5 Motivator Termahal Indonesia, dari Cuma Lulusan SD Sampai Pernah Jadi Sales

Merry Riana (IG merryriana)

Kerjaannya cuma nasihati orang, tapi dibayar puluhan hingga ratusan juta rupiah. Selain jago ngomong, rata-rata mereka juga piawai menulis buku. Itulah para motivator di Indonesia.

Sudah bukan rahasia lagi kalau seorang motivator terlepas dari di Indonesia atau luar negeri, bisa mengantongi honor yang luar biasa besar.

Bayangin aja, mereka bisa membantu kita semua yang lagi jenuh bekerja bisa jadi kembali giat. Belum lagi, bakal memberikan tips-tips buat kita  bisa tampil lebih percaya diri (pede) menghadapi tantangan yang ada.

Penasaran siapa saja motivator Indonesia yang memiliki honor luar biasa besar? Yuk cari tahu di bawah ini:

1. Andrie Wongso

Andrie Wongso (IG andriewongso)
Andrie Wongso (IG andriewongso)

Motivator Indonesia kelahiran Malang, 1954 ini, tarifnya lumayan mahal. Kabarnya, mencapai Rp 75 juta untuk dua jam saja.

Uniknya, Andrie Wongso ternyata cuma lulusan SD! Waduh, gimana kalau audiensnya lulusan S1, S2, atau S3?

Tenang aja, pendidikan akademis itu juga gak menjamin seseorang bisa sukses di masa depan. Andrie justru punya kisah hidup yang luar biasa inspiratif bagi kita semua.

Pria yang pernah menyabet penghargaan The Best Motivator versi Kompas ini tak terlahir dari keluarga kaya. Semasa remaja, Andrie sudah kerja dengan jualan kue di pasar.

Namun, di usianya ke-20, dia merantau ke Jakarta dan bekerja sebagai salesman hingga pernah jadi pelayan toko.

Karena karisma dan kelihaiannya berbicara, dia pun pernah berkarier di dunia akting. Bahkan, dia sempat syuting di luar negeri.

Karier motivatornya dimulai ketika dia pulang dari luar negeri. Awalnya, Andrie cuma sering iseng menulis kata-kata mutiara ke dalam buku harian untuk memotivasi diri.

Tapi, kata-kata itu malah menginspirasi temannya. Alhasil, dia memulai bisnis pertamanya, yaitu membuat kartu ucapan yang berisi kata mutiara.

Kartu ucapan itupun laris, dan Andrie mengumpulkan dana untuk mendirikan AW Training dan Publishing. Lewat itulah Andrie berhasil jadi salah satu motivator kondang di Tanah Air.

2. Tung Desem Waringin

Tung Desem Waringin (IG tungdesemwaringin.tdw)
Tung Desem Waringin (IG tungdesemwaringin.tdw)

Nama Tung Desem Waringin (TDW) tentu gak asing di dunia motivator Indonesia. Sebagai motivator mahal yang pada 2013 dibayar Rp 100 juta per jam, TDW juga gak lahir dari keluarga kaya.

Kabarnya, orangtua TDW juga hidup sulit pada saat itu. Mereka kesulitan membayar biaya persalinan saat TDW baru lahir. Bahkan, TDW pernah bilang, saat masih di dalam kandungan, orangtuanya nyaris menawarkan seseorang untuk mengadopsi dirinya.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Kehidupan orangtua TDW memang cukup miris, mereka berbisnis kain dan sempat gagal membuka toko emas. Kelahiran TDW ke dunia ini ternyata dibantu oleh sanak saudaranya yang ikut patungan membayar biaya persalinan ibunda TDW.

Saat masih berusia sembilan tahun, pria kelahiran Solo 1967 ini sudah diajari berbisnis dan ikut membantu toko orangtuanya. Namun, toko tersebut akhirnya bangkrut dan orangtuanya pun menangis.

Seiring berjalannya waktu, TDW yang tumbuh biasa akhirnya memutuskan kuliah. Namun, kenyataannya, dia malah asyik cari duit jadi guru matematika, dan sales emas. Meski begitu, TDW tetaplah jadi mahasiswa teladan.

Ketika lulus, dia kerja di bank, dan dari situlah dia tergerak untuk menjadi motivator. Terlebih, saat TDW menyaksikan peristiwa 9/11 yang meruntuhkan WTC di Amerika Serikat.

Saat peristiwa itu berlangsung, TDW kabarnya sedang berada di Negeri Paman Sam dalam rangka training.

Sepulangnya ke Indonesia, dia pun mulai menggelar seminar-seminar motivasi. Namun, karena praktik motivator pada saat itu belum menjamur, TDW berhasil dan di tahun 2008 profesinya makin moncer.

3. Mario Teguh

Mario Teguh (IG marioteguh)
Mario Teguh (IG marioteguh)

Siapa yang gak kenal dengan nama yang satu ini. Meski namanya belakangan ini gak terlalu terdengar karena kontroversi kasus keluarganya, kata-kata mutiara yang sangat mensinpirasi dan kerap diutarakan Mario Teguh masih bisa kamu saksikan di Instagram.

Tarif motivator dengan jargon “Salam Super” ini pada 2016 dikabarkan mencapai Rp 150 juta per jam. Selain mahal, dia juga minta disediakan fasilitas yang wah, seperti tiket pesawat, mobil Toyota Alphard untuk penjemputan, hingga kamar hotel berkelas presidential suite.

Pria kelahiran Makassar, 1956 ini, lahir dari keluarga berkecukupan. Dia juga pernah menjalani pendidikan di Amerika Serikat hingga Jepang.

Usai tamat kuliah, dia bekerja di salah satu institut perbankan di Indonesia dari awal hingga jadi Head of Sales. Alhasil, dia memilih resign ketika dia berada di puncak kesuksesannya dan mendirikan Bussiness Effectiveness Consultant, Exnal Corp  yang bergerak di bidang konsultasi bisnis pada tahun 1994.

Namanya makin terkenal sebagai motivator ketika dia sering muncul di MetroTV, yaitu Mario Teguh Golden Ways.

4. Bong Chandra

Bong Chandra (IG bongchandra)
Bong Chandra (IG bongchandra)

Di antara motivator lain yang ada di artikel ini, Bong Chandra adalah yang termuda. Pasalnya, dia lahir pada tahun 1987.

Bong Chandra adalah putra dari pengusaha kue bernama Aditya dan Bong Sungo, yang usahanya sudah gulung tikar.

Saat masih SD, dia sudah membantu orangtuanya menjual kue sisa produksi rumahnya di sekolah.

Saat SMA, dia pun memutar otak untuk mencari peluang usaha baru. Alhasil, Bong Chandra jualan parfum yang dia beli dari toko-toko kecil di dekat rumah. Selain parfum, dia juga menjual baju, dan seragam yang diproduksi di Bandung.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Usut punya usut, keberhasilannya sebagai motivator dipengaruhi buku Donald Trump. Selain itu, banyak pula wejangan dari orangtua soal hidup yang akhirnya memengaruhi Bong untuk bisa memotivasi orang lain.

Pria yang terkenal santun ini memulai usaha event organizer (EO) ketika duduk di bangku kuliah. Akan tetapi, bisnis EO itu berfokus pada kegiatan training motivasi.

Dan, bukan rahasia lagi kalau Bong Chandra memang pandai berbicara. Lambat laun, EO yang didirikannya makin besar, dan Bong dinobatkan seabgai Motivator Termuda di Asia pada tahun 2010.

Sayangnya, informasi seputar tarif mengundang Bong Chandra memang gak pernah beredar di media. Mestinya, tarif beliau ada di puluhan jutaan. Wajar saja, wong gaya hidupnya aja udah kayak miliuner muda.

5. Merry Riana

Merry Riana (IG merryriana)
Merry Riana (IG merryriana)

Kisah motivator Indonesia yang satu ini bahkan pernah difilmkan. Film itu diperankan oleh Chelsea Islan, dan Dion Wiyoko.

Ayah perempuan kelahiran 1980 ini adalah karyawan yang resign dari perusahaan karena ingin menjadi seorang entrepreneur. Di tahun 1998, Merry gagal masuk Trisakti karena kerusuhan, orangtuanya pun berniat memindahkannya ke Singapura dengan modal pas-pasan.

Di Singapura lah Merry mulai belajar hidup yang sesungguhnya, mengingat apapun serbamahal di negara tersebut. Sementara itu, uang saku yang dia bawa di sana gak banyak.

Di Negeri Singa itu, Merry akhirnya menemukan informasi soal kampus Nanyang Technology University yang menawarkan program pinjaman untuk biaya kuliah. Dana itu dibayar usai mahasiswa lulus, dan kuliah. Tapi, tentu saja, pinjaman itu harus digaransi seseorang yang gak lain keluarga mahasiswa yang bersangkutan.

Alhasil, Merry bertemu dengan pria bernama Alva yang kini menjadi suaminya. Dan, Alva lah yang akhirnya menggaransikan utang Merry untuk menjalankan studinya.

Usai lulus kuliah, Merry bekerja sebagai seorang sales asuransi demi melunasi utang pendidikannya yang berjumlah SG$ 40 ribu.

Berkat kerja kerasnya, Merry berhasil jadi manajer dan keberhasilannya itulah yang membuatnya menjadi figur muda dengan penghasilan besar yang merdeka finansial. Hal itulah yang memotivasinya mendirikan Merry Riana Organization (MRO) pada tahun 2004.

Alhasil, di usia yang masih 26 tahun, dia sudah bisa meraup uang US$ 1 juta! Itulah sebabnya dia kerap dipandang sebagai pengusaha sekaligus motivator tersukses di Indonesia.

Saat ini, kabarnya Merry bisa meraup belasan juta per jam untuk berbicara di depan publik lho!

Itulah lima motivator Indonesia dengan bayaran yang cukup mahal. Kalau dipikir-pikir, beberapa di antara mereka adalah orang yang lahir dari keluarga biasa-biasa saja. Paling cuma Mario dan Merry saja yang orangtuanya berkecukupan.

Itu tandanya, siapapun bisa sukses jadi motivator. Termasuk kamu lho! (Editor: Chaerunnisa)

 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →