24 Asuransi Terbaik di Indonesia dan Review Produk

asuransi terbaik di indonesia

Dalam mencari asuransi terbaik di Indonesia, kamu mungkin akan menemukan beragam pilihan yang membuatmu bingung. Setiap perusahaan asuransi menawarkan berbagai kelebihan dan manfaat yang berbeda, mulai dari cakupan perlindungan, jaringan rumah sakit/bengkel, hingga skema pembayaran premi.

Dalam artikel ini, kita akan membantu kamu memahami dan membandingkan berbagai pilihan asuransi yang ada, sehingga kamu dapat membuat keputusan yang tepat sesuai dengan kebutuhan kesehatan dan kondisi finansialmu. Kita akan membahas berbagai faktor yang perlu dipertimbangkan saat memilih asuransi kesehatan, serta memberikan insight mengenai beberapa perusahaan asuransi yang dikenal memiliki reputasi dan layanan terbaik di Indonesia.

Rekomendasi Asuransi Jiwa Terbaik di Indonesia

Asuransi jiwa memiliki fungsi yang berbeda dengan asuransi kesehatan, yaitu sebagai solusi finansial untuk keluarga ditinggalkan. Berdasarkan penghargaan Indonesia Top Insurance Awards 2023 yang digelar The Iconomics, ada beberapa kategori perusahaan asuransi jiwa terbaik di Indonesia.

Yaitu, asuransi jiwa aset Rp1 triliun-Rp5 triliun, aset Rp10 triliun-Rp25 triliun, aset Rp25 triliun-Rp40 triliun, hingga asuransi jiwa dengan aset > Rp40 triliun. Berikut ini adalah rekomendasi perusahaan asuransi jiwa terbaik di Indonesia:

1. Asuransi Simas Jiwa 

Polis asuransi jiwa Simas Jiwa yaitu SIJI Guard 4 tergolong sebagai pilihan peringkat asuransi jiwa terbaik 2020 untuk asuransi murni terbaik. Polisnya menanggung usia masuk nasabah hingga 69 tahun, padahal biasanya asuransi lainnya hanya menanggung usia masuk nasabah hingga 50 tahunan.

Selain risiko meninggal dunia yang ditanggung juga lengkap, baik akibat kecelakaan, meninggal dunia, hingga santunan cacat tetap.

2. Asuransi jiwa Indolife Pensiontama

Asuransi jiwa yang dikelola oleh PT Indolife Pensiontama sejak tahun 1991, yaitu salah satu anak perusahaan raksasa Salim Group ini memiliki izin operasional sejak tahun 1991. Hal itu ditetapkan lewat Surat Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia nomor KEP.585/KM.13/1991.

Memiliki produk proteksi cukup lengkap, produk proteksi yang dimiliki asuransi jiwa Indolife Pensiontama adalah Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) serta asuransi jiwa untuk individu dan kumpulan.

Memberikan manfaat dana pensiun hingga Rp100 juta dan nilai tunai investasi sekaligus iuran bulanan mulai Rp100 ribu, produk Indolife DPLK cukup tinggi dibandingkan perusahaan asuransi lain.

3. Asuransi Manulife 

Selanjutnya di urutan asuransi terbaik di Indonesia ada Asuransi jiwa Manulife yang unggul dengan polis Essential Assurance, polis ini menanggung usia nasabah hingga 99 tahun. Selain itu polis dari Manulife ini juga memberikan manfaat nilai tunai dan pengembalian 100 persen uang pertanggungan di akhir polis. 

Selain itu, santunan meninggal dunia yang diberikan Essential Assurance juga sangat tinggi yaitu hingga Rp2,5 miliar.

4. Asuransi Prudential 

Prudential Indonesia merupakan salah satu perusahaan asuransi jiwa terbaik di Indonesia. Produk asuransi jiwa Prudential seperti PRULink Generasi Baru memberikan UP minimal Rp200 juta plus tambahan 100 persen dari UP dasar jika tertanggung meninggal dunia sebelum usia 70 tahun.

Kamu juga bebas untuk memilih instrumen investasi sesuai dengan tujuan keuangan. Gak cuma itu, kamu juga bisa mendapatkan pilihan manfaat tambahan atau rider yang beragam.

5. Asuransi Sequis Life

Perusahaan asuransi jiwa yang terbaik di Indonesia lainnya yang bisa jadi pilihan kamu selanjutnya adalah Sequis Life. Produk asuransi jiwa dari perusahaan ini memiliki manfaat pertanggungan hingga usia seumur hidup. 

Tidak hanya itu saja, perusahaan juga menawarkan uang pertanggungan hingga Rp1 miliar. Tidak heran bila Asuransi Sequis Life ini menjadi asuransi terbaik di Indonesia saat ini. 

6. Asuransi Sun Life

Asuransi Sun Life menghadirkan produk asuransi jiwa terbaik di Indonesia melalui Sun Proteksi Jiwa. UP yang tinggi hingga Rp2,1 miliar namun premi terjangkau, kamu juga bisa menambahkan manfaat asuransi penyakit kritis

Dengan premi mulai Rp4 jutaan per tahun, tersedia pilihan masa perlindungan 1, 10, atau 20 tahun yang sangat fleksibel.

7. Asuransi jiwa AXA Mandiri

Dikelola PT Axa Mandiri Financial Services, polis asuransi jiwa AXA Mandiri menawarkan manfaat santunan meninggal dunia hingga Rp5 miliar. Tak hanya itu saja, polis asuransi ini juga memberikan manfaat nilai tunai investasi selama masa asuransi dijalani.

8. Asuransi jiwa Sinarmas MSIG

Dikelola PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG, Tbk, asuransi Sinarmas MSIG Life menawarkan polis asuransi jiwa, asuransi kesehatan, sampai asuransi syariah. Salah satu polis unggulannya adalah asuransi jiwa.  

Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG, Tbk atau Sinarmas MSIG Life (termasuk grup Sinar Mas) merupakan perusahaan asuransi jiwa yang berpengalaman sejak tahun 1985. Awalnya, Sinarmas MSIG Life memiliki nama PT Asuransi Jiwa Purnamala Internasional.

Namun, pada 1989 mereka mengganti nama menjadi PT Asuransi Jiwa Eka Life dan menjadi PT Asuransi Jiwa Sinarmas sejak tahun 2007. Selain menawarkan asuransi jiwa pribadi dan kumpulan, perusahaan asuransi ini juga mengelola dana pensiun. 

Tak hanya itu saja, perusahaan juga telah mematenkan nama mereka jadi PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG Tbk atau populer dikenal dengan nama Sinarmas MSIG Life alias SMiLe.

9. Asuransi jiwa BRI Life

Dikelola oleh PT Bank Rakyat Indonesia (BRI), ada beragam polis asuransi yang ditawarkan, mulai dari asuransi kesehatan, asuransi jiwa, unit link, asuransi karyawan, dan lainnya. Asuransi jiwa BRI Life menjadi salah satu produk unggulan Asuransi Jiwa BRI Life.

Ada beragam pilihan polis asuransi BRI Life yang dapat disesuaikan dengan profil nasabah, baik itu kebutuhan dan kemampuan finansialnya.

10. Asuransi jiwa BNI Life

Merupakan anak perusahaan PT Bank Negara Indonesia (Persero), produk proteksi yang ditawarkan terdiri dari asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi pendidikan, unit link, dana pensiun, hingga asuransi syariah.

Salah satu produk unggulan asuransi BNI Life adalah BNI Life MProtection Plus, yaitu asuransi jiwa unit-link dengan keunggulan produk proteksi seumur hidup. Selain itu, polis asuransi tersebut memberikan manfaat nilai investasi, hingga nol persen biaya awal, dengan begitu pengembangan nilai investasi lebih maksimal.

Nah, dalam memilih perusahaan asuransi jiwa terbaik di Indonesia, penting banget untuk kamu mengetahui berapa uang pertanggungan ideal yang dibutuhkan. Yuk cek dengan menggunakan kalkulator uang pertanggungan asuransi jiwa berikut:

Rekomendasi Asuransi Mobil Terbaik di Indonesia

Memilih asuransi kendaraan terbaik di Indonesia sebaiknya cari yang memiliki bengkel rekanan luas. Sehingga jika terjadi risiko, kamu tidak akan kesulitan melakukan klaim.

Selain itu, pertimbangkan juga risiko yang mungkin terjadi. Misal, jika tinggal di daerah yang rawan banjir maka cari asuransi mobil yang menanggung risiko tersebut. Berikut pilihan asuransi mobil All Risk terbaik yang telah dihimpun oleh Lifepal:

1. Asuransi Simas Insurtech

Simas Insurtech merupakan salah satu perusahaan asuransi mobil terbaik di Indonesia yang memberikan berbagai macam fasilitas menarik. Mislanya seperti gratis kartu e-toll untuk setiap pembelian polis dan juga kemudahan perpanjangan polis secara online.

Gak hanya itu, Simas Insurtech baru saja menyabet penghargaan dari Media Asuransi sebagai Best General Insurance 2022 dengan Ekuitas Rp300 miliar – Rp500 miliar ke atas.

Asuransi Mobil Simas Insurtech bekerja sama dengan Lifepal menghadirkan produk Proteksi Oto Comprehensive dengan berbagai manfaat pertanggungan seperti:

  • Menanggung risiko kerusakan parsial seperti lecet, penyok, dan total hingga tidak bisa digunakan lagi.
  • Pertanggungan risiko kehilangan mobil.
  • Jaminan risiko kerusakan akibat tabrakan, benturan, kehilangan, pencurian, dan lainnya yang tidak disengaja.
  • Risiko tanggung jawab hukum pihak ketiga.
  • Manfaat kecelakaan diri pengemudi dan penumpang.
  • Usia masuk maksimal kendaraan 0-5 tahun (lebih dari 5 tahun, akan dikenakan biaya loading premi 5% per tahun)
  • 2. Asuransi Tugu Pratama

    Jadi anak perusahaan dari Pertamina tentu membuat Asuransi Tugu Pratama Indonesia patut dipertimbangkan. Tugu Pratama juga berhasil meraih predikat Best General Insurance 2022 dengan Ekuitas Rp1,5 triliun ke Atas dari Media Asuransi, menjadikannya sebagai salah satu perusahaan asuransi umum terbaik di Indonesia.

    Produk Asuransi Mobil Tugu Pratama hadir dengan polis T-Drive yang menanggung jaminan all risk dan TLO. Berikut manfaat pertanggungan jaminan all risk atau comprehensive:

  • Menanggung risiko kerusakan sebagian atau parsial seperti lecet, penyok, hingga rusak total atau hilang
  • Penggantian atas kehilangan kendaraan
  • Jaminan ganti rugi kehilangan barang pribadi maksimal Rp10 juta
  • Jaminan penggantian biaya transportasi sebesar Rp100 ribu per hari
  • Pelaporan klaim melalui aplikasi.
  • 3. Zurich Asuransi Indonesia

    Zurich Asuransi Indonesia mengakuisisi produk asuransi mobil terbaik dari Asuransi Adira, yakni Autocillin. Autocillin menghadirkan dua jenis pertanggungan, yakni All Risk (comprehensive) dan TLO.

    Autocillin (Zurich) untuk pertanggungan All Risk punya cukup banyak keunggulan. Misalnya fasilitas Autocillin Garage atau bengkel rekanan non-authorized untuk mengajukan klaim perbaikan mobil, hingga layanan pembaruan STNK.

    Pertanggungan lainnya yang bisa kamu dapatkan antara lain:

  • Pertanggungan maksimal usia mobil 8 tahun
  • Ganti rugi berupa perbaikan sebagian maupun keseluruhan pada kendaraan.
  • Ganti rugi karena tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, terperosok, perbuatan jahat, pencurian, kebakaran, kecelakaan lalu lintas.
  • Layanan jemput dan antar mobil ke bengkel
  • Perluasan jaminan pertanggungan pihak ketiga hingga Rp50 juta
  • Jaminan kecelakaan diri untuk pengemudi dan maks. 4 penumpang hingga Rp50 juta
  • New for old untuk mobil di bawah usia 6 bulan yang mengalami kerusakan total
  • Ganti rugi kehilangan barang berharga maksimal Rp2 juta.
  • 4. Asuransi Mobil AXA

    Urutan asuransi terbaik di Indonesia berikutnya adalah Asuransi Mobil AXA Mandiri. Pertanggungan yang dihadirkan adalah All Risk (comprehensive) dan TLO dengan berbagai macam fitur dan fasilitas.

    Contohnya adalah klaim tanpa kewajiban survei atau bengkel rekanan yang tersebar luar di seluruh Indonesia. Manfaat pertanggungan lainnya meliputi:

  • Pertanggungan atas kerusakan parsial hingga total, termasuk juga yang diakibatkan oleh tabrakan, benturan, terbalik, terperosok, perbuatan jahat orang lain, pencurian, dan kebakaran.
  • Jaminan atas pihak ketiga.
  • Layanan derek 24 jam untuk segala jenis masalah kendaraan.
  • Maksimal usia mobil yang ditanggung adalah 10 tahun.
  • Tersedia perluasan jaminan manfaaat.
  • 5. Asuransi ACA

    Asuransi Mobil ACA menghadirkan polis unggulan, yakni ACA Otomate. Polis ini cukup banyak diminati oleh masyarakat di Indonesia. Manfaat ACA Otomate terbagi menjadi tiga, yakni Otomate, Otomate Smart, dan Otomate Solitaire. Masing-masing manfaat punya pertanggungan yang berbeda-beda.

    Misalnya, Otomate Solitare memberikan fitur new for old hingga usia mobil 12 bulan, di mana umumnya fitur ini hanya memberikan penggantian usia maksimal mobil 6 bulan. Semua polis ACA Otomate juga memberikan fasilitas mobil pengganti selama mobil diperbaiki di bengkel.

    Berikut adalah manfaat pertanggungan lainnya dari Otomate Solitaire:

  • Pertanggungan risiko kerusakan parsial dan total
  • Manfaat tanggung jawab pihak ketiga Rp75 juta
  • Pertanggungan kecelakaan diri Rp10 juta
  • Jaminan risiko pencurian mobil
  • Pengajuan klaim bengkel resmi maupun non resmi.
  • 6. Mega Insurance

    Asuransi Mobil Mega Insurance dari PT Asuransi Umum Mega memberikan pilihan pertanggungan Total Loss Only serta All Risk. Polis asuransi kendaraan ini juga banyak diminati, apalagi dari perusahaan dengan reputasi yang bagus.

    Asuransi Umum Mega mendapatkan penghargaan Best General Insurance 2022 dengan Ekuitas Rp300 miliar – Rp500 miliar dari Media Asuransi. Dengan begitu, produk asuransinya patut kamu pertimbangkan. Menjadi salah satu dari 10 asuransi terbaik di Indonesia, berikut manfaat pertanggungan All Risk Mega Insurance:

  • Pertanggungan kerusakan parsial hingga total yang diakibatkan oleh tabrakan, pencurian, hingga kebakaran.
  • Terdapat perluasan jaminan manfaat, termasuk tanggung jawab hukum pihak ketiga.
  • Pertanggungan usia mobil hingga 5 tahun.
  • 7. MSIG Insurance

    MSIG Insurance mendapatkan peringkat asuransi terbaik di Indonesia dari Media Asuransi, yaitu penghargaan Best General Insurance 2022 dengan Ekuitas Rp1 triliun – Rp1,5 triliun. Dengan reputasi perusahaan asuransi yang bagus, tentunya patut kamu pertimbangkan. 

    Produk asuransi mobil terbaiknya menjamin pertanggungan all risk dan juga TLO dengan berbagai manfaat, antara lain:

  • Pertanggungan risiko kerusakan parsial hingga total yang disebabkan oleh tabrakan, benturan, perbuatan jahat, kebakaran, air atau alat lain yang digunakan untuk memadamkan kebakaran
  • Fasilitas layanan derek gratis
  • Pertanggungan usia mobil maksimal 8 tahun.
  • 8. Asuransi Sinar Mas

    Terdapat dua pilihan polis asuransi mobil Sinar Mas, yaitu Simas Mobil Comprehensive dan Simas Mobil TLO. Untuk Simas Mobil Comprehensive menanggung segala jenis risiko kerugian baik kerusakan parsial seperti lecet, hingga kerusakan besar seperti terperosok atau pencurian.

    Menariknya, polis ini memberikan garansi perbaikan seperti pertanggungan biaya perbaikan selanjutnya setelah perbaikan pertama masih rusak. Pertanggungan lainnya adalah sebagai berikut:

  • Menanggung usia mobil maksimal 5 tahun
  • Jaminan risiko pencurian, termasuk disertai kekerasan
  • Pertanggungan risiko kecelakaan selama penyeberangan menggunakan feri
  • Layanan biaya derek maksimal 0,5% dari jumlah pertanggungan
  • Jaminan tanggung jawab pihak ketiga.
  • 9. Asuransi Sompo

    Produk asuransi mobil Sompo juga menjadi salah satu yang diminati oleh nasabah. Perusahaan menyediakan pilihan polis All Risk dan TLO dengan manfaat pertanggungan lengkap.

    Selain itu, keunggulan lain dari produk yang ditawarkan adalah tunjangan transportasi selama mobil dalam perbaikan dan memiliki lebih dari rekanan bengkel. Berikut manfaat pertanggungan lain yang bisa kamu dapatkan dari polis AutoFirst Comprehensive dari asuransi Sompo:

  • Pertanggungan biaya kerusakan parsial seperti lecet, penyok, baret
  • Jaminan tanggung jawab hukum pihak ketiga.
  • Pertanggungan kecelakaan diri pengemudi dan penumpang.
  • Fitur new for old.
  • Ganti rugi kehilangan barang pribadi.
  • 10. Tokio Marine Insurance

    Kalau kamu mencari polis asuransi mobil dengan harga premi terjangkau maka bisa mencoba produk dari Tokio Marine. Produk asuransi mobil Tokio Marine tidak hanya menawarkan manfaat polis lengkap namun juga berbagai macam prestasi. 

    Yang terbaru, Tokio Marine Insurance mendapatkan predikat Best General Insurance 2022 dengan Ekuitas Rp1 triliun – Rp1,5 triliun dari Media Asuransi.

    Berikut adalah manfaat pertanggungan dari polis Basic Comprehensive:

  • Pertanggungan kerusakan parsial seperti lecet, penyok, baret, dan lainnya.
  • Mencakup risiko terorisme, kerusuhan, dan sabotase.
  • Pertanggungan biaya derek dan ambulans.
  • Perluasan jaminan pihak ketiga.
  • Rekomendasi Asuransi Kesehatan Terbaik di Indonesia

    Dalam memilih asuransi kesehatan yang bagus di Indonesia, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan. Faktor tersebut di antaranya adalah uang pertanggungan sebanding dengan biaya rumah sakit dan premi yang dibayarkan, wilayah rumah sakit rekanan, hingga manfaat lainnya yang dapat menguntungkan nasabah.

    Berikut pilihan asuransi kesehatan terbagus di Indonesia selengkapnya:

    1. AXA Mandiri

    Salah satu produk unggulan asuransi kesehatan AXA Mandiri adalah Smartcare Executive. Pilihan polis asuransi ini sangat cocok untuk kamu yang menginginkan manfaat asuransi dengan limit tahunan tinggi dan harga premi murah, yaitu mulai dari Rp170 ribuan per bulan.

    Polis ini juga memberikan manfaat asuransi kesehatan dan asuransi jiwa sekaligus. AXA Mandiri juga menyediakan asuransi gigi terbaik yang masuk ke dalam manfaat polis asuransi kesehatannya.

    2. Prudential

    Asuransi kesehatan Prudential memang menjadi pilihan yang paling banyak dicari orang saat ini. Ada beberapa pilihan polis asuransi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan tiap nasabah, seperti PRUPrime Healthcare.

    Asuransi ini menawarkan pertanggungan sesuai tagihan PRUPrime Healthcare Syariah dengan keunggulan berupa santunan Dana Marhamah apabila peserta utama meninggal dunia. Tidak tanggung-tanggung, total manfaat pertanggungan yang ditawarkan mencapai Rp35 miliar per tahun. 

    3. Asuransi Astra Buana

    Garda Healthtech dari asuransi Astra Buana merupakan produk asuransi kesehatan yang memberikan manfaat medis hingga Rp3,2 juta. Keunggulan polis ini adalah didukung dengan konsultasi online sebanyak 14 kali di aplikasi Halodoc.

    Kemudian juga ada pertanggungan konsultasi tatap muka sebanyak 7 kali dengan rujukan untuk dokter umum maupun spesialis. Polis ini juga menanggung biaya resep obat baik yang didapatkan secara online atau tatap muka.

    4.  Asuransi BRI Life

    Asuransi BRI Life menghadirkan produk asuransi kesehatan Telepro Medicash Optima dengan manfaat yang lengkap. Tidak hanya manfaat pertanggungan biaya medis, namun juga memberikan manfaat santunan duka hingga Rp150 juta.

    Tersedia juga manfaat pengembalian premi sebesar 25 persen dari premi yang sudah dibayar jika tidak terjadi klaim selama 2 tahun masa pertanggungan polis. Premi untuk polis Medicash sangatlah terjangkau, bisa kamu dapatkan mulai Rp113 ribuan saja.

    Daftar Perusahaan Asuransi Terbaik di Indonesia Versi LMRA

    Media Asuransi adalah majalah yang dikelola oleh Dewan Asuransi Indonesia (DAI) yang turut membawahi dewan asuransi umum Indonesia. Media ini memiliki fokus topik asuransi, perbankan, multifinance, pasar modal, dan industri keuangan lainnya.

    Melalui hasil analisis data yang dikelola oleh Lembaga Riset Media Asuransi (LRMA), berikut daftar perusahaan asuransi terbaik di Indonesia. Tentunya, ini daftar asuransi terbaik di Indonesia. 

    15 Perusahaan Asuransi Umum Terbaik15 Perusahaan Asuransi Jiwa/Kesehatan Terbaik

  • PT BRI Asuransi Indonesia
  • PT Asuransi Sinar Mas
  • PT Asuransi Central Asia
  • PT Asuransi Simas Insurtech
  • PT Asuransi Ramayana Tbk.
  • PT Chubb General Insurance Indonesia
  • PT Asuransi Samsung Tugu
  • PT Asuransi Perisai Listrik Nasional
  • PT Asuransi Dayin Mitra Tbk.
  • PT Asuransi Candi Utama
  • PT Asuransi Artarindo
  • PT Asuransi Binagriya Upakara
  • PT Avrist General Insurance
  • PT Victoria Insurance Tbk.
  • PT Asuransi Sumit Oto
  • PT Asuransi BRI Life
  • PT Panin Dai-ichi Life
  • PT BNI Life Insurance
  • PT Asuransi Jiwa Inhealth Indonesia
  • PT AXA Mandiri Financial Services
  • PT Asuransi Jiwa Central Asia Raya
  • PT Tokio Marine Life Insurance Indonesia
  • PT Asuransi Jiwa BCA
  • PT Chubb Life Insurance Indonesia
  • PT Great Eastern Life Indonesia
  • PT Perta Life Insurance
  • PT Pacific Life Indonesia
  • PT Asuransi Ciputra Indonesia
  • PT Asuransi Jiwa Nasional
  • PT Victoria Alife Indonesia
  • Seperti Apa Kriteria Asuransi Terbaik?

    Ada banyak perusahaan asuransi terbesar di Indonesia yang bisa jadi pilihan. Bagi perusahaan asuransi sendiri ternyata tidak mudah untuk mendapatkan predikat terbaik, sebab dewan juri menetapkan sejumlah kriteria yang ketat.

    Nah, kriteria atau indikator inilah yang menentukan mana asuransi terbaik dan mana perusahaan asuransi terbaik berdasarkan standar-standar yang sudah ditentukan. Perhatikan kriteria berikut saat kamu hendak memilih perusahaan asuransi terbaik:

    1. Pertumbuhan aset
    2. Pertumbuhan jumlah investasi
    3. Pertumbuhan ekuitas
    4. Pertumbuhan premi neto
    5. Pertumbuhan hasil underwriting
    6. Pertumbuhan hasil investasi
    7. Pertumbuhan laba bersih
    8. Pangsa pasar premi
    9. Rasio underwriting
    10. Rasio kecukupan investasi
    11. ROA (return on assets)
    12. ROE (return on equity)
    13. RBC (return based capital)
    14. Pertumbuhan hasil underwriting (khusus asuransi jiwa)
    15. Rasio underwriting terhadap premi neto.

    Kriteria ini masih sebagian dari seleksi. Sebab sebelum memenuhi kriteria penilaian ini sudah ada seleksi awal yang tak kalah penting. 

    Ada beberapa hal yang perlu kita nilai dari perusahaan asuransinya sendiri, antara lain:

    1. Laporan keuangan yang sudah diaudit
    2. Laporan keuangan tidak mendapat opini disclaimer
    3. RBC 120 persen
    4. Masih beroperasi saat dilakukan penilaian
    5. Tidak berstatus pembatasan kegiatan usaha (PKU) dari Otoritas Jasa Keuangan
    6. Tidak dalam kondisi tertentu (run off, masa transisi, dan sebagainya)
    7. Punya ekuitas Rp100 miliar
    8. Memiliki aset asuransi umum di atas Rp100 miliar
    9. Punya aset asuransi jiwa di atas Rp1 triliun
    10. Tidak menderita rugi
    11. Memiliki data yang lengkap.

    Dari kriteria yang sudah disebutkan, dewan juri pun bisa membandingkan antara satu perusahaan asuransi dengan yang lainnya. Yang pasti, poin-poin di atas harus dipenuhi oleh perusahaan tersebut.

    Ketahui juga apa saja perusahaan asuransi yang bangkrut atau terkena kasus gagal bayar untuk mengeliminasinya dari pilihan.

    Tips dari Lifepal! Kebutuhan asuransi setiap orang itu berbeda-beda. Selain itu, ada banyak pilihan asuransi swasta terbaik yang menyediakan berbagai polis yang bisa kamu pilih. Hal yang penting dalam memilih asuransi adalah menyesuaikan dengan kebutuhan kamu agar bisa mendapatkan manfaat yang maksimal.

    Kalau kamu ingin tahu lebih banyak terkait manfaat asuransi lainnya sekaligus mendapatkan rekomendasi kepada berbagai produk asuransi terpercaya yang ada di Indonesia, cari tahu sekarang di Lifepal!

    Lifepal juga punya solusi buat kamu yang ingin segera punya asuransi. Kamu bisa mempertimbangkan urutan perusahaan asuransi terbaik di Indonesia versi Lembaga Riset Media Asuransi.

    Alternatif lainnya, pertimbangkan rekomendasi daftar perusahaan asuransi terbaik di Indonesia dari Lifepal berdasarkan jenisnya. Sehingga akan lebih mudah untuk memilih asuransi mana yang tepat untukmu!

    FAQ Seputar Asuransi Terbaik di Indonesia

    Perusahaan asuransi dapat dikatakan bagus jika memiliki karakteristik berikut ini:

    • Cari tahu rekam jejak perusahaan asuransi
    • Memiliki keuangan perusahaan yang sehat
    • Punya rasio solvabilitas yang tinggi
    • Kredibilitas yang baik
    • Menyediakan manfaat perlindungan menyeluruh
    • Memiliki rekanan yang luas
    • Polis yang ditawarkan beragam
    • Terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

    Perusahaan asuransi terbaik bagi tiap-tiap nasabah tentu saja berbeda-beda. Misal, untuk yang berusia lanjut, tentu asuransi kesehatan terbaik adalah yang menanggung hingga usia 100 tahun.

    Namun, untuk yang memiliki riwayat penyakit kritis dalam keluarga maka asuransi kesehatan terbaik adalah yang menanggung risiko penyakit kritis sekaligus. Sama halnya dalam memilih asuransi jiwa dan asuransi mobil. Kembali lagi harus disesuaikan dengan profil nasabah. Jadi, jangan hanya berfokus pada premi murah saja.

    PT AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri) adalah perusahaan asuransi jiwa patungan antara PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, yang memiliki 51% saham, dan National Mutual International Pty. Limited (bagian dari AXA Group), yang memiliki 49% saham. Perusahaan ini beroperasi dengan izin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.
    Asuransi Manulife merupakan salah satu perusahaan asuransi terkemuka di Indonesia yang diawasi oleh OJK. Perusahaan ini menawarkan berbagai produk, termasuk asuransi kesehatan, jiwa, pendidikan, hingga DPLK. Produk asuransi kesehatan dan jiwa dari Manulife menjadi pilihan unggulan bagi banyak nasabah, menunjukkan kepercayaan yang tinggi dari masyarakat terhadap perusahaan ini.

     

    Customer Service

    call me
    whatsapp