Pahami Penerapan Surat Domisili Perorangan dan Perusahaan

surat domisili

Sebagai pendatang, biasanya kita membutuhkan surat keterangan domisili untuk digunakan sebagai pengantar dalam mengurus berbagai dokumen.

Dokumen yang dimaksud bisa digunakan saat kita melakukan pembukaan rekening bank, mengurus paspor, melamar pekerjaan dan lain sebagainya.

Surat keterangan domisili adalah surat yang dikeluarkan oleh kelurahan atau kepala desa setempat yang berisi status tempat tinggal seseorang dalam wilayah yang ditempatinya, baik secara permanen maupun sementara.

Nah, surat keterangan juga dibutuhkan bagi pendatang yang sudah berkeluarga untuk mengurus pendaftaran sekolah anak, khususnya jika alamat rumah tidak sesuai dengan alamat yang tertera di KTP.

Surat keterangan domisili tidak hanya dibutuhkan oleh perorangan saja, lho. Surat ini juga dibutuhkan oleh perusahaan selayaknya KTP pribadi kita selaku perorangan. Proses pengurusan surat keterangan domisili perorangan dan perusahaan tidak berbeda jauh, hanya di persyaratannya saja yang banyak perbedaan.

Fungsi Surat Keterangan Domisili

cara membuat surat pemberitahuan

Jika disebutkan satu-persatu, ada beberapa fungsi surat keterangan domisili yang bisa kita ketahui, di antaranya sebagai berikut.

  • Pembukaan rekening di bank.
  • Pembayaran atau pengurusan pajak.
  • Pengurusan paspor/visa.
  • Melamar pekerjaan.
  • Pendaftaran sekolah anak.
  • Pengurusan akta lahir anak.
  • Pendaftaran pernikahan di KUA.
  • dan pengurusan dokumen yang terkait dengan instansi pemerintah atau swasta lainnya.
  • Bagi pemerintah setempat, surat keterangan domisili berfungsi sebagai pemetaan penduduk dan pendatang di wilayah tertentu. Begitu juga dengan skdp perusahaan. Pemerintah dapat dengan mudah mendata berapa banyak perusahaan yang ada di suatu wilayah tertentu.

    Pada dasarnya ada dua jenis surat keterangan domisili, yaitu:

  • Surat keterangan domisili perorangan.
  • Surat keterangan domisili perusahaan
  • Syarat Membuat Surat Keterangan Domisili Perorangan

    fungsi surat pemberitahuan

    Surat keterangan domisili bisa diurus di kantor kelurahan atau di kantor kepala desa setempat yang sesuai dengan wilayahnya.

    Sebelum mengurus surat keterangan domisili, lengkapi dulu beberapa dokumen penting berikut ini:

  • KTP dan fotokopinya.
  • Kartu keluarga.
  • Surat pengantar dari RT dan RW.
  • Pas foto 3×4, 1 lembar.
  • Syarat Membuat Surat Keterangan Domisili Perusahan

    syarat surat penunjukan pajak

    Dokumen yang diperlukan untuk mengurus SKDP adalah sebagai berikut.

  • Akta pendirian perusahaan, perubahan, dan pengesahannya.
  • KTP direktur utama perusahaan.
  • NPWP pribadi milik direktur utama perusahaan.
  • NPWP perusahaan.
  • Bukti kepemilikan tanah atau perjanjian sewa gedung (sertifikat/akta jual beli/faktur).
  • Surat keterangan domisili gedung dari kelurahan.
  • Bukti pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).
  • IMB gedung atau bangunan perusahaan.
  • Bukti pajak retribusi daerah.
  • Surat izin usaha, terutama terkait tempat usaha.
  • Surat kuasa jika diwakilkan oleh orang lain dengan meterai.
  • Langkah-Langkah Membuat Surat Keterangan Domisili 

    fungsi surat perjanjian kerjasama

    Syarat utama dalam pengurusan surat adalah terlebih dahulu harus memiliki surat pengantar dari RT dan RW setempat. Sebagaimana pendatang baru harus lapor RT dan RW setidaknya dalam 2×24 jam, maka surat pengantar tersebut seharusnya sudah bisa didapatkan sejak awal.

    Selanjutnya setelah mendapatkan surat pengantar, kita ikuti langkah-langkah berikutnya.

    1. Membawa surat pengantar dari RT/RW ke kantor kelurahan atau kantor kepala desa setempat.
    2. Mintalah formulir permohonan untuk dilengkapi sesuai dengan dokumen dan persyaratan yang sudah disiapkan di kantor kelurahan atau kantor kepala desa setempat.
    3. Serahkan formulir permohonan beserta surat pengantar dan dokumen persyaratan selengkapnya.
    4. Petugas akan memeriksa kelengkapan administratif.
    5. Surat keterangan domisili perorangan bisa didapatkan saat itu juga. Sementara SKDP umumya diproses maksimal selama tujuh hari kerja.

    Proses pengurusan surat keterangan domisili sebaiknya diurus sendiri agar lebih murah prosesnya. Adapun jika kita berhalangan karena suatu sebab, bisa diwakilkan oleh orang lain dengan menyertakan surat kuasa yang ditandatangani di atas materai Rp6.000.

    Contoh Surat Keterangan Domisili Perorangan

    KELURAHAN PONDOK BENDA

    KECAMATAN PAMULANG

    TANGERANG SELATAN

    SURAT KETERANGAN DOMISILI

    No. 999/SKD/IV/2019

    Yang bertanda tangan di bawah ini, Lurah Pondok Benda Kecamatan Pamulang Kota Tangerang Selatan, menerangkan bahwa:

    Nama : Fatimah

    Jenis Kelamin : Perempuan

    Tempat/Tgl Lahir : Bandung/20/09/1991

    Pekerjaan : Wiraswasta

    Status Perkawinan : Menikah

    Agama : Islam

    Kewarganegaraan : Indonesia

    Alamat : Kelurahan Pondok Benda Kecamatan Pamulang

    Nama tersebut adalah benar berdomisili di Kelurahan Pondok Benda, Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan.

    Demikianlah surat keterangan ini dibuat dengan sebenarnya sebagai syarat membuat KTP dan Kartu Keluarga.

    Tangerang Selatan, 29 Agustus 2019.

    Lurah Pondok Benda,

    Ridwan Hamish

    Contoh surat keterangan domisili perusahaan

    PEMERINTAH PROVINSI DAERAH Eksklusif IBUKOTA JAKARTA

    LOGO    

    KOTAMADYA             : Jakarta Utara

    KECAMATAN             : Cengkareng

    KELURAHAN             : Cengkareng               Kode Kel. : xx.xx.xx.xxxx

    Alamat : Jl Raya Cengkareng  No. 5 Telepon                 : (021)535xxxx

    —————————————————————————————————————————-

    SURAT KETERANGAN DOMISILI PERUSAHAAN

    Nomor : XXX / XXXX

     

    Yang bertanda tangan di bawah ini, Menerangkan bahwa :

     

    Nama                                                     : Ir. Widodo

    Tempat / Tanggal Lahir                           : Bandung, 20-08-1976

    Jenis Kelamin                                         : Laki-laki

    Agama                                                    : Islam

    Kewarganegaraan                                   : WNI

    KTP / Asterik Lapor Diri Nomor               : 3172122008760003

     

    Benar di saat ini membuka / mempunyai usaha sebagaimana tersebut di bawah :

     

    Nama Perusahaan                                   : PT. MAKMUR JAYA

    Jenis Usaha / Klasifikasi                          : ADVERTISING

    Alamat Perusahaan                                  : Jl. Cengkareng Raya No. 5 Rt 003 Rw. 01  

                                                                        Kel. Cengkareng , Kec. Cengkareng , Jakarta Utara

    Status Bangunan                                      : Milik Sendiri

    Penggunaan Bangunan                             : Karya Industri / Pergudangan dengan fasilitasnya

    No. & Tgl. IPB                                          : – / –

    Akta Pendirian Perusahaan                       : Notaris Fatimah, S.H.

                                                                         Nomor : 06 tgl. 04-09-2008

    Jumlah Karyawan                                      : 50 Orang

    Penanggung jawab / pimpinan perusahaan :  Ir. Widodo

     

    Demikian Surat Keterangan Domisili Perusahaan ini dibuat untuk dipergunakan sebagaimana mestinya dan bukan merupakan surat perizinan, Apabila dikemudian hari pengakuannya Ybs. tak benar / melanggar Anggaran yang berlaku menimbulkan masalah pencemaran lingkungan / keresahan / keberatan masyarakat sekitarnya, Maka sepenuhnya menjadi tanggung jawab Ybs tanpa melibatkan aparat Kelurahan/Kecamatan, dan surat domisili perusahaan ini dinyatakan tak berlaku/dibatalkan.

    Surat keterangan ini berlaku hingga dengan tanggal : 10/12/2019

     

    Asterik tangan Ybs                                                                           Jakarta, 10-11-2019

                                                                                                               Lurah Cengkareng

     

    Ir. Widodo

                                                                                                      Drs Husein / 44349834 / Stempel

     

                                                                 Mengetahui :

                                                             Camat Kalideres

     

                                                     Irnawati S.Ip / 454353243928 / Stempel

    Surat keterangan domisili perorangan maupun perusahaan menjadi kewajiban warga negara sehingga jika lalai dibuat atau diurus, selain akan menghambat berbagai pengurusan dokumen, akan diancam dengan denda atau sanksi sesuai dengan Undang-Undang No.3 tahun 1982 tentang wajib daftar perusahaan.

    Pahami bahwa surat keterangan domisili bukan bertujuan untuk mempersulit pendatang melainkan untuk mendata kondisi riil di lapangan. Utamanya bagi masyarakat berpenghasilan rendah agar bisa tercatat sehingga tetap bisa mendapatkan bantuan atau diikutsertakan dalam program pemerintah jika sesuai dengan kriterianya.