Cara Menyetel Klep Mobil Terlengkap, Tujuan dan Peralatannya

cara menyetel klep mobil

Cara menyetel klep mobil harus dilakukan dengan benar agar performa mesin tetap stabil. Pasalnya, fungsi klep mobil ini adalah mengatur keluar dan masuknya udara dan bahan bakar pada mobil. 

Klep mobil dikenal juga dengan sebutan valve atau katup. Komponen ini umum ditemukan pada sebuah mesin, tak terkecuali mesin mobil khususnya pada bagian kepala silinder. 

Penyetelan klep mobil yang tidak pas dapat menimbulkan berbagai masalah pada mobil. Oleh karena itu, dibutuhkan penanganan khusus saat menyetel klep mobil dan biasanya pemilik mobil lebih memilih untuk melakukan penyetelan katup mobil di bengkel saja. 

Akan tetapi, apabila kamu ingin mencoba melakukan penyetelan klep mobil ini sendiri, kamu bisa mengikuti cara setel klep mobil di bawah ini. Namun, sebelum itu, sebaiknya kamu memahami dulu apa itu klep mobil, tujuannya, serta alat-alat yang dibutuhkan untuk menyetel mobil. 

Apa itu klep mobil?

Dilansir dari Meineke, klep mobil atau sering juga disebut katup mobil atau dalam bahasa inggris disebut valve adalah sebuah komponen mekanis yang terletak pada bagian kepala silinder mobil. Secara fungsional, fungsi klep mobil adalah sama seperti jenis katup lainnya, yaitu mengatur keluar dan masuknya aliran bahan bakar dan udara pada mobil.

Klep atau katup memainkan peran yang penting pada mobil. Sebab, apabila terjadi kebocoran atau gangguan pada klep, seperti ukuran yang tidak pas saja dapat menyebabkan terjadinya penurunan tenaga mesin atau performa mobil akan turun. 

Ini yang sering dikeluhkan oleh sejumlah pengemudi mobil yakni mobil hilang tenaga saat digas.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara menyetel klep mobil yang benar untuk menghindari terjadinya kebocoran ataupun gangguan lainnya. Terdapat dua tipe klep mobil, yaitu intake valve (katup IN) dan exhaust valve (katup EX) yang memiliki fungsi berbeda-beda. 

Adapun fungsi katup IN adalah mengatur aliran udara dan bahan bakar di dalam ruang bakar agar jumlahnya sesuai dengan yang dibutuhkan mesin untuk proses pembakaran. Intake valve memiliki ukuran diameter yang lebih besar dibandingkan exhaust valve agar aliran bahan bakar ke ruang bahan bisa optimal. 

Sementara itu, exhaust valve atau katup EX memiliki fungsi untuk mengeluarkan gas sisa dari proses pembakaran. Ukuran diameternya yang kecil memudahkan gas sisa pembakaran tersebut keluar dari ruang bakar. 

Masalah katup mobil ini mungkin cukup jarang dialami oleh pemilik mobil keluaran terbaru. Namun, masalah pada katup ini cukup sering dialami mobil-mobil keluaran lama sehingga seringkali dibutuhkan penyetelan katup. 

Nah, karena masalah ini sangat jarang terjadi pada mobil masa kini, banyak orang yang kurang mengenali ketika katup mobil bermasalah. Berikut beberapa tanda adanya masalah pada katup mobil dilansir dari Repair Smith.

  • Performa mesin yang buruk atau mobil kehilangan tenaga
  • Muncul suara seperti berdetak atau meletup pada mesin mobil
  • Lampu check engine menyala
  • Konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros

Jika kamu merasakan adanya tanda-tanda kerusakan pada klep mobil, segera perbaiki di bengkel mobil terpercaya. 

Tujuan penyetelan katup mobil

Sebelum masuk ke cara menyetel katup mobil, tahukah kamu apa sih tujuan penyetelan katup mobil ini? Jika belum tahu, berikut beberapa tujuan dilakukannya penyetelan pada katup mobil. 

  1. Menjamin efisiensi pemasukan campuran bahan bakar dan udara ke dalam silinder mobil yang selanjutnya akan dikompresikan untuk proses pembakaran sehingga menghasilkan tenaga yang dibutuhkan mobil untuk bergerak.
  2. Menjamin efisiensi pembuangan gas sisa pembakaran dari dalam silinder mobil ke udara bebas melalui exhaust manifold. 
  3. Agar pengaturan keluar masuknya udara dan bahan bakar pada silinder mobil dapat bekerja secara optimal.
  4. Menjaga performa mobil agar tetap stabil.

Mengingat pentingnya fungsi klep mobil ini, maka penyetelannya harus dilakukan dengan benar dan tepat. Salah sedikit saja dapat mempengaruhi kinerja mesin mobil.

Adapun kesalahan yang biasa terjadi saat penyetelan katup mobil, antara lain :

  • Penyetelan katup yang terlalu rapat sehingga menyebabkan katup terbuka lebih awal, tekanan kompresi menjadi rendah, dan mobil kehilangan tenaga. Akibatnya, terjadi salah pengapian atau pengapian balik.
  • Penyetelan katup yang terlalu renggang menyebabkan katup terbuka lebih lambat sehingga jumlah bahan bakar dan udara yang masuk dan keluar menjadi rendah. Ini juga yang menjadi penyebab munculnya suara mobil berisik atau getaran pada mesin mobil. 
  • Penyetelan katup antar silinder yang tidak sama dapat menyebabkan proses keluar dan masuknya udara dengan bahan bakar menjadi tidak sama. Hal tersebut mengakibatkan engine hunting karena power antar silinder yang berbeda-beda. 

Alat-alat yang perlu disiapkan

Sebelum melakukan penyetelan klep mobil, sebaiknya kamu menyiapkan alat-alat yang akan diperlukan terlebih dahulu. Berikut alat-alat yang umumnya dibutuhkan saat penyetelan klep mobil. 

  • Kunci Ring ukuran 14/12.
  • Kunci Ring atau kunci Shock ukuran 14/17/19 yang akan digunakan untuk memutar pully.
  • Obeng Plus ( + ) dan Minus ( – ).
  • Feeler Gauge, alat untuk mengukur ketebalan celah.
  • Tool Box Set.
  • Buku manual (jika ada).

Cara menyetel klep mobil

Perlu diingat bahwa setiap mobil memiliki cara menyetel klep mobil yang berbeda-beda, tergantung merek dan serinya. Misalnya, cara setel klep mobil 4 silinder tentunya berbeda dengan cara setel klep mobil 6 silinder. 

Oleh karena itu, kamu perlu membaca buku manual yang disediakan oleh mobil dulu. Namun, dalam artikel ini akan dibahas cara menyetel klep mobil secara umum. 

Panaskan mesin mobil

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah panaskan mesin mobil selama kurang lebih 5 menit untuk menyesuaikan mesin dengan spesifikasi yang ada atau yang dimiliki sesuai standar pabrikan.

Lepaskan tutup kepala silinder

Setelah memanaskan mobil, langkah selanjutnya adalah lepaskan tutup kepala silinder dengan menggunakan kunci ring atau pas yang sudah kamu sediakan sebelumnya. Pastikan saat melepas tutup kepala silinder tidak ada bagian yang mengganggu, seperti selang dan rumah filter udara. 

Putar poros engkol

Cara menyetel klep mobil berikutnya adalah putar poros engkol tepat pada angka 0. Untuk cara ini, kamu bisa melihat caranya pada panduan yang terdapat di tutup rantai timing mesin. 

Tentukan posisi TMA/TOP kompresi silinder 1 atau 4

Untuk menentukan posisi TMA/TOP kompresi silinder 1 atau 4 dilakukan dengan cara sebagai berikut. 

Ketika memutar poros engkol, perhatikan katup masuk silinder mana yang bergerak. Kamu bisa menggerak-gerakan pulin poros engkol mesin untuk melihat katup masuk pada silinder 1 atau 4. 

Jika kedua katup bergerak, artinya katup tersebut tidak bisa disetel karena sedang berada di akhir langkah buang dan awal langkah hisap. Selain itu, jika kedua katup yang bergerak tersebut terdapat pada silinder 4, artinya mesin sedang berada di TOP 1. 

Cara lain untuk menentukan posisi TMA/TOP kompresi silinder 1 atau 4 adalah dengan memeriksa push rod. Ketika katup dalam kondisi tidak tertekan atau tertutup, maka push rod tersebut pastinya juga tidak tertekan sehingga dapat digerakan atau diputar. 

Jika push rod yang bisa bergerak tersebut terlihat pada silinder 1, artinya silinder tersebut sudah berada pada posisi TOP 1. 

Kencangkan baut kepala silinder

Jika kamu sudah mendapatkan posisi TOP 1 atau 4 pada silinder, langkah selanjutnya adalah mengencangkan kepala baut silinder yang sebelumnya sudah dibuka. Pada langkah ini, penting untuk memastikan penunjang batang penumbuk katup atau rocker arm sudah dikencangkan. 

Saat mengencangkan baut kepala silinder juga tidak boleh dilakukan sembarangan. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan. 

  • Baut penunjang penumbuk katup harus berada pada momen 1.8-2.4 kg-m. 
  • Baut kepala silinder harus berada pada momen 5.4 – 6.6 kg-m.

Menyetel celah katup

Untuk melakukan setel celah katup, kamu bisa mengikuti cara berikut ini. 

  • Kendorkan mur 12 dengan menggunakan kunci ring 12.
  • Tempatkan feeler gauge atau pengukur celah katup ke dalam celah antara batang valve dan rocker arm.
  • Setel klep 1-2-3-5 menggunakan feeler gauge dengan ukuran exhaust valve 0,3 mm dan intake valve 0,2 mm.
  • Gunakan obeng untuk menyetel, mengencangkan, atau mengendorkan baut penyetel katup.

Setelah penyetelan celah katup selesai, langkah selanjutnya adalah tinggal mengencangkan mur penahan sambil menahan baut penyetel agar tidak bergerak. Cek kembali katup atau klep mobil dengan merasakan tarikan atau gesekan dari feeler gauge.

Memutar poros engkol

Apabila penyetelan sudah selesai pada posisi TOP 1, kamu harus memutar kembali pully poros engkol hingga 360 derajat searah jarum jam sehingga pas di posisi TOP 4. Kemudian, melakukan penyetelan celah katup dengan cara yang sama. 

Penyebab klep mobil bengkok 

Klep mobil yang bengkok harus segera diperbaiki karena dapat mengakibatkan masalah yang serius pada komponen lainnya. Beberapa komponen yang ikut terpengaruh jika klep mobil bengkok antara lain poros engkol, rocker arm, bahkan penggerak klep itu sendiri.

Berikut beberapa penyebab klep mobil bengkok yang perlu kamu ketahui. 

1. Timing Belt Putus

Timing belt yang putus dapat menjadi salah satu penyebab dari bengkoknya klep mobil. Ketika timing belt putus, mesin berputar cukup lama sehingga menyebabkan klep mobil dan piston saling bersentuhan. 

Terputusnya timing belt juga berimbas pada komponen lainnya seperti piston dan engine heads.

2. Angka RPM melebihi batas

Penyebab lainnya yang dapat mengakibatkan klep mobil bengkok yakni RPM mobil yang melebihi batas. Permasalahannya sama saja dengan point sebelumnya di mana putaran berlebihan membuat RPM melebihi batas. 

Saat hal itu terjadi, mesin bergerak lebih cepat dan membuat klep mobil menyentuh piston. 

3. Perawatan mobil yang salah 

Perawatan mobil yang salah maksudnya adalah kurangnya oli pada mesin mobil serta mesin yang terlalu panas. Seperti diketahui, mesin yang terlalu panas dapat berakibat kurang baik bagi mesin mobil itu sendiri. 

Akibatnya sama yakni klep mobil menyentuh piston. 

4. Posisi piston dan klep mobil yang salah 

Piston dan klep mobil harus ada jarak dan tidak boleh bersentuhan. Posisi atas piston juga harus sejajar dengan katup intake dan exhaust. 

Permasalahan klep mobil yang bengkok terkadang terjadi karena ketidaksesuaian antara klep mobil dengan spesifikasi piston.

Tips dari Lifepal! Itulah cara-cara menyetel klep mobil yang bisa kamu coba. Jangan lupa untuk memeriksa kembali apakah penyetelan klep sudah pas atau belum. 

Jika ada bunyi yang tidak wajar, maka bisa jadi ada kesalahan dalam penyetelan. Namun, jika tidak ada bunyi yang tidak wajar atau lainnya, berarti penyetelan klep mobil kamu berhasil. 

Simak pula ulasan mengenai alat cek kompresi mobil di artikel Lifepal lainnya!

Manfaatkan asuransi mobil untuk mengcover biaya perbaikan di bengkel 

Memiliki mobil tentu sudah harus siap dengan berbagai biaya yang menyertainya. Yang biasanya paling menguras kantong adalah biaya perbaikan mobil di bengkel. 

Karena itu, agar keuangan kamu tidak terbebani karena mahalnya biaya servis mobil, gunakan asuransi mobil terbaik yang bisa mengcover biaya kerusakan baik kecil maupun besar. 

Temukan asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan kamu melalui kuis dari Lifepal berikut ini. Setelah itu, hitung biaya premi asuransi yang mesti kamu bayarkan menggunakan kalkulator yang sudah disesuaikan dengan aturan dari Otoritas Jasa Keuangan. 

Untuk mendapatkan referensi selengkapnya tentang manfaat memiliki asuransi mobil, kamu bisa berkonsultasi dengan broker atau agen asuransi yang terpercaya.

Pertanyaan seputar cara menyetel klep mobil

Klep mobil atau sering juga disebut katup mobil atau valve adalah sebuah komponen mekanis yang terletak pada bagian kepala silinder mobil. Klep mobil ini berfungsi untuk mengatur keluar dan masuknya aliran bahan bakar dan udara pada mobil.
Ada banyak asuransi mobil yang bagus di Indonesia, berikut rekomendasi 10 asuransi mobil terbaik dari Lifepal. 

  • Sinarmas
  • Adira Syariah
  • Adira Autocillin
  • Tugu Pratama
  • ACA
  • MAG
  • Mega Insurance
  • AXA Mandiri
  • Tokio Marine
  • Allianz

Perlu diingat, belilah asuransi mobil sesuai dengan kebutuhan kamu. Perhatikan beberapa aspek seperti jaringan bengkel rekanan yang luas, layanan pengajuan yang mudah, dan jenis asuransinya.

Dapatkan Promo