Perjalanan Malam Naik Mobil – Cara Aman Mengemudi di Malam Hari

perjalanan malam naik mobil

Perjalanan malam naik mobil menjadi pilihan sebagian orang untuk melakukan liburan atau mudik karena lebih nyaman. Selain itu, sebagian orang juga ingin menghindari panas dan kondisi lalu lintas macet di siang hari.

Berangkat malam hari sebenarnya cukup efektif karena perjalanan akan lebih lancar. Namun, terdapat beberapa hal juga yang perlu kamu perhatikan untuk melakukan perjalanan malam naik mobil.

Tentunya, ada kelebihan dan ada kekurangannya juga. Untuk itu dalam artikel ini akan dibahas mengenai cara aman melakukan perjalanan naik mobil di malam hari. Simak terus, ya!

Pilihan waktu perjalanan dengan mobil sendiri

Pemilihan waktu yang tepat ketika melakukan perjalanan seperti untuk berlibur, mudik ataupun keperluan lainnya perlu untuk kamu pertimbangkan dengan matang. Jangan sampai pemilihan waktu yang tidak tepat membuat liburan kamu jadi tidak lancar. 

Jadi, dalam pemilihan waktu perjalanan ini, lebih efektif siang atau malam hari? Dilansir dari otomotif.kompas.com, yang disebutkan oleh Sony Susmana seorang Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) menuturkan bahwa pemilihan waktu tergantung dari kenyamanan masing-masing orang.

Ada yang menyukai perjalanan siang hari ada pula yang menyukai malam hari. Berikut plus minus keduanya. 

Perjalanan siang hari

Menurut Sony waktu berkemudi ini ada kelebihan dan kekurangan masing-masing. Ketika mengemudi di siang hari, memiliki kelebihan yakni sesuai dengan siklus tubuh manusia serta tingkat visibilitas luas dan keamanan lebih terjamin.

Selain kelebihan, tentu ada pula kekurangannya yakni jika melakukan perjalanan naik mobil pribadi di siang hari memang panas dan terkadang mengalami macet di beberapa spot.

Perjalanan malam hari

Adapun jika kamu menempuh perjalanan naik mobil malam hari, akan terasa lebih nyaman karena suasana lebih sejuk bahkan dingin apalagi jika memakai mobil yang tidak ber AC. 

Malam hari adalah waktu yang pas bagi sebagian orang untuk melakukan perjalanan. Di malam hari, kondisi lalu lintas juga relatif sepi alias jarang macet. 

Dibanding siang hari yang mana waktu orang beraktivitas, traffic lalu lintas malam cenderung lebih lengang. Di jalanan ibu kota mungkin tetap macet, namun frekuensinya tentu tidak seperti siang hari.

Namun, kekurangannya jika kamu melakukan perjalanan di malam hari, dari segi keamanannya kurang terjamin. Apalagi saat kamu membutuhkan pertolongan ditambah visibilitas juga terbatas mengingat, siklus tubuh harusnya beristirahat jika malam hari.

Cara aman berkendara di malam hari

Jalan malam naik mobil pribadi memang menjadi pilihan banyak orang karena terdapat nuansa berbeda apalagi saat perjalanan jauh. Namun, perjalanan malam hari, risiko terjadinya kecelakaan tiga kali lebih besar dibanding waktu lainnya. 

Penyebabnya juga beragam, mulai dari kelelahan, masalah penglihatan, hingga kegiatan lain yang memecah konsentrasi. Bagi kamu yang sering melakukannya berikut adalah cara aman untuk berkendara dengan mobil sendiri di malam hari.

  • Pastikan sebelum berangkat, mobil kamu dalam kondisi optimal, terutama sistem penerangan yang memiliki peran vital untuk perjalanan di malam hari. Periksa lampu sein dan lampu mobil depan, kalau ada salah satu saja lampu yang tidak sesuai, perbaiki terlebih dahulu di bengkel mobil terdekat.
  • Pastikan tubuhmu dalam keadaan fit dan sebaiknya sebelum kamu melakukan perjalanan di malam hari sempatkan untuk tidur siang yang cukup, ya!
  • Kamu harus pastikan bahwa kamu benar-benar paham rute yang akan dilalui, jika baru pertama kali melalui rute tersebut jalankan mobil dengan kecepatan yang wajar-wajar saja.
  • Bawa teman dan usahakan salah satu dari mereka bisa mengemudi agar nantinya kamu bisa bergantian jika kamu kelelahan. Tentunya teman kamu bisa menjadi teman ngobrol untuk mengusir rasa kantuk.
  • Gunakan lampu jauh seperlunya karena lampu jauh sangat sensitif bagi pengendara apalagi dari arah yang berlawanan.
  • Perhatikan kondisi jalan di malam hari yang biasanya relatif sepi, tetaplah waspada untuk mencegah terjadinya kejahatan dan kecelakaan di perjalanan.
  • Jika kamu mulai merasa ngantuk, lakukanlah treatment yang bisa menghilangkannya. Berhentilah sejenak atau lakukanlah pemanasan ringan.

Menghilangkan kantuk saat perjalanan malam hari

Rasa ngantuk saat berkendara pastinya sangat sering menghampiri para pengendara. Terlebih jika kamu sedang berkendara jauh di malam hari. 

Rasa kantuk yang sering melanda ketika melakukan perjalanan jauh biasanya disebut dengan istilah microsleep. 

Pada umumnya microsleep tidak seperti tidur biasa. Microsleep adalah suatu kejadian hilangnya kesadaran atau perhatian seseorang karena kelelahan atau mengantuk yang mana kejadian ini pada umumnya hanya berlangsung sekitar satu detik sampai dua menit. 

Durasi tersebut bisa saja bertambah jika kamu benar-benar memasuki kondisi tidur. Oleh karena itu, agar kamu terhindar dari yang namanya microsleep ini, berikut adalah beberapa tips cara menghilangkan ngantuk saat berkendara.

1. Minum kopi

Cara pertama untuk menghilangkan ngantuk saat berkendara pada malam hari yakni meminum kopi. Kandungan kafein yang ada di dalam kopi memang cukup berpengaruh ketika berkendara.

Kafein dipercaya bisa menjaga kesadaran kamu saat berkendara pada malam hari. Namun ada baiknya konsumsi kopi secukupnya dan tidak berlebihan. 

2. Jangan minum obat ataupun alkohol

Obat-obatan ataupun minuman beralkohol adalah salah satu faktor yang perlu kamu perhatikan saat berkendara, karena kedua jenis zat tersebut bisa mempengaruhi konsentrasi dan tingkat kewaspadaan ketika mengemudi. 

Alangkah baiknya untuk kamu menghindari obat-obatan yang memiliki efek samping yang menyebabkan kantuk saat berkendara. 

Namun, jika harus mengonsumsi obat-obatan tertentu yang sesuai anjuran dokter, sebaiknya jangan mengemudi agar terhindar dari bahaya yang bisa ditimbulkan.

3. Memperhatikan asupan makanan dan minuman

Perhatikan apa yang kamu konsumsi, hindari asupan yang bisa mengganggu konsentrasi pengemudi, seperti halnya makanan yang memiliki kandungan lemak jenuh dan perhatikan porsi makan agar tidak berlebihan.

Jika kamu mengonsumsi makanan secara berlebihan hingga kekenyangan dampaknya akan terasa kantuk yang sangat cepat. Solusi terbaiknya adalah ketika rasa lapar mulai datang, kamu cukup menggantinya dengan snack, buah ataupun biscuit. 

4. Menepi dan tidurlah sejenak

Cara menghilangkan ngantuk dalam perjalanan kamu di malam hari yakni dengan cara menepi dan tidur sejenak. Kalau kopi sudah tidak mempan mengobati kelelahan kamu, alangkah baiknya untuk menepi dan tidur sejenak. 

Apalagi pada malam hari yang sangat rentan membuat mata mengantuk, jika kondisi mata benar-benar lelah, dianjurkan untuk menepi dan tidur kurang lebih 15-30 menit. 

Hal itu harus kamu lakukan untuk menghindari risiko kecelakaan yang dapat membahayakan kamu dan orang-orang didalamnya.

4. Sediakan selalu air mineral

Selain bisa menghilangkan rasa haus, air mineral juga berfungsi untuk membasuh muka agar mengurangi rasa kantuk dan lelah saat kamu berkendara. Terlebih jika berada di jalan tol, tidak perlu repot-repot untuk untuk mencari rest area.

5. Perhatikan pola berkemudi

Batas kemudi seseorangi memang berbeda-beda, tetapi batas normal untuk mengemudi biasanya hanya dua setengah jam.

Nah, jika perjalanan kamu lebih dari waktu yang dianjurkan, sebaiknya kamu lakukan istirahat beberapa kali. Ketika istirahat kamu bisa melakukan peregangan atau gerakan ringan agar tubuhmu lebih segar.

6. Buka kaca jendela

Saat mengemudi menggunakan pendingin udara mungkin akan membuat rasa kantuk cepat datang. Nah untuk menghindarinya, dianjurkan bagi kamu untuk membuka kaca jendela mobil, gunanya agar kamu bisa menghirup udara dari luar.

Tips dari Lifepal! Perjalanan di malam hari menggunakan mobil pribadi memang memiliki suasana nyaman tersendiri bagi sebagian orang. Jadi tidak sedikit dari kamu yang mudik ataupun berlibur melakukan keberangkatan di malam hari. 

Akan tetapi, kamu juga harus memperhatikan banyak hal sebelum berkemudi di malam hari seperti memperhatikan kondisi fisik tubuhmu, kondisi mobil dan jalan yang akan kamu tempuh. Lifepal punya sedikit tips nih buat kamu!

Jika kamu akan beristirahat ketika perjalanan di malam hari, simpan barang berharga kamu di tempat yang aman dan tertutup. Usahakan barang seperti dompet, handphone, kamera ataupun barang berharga lainnya tidak terlihat dari luar mobil yang dapat mengundang kejahatan.

Kalau perlu buatlah tempat penyimpanan khusus di mobil kamu agar barang berharga bisa diletakkan ditempat yang aman dan tertutup. Selalu waspada ya!

Manfaatkan asuransi mobil untuk mengcover biaya perbaikan di bengkel 

Memiliki mobil tentu sudah harus siap dengan berbagai biaya yang menyertainya. Yang biasanya paling menguras kantong adalah biaya perbaikan mobil di bengkel. 

Karena itu, agar keuangan kamu tidak terbebani karena mahalnya biaya servis mobil, gunakan asuransi mobil terbaik yang bisa mengcover biaya kerusakan baik kecil maupun besar. 

Temukan asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan kamu melalui kuis dari Lifepal berikut ini. Setelah itu, hitung biaya premi asuransi yang mesti kamu bayarkan menggunakan kalkulator yang sudah disesuaikan dengan aturan dari Otoritas Jasa Keuangan. 

Pertanyaan seputar perjalanan malam naik mobil

Kelebihan menempuh perjalanan malam naik mobil yakni akan terasa lebih nyaman karena suasana lebih sejuk bahkan dingin apalagi jika memakai mobil yang tidak ber AC, malam hari adalah waktu yang relevan untuk melakukan perjalanan. 

Di malam hari, kondisi lalu lintas juga relatif sepi alias jarang macet. Dibanding siang hari yang mana waktu orang beraktivitas, traffic lalu lintas malam cenderung lebih lengang. 

Di jalanan ibu kota mungkin tetap macet, namun frekuensinya tentu tidak seperti siang hari.Makin terasa lagi lengangnya jika perjalanan dilakukan tengah malam atau malam beranjak dini hari.

Asuransi all risk adalah produk pengelolaan keuangan yang menawarkan jaminan ganti rugi atas kerusakan fisik mobil pada skala ringan hingga berat. Utamanya, produk asuransi ini sangat berguna untuk memproteksi mobil baru.

Meski begitu, bagi kamu pemilik mobil lama atau mobil bekas dapat memanfaatkannya juga jika butuh perlindungan secara menyeluruh atau komprehensif. 

Melalui manfaat tambahan, nasabah asuransi all risk juga bisa mendapatkan jaminan ganti rugi unit baru andai mengalami musibah kehilangan mobil akibat tindakan sabotase atau pencurian.

Terdapat berbagai perusahaan asuransi mobil all risk terbaik di Indonesia yang menawarkan produk dan polis yang bermacam-macam. Meski begitu, biaya atau premi tahunan asuransi mobil sudah ditentukan berdasarkan harga mobil dan wilayah domisili nasabah sesuai ketentuan resmi dari Otoritas Jasa Keuangan.

Jika kamu tertarik untuk menjadi nasabah asuransi mobil all risk tapi masih ragu mengenai polis mana yang paling tepat dengan kebutuhan dan anggaran, kamu bisa temukan referensi kepada berbagai perusahaan asuransi mobil terbaik sekaligus berkonsultasi secara gratis di Lifepal.

Dapatkan Promo