditemukan kasus pengendara yang melakukan kesalahan saat melakukan oper gigi mobil matic.

1. Cara oper gigi mobil saat ingin maju dan mundur tanpa berhenti

Kesalahan yang paling umum adalah cara oper gigi mobil matic untuk maju dan mundur tanpa menunggu mobil benar-benar berhenti sebentar. Pengendara langsung oper gigi pada mobil matic dari gigi D langsung ke gigi R tanpa menunggu mobil benar-benar berhenti dalam waktu beberapa detik.

2. Lupa mengaktifkan OverDrive

Kesalahan selanjutnya yang sering terjadi pada pengaturan gigi mobil matic adalah lupa mengaktifkan kembali tombol OverDrive (OD) pada tuas transmisi, sehingga membuat mobil tetap melaju dalam keadaan tuas transmisi dibatasi hingga gigi 3.

3. Pindah gigi mobil matic langsung ke gigi terendah atau kick down

Kebiasaan terakhir yang keliru dari cara oper gigi mobil matic adalah memindahkan tuas transmisi dari gigi 3 langsung ke gigi D. 

Saat kebiasaan teknik downshift tersebut sering dilakukan tanpa perhitungan putaran mesin, medan jalan dan spesifikasi mobil maka yang terjadi adalah kerusakan pada mesin transmisi matic.

Lebih baik transmisi manual atau matic?

Dengan segala kelebihan dan kekurangan mobil matic tersebut, sebenarnya lebih baik memiliki mobil matic atau mobil transmisi manual? Untuk menjawab pertanyaan tersebut masih cukup luas beragam tergantung dari kebutuhan dan keahliannya masing-masing.

Apabila kamu memang mahir mengendarai mobil transmisi manual, maka mobil transmisi manual tentu menjadi pilihan tepat. 

Khususnya untuk kamu yang sering berkendara pada medan jalan menanjak dan menurun seperti perbukitan dan pegunungan. Riskan sekali mengendarai mobil matic pada medan jalan menanjak seperti itu.

Mobil manual juga lebih mudah dikontrol ketimbang mobil matic pada medan jalan tertentu. Butuh keterampilan yang cekatan dalam melakukan perpindahan fokus antara transmisi, kopling, gas, dan rem.

Kendati demikian, menurut Car From Japan seperti yang ditulis Oto.detik.com, mobil transmisi otomatis atau matic dinilai lebih aman untuk dikendarai, khususnya pengendara pemula yang masih belajar. Pasalnya, kamu jadi bisa meminimalisir tragedi hilang kontrol mobil pada saat di jalan.

Fokus kamu juga hanya terletak pada pedal gas, pedal rem, dan juga perpindahan tuas transmisi. Pada saat oper gigi pada mobil matic kamu tidak perlu menginjak kopling mobil.

Sementara itu, bila ingin melakukan manuver-manuver, mobil matic dinilai tepat untuk dikendarai karena telah dilengkapi dengan fitur keamanan pada gearbox untuk meminimalisir risiko kecelakaan. 

Sedangkan saat akan bermanuver pada mobil manual, banyak kasus ditemukan tersangkutnya tuas transmisi saat melakukan manuver. Jadi balik lagi pada kebutuhan dan kenyamanan kamu dalam berkendara.

Penting punya asuransi mobil

Meskipun mobil matic dinilai memiliki tingkat keamanan yang lebih, tetapi risiko kerusakan mobil di jalan tetap bisa terjadi. Jika kerusakan yang terjadi cukup berat biaya yang harus dikeluarkan pasti tidak murah.

Sebelum terlambat, segera miliki asuransi mobil terbaik guna melindungi finansial kamu saat terjadi risiko kerusakan mobil baik ringan maupun berat yang diakibatkan kecelakaan. Bahkan, risiko kehilangan mobil karena dicuri.

Ada dua produk asuransi mobil terbaik, yakni asuransi All Risk yang mengcover seluruh biaya perbaikan mobil yang rusak pada tingkat ringan ataupun berat hingga mobil hilang.

Selain itu ada juga asuransi TLO yang direkomendasikan untuk mobil bekas atau mobil tuas dengan manfaat pertanggungan risiko kerusakan berat minimal 75 persen.

Kamu bisa memilih jenis asuransi mobil sesuai kebutuhan. Cek besaran premi asuransi mobil dengan kalkulator berikut ini.

Tips dari Lifepal! Meskipun mengendarai mobil matic terlihat lebih mudah, kamu tetap harus tahu cara oper gigi mobil matic dengan benar. Sebab, jika asal-asalan bisa berisiko terjadi kecelakaan atau membahayakan pengendara orang lain. 

Sebelum mengendarai mobil matic, kamu juga sebaiknya mengetahui komponen-komponennya agar tidak salah saat mengendarai mobil.

Jangan lupa juga memproteksi finansialmu dengan asuransi mobil yang bisa menanggung biaya kerusakan mobil atau risiko-risiko lainnya. Kamu bisa beli asuransi mobil terbaik di Lifepal dengan diskon hingga 25%. 

FAQ seputar cara oper gigi mobil matic

Bagaimana cara oper gigi mobil matic?

Pengaturan gigi mobil matic saat melaju di jalan menanjak yang membutuhkan akselerasi tinggi adalah dengan mengubah posisi gigi dari D menuju D-3, D2, atau L (Low) tanpa perlu menginjak rem.

Sebaiknya biarkan mobil benar-benar berhenti dulu sebelum memundurkan mobil, bila perlu injak pedal rem untuk membuat mobil benar-benar berhenti lalu pindahkan tuas pada gigi R.

Cara oper gigi matic di saat kamu memerlukan tenaga untuk melakukan akselerasi untuk menyalip kendaraan, kamu bisa menekan habis pedal gas atau kick down.

Apakah asuransi mobil penting?

Penting. Asuransi mobil bisa melindungi finansial kamu saat terjadi risiko kerusakan mobil baik ringan maupun berat yang diakibatkan kecelakaan. Bahkan, risiko kehilangan mobil karena dicuri.

Ada dua produk asuransi mobil terbaik, yakni asuransi All Risk yang mengcover seluruh biaya perbaikan mobil yang rusak pada tingkat ringan ataupun berat hingga mobil hilang.

Selain itu ada juga asuransi TLO yang direkomendasikan untuk mobil bekas atau mobil tuas dengan manfaat pertanggungan risiko kerusakan berat minimal 75 persen.

Pengaturan gigi mobil matic saat melaju di jalan menanjak yang membutuhkan akselerasi tinggi adalah dengan mengubah posisi gigi dari D menuju D-3, D2, atau L (Low) tanpa perlu menginjak rem.

Sebaiknya biarkan mobil benar-benar berhenti dulu sebelum memundurkan mobil, bila perlu injak pedal rem untuk membuat mobil benar-benar berhenti lalu pindahkan tuas pada gigi R.

Cara oper gigi matic di saat kamu memerlukan tenaga untuk melakukan akselerasi untuk menyalip kendaraan, kamu bisa menekan habis pedal gas atau kick down.

Penting. Asuransi mobil bisa melindungi finansial kamu saat terjadi risiko kerusakan mobil baik ringan maupun berat yang diakibatkan kecelakaan. Bahkan, risiko kehilangan mobil karena dicuri.

Ada dua produk asuransi mobil terbaik, yakni asuransi All Risk yang mengcover seluruh biaya perbaikan mobil yang rusak pada tingkat ringan ataupun berat hingga mobil hilang.

Selain itu ada juga asuransi TLO yang direkomendasikan untuk mobil bekas atau mobil tuas dengan manfaat pertanggungan risiko kerusakan berat minimal 75 persen.