Daftar Bengkel Resmi Untuk Semua Merek Mobil Jakarta

bengkel mobil jakarta

Bengkel mobil di Jakarta berjumlah ratusan dengan beragam fasilitas dan layanan, baik untuk tipe mobil sedan atau minibus keluarga maupun mobil tipe sport yang mengedepankan keunggulan performa mesin dan penampilan yang futuristik.

Namun jika membahas tentang preferensi, masing-masing pemilik mobil ada yang menyukai layanan bengkel umum yang sudah menjadi kepercayaan dan rekomendasi sejak lama.

Namun ada juga yang lebih suka mengandalkan bengkel resmi yang memiliki fasilitas dan jasa montir berlisensi.

Tentu kedua jenis bengkel tersebut memiliki keunggulan tersendiri. Hanya saja, pastikan bahwa setidaknya bengkel pilihanmu itu sudah menjalin rekanan dengan perusahaan asuransi mobil.

Dengan begitu, kamu bisa mengajukan klaim asuransi demi mendapatkan jaminan ganti rugi biaya perbaikan mobil dengan mudah dan praktis.

Yuk, kita cari tahu apa dan di mana saja bengkel mobil resmi dan umum di Jakarta berikut ini.

Bengkel mobil pilihan di Jakarta

Jakarta adalah kota terbesar di Indonesia yang sekaligus berperan sebagai ibu kota Indonesia. Jadi, tidak heran jika kota ini menjadi pusat bisnis, kebudayaan, dan politik.

Sebagai kota yang padat penduduk hingga mencapai 10.557.810 jiwa di tahun 2019, tentu kesibukan lalu lintasnya pun tinggi.

Berdasarkan survei Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2019, jumlah mobil pribadi di Jakarta mencapai 2.805.989 unit dan ini belum termasuk jumlah jenis kendaraan lainnya.

Tingginya jumlah unit mobil ini secara alami menyimpan risiko kecelakaan lalu lintas yang tinggi pula. Dilansir oleh Kompas, jumlah kecelakaan lalu lintas secara umum pada tahun 2019 mencapai 107.500 kasus.

Nah kalau sudah demikian, kita sudah pasti butuh layanan bengkel untuk memperbaiki kerusakan yang menimpa mobil.

Berbicara mengenai bengkel mobil di Jakarta, jumlahnya ada ratusan baik bengkel resmi untuk merek tertentu dan bengkel umum dengan kualitas dan fasilitas yang bervariasi.

Nah apa saja pilihan bengkel mobil di Jakarta yang terdekat dengan lokasimu?

Untuk memudahkan pencarian, kita akan membagi pencarian alamat bengkel mobil berdasarkan lima wilayah Jakarta.

Kalau kamu punya pertanyaan terkait perencanaan keuangan lainnya sekaligus mendapatkan berbagai tips mengelola kebutuhan finansial, konsultasikan saja di Tanya Lifepal!

Jenis servis yang dilayani bengkel mobil resmi

Pada umumnya, tiap bengkel mobil resmi menawarkan jenis servis yang serupa. Namun yang menjadi faktor pembeda adalah teknologi yang diusung oleh masing-masing mobil.

Untuk jenis servis berkala, ada beberapa poin yang diperiksa dan diganti sesuai kebutuhan, antara lain:

  • Cek tekanan ban dan memastikan tidak ada robek atau benda tajam yang menancap.
  • Cek tekanan dan fungsional rem. Sebagai pelengkap jika dibutuhkan, montir akan mengganti kampas rem.
  • Mengganti oli dan saringan oli untuk mencegah gesekan bagian-bagian mesin.
  • Untuk menjaga suhu mesin, memeriksa kuantitas air radiator dan salurannya serta cek tali kipas.
  • Memeriksa kadar minyak rem, minyak transmisi khusus perseneling otomatis, dan cairan pembersih kaca.
  • Membersihkan kabel dan sambungan aki untuk mengantisipasi kemunculan efek korosi.
  • Memeriksa busi.
  • Mengganti saringan udara sekali setahun atau dua kali setahun jika mobil lebih sering digunakan tiap hari.
  • Cek posisi wiper untuk memastikan pandangan tetap jelas saat digunakan selama berkendara sambil hujan.

Selain perawatan berkala, bengkel resmi juga melayani perbaikan berskala berat, misalnya turun mesin atau overhaul.

Namun, keputusan untuk penyelesaian perbaikan berat semacam ini akan membutuhkan waktu beberapa hari. Maka dari itu, mobil akan menginap di bengkel untuk mendapatkan penanganan secara intensif.

Terlepas dari perawatan ringan dan perbaikan berat, bengkel resmi pada umumnya menjual spare part.

Suku cadang atau spare part yang dijual di bengkel mobil resmi bisa dijamin keasliannya sebagaimana tiap bengkel resmi memiliki lisensi distributor resmi juga.

Rata-rata biaya layanan bengkel umum di Jakarta

Penentuan biaya layanan bengkel di Jakarta dan wilayah lainnya berkisar pada harga yang hampir sama. Tingkat kerusakan, jarak tempuh mobil, harga suku cadang yang digunakan akan menentukan total biaya.

Namun sebagai salah satu patokan dasar, pihak bengkel akan menggunakan jarak tempuh mobil untuk menentukan biaya.

Umumnya jika sebuah mobil telah mencapai jarak tempuh 10 ribu kilometer, maka kisaran biaya servis bisa mencapai Rp400 ribu hingga Rp600 ribu.

Berbeda jika jarak tempuhnya telah mencapai 40 ribu kilometer, maka biaya servis bisa mencapai Rp1 juta hingga Rp1,2 juta. Di atas itu, misalnya jarak tempuh 80 ribu kilometer, kisaran biaya servis mencapai Rp2,6 juta hingga Rp3 juta.

Sebagai referensi tambahan, berikut kisaran biaya layanan servis di bengkel resmi Jakarta dilihat dari rata-rata harga spare part yang digunakan untuk beberapa merek mobil.

Lindungi keuanganmu dengan asuransi mobil 

Mahalnya biaya servis, perbaikan, dan penggantian suku cadang rusak bisa diminimalkan dengan manfaat asuransi mobil yang akan menjaminmu dari membayar tagihan yang sangat mahal.

Pengajuan klaim asuransi pun bisa dilakukan dengan mudah, yaitu kamu hanya perlu membawa mobilmu ke bengkel rekanan asuransi dan langsung ditangani setelah melakukan konfirmasi dari asuransi rekanan.

Bahkan ada asuransi mobil yang memberikan manfaat mobil pengganti selama mobilmu diperbaiki melalui manfaat asuransi mobil all risk. Khusus bagi nasabah asuransi mobil TLO bisa mendapatkan ganti rugi berupa penggantian unit mobil baru jika mobil rusak total akibat kecelakaan atau hilang dicuri.

Kalau kamu bingung mau pilih asuransi mobil mana yang sesuai dengan kebutuhanmu, cari tahu di sini.

Itu dia ulasan mengenai rekomendasi bengkel mobil resmi di Jakarta. Semoga bermanfaat ya!

Tanya jawab seputar bengkel mobil di Jakarta