Asuransi Mobil Sompo

Asuransi Mobil Sompo

Dapatkan Diskon
s.d Rp2 Juta

Cari Perlindungan Terbaik dengan Harga Murah

Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku
Cari Asuransi Semudah 1, 2, 3!
1
2
3
Isi formulir untuk melihat pilihan
Sesuai Profil & Kebutuhanmu
Konsultasi gratis melalui telepon
Dengan tim ahli, cukup 5 menit
Temukan asuransi terbaik
Sesuai Kebutuhan dan Anggaranmu

Asuransi Mobil Sompo: Proses Klaim Mudah & Harga Murah

Asuransi Mobil Sompo
Premi All Risk Mulai
Rp3 jutaan/tahun
Bengkel Rekanan
500+ bengkel
Usia Mobil Max.
10 tahun
Keunggulan
Tunjangan transportasi selama perbaikan

Asuransi Mobil Sompo dikelola oleh PT Sompo Insurance Indonesia (Sompo Insurance). Sompo menawarkan produk asuransi mobil dengan perlindungan komprehensif melalui polis AutoFirst.

Salah satu keunggulan polisnya adalah memiliki bengkel rekanan yang tersebar luas hampir di seluruh wilayah Indonesia, bahkan unggul jika dibandingkan dengan brand asuransi mobil lainnya. Jadi, nasabah dapat lebih mudah memilih bengkel rekanan terdekat dengan domisili saat ini.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Pilihan Polis Asuransi Mobil Sompo Terbaik 2023

Asuransi Mobil Sompo hadir dalam polis AutoFirst yang memberikan perlindungan all risk dan Total Loss Only (TLO) sekaligus. Berikut penjelasan lengkap mengenai polis Asuransi Mobil Sompo yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan.

AutoFirst Comprehensive (All Risk)

Polis asuransi mobil yang memberikan jaminan ganti rugi atas kerusakan kecil hingga besar atas mobil yang dijaminkan dengan masa perlindungan 1 tahun.

  • Jaminan ganti rugi dari berbagai risiko yang disebabkan kecelakaan, pencurian, dan tindakan kriminal lainnya
  • Pilihan jaminan perluasan atas risiko berikut:
    • Banjir dan badai angin
    • Gempa bumi, tsunami, dan letusan gunung berati
    • Pemogokan, huru-hara, dan kerusuhan
    • Sabotase dan terorisme
    • Tanggung jawab hukum pihak ketiga
    • Jaminan kecelakaan diri untuk pengemudi dan penumpang
    • Fitur bantuan darurat untuk wilayah Jabodetabek
  • Tunjangan transportasi Rp150 ribu per hari (maks. 5 hari)
  • Pertanggungan kerugian barang pribadi hingga Rp2 juta
  • Layanan ambulans dengan biaya maksimal Rp1 juta
  • Fitur new for old untuk mobil usia maksimal 6 bulan untuk kerugian total
  • Pertanggungan atas risiko pencurian oleh supir yang bekerja paling tidak 12 bulan berturut-turut

Harga Premi Asuransi Mobil Sompo

Premi Asuransi Mobil Sompo tentu saja berbeda-beda tiap wilayah. Perbedaan tersebut ini dipengaruhi oleh berbagai faktor berikut.

  • Nilai kendaraan
  • Tipe atau jenis kendaraan
  • Tipe proteksi atau jenis asuransi yang dipilih
  • Usia kendaraan
  • Jenis penggunaan
  • Perluasan jaminan yang dipilih

Selain faktor yang disebutkan di atas, ada pula kategori wilayah yang turut memengaruhi persentase harga premi asuransi mobil baik all risk atau TLO Sompo. Persentase asuransi mobil tersebut didasarkan pada Wilayah I, Wilayah II, dan Wilayah III. Berikut penjelasan mengenai wilayah pertanggungan asuransi kendaraan:

  • Wilayah I meliputi Sumatera dan kepulauan di sekitarnya
  • Wilayah II meliputi Jakarta, Banten, dan Jawa Barat
  • Wilayah III meliputi Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Papua, dan Nusa Tenggara

Berikut ini persentase asuransi kendaraan khusus mobil (roda empat non bus/truk) yang ditetapkan asuransi kendaraan secara umum kategori asuransi all risk:

Harga Mobil Persentase Premi Keterangan
Rp125 juta 2,83-4,20 Tergantung wilayah
Rp125-200 juta 2,07-2,94 Tergantung wilayah
Rp200-400 juta 1,40-1,88 Tergantung wilayah
Rp400-800 juta 1,20-1,32 Tergantung wilayah
>Rp800 juta 1,05-1,16 Tergantung wilayah

Berikut ini persentase asuransi kendaraan khusus mobil (roda empat non truk/bus) yang ditetapkan asuransi kendaraan secara umum kategori kerugian TLO:

Harga Mobil Persentase Premi Keterangan
Rp125 juta 0,36-0,78 Tergantung wilayah
Rp125-200 juta 0,31-0,53 Tergantung wilayah
Rp200-400 juta 0,29-0,35 Tergantung wilayah
Rp400-800 juta 0,25-0,30 Tergantung wilayah
>Rp800 juta 0,20-0,24 Tergantung wilayah

Penentuan harga premi asuransi mobil merujuk pada surat edaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 6/SEOJK.05/2017 tentang Penetapan Premi atau Kontribusi pada Lini Usaha Asuransi Harta Benda dan Asuransi Kendaraan Bermotor pada tahun 2017.

Anda juga dapat menggunakan kalkulator asuransi mobil dari Lifepal untuk mengetahui estimasi besaran premi asuransi mobil sesuai dengan kondisi kendaraan Anda.

Cara Klaim Asuransi Mobil Sompo

Prosedur klaim Asuransi Mobil Sompo dapat dilakukan dengan mudah. Sompo bahkan menawarkan fitur pick up agar nasabah tidak perlu pergi ke bengkel sendiri. Berikut adalah langkah klaimnya:

  • Hubungi pihak Asuransi Sompo melalui telpon, WhatsApp, Email, maupun webchat maksimal 5 hari kalender setelah kejadian
  • Pihak Sompo akan membantu nasabah melengkapi formulir dan menawarkan layananan fast track atau video survei
  • Apabila klaim disetujui, nasabah akan menerima konfirmasi dan SPK (Surat Perintah Kerja)
  • Nasabah dapat memilih untuk drop off kendaraan di bengkel rekanan atau memilih layanan pick up
  • Nasabah menerima kendaraan kembali yang sudah diperbaiki

Apabila jenis klaimnya adalah klaim kerugian total maka nasabah hanya perlu menunggu pihak Sompo untuk mentransfer uang pertanggungan setelah klaim disetujui.

Berikut adalah dokumen yang diperlukan untuk klaim asuransi mobil:

  • Polis Asuransi Mobil Sompo
  • Formulir klaim Asuransi Mobil Sompo
  • Bukti kerusakan kendaraan berupa foto
  • Fotokopi Kartu Identitas Diri (KTP) tertanggung atau pemegang polis
  • Surat izin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK)
  • Untuk kerusakan mobil berat perlu mencantumkan surat laporan kronologis dari kepolisian
  • Dokumen lain yang dibutuhkan oleh pihak Asuransi Sompo

Dokumen di atas adalah dokumen klaim asuransi mobil secara umum. Ketika melaporkan klaim, pihak Asuransi Sompo akan memberikan informasi tentang apa saja dokumen yang dibutuhkan sesuai dengan jenis klaim Anda.

Perlu diingat, nasabah mungkin akan dikenakan biaya risiko sendiri (own risk) untuk pengajuan klaim asuransi all risk (comprehensive).

Tips agar Cara Klaim Asuransi Mobil Sompo Tidak Ditolak

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan klaim asuransi mobil tidak disetujui. Sebelum mengajukan klaim, pastikan Anda mengetahui dan dapat menghindari hal-hal tersebut. Selain itu, berikut adalah beberapa tips yang bisa diterapkan agar cara klaim asuransi mobil Sompo dilakukan dengan benar dan disetujui:

1. Sertakan bukti kerugian

Menyertakan bukti kerugian akan membantu pihak asuransi lebih mudah dalam melakukan verifikasi. Bukti dapat berupa foto kerusakan atau yang lainnya. Apabila dibutuhkan surat seperti surat keterangan dari kepolisian sebagai bukti kecelakaan atau pencurian, Anda juga sebaiknya segera mengurusnya sebagai bukti.

2. Lengkapi formulir dan dokumen pendukung

Formulir klaim harus diisi dengan lengkap dan benar sesuai dengan jenis klaimnya. Begitu juga dengan dokumen pendukung yang dibutuhkan. Apabila kurang satu atau dua dokumen saja, pihak asuransi berhak untuk menolak klaim yang Anda ajukan.

3. Pastikan polis masih berlaku

Polis asuransi mobil biasanya berlaku satu tahun. Sebelum polis berlaku, ada juga yang dinamakan masa tunggu. Klaim saat masa tunggu atau saat masa polis habis tentunya tidak bisa dilakukan. Jadi terus perhatikan masa berlaku polis agar kendaraan kamu selalu dalam jaminan asuransi.

4. Ketahui apa saja manfaat dan pengecualian polis

Apabila kejadian yang diklaim tidak sesuai manfaat yang ditawarkan polis atau masuk ke dalam pengecualian maka klaim pasti akan ditolak. Anda bisa mempelajari tentang manfaat dan pengecualian ini dari buku polis.

5. Pastikan SIM masih berlaku

Masalah SIM yang sudah tidak berlaku juga bisa menjadi penyebab klaim asuransi mobil ditolak. Maka dari itu, selain memastikan polis asuransi mobil Anda aktif, pastikan juga selalu memperbarui Surat Izin Mengemudi sesuai ketentuan. Mengemudi dengan SIM tidak aktif dianggap sebagai pelanggaran hukum sehingga bisa menjadi penyebab polis ditolak.

Layanan Nasabah dan Call Center Sompo Insurance

Layanan nasabah tersedia di kantor pusat/cabang hingga call center perusahaan. Berikut ini adalah informasi selengkapnya terkait informasi layanan nasabah Sompo Insurance.

PT Sompo Insurance Indonesia

Mayapada Tower 2, Lantai 19

Jalan Jend. Sudirman Kav. 27 Jakarta 12920 Indonesia

Nomor Telepon: (021) 2500890

Faksimile: (021) 2500891, 2500892

Contact Center: 14051

WhatsApp: 0811-1314-051

Email: head-office@sompo.co.id

Website: http://www.sompo.co.id

  • Asuransi Sompo Surabaya: Mayapada Complex 8th Fl. Unit 01. Jalan Mayjend Sungkono No. 178, Surabaya 60225 | Tel: (031) 99534833, Fax: (031) 99534823, Email: surabaya@sompo.co.id
  • Sompo Insurance Medan: Josephine Office Building, 3rd Floor, Jl. H. Adam Malik No. 25A, Medan | Tel: (061) 4153309, 4156882, Fax: (061) 4525586, Email: medan@sompo.co.id
  • Sompo Insurance Bandar Lampung: Jalan Jend. Sudirman No. 65C, Rawa Laut Enggal, Bandar Lampung 35127, | Tel: (0721) 5600077
  • Sompo Insurance Bandung: Gedung MIR 3rd Fl. Jalan Lembong No. 34, Bandung 40111 | Tel: (022) 4211577
  • Sompo Insurance Bali: Jalan Raya Puputan No. 122 E, Denpasar, Bali 80239 | Tel: (0361) 236236, 228392
  • Sompo Insurance Malang: Jalan WR Supratman C3 Kav. 16, Malang 65111 | Tel: (0341) 336136
  • Sompo Insurance Pekanbaru: Jalan Arifin Achmad, Sidomulyo Timur, Marpoyan Damai, Pekanbaru 28125 | Tel: (0761) 8416886
  • Sompo Insurance Palembang: Komplek Ruko PTC Mall, Blok G 37, Jalan R. Sukamto, Kelurahan 8 Ilir, Kecamatan Ilir Timur Tiga, Palembang 30114 | Tel: (0711) 376 277
  • Sompo Insurance Semarang: Jalan D.I. Panjaitan No.27A, Kav. A Semarang 50134 | Tel: (024) 3552839, 86577744
  • Sompo Insurance Tangerang: Ruko Palmyra Square, Jalan Jalur Sutera 26 A No. 6, Alam Sutera, Tangerang Selatan 15325 | Tel: (021) 29315306, 29315310
  • Sompo Insurance Balikpapan, Komplek Ruko Balikpapan Baru Blok AA. 1A No. 5 Kelurahan Damai, Kecamatan Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, 76114 | Tel: (0542) 8505111

Bengkel Rekanan Asuransi Sompo

Asuransi Sompo telah bekerja sama dengan sejumlah bengkel yang tersebar luas di wilayah Indonesia. Berikut beberapa bengkel rekanan di Jabodetabek:

  • PT Wahana Senjaya Jakarta (Nissan Warung Buncit). Jalan Warung Buncit Barat No. 34, Jatipadang | Tel: (021) 78833788.
  • PT Arista Sukses Mandiri Jakarta (Mitsubishi). Jalan Raya Kalimalang No. 19 Duren Sawit, Jakarta Timur | Tel: (021) 86608609.
  • PT Astra International, TBK (Auto 2000) Bogor Yasmin B/P. Jalan Soleh Iskandar No. 9 Yasmin, Bogor Jawa Barat | Tel: (0251) 8362000 (Hunting).
  • PT Mandiri Perwira Raya Motor (Honda Bogor). Jalan Pakuan No. 23, Bogor | Tel: (0251) 8350127/37.
  • PT Kreasi Auto Kencana (Nissan Tangerang). Jalan Jend Sudirman No. 74 Babakan Tangerang | Tel: (021) 55701819.
  • PT Indomobil Multi Trada (Suzuki Indomobil Karawaci), Jl. Raya Binong No 9 Karawaci Tangerang Selatan | Tel: 021-29872888
  • PT Indomobil Sompo Japan (Autoglad), Jl Raya Pekayon No.25 , Jakasetia Bekasi 17147 | Tel: (021) 22100777
  • PT Setiajaya Jaya Mobilindo (Toyota Setiajaya), Jl. Tole Iskandar , Depok | Tel: 021- 7783 6900/7783 7070

Daftar bengkel rekanan Asuransi Sompo dapat berubah sewaktu-waktu. Anda dapat melihat daftar bengkel terbaru dan selengkapnya di website resmi Asuransi Sompo.

Review Asuransi Mobil Sompo

Asuransi Mobil Sompo hadir dengan berbagai keunggulannya. Berikut adalah beberapa keunggulan Asuransi Sompo review yang dapat dipertimbangkan:

1. Bengkel rekanan luas

Sompo Insurance termasuk ke dalam salah satu perusahaan asuransi yang memiliki rekanan bengkel luas yang tersebar di seluruh Indonesia. Sompo bekerja sama dengan lebih dari 500 bengkel, termasuk bengkel resmi dan bengkel umum.

2. Kemudahan klaim

Sompo menawarkan beberapa kemudahan dalam proses klaim asuransi kendaraan. Pertama adalah layanan video survei yang dapat mempercepat proses survei dalam proses klaim. Selanjutnya ada layanan pick up sehingga Anda tidak harus mengantarkan dan menjemput mobil ke bengkel selama proses perbaikan.

Pengalaman Berasuransi di Lifepal

Asuransi mobil dari Sompo Insurance bisa Anda dapatkan secara online di Lifepal. Anda dapat membandingkan dengan beberapa polis lainnya sebelum membeli. Simak review kemudahan yang bisa kamu dapatkan jika membeli asuransi kendaraan di Lifepal lewat video berikut ini!

Pertanyaan Seputar Asuransi Mobil Sompo

Berikut beberapa pertanyaan yang sering diajukan oleh calon nasabah ataupun nasabah terkait Asuransi Mobil Sompo.

Apa yang dimaksud biaya klaim Asuransi Mobil Sompo?

Biaya klaim Asuransi Mobil Sompo adalah biaya yang harus dikeluarkan nasabah saat melakukan klaim asuransi mobilnya. Biaya klaim dikenal sebagai risiko sendiri (own risk) yang disesuaikan dengan ketentuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Rata-rata perusahaan asuransi mobil mengenakan biaya own risk sebesar Rp300.000 ribu per klaim.

Berapa lama asuransi mobil berlaku?

Masa berlaku asuransi mobil adalah 1 tahun. Jika masa berlakunya habis, Anda dapat memperpanjang polis lagi asalkan usia kendaraan masih memenuhi persyaratan maksimal usia kenadaraan. Umumnya ketika memperpanjang polis, akan ada penyesuaikan besaran premi dan manfaat.

Bagaimana metode penggantian biaya Asuransi Mobil Sompo?

Metode penggantian biaya asuransi adalah cara perusahaan asuransi memberikan manfaat pertanggungan, baik dalam bentuk santunan maupun biaya perawatan. Penggantian biaya asuransi akan dilakukan berdasarkan produk asuransi serta plan yang dipilih oleh nasabah.

Penggantian biaya asuransi mobil biasanya akan disesuaikan dengan jenis klaimnya. Sebagai contoh, untuk klaim kerugian total, penggantian dilakukan dengan cara pembayaran uang pertanggungan secara sekaligus kepada nasabah jika klaimnya disetujui oleh perusahaan asuransi.

Sedangkan untuk penggantian jenis klaim kerugian sebagian, dilakukan secara cashless. Mobil yang mengalami kerusakan akan diperbaiki di bengkel rekanan Asuransi Sompo. Nasabah juga akan dikenai biaya risiko sendiri (own risk) per kejadian berdasarkan klaim yang diajukan.

Jika terdapat manfaat perluasan berupa jaminan kepada penumpang saat terjadi kecelakaan maka tertanggung juga akan mendapatkan penggantian biaya perawatan di rumah sakit yang disesuaikan dengan ketentuan polis. Biasanya untuk penggantian biaya asuransi kecelakaan dapat menggunakan metode cashless maupun reimbursement.

Metode penggantian yang disebutkan di atas adalah cara umum yang berlaku dalam proses klaim asuransi mobil. Untuk informasi lebih jelas terkait metode penggantian Asuransi Mobil Sompo, silakan hubungi pihak perusahaan, agen, atau broker terkait.

Bagaimana cara membeli Asuransi Mobil Sompo secara online?

Membeli Asuransi Mobil Sompo bisa dilakukan secara online sehingga calon nasabah tidak perlu mendatangi kantor cabang terdekat sekalipun. Untuk pembelian secara online bisa dilakukan dengan menghubungi call center perusahaan di nomor 14051 atau melalui WhatsApp di nomor 08111314051.

Jika ingin lebih berimbang dapat membandingkan produk asuransi mobil terbaik melalui situs agregator semacam Lifepal. Melalui marketplace asuransi online Lifepal.co.id, calon nasabah tidak hanya dapat membandingkan produk Asuransi Mobil Sompo saja, tetapi juga dari perusahaan lain. Dengan demikian, calon nasabah bisa mendapatkan proteksi terbaik sesuai kebutuhan dengan premi paling ringan pula. Dapatkan penawarannya dengan mengisi formulir di atas.

Bagaimana cara melakukan pembayaran Asuransi Mobil Sompo?

Pembayaran premi Asuransi Mobil Sompo bergantung pada polis asuransi yang dibeli. Jika membeli polis asuransi secara online, biasanya diberikan pilihan pembayaran melalui transfer bank atau melalui rekening yang dimiliki oleh Asuransi Sompo.

Dapatkan informasi detail mengenai cara pembayaran premi Asuransi Mobil Sompo dengan menghubungi call center Sompo di nomor (021) 2500 890.

Bagaimana cara berhenti menjadi nasabah Asuransi Mobil Sompo?

Penutupan polis Asuransi Mobil Sompo dapat dilakukan sesuai dengan kesepakatan yang tertulis pada polis atau melalui cara umum seperti berikut: 

  • Mengisi dan menandatangani formulir atau Surat Permintaan Penutupan Asuransi (SPPA)
  • Lengkapi dokumen berupa polis dengan fotokopi STNK kendaraan bermotor dan identitas nasabah
  • Mengirimkan Surat Permintaan Penutupan Asuransi (SPPA) untuk asuransi mobil melalui faksimile, email, atau mengontak via telepon sesuai dengan kanal atau kontak yang disediakan
  • Pihak Sompo akan melakukan pemeriksaan jika masih ada tagihan tertunggak agar diselesaikan dulu oleh nasabah sebelum dilakukan penutupan
Sumber dan Referensi

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • https://www.sompo.co.id/perlindungan-pribadi/aset-pribadi/kendaraan-bermotor/perlindungan-1-tahun
Daftar dan dapatkan promo asuransi terbaik! Diskon 25%

Customer Service