KPR CIMB Niaga Bunga Ringan 6,5 Persen, Ini Syaratnya

Keunggulan KPR CIMB Niaga

KPR CIMB Niaga bisa jadi pilihan untuk kamu yang lagi cari-cari kredit rumah. Selain menawarkan bunga deposito yang lumayan besar, Bank CIMB Niaga juga menyediakan beberapa kredit rumah yang menarik dengan bunga kompetitif.

Apalagi, di tengah persaingan memberikan kredit bunga ringan, produk kredit rumah dari CIMB Niaga ini layak buat jadi pertimbangan.

Penasaran dengan informasi selengkapnya? Seperti apa keuntungan dari pembiayaan rumah yang ditawarkan bank BUKU 4 ini? Yuk, simak ulasan berikut.

Mulai dari 6,5 persen, ini pilihan bunga KPR CIMB Niaga

Penentuan pilihan tergantung kepada besaran bunga yang kamu inginkan. Ada beberapa pilihan KPR yang disediakan CIMB Niaga menurut bunga yang dipatok. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa melihat besaran bunga KPR CIMB Niaga di bawah ini.

  • Bunga 6,5 persen per tahun fix 3 tahun buat KPR rumah baru.
  • Bunga 7,88 persen per tahun fix 5 tahun buat KPR rumah baru.
  • Bunga 6,50 persen per tahun fix 3 tahun buat KPR rumah baru atau take over.
  • Bunga 7,25 persen per tahun fix 5 tahun buat KPR rumah baru atau take over.
  • Bunga 7,25 persen per tahun fix 3 tahun buat KPR rumah seken.
  • Bunga 7,75 persen per tahun fix 5 tahun buat KPR rumah seken.
  • Bunga 8,25 persen per tahun fix 3 tahun buat KPR refinancing atau top up atau renovasi.
  • Bunga 9,50 persen per tahun fix 5 tahun buat KPR refinancing atau top up atau renovasi.

Pilihan tenor tersedia mulai setahun hingga 25 tahun. Sementara itu, uang muka atau down payment yang mesti disiapkan sebesar 30 persen dari harga rumah.

Pilihan KPR CIMB Niaga

Selain berdasarkan besaran bunga, KPR CIMB Niaga ditetapkan menurut tujuan dan manfaatnya. Berikut, beberapa pilihannya:

1. KPR Xtra CIMB Niaga

Bank CIMB Niaga menyediakan KPR ini buat yang pengin bayar cicilan dengan bunga ringan. Kredit rumah ini diklaim punya bunga variatif dan cepat diproses dengan tenor maksimal hingga 25 tahun.

KPR Xtra CIMB Niaga bisa digunakan buat membeli rumah, apartemen, ruko atau rukan, tanah kavling, alih pinjaman, pembangunan rumah, hingga renovasi rumah.

Bagi kamu yang pengin mengajukan KPR Xtra, ada beberapa keuntungan, di antaranya:

  • Pilihan suku bunga kompetitif yang variatif.
  • Tersedia beragam pilihan tujuan pinjaman.
  • Jangka waktu pinjaman hingga 25 tahun.
  • Bisa untuk Pembelian Rumah, Apartemen, Ruko/Rukan, Tanah Kavling, Alih Pinjaman (take over), renovasi Rumah, Multiguna, maupun Top Up.

2. KPR Xtra Manfaat CIMB Niaga

Jika memilih yang ini, kamu berkesempatan bayar cicilan dengan bunga 0 persen. Hal tersebut memungkinkan karena ada bagian dari pokok pinjaman yang gak kena bunga dengan cara menjaga nilai tabungan tetap 125 persen dari sisa pokok KPR.

Usut punya usut, KPR Xtra Manfaat CIMB Niaga ini merupakan kredit rumah yang terhubung dengan rekening tabungan hingga 9 rekening tabungan. Makanya, kamu bisa membayar bunga hingga Rp0.

Keuntungan yang didapat dengan mengajukan KPR ini, yaitu rekening tabungan gak ditahan, gak ada pembatasan terhadap pemegang rekening buat akses dana rekeningnya, dan seberapa besar dana di tabungan tetap dihitung 80 persennya buat mengurangi bunga KPR.

Adapun keuntungan KPR Xtra Manfaat CIMB Niaga ini, yaitu:

  • Semakin banyak saldo tabungan, semakin ringan bayar bunga KPR.
  • Nikmati Bunga Rp0 dengan cara menjaga saldo tabungan sebesar 125% dari Sisa Pokok Pinjaman KPR X-Tra Manfaat.
  • Nasabah mendapatkan akses penuh terhadap dana di dalam rekeningnya dan dapat bertransaksi seperti biasa dengan menggunakan semua layanan dan fasilitas Tabungan CIMB Niaga.
  • Tidak ada syarat minimal pengendapan dana.
  • Saldo di Rekening Tabungan yang terhubung dengan KPR Xtra Manfaat CIMB Niaga tetap dapat kamu gunakan untuk transaksi seperti biasa, tidak ada syarat pengendapan dana.
  • Bisa untuk Pembelian Rumah, Apartemen, Ruko/Rukan, Tanah Kavling, Alih Pinjaman (take over), renovasi Rumah, Multiguna, maupun Top Up.

3. KPR iB CIMB Niaga (syariah)

Kredit rumah ini berbeda dibanding KPR CIMB Niaga yang lainnya. Pemberian KPR ini didasarkan pada prinsip-prinsip syariah dengan akad Murabahah.

Ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan mengajukan KPR iB CIMB Niaga sebagai produk KPR CIMB Niaga syariah ini, yaitu uang DP yang terjangkau, margin kompetitif dan tetap hingga waktu tertentu, dan pilihan tenor hingga 15 tahun.

Ini dia keuntungan kalau kamu mengajukan pinjaman KPR iB CIMB Niaga.

  • Sesuai prinsip syariah.
  • Angsuran tetap selama jangka waktu pembiayaan.
  • Margin tidak terpengaruh kondisi pasar.
  • Jangka waktu sampai 15 tahun.
  • Mudah untuk mengatur cash flow keuangan Anda dimasa depan.
  • Bisa untuk Pembelian Rumah, apartemen, ruko/rukan yang Ready Stock. pembelian Tanah Kavling siap bangun, take over dari Konvensional maupun Syariah, renovasi Rumah, Multiguna, maupun top up.

4. KPR iB Flexi CIMB Niaga (syariah)

Lain lagi dengan KPR iB Flexi CIMB Niaga. Produk KPR CIMB Niaga syariah ini diklaim menawarkan cicilan lebih fleksibel karena uang mukanya dipatok 15 persen. Prosesnya juga cepat dan mudah dengan tenor maksimal hingga 25 tahun.

Penyediaan CIMB Niaga ini didasarkan pada prinsip-prinsip syariah dengan berpedoman pada akad musyarakah mutanaqisah (MMQ).

KPR iB Flexi CIMB Niaga dapat digunakan buat membeli rumah baru atau seken, apartemen baru atau seken, ruko baru atau seken, take over, hingga top up.

Ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan mengajukan pinjaman KPR iB Flexi, di antaranya:

  • Sesuai prinsip syariah.
  • Uang muka mulai dari 5%.
  • Jangka waktu sampai 25 tahun.
  • Angsuran fleksibel.
  • Bisa untuk Pembelian Rumah, apartemen, Ruko/Rukan, top up dari Konvensional maupun Syariah. hingga multiguna.

Syarat ambil KPR CIMB Niaga dan CIMB Niaga Syariah

Terdapat dua jenis persyaratan yang wajib dipenuhi calon nasabah KPR CIMB Niaga konvensional dan syariah, yaitu syarat umum dan syarat dokumen.

Syarat umum pengajuan KPR CIMB Niaga

Secara umum, berikut beberapa syarat yang perlu dipenuhi untuk bisa mengajukan kredit rumah melalui CIMB Niaga Syariah.

  • Berstatus WNI (Warga Negara Indonesia) berusia 21 hingga 65 tahun. Usia maksimal terhitung ketika tenor kredit berakhir.
  • Memiliki profesi atau pekerjaan dengan ketentuan berikut.
    • Berprofesi sebagai pengusaha yang sudah aktif selama minimal dua tahun.
    • Berprofesi sebagai karyawan dengan pengalaman kerja minimal dua tahun.
    • Khusus pekerja di luar negeri bisa mengajukan KPR CIMB syariah jika terdapat kantor perwakilan Indonesia di negara bersangkutan. Namun maksimal pengajuan pembiayaan adalah senilai 70% dari nilai properti.
  • Berpenghasilan tetap minimal Rp5 juta, baik penghasilan sendiri atau gabungan suami dan istri.
  • Memiliki rekening tabungan CIMB Niaga Syariah sebagai membantu metode pembayaran autodebet.

Khusus mengenai gaji minimal, CIMB Niaga bisa mempertimbagkan tambahan dari tunjangan tetap yang diterima secara berkala. Meski begitu, gaji atau tunjangan yang bisa dimasukkan ke referensi harus berbentuk saldo di rekening tabungan bank. Gaji atau tunjangan tunai tidak bisa dijadikan referensi.

Selain itu, jenis pekerjaan freelance (pekerja lepas) tidak termasuk ke dalam kriteria referensi calon nasabah KPR Niaga Syariah, termasuk pengusaha kos-kosan.

Syarat dokumen pengajuan KPR CIMB Niaga

Jenis Dokumen

Karyawan Pengusaha Profesional

Mengisi Formulir Aplikasi KPR CIMB Niaga Syariah

Ya Ya

Ya

Fotokopi KTP

Ya

Ya

Ya

Fotokopi NPWP

Ya

Ya

Ya

Fotokopi KArtu Keluarga dan Surat Nikah

Ya

Ya

Ya

Fotokopi rekening tabungan / koran 

(tiga bulan terakhir)

Ya

Ya

Ya

Surat keterangan Gaji / Slip Gaji (asli) / SPT PPh 21 / ePay slip

Ya

Laporan keuangan perusahaan

Ya

Fotokopi NPWP perusahaan, TDP, SIUP, dan akta pendirian / perubahan

Ya

Fotokopi surat izin praktik / surat izin operasi

Ya

Kalau masih bingung, hubungi langsung call center CIMB Niaga

Tertarik mengajukan pinjaman KPR Niaga tetapi masih ada hal-hal yang kurang? Kamu bisa langsung menghubungi layanan call center KPR CIMB Niaga melalui sambungan 14041. Layanan bantuan nasabah CIMB Niaga ini bisa diakses selama 24 jam. 

Buat kamu yang berada di luar negeri, kamu bisa menghubungi nomor +6221-29978888, ya. 

Selain melalui telepon, CIMB Niaga juga menerima pertanyaan dan aduan melalui email [email protected] dan juga media sosial Facebook, Twitter, dan Instagram.

Jadi, kalau kamu berniat membeli rumah, siapkan DP dalam jumlah besar. Kamu bisa mempersiapkannya dengan menempatkannya di instrumen investasi agar cepat berkembang. Dengan begitu, pengajuan KPR kamu dijamin bakalan lancar deh.

Tips mengatur bujet dan memilih rumah KPR yang tepat

Kredit Perumahan Rakyat atau KPR adalah cara membeli rumah dengan cara mencicil melalui perantara bank atau pengembang. Dalam penerapannya, pelunasannya akan dikenai bunga KPR.

Suku bunga KPR 2020, berdasarkan hasil RDG BI (Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia), diputuskan pada angka 4,75 persen. Angka ini lebih rendah dari tahun 2019 sebesar 5 persen. 

Hal ini ditempuh oleh BI sebagai langkah menjaga momentum pertumbuhan ekonomi domestik di tengah wabah Covid-19. Selain itu, harapan di baliknya tentu akan meringankan cicilan bagi debitur secara umum.

Nah, memilih rumah yang kamu mau beli melalui program KPR harus dilakukan secara saksama agar pada akhirnya tidak menyesal dan terutama tidak membebani keuangan pribadi. Apa saja yang perlu diperhatikan?

1. Pilih lokasi perumahan yang strategis

Jika membahas tentang desain sebuah rumah atau fasilitas yang ada di suatu perumahan, tentu semakin mahal akan semakin unggul kualitasnya. Namun, lokasi di sekitar perumahan tersebut tetap menjadi poin yang penting.

Apakah lokasinya berada di area yang lebih rendah sehingga menjadi rawan banjir atau berdekatan dengan pusat bisnis sehingga ramai dan kerap macet. Namun mungkin, poin-poin semacam ini tidak menjadi masalah karena kebetulan dekat dengan fasilitas umum atau area perkantoran. 

Hanya saja, kamu harus mencari tahu berapa target harga yang ideal untuk perumahan atau apartemen di area pilihanmu itu. Prioritaskan juga tingkat keamanan dan sisi strategis dengan tempat/fasilitas lain yang ada atau tidak ada di sekitarnya.

2. Mau mengajukan KPR ke mana?

Kamu bisa mengajukan KPR kepada pihak pengembang (developer) atau kepada bank. Keduanya memiliki keunggulan tersendiri.

Pengajuan KPR kepada pengembang pada umumnya akan memberimu tambahan fasilitas yang lebih banyak, namun sayangnya biaya yang dikeluarkan pun tinggi dengan pilihan tenor yang lebih singkat. Jika memilih pengembang, otomatis kamu perlu menyiapkan uang muka dan anggaran cicilan bulanan yang lebih banyak.

Di lain sisi, pengajuan KPR kepada bank akan memberikan lebih banyak keringanan, misalnya:

  • Uang muka yang lebih ringan karena bisa disesuaikan.
  • Pilihan tenor yang lebih lama sehingga kamu bisa menyusun anggaran yang lebih kecil untuk pengeluaran bulanan KPR.

Pada umumnya jika kamu sudah memiliki riwayat transaksi yang bagus di sebuah bank, maka pengajuan KPR-mu akan lebih dimudahkan karena kamu sudah dipercaya bank sebagai nasabah yang sanggup menyelesaikan kewajibannya.

3. Pilihan alternatif biasanya lebih masuk akal

Daripada memaksakan kepada satu target perumahan yang sudah diincar sejak lama, lebih baik kamu punya alternatif juga.

Tentu yang namanya target utama, kamu pilih berdasarkan kesukaan, fasilitas, dan lokasi yang terbaik, bukan? Nah gabungan dari ketiga poin tersebut biasanya menghasilkan harga yang mahal pula.

Peran pilihan alternatif di sini adalah sebagai pembanding. Dari membandingkan, kamu bisa temukan fasilitas yang sama baiknya dengan harga yang lebih murah, walau mungkin berlokasi lebih jauh atau desain rumah yang tidak sebagus incaranmu.

Biasanya rumah alternatif berbalik menjadi yang calon nasabah KPR pilih karena menawarkan harga yang lebih murah dengan fasilitas yang hampir sama baiknya.

Tidak perlu ragu memilih lokasi rumah yang lebih jauh, asalkan bisa memenuhi anggaran daripada memaksakan pilihan kemudian malah memberatkan keuanganmu dalam jangka panjang.

Kalkulator bunga efektif untuk memprediksi cicilan KPR

Penasaran dengan hitung-hitungan yang kamu harus keluarkan untuk membayar KPR rumahmu? Coba kalkulasikan dengan kalkulator bunga efektif Lifepal berikut.

Hasil yang kamu dapatkan di sini hanya bersifat perkiraan karena tiap bank atau pengembang tentu memiliki ketentuan dan biaya administrasi yang berbeda-beda.

Terakhir, jangan lupa saat kamu sudah merampungkan niatmu untuk mengajukan KPR CIMB Niaga dan mendapatkan rumah idamanmu, lindungi dengan asuransi rumah ya.

Berkat manfaat memiliki asuransi rumah, kamu akan terproteksi secara finansial jika terdapat kerusakan pada rumahmu atau kehilangan barang berharga di dalam rumah akibat pencurian karena perusahaan asuransi yang akan menanggung kerugianmu.

Yuk cari tahu tentang produk asuransi lainnya untuk memproteksi kamu dan keluargamu di Lifepal.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →