Sedan Klasik Corolla DX: Spesifikasi dan Keunggulannya

corolla dx

Corolla DX merupakan sedan klasik garapan Toyota yang sempat melegenda. Bayangkan saja, Corolla DX sudah mengaspal 1974 dan selama perjalannya, sedan ini berhasil jadi mobil terlaris pada tahun 1997.

Corolla DX masuk ke Indonesia sejak generasi keempat tahun 1980-an, sehingga sering pula disebut Corolla DX 1980. Menggunakan kode body KE70, juga membuat sedan legendaris ini disebut dengan Corolla DX KE70.

Meski klasik, namun Corolla DX KE70 menjadi salah satu mobil klasik paling dicari di Indonesia. Sehingga tetap diburu oleh para koleksi mobil klasik, para pecinta mobil balap, atau bahkan para modifikator. Memang kini banyak juga beredar DX modifikasi yang turun ke arena balap, baik adu cepat atau sekadar adu drifting.

Tentang Corolla DX

Sosok Corolla DX KE70 dikenal memiliki mesin yang tangguh sekaligus irit sehingga membuatnya menjadi salah satu mobil retro legendaris. Sayangnya, Toyota Corolla DX 1980 layaknya sedan 80-an lainnya, tidak mengutamakan kualitas material atau fitur seperti mobil sedan modern.

Meski begitu Corolla DX 1980 bisa dibilang menjadi salah satu sedan yang nyaman untuk dikendarai. Sedan ini punya kesan retro yang kuat, sehingga sering menjadi pilihan penggemar mobil 80-an.

Harganya pun cukup bersahabat, namun beda untuk DX modifikasi nilainya bisa jadi cukup tinggi karena tidak hanya jadi pajangan. DX modifikasi juga bisa dipergunakan untuk ajang balap sekalipun, baik balap adu kencang maupun drifting.

Untuk Corolla DX 1980 ini harga bekasnya berkisar Rp 40 juta, dan kamu sudah bisa mendapatkan Corolla DX KE70 dengan kondisi baik dan layak pakai.

Desain menarik Corolla DX KE70

Toyota Corolla DX KE70 diperkenalkan dalam tiga varian yaitu sedan 4 pintu, coupe and wagon. Namun varian yang masuk resmi Indonesia hanya versi sedan 4 pintu saja. Dari awal produksi, Toyota Corolla DX KE70 ini mengalami empat kali facelift minor.

Corolla DX 80 merupakan batch pertama karena muncul di tahun 1980-an. Corolla DX 80 memiliki desain berupa lampu mobil bulat berjumlah 4 buah dengan penggunaan bumper besi yang disertai karet.

Kemudian ada Corolla DX 81 yang tentu saja rilis pada 1981. Pada Corolla DX 81, Toyota mengubah lampu depan menjadi model kotak.

Selanjutnya ada Corolla DX 82 yang seperti sebelumnya rilis pada tahun 1982. Pada Corolla DX 82 sein depannya yang ada di sisi samping dengan desain lampu belakang yang baru.

Berlanjut pada Corolla DX 83, sedan kotak ini bisa kita kenali dari bumper urethane yang panjang. Sementara di dashboard memakai tachometer yang baru, kemudian pada varian Corolla DX 83 yang rilis 1983 ini bisa dibilang cukup laris dan sukses terjual cukup banyak di Indonesia.

Toyota Corolla ini jugalah yang menjadi edisi penutup sedan Corolla berpenggerak roda belakang alias RWD.

Di Indonesia Corolla DX KE70 yang dimunculkan di tanah air hanya mengusung mesin 1.290 cc (1.3L), yang berkode 4K-U dan menggunakan pushrod OHV. Bahkan Corolla DX KE70 menggunakan mesin ini sama seperti yang digunakan pada Toyota Kijang.

Tenaga yang mampu dihasilkan 74 hp pada 5.600 rpm. Sedangkan torsi puncaknya mencapai 105 Nm pada 3.600 rpm.

Balik ke sisi eksterior, ciri khas Corolla versi sedan 4 pintu ini ada pada pillar C nya dimana terdapat kisi-kisi lubang angin berbentuk trapesium siku disana. Bentuk lampunya masih sama dengan DX versi Indonesia dimana tahun 1979 sampai 1980 memakai lampu bulat 4.

Sedangkan model 1981 memakai lampu kotak kecil dan 1982 dan 1983 memakai lampu kotak besar. Perbedaan lainnya antara tipe di setiap negara bisa berbeda-beda tergantung selera pasar.

Tipe DX biasanya hanya memakai grill horizontal dengan emblem tulisan TOYOTA kecil di depan. Sedangkan tipe GL memakai grill kotak-kotak, dengan logo Corolla huruf C dan 3 mahkota bunga.

Sedangkan DX GT dan SE memakai grill mirip sarang tawon. Untuk emblem DX GT berwarna merah di depan sedangkan SE berwarna putih.

Keunggulan Toyota Corolla DX

Selain desain yang menarik pada Corolla DX KE70, ada banyak hal lain yang membuat mobil ini bisa jadi pilihan terbaikmu. Hal ini karena pada sedan jadul ini, ada beberapa keunggulan dari mobil Toyota Corolla DX KE70 ini.

Apa saja itu? berikut keunggulan Corolla DX KE70.

1. Desain

Desain Corolla ini cukup bagus. Setiap tahun desainnya selalu ganti dan dioptimalkan mulai dari Corolla DX 80, Corolla DX 81, Corolla DX 82 dan Corolla DX 83. Desain dari Corolla ini dinilai masih memberikan kesan kaku, dan menjadi salah satu ikon mobil keren pada 1980-an.

Sedan mungil dengan sudut tegas dan tampilan klasik ini disukai banyak orang.

2. Menggunakan sistem RWD

DX 1980 menjadi varian terakhir yang menggunakan sistem penggerak roda belakang atau rear wheel drive (RWD). Pada Corolla generasi kelima hingga generasi ke-12, Toyota sudah menggunakan sistem penggerak roda depan atau front wheel drive (FWD).

Sedangkan, kelebihan RWD daripada FWB ada pada ketangguhannya melewati medan ekstrim, memiliki radius putar kecil sehingga bisa berputar di ruang sempit, dan komponen lebih awet.

3. Mesinnya

Corolla ini menggunakan mesin berkapasitas 1.300 cc berkode 4K dengan 8 klep dengan noken-as tunggal alias SOHC. Mesin ini mampu menghasilkan 74 tenaga kuda dengan torsi maksimum 105 Nm dengan suplai bahan bakar karburator.

Tak heran, mesin bawaan ini sering di oprek untuk meningkatkan performanya.

4. Suku cadang mudah dicari

Meski DX adalah sedan jadul, namun hingga saat ini suku cadangnya mudah dicari. Jadi pemilik tidak perlu khawatir jika Corolla ini butuh perbaikan. Di masa sekarang, Corolla ini dengan kondisi mesin terawat sangat mungkin untuk didapatkan.

Selain suku cadang, aksesoris mobil dengan desain kotak ini juga mudah dicari makanya Corolla DX modifikasi mudah dilakukan karena kamu bebas bereksperimen memodifikasi mobil kesayangannya.

Aksesoris dengan harga yang saat ini sudah mahal menjadi tantangan tersendiri bagi pecintanya.

Mereka berusaha membuat Corolla ini dengan beberapa versi, ada versi Amerika (USDM) atau Jepang (JDM).

5. Harganya

Harga pasaran Corolla ini bisa dibilang beraneka ragam tergantung kondisi dan modifikasi apa saja yang sudah diterapkan. Kamu bisa menemukannya mulai dari harga belasan hingga ratusan juta.

Sebagai mobil klasik yang jadi incaran para kolektor, harga yang ditawarkan tersebut termasuk wajar. Untuk harganya sendiri, bisa dibilang saat ini DX sudah sangat terjangkau. Harga bekasnya di pasaran berkisar antara Rp 15 jutaan hingga Rp100 jutaan tergantung kondisi.

Harga yang cukup murah inilah yang menjadi alasan banyak orang ingin membelinya untuk dibangun ulang maupun dimodifikasi.

6. Perawatan mudah

Perawatannya pun bisa dibilang sangat mudah, tak seperti mobil Eropa di zamannya. Elektronik yang ada pada tubuh Corolla ini pun juga sedikit, hanya perlu mengganti oli mesin dan busi saja sebagai perawatan.

Terlebih Corolla ini punya banyak kesamaan dengan Toyota Kijang, jadi bila butuh substitusi atau modifikasi part, bisa memakai dari Kijang. Untuk memelihara mobil satu ini memang tidak sulit karena peranti elektronik yang ada pada Corolla inipun juga sedikit.

Dapur pacu Corolla ini menggunakan sistem karburator dengan OHV, serupa milik Toyota Kijang 5K dan 7K. Bedanya hanya pada kapasitas mesin Kijang yang lebih besar. Mesin 3K ini menurut Denta terkenal sebagai mesin yang tangguh, mudah untuk rawat, bandel, dan memiliki daya tahan tinggi.

Karena itu, suku cadangnya bisa didapat dengan mudah di pasaran dengan berbagai kualitas dan harganya yang relatif murah.

7. Mudah dimodifikasi

Kurang lengkap rasanya jika memiliki sebuah mobil tapi tidak dilakukan modifikasi. Untuk melakukan modifikasi mobil ini juga cukup mudah, kamu mau Corolla DX modifikasi gaya retro ataupun Corolla DX modifikasi gaya rally, tentu bisa.

Atau mau Corolla DX modifikasi dengan tampilan orisinil ala bawaan pabrik, tentu bisa banget dan banyak referensi modifikasi untuk mobil ini.

8. Mobil idaman para drifter

Bagi para penggemar drifting, Corolla ini menjadi salah satu mobil idaman mereka. Hal ini karena tak perlu membutuhkan banyak perombakan untuk diturunkan di ajang drifting. Bagi yang merasa kurang puas dengan performa DX di ajang drifting, biasanya melakukan engine swap.

Ada beberapa pilihan mesin untuk melakukan swap engine, namun kebanyakan mengincar mesin mesin Toyota 4A series yang legendaris. Penggantian tak hanya sekedar mesin, tapi juga girboks bawaan yang juga harus diganti.

9. Nostalgia

Alasan terakhir ini menjadi alasan paling mahal diantara yang lainnya. Nostalgia atau mengembalikan kenangan masa lalu menjadi hal paling sulit dihilangkan dari seseorang.

Jika kamu memiliki kenangan untuk mengendarai sebuah Toyota Corolla ini, jangan ragu untuk membelinya untuk menjadi penjaga garasi. Karena ia akan memberikan kebahagiaan ketika kamu kembali mengendarainya lagi.

Corolla DX dihidupkan kembali

Pada 2021, Toyota kembali menghadirkan mobil legenda dan paling populer di era 80an yaitu Corolla DX E70. Mobil dengan kapasitas mesin 1.6 liter 1600GT yang ditenagai mesin delapan katup 2T-GEU DOHC ini, memuntahkan tenaga hingga 107hp.

Dilansir dari Top Gear, mobil legendaris ini diluncurkan kembali dengan nama Corolla E70 model GR. Dimensi sedan Corolla ini lebih besar dari versi di tahun 80an, berukuran panjang 4.400mm, lebar 1.752mm, dan tinggi 1.394mm, serta memiliki jarak sumbu roda 2.641mm.

Desain mobil terlihat lebih modern serta masih mempertahankan ciri- ciri penganut tampilan kotak dan dibalut dengan velg standar menggunakan velg 17 inci dengan ban 215/45 R17.

Secara keseluruhan melihat segi exterior dari mobil Toyota ini terasa retro dengan perpaduan klasik dan modern pada model GR ini.

Tampilan lampu depan berbentuk bulat melingkar dengan LED quad dan DRL, lipatan tengah pada kap mesin adalah elemen penataan lain dari model aslinya. Beralih ke samping, terdapat lengkungan roda yang menonjol dan bagian bodi bawah yang miring ke dalam adalah beberapa ciri khas OG E70.

Pilar A mendapatkan sentuhan modern dengan diwarnai hitam mengkilap. Model seperempat jendela pada kaca pintu baris kedua adalah salah satu isyarat gaya dari E70 klasik, sedangkan panel hitam mengkilap pada pilar C menggantikan ventilasi pada model aslinya.

Berpindah ke belakang, mobil ini juga menggunakan LED persegi panjang besar. Penambahan teknologi modern pada sedan ikonik ini yaitu memakai platform TNGA dengan berpenggerak RWD (Rear Wheel Drive).

Untuk bagian sektor kaki-kaki mobil ini memakai fitur struts MacPherson independen di depan dan multilink independen yang dapat diatur di bagian belakang.

Mobil rakitan asal Jepang ini mendapatkan dua varian opsi mesin, diantaranya: mesin berbasis M20A-FKS dengan tenaga 2.000 cc naturally aspirated yang disetel Gazoo Racing yang dapat memuntahkan tenaga sebesar 195hp dan torsi maksimum pada 210Nm.

Selanjunya ada mesin 2.500cc berbasis A25A-FKS naturally aspirated yang disetel Gazoo Racing dengan tenaga 227 hp dan torsi 252 Nm. Kedua mesin dipasangkan dengan transmisi manual enam percepatan dan otomatis girboks enam percepatan dengan paddle shifter.

Tips dari Lifepal! Corolla DX merupakan sedan klasik garapan Toyota yang sempat melegenda. Bayangkan saja, mobil Corolla ini sudah mengaspal sejak 1974.

Corolla ini masuk ke Indonesia sejak generasi keempat tahun 1980-an, sehingga sering pula disebut DX 1980. Menggunakan kode body KE70, juga membuat sedan klasik ini disebut dengan DX KE70.

Meski klasik, namun DX KE70 tetap diburu oleh para koleksi mobil klasik, para pecinta mobil balap, atau bahkan para modifikator.

Lindungi mobil kesayanganmu selama 24 jam dengan asuransi mobil terbaik. Pilihlah asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Lindungi mobilmu

Biaya perbaikan dan perawatan mobil tentu tidak murah. Jangan sampai biaya perbaikan mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaranmu.

Manfaatkan asuransi mobil all risk supaya kamu gak perlu pusing lagi dengan tagihan bengkel karena kamu akan terjamin dari biaya perbaikan kerusakan ringan dan berat, bahkan dapat ganti rugi atas kehilangan akibat pencurian.

Hitung sendiri berapa kisaran preminya dengan Kalkulator Lifepal berikut ini.

Kemudian pilihlah asuransi mobil yang cocok, dengan bantuan Kuis Asuransi Mobil Lifepal di bawah ini

Kalau perlu, tambahan proteksi lainnya seperti asuransi kesehatan untuk menjaga dari risiko biaya berobat di rumah sakit yang mahal di tengah maraknya virus saat ini juga sangat diperlukan. 

Pertanyaan seputar Corolla DX 

Corolla ini masuk ke Indonesia sejak generasi keempat tahun 1980-an, sehingga sering pula disebut DX 1980. Yuk, cek info selengkapnya di artikel ini.
Perlindungan finansial asuransi penting, agar tidak terbebani pengeluaran mendadak yang menguras tabungan. Pilih produk asuransi sesuai kebutuhan, yaitu asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi mobil, asuransi motor, asuransi rumah, dan lainnya. Cari tahu di Lifepal.