Contoh Polis Asuransi Jiwa Sinarmas yang Penting Dipahami

Contoh Polis Asuransi Jiwa Sinarmas yang Penting Dipahami

Contoh polis asuransi jiwa Sinarmas dapat dijadikan sebagai media untuk mempelajari isi dari suatu polis asuransi, khususnya produk asuransi jiwa dari Sinarmas. 

Asuransi Simas Jiwa sendiri merupakan perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi jiwa, di mana salah satu produk unggulannya adalah asuransi jiwa dengan masa pertanggungan hingga 100 tahun. 

Ketika kamu memutuskan untuk membeli produk asuransi jiwa Sinarmas, maka kamu akan menerima polis asuransi jiwa. 

Polis ini harus benar-benar dipahami isinya agar nanti di kemudian hari tidak menyebabkan kesalahpahaman atau kekeliruan. 

Ulasan kali ini akan mencoba membahas mengenai apa itu polis asuransi jiwa, apa saja isi dari polis asuransi jiwa dan juga contoh asuransi jiwa Sinarmas.

Apa itu polis asuransi jiwa?

Asuransi jiwa merupakan produk asuransi yang memberikan pertanggungan apabila pihak tertanggung meninggal dunia. Artinya pembayaran premi asuransi yang dilakukan berkaitan dengan hidup atau matinya seseorang.

Polis asuransi jiwa adalah bukti sah yang menyatakan adanya perjanjian asuransi jiwa antara pihak Tertanggung (nasabah) dan pihak Penanggung (perusahaan asuransi).

Bagi nasabah atau tertanggung, polis asuransi ini memiliki beberapa fungsi diantaranya:

  • Alat bukti tertulis untuk jaminan perlindungan atau pertanggungan yang diberikan oleh pihak Penanggung terhadap berbagai resiko yang dialami nasabah, dalam hal ini jenis resiko sudah tercantum secara detail di dalam polis
  • Bukti otentik yang dapat digunakan untuk menuntut pihak Penanggung apabila lalai dalam menjalankan kewajibannya dalam memenuhi jaminan yang sudah disetujui dalam polis
  • Bukti atas pembayaran premi nasabah yang dibayarkan kepada pihak perusahaan asuransi sebagai Penanggung
  • Bagi pihak perusahaan asuransi, polis asuransi juga punya fungsi yang tak kalah penting yaitu:

  • Tanda terima premi asuransi yang sudah dibayarkan oleh nasabah atau tertanggung
  • Bukti tertulis jaminan yang diberikan pihak Penanggung terhadap pihak Tertanggung untuk membayarkan sejumlah ganti rugi atas kerugian yang dialami Tertanggung
  • Bukti otentik yang dapat digunakan untuk menerima maupun menolak pengajuan klaim dari Tertanggung sesuai dengan perjanjian yang ada di dalam polis tersebut
  • Manfaatkan asuransi jiwa syariah untuk mendapatkan pertanggungan berupa santunan tunai hingga ratusan juta andai tertanggung mengalami risiko musibah berupa kematian atau cacat fisik sehingga tidak bisa lagi bekerja untuk menghidupi diri sendiri dan keluarga. Asuransi syariah dijamin halal karena diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah dari MUI.

    Apa saja isi dari polis asuransi?

    Sebelum sampai di pembahasan mengenai contoh polis asuransi jiwa Sinarmas, ada baiknya kita pahami dulu apa saja yang termasuk isi polis.

    Isi dari polis asuransi dapat berbeda tergantung dari jenis asuransinya. Selain itu, isi polis juga dapat berbeda apabila diterbitkan oleh perusahaan yang berbeda.

    Untuk polis asuransi jiwa sendiri penyusunan isi polis setidaknya dapat mengikuti pedoman yang sudah ditentukan pada pasal 255 KUHD (Kitab Undang-Undang HUkum Dagang).

    Menurut pasal tersebut polis asuransi jiwa harus berisi informasi berikut:

    • Hari diadakan asuransi, ini termasuk hari dan tanggal dimulainya asuransi 
    • Nama tertanggung, yaitu orang atau pihak yang berkewajiban membayar premi dan juga menerima polis
    • Nama orang atau pihak yang jiwanya diasuransikan, dimana pihak atau orang ini berbeda dengan tertanggung
    • Kapan dimulai dan berakhirnya evenemen, yaitu jangka waktu berlakunya suatu produk asuransi
    • Jumlah asuransi, mengartikan besarnya jumlah uang yang dapat dibayarkan oleh penanggung jika terjadi resiko selama evenemen
    • Premi asuransi, merupakan sejumlah uang yang wajib dibayarkan oleh pihak tertanggung kepada pihak penanggung pada kurun waktu tertentu

    Selain hal-hal di atas, polis asuransi juga dapat memuat persyaratan yang disetujui oleh kedua belah pihak. 

    Contoh polis asuransi jiwa Sinarmas

    Contoh polis asuransi jiwa Sinarmas biasanya ditampilkan hanya untuk kepentingan marketing saja dan bukan merupakan kontrak perjanjian yang sah.

    Contoh polis asuransi jiwa Sinarmas seringkali digunakan untuk mengedukasi calon nasabah tentang isi polis dari suatu produk asuransi. 

    Berikut ini adalah isi contoh polis asuransi jiwa Sinarmas yang secara garis besar hampir sama dengan polis yang sah:

    • Bab I, menjelaskan nama dan jenis produk asuransi
    • Bab II, berisi informasi mengenai penerbit asuransi yang dalam hal ini adalah PT Simas Jiwa
    • Bab III, data ringkas yang menjelaskan sekilas mengenai produk asuransi
    • Bab IV, berisi tentang manfaat asuransi jiwa Sinarmas
    • Bab V, menjelaskan tentang resiko apa saja yang ditanggung oleh perusahaan asuransi
    • Bab VI, menjelaskan mengenai resiko-resiko yang masuk dalam pengecualian atau resiko yang tidak dapat diklaim
    • Bab VII, berisi tentang syarat dan tata cara meliputi prosedur klaim, persyaratan dokumen dan sebagainya

    Sebelum menandatangani polis, kamu juga sebaiknya cek tabel premi asuransi kesehatan Sinarmas di artikel Lifepal.

    Pentingkah memahami isi polis asuransi?

    Memahami isi polis asuransi dengan detail tentu sangat penting untuk dilakukan. Dengan memahami isi polis kamu dapat mengetahui resiko apa saja yang dapat dan tidak dapat diklaim, sehingga dapat membuat kamu lebih waspada. 

    Selain itu dengan memahami isi polis secara menyeluruh juga dapat membantu kamu untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari asuransi tersebut.

    Hal ini juga dapat mengurangi adanya kesalahpahaman di waktu yang akan datang, terutama jika kamu mendapati penolakan atas pengajuan klaim. 

    Mempelajari polis juga dapat membantumu melakukan gugatan apabila pihak perusahaan asuransi tidak maksimal dalam memenuhi kewajiban mereka.

    Ketahui juga cara klaim asuransi mobil Sinarmas agar klaim yang kamu ajukan tidak ditolak.

    Pentingnya memiliki asuransi

    Asuransi adalah sebuah instrumen proteksi yang bertujuan untuk memberikan perlindungan terhadap diri, harta benda maupun hal lainnya dari berbagai resiko yang tidak terduga. 

    Ada beberapa manfaat asuransi yang bisa kamu dapatkan dengan memiliki asuransi, diantaranya:

    • Pertanggungan jaminan perlindungan dari berbagai resiko yang dapat menyebabkan adanya kerugian, sehingga dapat membuat kamu terhindar dari kebangkrutan atau kerugian yang lebih besar
    • Transfer risiko, dimana dengan membayarkan sejumlah premi maak kamu dapat mengalihkan berbagai resiko kepada pihak perusahaan asuransi
    • Hidup jadi lebih efisien karena kamu tak perlu melakukan perlindungan secara khusus untuk menjaga suatu aset
    • Untuk beberapa produk asuransi tertentu dapat juga dimanfaatkan sebagai tabungan, khususnya untuk produk asuransi dengan investasi

    Selain asuransi, jangan lupa juga untuk mempersiapkan dana darurat, ya! Cek dana darurat yang harus disiapkan melalui kalkulator di bawah ini.

    FAQ seputar contoh polis asuransi jiwa Sinarmas

    Apa contoh asuransi jiwa

    Contoh asuransi jiwa misalnya asuransi jiwa seumur hidup, asuransi jiwa berjangka, asuransi jiwa dwiguna, dan juga asuransi jiwa unit link.

    Apakah polis asuransi jiwa bisa dicairkan

    Beberapa polis asuransi jiwa dapat dicairkan, namun ada juga yang tidak. Polis yang dapat dicairkan biasanya adalah polis dengan pengembalian premi.

    Contoh asuransi jiwa misalnya asuransi jiwa seumur hidup, asuransi jiwa berjangka, asuransi jiwa dwiguna, dan juga asuransi jiwa unit link.
    Beberapa polis asuransi jiwa dapat dicairkan, namun ada juga yang tidak. Polis yang dapat dicairkan biasanya adalah polis dengan pengembalian premi.