Servis Mobil: Macam Jenis Servis dan Biayanya

servis mobil

Ketika mobil kamu tidak bekerja dengan normal, tandanya kamu harus melakukan servis mobil. Ada macam-macam servis mobil yang bisa kamu jalani untuk memperbaiki kondisi mobil kesayanganmu. Yuk, simak info selengkapnya di artikel ini.

Apa saja sih yang umumnya menjadi pertimbangan pemilik kendaraan, saat mobil servis?

Hal-hal seperti berapa lama servis mobil akan berlangsung, berapa banyak biaya servis mobil yang harus dikeluarkan, dan bagaimana ​​cara servis mobil yang dilakukan sebuah bengkel, biasanya akan ditanyakan kepada montir.

Biasanya setelah kendaraan selesai di servis, kamu akan diberikan kartu servis mobil yang berisi informasi pada kilometer berapa kendaraan harus kembali ke bengkel untuk di servis, jenis oli yang digunakan, dan juga kondisi aki mobil.

Berikut ini adalah jenis servis apa saja yang bisa mobil kamu dapatkan di bengkel mobil.

Macam-macam servis mobil

Saat ini sudah banyak macam-macam jenis servis mobil dan biayanya, yang bisa dimanfaatkan jasanya untuk memperbaiki kendaraan kamu. Berikut adalah berbagai jenis servis mobil yang tersedia untuk kendaraan kamu.

Servis berkala mobil

Pengertian servis berkala pada mobil atau biasa disebut juga servis rutin mobil adalah kegiatan servis yang dilakukan mobil dengan jadwal tertentu di bengkel resmi.

Umumnya penjadwalan servis dilakukan dalam waktu yang tak lama dan harus sesuai dengan ketentuan buku servis mobil. Jangan sampai buku servis mobil hilang, sebab pemilik bisa tidak mendapatkan layanan servis gratis untuk mobilnya.

Tanpa buku servis mobil, fasilitas garansi mobil juga terancam hilang. Dan pemilik juga tidak akan tahu mengetahui catatan servis mobil miliknya, jika buku servis mobil hilang. Jadi simpan baik-baik buku servis mobil kamu.

Lalu banyak pemilik mobil yang masih belum tahu servis mobil berapa bulan sekali. Jadi, interval servis berkala itu dasarnya ditentukan oleh jarak tempuh mobil. Tapi bagi orang yang tinggal di perkotaan, disarankan untuk berpatokan pada waktu.

Mobil dianjurkan untuk servis berkala setiap kelipatan 10.000 kilometer. Namun biasanya mobil juga dianjurkan untuk melakukan servis berkala setiap 6 bulan sekali, dengan asumsi mobil sudah menempuh jarak 10.000 kilometer selama 6 bulan pemakaian.

Servis berkala 1000 km

Pabrikan mobil akan langsung meminta pemilik kendaraan mobil untuk melakukan servis pertama mobil baru mereka saat sudah menempuh jarak 1.000 kilometer.

Apa yang harus dicek saat service berkala 1000 km? Saat service berkala pada mobil 1000 km pertama, montir bengkel resmi akan melakukan pembersihan, pengecekan beberapa komponen mesin.

Ada beberapa komponen umumnya dicek, seperti oli-oli yang ada pada mesin. Dimulai dari oli mesin, oli transmisi, minyak rem, oli power steering, air radiator, dan kopling.

Kemudian mobil baru tersebut juga akan menjalani pemeriksaan wajib pada sistem kemudi, tekanan angin, pembersihan filter udara, pengecekan idle mesin dan pengecekan baut pada roda.

Servis berkala 5000 km

Setelah menempuh jarak 5.000 kilometer, umumnya mobil dianjurkan untuk kembali melakukan servis berkala.

Ada beberapa faktor yang membuat pihak pabrikan menyarankan untuk service berkala 5000 km yaitu beberapa komponen mobil ada yang harus diganti baru. Tujuannya agar kerja komponen tetap optimal.

Beberapa komponen yang umumnya diganti pada service berkala 5000 km atau kurang lebih interval 3-4 bulan adalah kampas rem, filter oli, dan sistem steering. Selain itu montir juga akan mengganti oli mesin dan mengecek cairan lain di mobil.

Biasanya pihak bengkel resmi belum menarik biaya jasa servis berkala 5.000 kilometer, sebab mobil baru mayoritas masih dalam masa gratis biaya jasa hingga 1 tahun.

Untuk proses pengecekan, biasanya pada service berkala 5000 km komponen yang dicek hampir sama seperti service berkala 1000 km.

Servis berkala 10.000 km

Ketika servis berkala mobil 10.000 kilometer, mobil akan menjalani proses pembersihan, pengecekan wajib komponen-komponen mobil seperti cairan oli mesin, oli transmisi, minyak rem, oli power steering, air radiator, dan kopling.

Jika ditemukan kebocoran, maka hal ini akan menjadi perhatian utama montir. Karena mobil yang baru menempuh 10.000 kilometer seharusnya jarang sekali mengalami kebocoran.

Kemudian bengkel juga akan mengecek aki, sistem kemudi, tekanan angin, pembersihan filter udara, pengecekan idle mesin dan pengecekan baut pada roda. Itulah beberapa pemeriksaan wajib pada servis berkala 10.000 kilometer.

Servis berkala 15.000 km

Penggantian oli mesin kendaraan, pengecekan baut kolong mobil, pemeriksaan fluida dan minyak-minyak, air radiator, suspensi, merupakan beberapa proses servis yang dilakukan dalam paket servis mobil berkala 15.000 kilometer.

Servis berkala 20.000 km

Ketika servis mobil berkala 20.000 kilometer, umumnya mobil sudah berusia kurang lebih setahun. Oleh karena itu, biaya paket servis mobil berkala 20.000 kilometer ini lebih besar daripada servis berkala sebelumnya.

Sebab komponen yang akan diperiksa dan dibersihkan lebih banyak. Seperti pembersihan saringan udara, pengecekan rem pada semua roda, pengecekan dan penyetelan klep, pembersihan throttle body, kalibrasi idle, penggantian filter AC, penggantian busi hingga balancing dan spooring serta rotasi ban menyilang.

Umumnya paket servis mobil berkala 20.000 kilometer ini merupakan masa terakhir layanan servis gratis sebuah mobil baru. Untuk servis berkala selanjutnya, pemilik akan ditagih harga servis mobil.

Servis besar mobil

Biasanya ritual servis besar dilakukan setiap servis berkala kelipatan 10.000 kilometer. Tujuannya adalah, agar kondisi kendaraan selalu dalam keadaan prima.

Servis besar mobil meliputi penggantian semua cairan oli, termasuk oli mesin, oli transmisi, dan oli gardan. Kemudian baut pada kaki-kaki kendaraan juga menjadi bagian yang diperiksa pada saat melakukan servis besar. 

Besaran biaya servis besar mobil berbeda, tergantung dari merek mobil. Biasanya setiap bengkel resmi mobil sudah memiliki paket servis mobil 10.000 kilometer.

Servis tune up mobil

Servis tune up mobil adalah kegiatan penyetelan ulang semua komponen, durasi pengerjaan cukup lama namun tidak sesering servis mobil. Montir akan mengecek lebih jauh komponen-komponen mobilmu.

Perbedaan tune up dan service berkala

Berikut ini hal-hal yang membedakan servis tune up mobil dengan servis berkala mobil:

  • Servis berkala dilakukan berdasarkan jadwal, sedangkan servis tune up tidak terlalu sering dilakukan dan terjadwal
  • Servis berkala dilakukan tidak memakan waktu lama, sedangkan servis tune up mobil dilakukan dalam durasi waktu yang lebih lama karena ada aktivitas penyetelan ulang semua komponen mesin mobil
  • Dalam melakukan servis berkala, montir akan mengecek bagian aus atau kotor seperti sistem injeksi atau filter udara. Sementara pada servis tune up mobil, montir mengecek lebih jauh komponen-komponen mobil.

Di dalam servis tune up mobil, montir akan melakukan pembersihan ruang bakar dan pemeriksaan suku cadang. Montir pun akan mengganti suku cadang yang performanya menurun, seperti busi, oli, aki, filter udara, dan fan belt.

Komponen tune up mobil

  1. Busi. Montir akan mengganti busi dan memeriksa elektroda dari kerusakan, pengikisan atau pecah. Montir juga akan memeriksa apakah muncul api dari celah busi.
  2. Aki. Montir akan melihat elektrolit di setiap sel, mengecek air aki, serta memeriksa adakah kemungkinan penyangga aki berkarat, longgar, atau rusak. Jika voltase aki mulai lemah, aki akan diganti dengan aki baru.
  3. Fan belt. Montir akan memeriksa kelenturan, ketegangan, keausan, serta keretakan fan belt. Jika ada kerusakan, maka montir akan menggantinya dengan yang baru.
  4. Throttle body. Untuk mobil injeksi, montir akan melakukan pemeriksaan throttle body dengan carburator cleaner atau cairan penetran. Montir akan menghilangkan kotoran yang menghambat skep dari throttle body, agar tidak mengurangi pasokan udara ke ruang bakar.
  5. Filter udara. Montir akan membersihkan kotoran dan debu dari filter udara. Sebab kondisi ini bisa mengakibatkan berkurangnya pasokan udara ke ruang bakar, sehingga performa mesin menurun.

Biaya servis tune up mobil

Biaya servis tune up mobil biasanya lebih mahal daripada biaya servis mobil berkala. Namun besarannya berbeda-beda, tergantung dari jenis mobil, jenis bengkel, dan jarak tempuh mobil.

Biaya servis tune up mobil di bengkel resmi, mencapai Rp 3 jutaan atau lebih, umumnya lebih mahal dari bengkel umum.

Biasanya siapkan biaya sebesar Rp 350 ribu hingga Rp 500 ribu untuk sekali melakukan tune up di bengkel umum. Namun biaya tersebut belum termasuk biaya penggantian sparepart atau komponen yang dianggap harus diganti.

Jenis servis mobil dan biayanya

Selain servis berkala, dan servis tune up mobil, kamu dapat membedakan jenis servis mobil berdasarkan dari komponen atau bagian mobil yang rusak dan memerlukan perbaikan.

Berikut ini adalah beberapa jenis servis mobil dan biayanya yang dibedakan berdasarkan komponen mobil yang rusak.

Servis jok mobil

Pada layanan servis jok mobil, kamu bisa memperbaiki, mengupgrade, atau memodifikasi jok-jok mobil kesayanganmu. Hal ini membuat harga servis jok mobil berbeda-beda.

Tapi sebelum mengganti jok, kamu lebih baik memeriksa kebersihan dan kenyamanannya.

Contohnya jika kontur jok sudah menipis, sebaiknya segera kamu ganti. Atau kalau ingin membuat jok lebih menarik, kamu bisa mengubah jok mobil dengan berbagai desain, dan warna.

Berikut beberapa tips yang bisa kamu ikuti, saat ingin mengganti jok mobil.  

  • Lebih baik pilih jok yang berjenis semi kulit atau kulit sintetis agar mudah dibersihkan
  • Pilihlah jok yang bergaransi dan memiliki reputasi merek yang baik
  • Jika jok lama hanya kurang tebal, cukup tambahkan busa. Sebab lebih irit daripada ganti jok baru

Biaya servis jok mobil

Sebagaimana yang dijelaskan sebelumnya, biaya servis jok mobil sangat variatif. Besar biaya tergantung dari jenis kerusakan jok, jenis bahan jok, kombinasi warna jok, bengkel jok, dan merek jok yang kamu miliki.

Namun seperti yang dilansir moladin.com, biaya servis jok mobil untuk perbaikan ringan berkisar antara Rp 170 ribuan. Sedangkan untuk jasa pasang sarung jok kamu harus menyiapkan dana Rp 800 ribuan.

Namun untuk biaya perbaikan jok mobil dengan cara retrim, siapkan uang sebanyak Rp 5 juta sampai Rp 9 jutaan, tergantung dari jenis bahan kulitnya.

Untuk servis ganti busa jok mobil biayanya Rp 2,5 juta sampai Rp 3 jutaan menggunakan busa biasa. Dan Rp 8 jutaan jika diganti dengan busa jenis lateks. Jika kamu memutuskan untuk ganti jok, siap-siap membayar sebesar Rp 5 jutaan.

Servis rem mobil

Seperti yang dilansir oleh situs otomotifnet.com, servis rem mobil dianjurkan untuk kamu lakukan rutin setiap jarak tempuh 20.000 kilometer. Hal tersebut amat disarankan agar sistem pengereman mobil kita tetap bekerja optimal.

Biaya servis rem mobil

Umumnya, bengkel-bengkel resmi mobil mematok biaya servis rem sebesar Rp 200 ribuan, sudah termasuk biaya servis master rem mobil. Biaya servis tersebut sepertinya hanya biaya jasa servis rem, tidak termasuk biaya penggantian komponen sistem rem.

Cara servis rem mobil

Berikut beberapa cara servis rem mobil ringan, yang bisa kamu lakukan sendiri.

  1. Lakukan pengecekan. Pastikan bagian mana yang memang mengalami kerusakan. Bisa dimulai dari melihat komponen piston kaliper rem depan dan belakang. Apakah ada kebocoran atau tidak.
  2. Proses bleeding. Tancapkan selang bleeding yang menuju bagian nepel bleeding ke kaliper rem. Kemudian, kocok rem dengan cara menginjak pedalnya. Tekan pedal terus menerus hingga sudah terasa mengeras dari sebelumnya.
  3. Buka baut nepel bleeder. Kalau sudah mengeras, tahan pedal rem di posisi terinjak. Kamu bisa membuka baut nepel bleeder dengan cepat lalu segera tutup kembali. Setelah itu kamu bisa melihat gelembung udara yang keluar dari dalam nepel.
  4. Cek minyak rem. Jangan lupa untuk memantau kondisi minyak rem yang bisa keluar dari dalam nepel. Sebab proses ini membuat minyak rem keluar sedikit demi sedikit. Siapkan cadangan minyak rem jika yang keluar dari mobil terlalu banyak.
  5. Bersihkan tumpahan minyak rem. Bersihkan semua tumpahan minyak rem, karena bisa menimbulkan korosif dan merusak. Gunakan pula air biasa untuk bantu membersihkan tumpahan.
  6. Uji rem kendaraan. Lakukan uji pengereman dengan mengendarainya dan menginjak pedal rem. Jika masih bermasalah, bawalah mobil ke montir yang terpercaya dan handal.

Servis pintu mobil

Makin tua usia mobil, maka resiko munculnya masalah di bagian pintu mobil juga semakin besar. Sebab ada komponen yang akan aus akibat sering bergesekan di pintu mobil, yaitu engsel. Dan komponen karet yang dapat mengendur dan mengeras.

Berikut ini adalah beberapa kerusakan yang umumnya terjadi pada pintu mobil.

  • Pengait pintu mobil aus. Jika pintu sering dibanting saat ditutup, bisa berakibat pada door lock aus. Selain itu, air juga dapat memicu masalah pada door lock.
  • Engsel turun. Penurunan kekuatan pada engsel pintu mobil biasanya terjadi karena faktor usia, dan kebiasaan membiarkan pintu terbuka terlalu lama. Hal ini juga bisa menyebabkan engsel pintu mengalami penurunan.
  • Karet pintu kendur. Bertambahnya usia mobil akan berpengaruh terhadap elastisitas karet pintu mobil. Karet pintu mobil yang sudah tua, akan mengeras dan mengendur. 

Segera bawa mobilmu ke bengkel mobil terdekat spesialis servis pintu mobil, jika kamu mengalami masalah ini.

Biaya servis pintu mobil 

Untuk memperbaiki engsel pintu mobil, biasanya biaya servis pintu mobil berkisar Rp 200 ribuan. Besar biaya tentu berbeda-beda tergantung dari jenis mobil.

Jika mobil membutuhkan perbaikan door lock, siapkan biaya servis pintu mobil sekitar Rp 150 ribu hingga Rp 300 ribu. Lalu, jika karet pintu mobil sudah rusak dan harus diganti, bayarlah biaya servis pintu mobil Rp 150.000 per pintu.

Servis audio mobil

Kamu bisa menjalani servis audio mobil jika komponen-komponen sistem audio mobilmu sudah kotor dan berdebu, dan juga jika sistem audio mobil tidak mengeluarkan suara.

Jika mobil kamu terkena musibah banjir, otomatis sistem audio mobilmu juga terkena air. Kondisi ini juga membuatmu harus melakukan servis audio mobil, untuk memeriksa kerusakan akibat banjir.

Servis power audio mobil

Power amplifier atau penguat daya merupakan salah satu komponen penting pada sistem audio mobil, karena memiliki kegunaan untuk memperkuat sinyal masukan dari head unit mobil.

Mobil hanya mengeluarkan sinyal dengan kekuatan rendah, jadi kehadiran power amplifier akan menguatkan sinyal yang diberikan oleh mesin dan bisa dideteksi oleh pengemudinya melalui speaker.

Saat power amplifier protect, itulah waktu yang tepat untuk memperbaikinya. Protect mode bisa aktif karena mesin power amplifier masih sensitif dan bisa melindungi power amplifier dari kerusakan yang lebih fatal.

Tapi, protect mode ini juga harus kamu perbaiki agar dapat  menghasilkan kenyamanan saat berkendara. Servis power audio mobil ini memang bisa dilakukan sendiri, namun resiko kegagalannya juga besar.

Akan lebih baik lagi jika servis power audio mobil ini dilakukan oleh teknisi audio mobil yang sudah terlatih dan berpengalaman.

Servis head unit mobil

Kerusakan yang biasa menimpa head unit mobil adalah rusaknya LCD head unit, touchscreen head unit tidak berfungsi, gangguan saat membaca keping CD atau DVD, tidak bisa membaca atau mendeteksi USB flashdisk.

Biaya servis audio mobil

Biaya servis audio mobil bervariasi, tergantung kerusakan yang dialami. Untuk servis tape mobil termasuk untuk jasa pengecekan dan pemasangan head unit, yaitu Rp200 ribuan saja.

Jika komponen head unit ada yang harus diganti, maka harus siapkan dana ekstra. Siapkan uang kurang lebih Rp 600 ribu – Rp 800 ribuan, untuk produk aftermarket buatan Cina.

Untuk perbaikan LCD head unit biaya servisnya mulai dari Rp 2 juta hingga Rp 6 juta, tergantung dari tingkat kesulitan, jenis mobil, dan ketersediaan komponen penggantinya.

Jika head unit tidak ada layar tapi sudah USB, maka harga servisnya berkisar Rp 600 sampai 800 ribu. Tapi kalau head unit mobilmu adalah OEM, maka biaya servis lebih mahal dan bisa mencapai Rp5 juta sampai Rp10 jutaan.

Berikut ini daftar harga komponen head unit dari berbagai merk, sebagai gambaran:

  • Pioneer: Rp2 jutaan
  • Kenwood: Rp700 ribuan – Rp10 jutaan
  • DIN merek China: Rp150 ribu – Rp400 ribuan
  • Sony: Rp300 ribu – Rp5 jutaan

Servis lampu mobil

Lampu adalah salah satu komponen penting di mobil kamu. Melihat perkembangan tren model lampu mobil yang semakin beraneka ragam, maka semakin banyak bengkel khusus servis lampu mobil.

Beberapa masalah yang paling banyak dijumpai pada lampu mobil adalah lampu utama berkedip sangat cepat, nyala lampu redup, lampu kerap mati sendiri, lampu sein yang mati, atau lampu sein nyala tapi tidak berkedip.

Lampu mobil memang sudah seharusnya diperhatikan kondisinya, sebab sehat tidaknya lampu mobil dapat mempengaruhi keselamatan pengemudi.

Jangan menunda untuk melakukan servis lampu mobil, agar kerusakan lampu mobil tidak menjalar ke komponen kelistrikan lainnya.

Servis headlamp mobil

Headlamp atau lampu utama mobil akan menguning, seiring dengan bertambahnya usia kendaraan. Umumnya mika headlamp mobil akan berwarna kuning pada mobil yang usianya sudah 5 tahun keatas.

Tak hanya membuat tampilan mobil lebih jelek, headlamp mobil kuning juga menurunkan faktor keamanan berkendara. Karena pancaran sinar headlamp meredup, akibat kondisi mika yang buram.

Jelas hal ini membuat visibilitas pengemudi saat malam hari pun menurun. Bawa mobil kesayanganmu ke bengkel untuk menjalani servis headlamp mobil.

Biaya servis lampu mobil berembun

Biaya servis lampu mobil berembun berbeda-beda, tergantung dari jenis mobilnya. Sebagai gambaran, biaya servis lampu untuk mobil-mobil buatan Jepang adalah Rp 300 ribu hingga Rp 350 ribuan.

Sedangkan biaya servis lampu mobil Eropa lebih mahal lagi, yaitu Rp 500 ribuan.

Servis mesin mobil

Mesin mobil punya fungsi yang sangat vital bagi mobil, agar bisa melaju di jalanan. Secara sederhana, cara mesin menggerakkan mobil adalah dengan mengubah energi panas pada kendaraan menjadi energi gerak.

Jenis mesin pada mobil, memiliki karakter yang berbeda. Hal ini akan membuat karakter mobilmu berbeda dengan mobil lainnya. Mesin sendiri terdiri dari banyak komponen yang membutuhkan jenis servis berbeda-beda dari bengkel.

Berikut beberapa jenis jasa servis yang dibedakan berdasarkan komponen-komponen mesin mobil kamu, yaitu servis dinamo starter, servis ECU mobil, servis tune up mobil, servis karburator mobil, dan servis injeksi mobil.

Servis dinamo starter mobil

Ciri-ciri dinamo starter memerlukan jasa servis adalah, ketika mobil kamu jadi sulit untuk dinyalakan. Fungsi dinamo starter hampir serupa dengan aki, yaitu untuk menghidupkan mesin mobil.

Caranya dengan mengubah energi listrik baterai menjadi energi gerak. Energi gerak itulah yang digunakan untuk menggerakkan poros mesin melalui komponen flywheel.

Cara servis dinamo starter mobil bermacam-macam tergantung kerusakannya, begitu juga dengan biaya servis dinamo starter mobil. Menurut situs otoklix.com, untuk kerusakan ringan, maka biaya servis dinamo starter hanya sekitar Rp 500 ribuan hingga Rp 800 ribuan.

Sedangkan jika ada komponen yang harus diganti, seperti tembaga atau menggulung ulang, maka ada biaya sebesar Rp 400 ribuan sampai Rp 500 ribuan. Lalu jika terjadi kerusakan pada bendik atau anchor atau carbon brush, kamu harus membayar sekitar Rp 1 jutaan.

Kalau dinamo starter harus diganti maka biayanya mulai dari Rp 1 jutaan, tergantung dari jenis mobilnya.

Servis ECU mobil

ECU merupakan singkatan dari Electronic Control Unit. Komponen ini punya peran penting sebagai komputer yang mengatur sensor-sensor di seluruh mobil. Ketika ECU mobil rusak, otomatis tidak ada yang mengatur sensor-sensor di mobil.

ECU adalah komponen yang mengatur kerja timing dan volume semprotan bahan bakar, waktu pengapian, buka-tutup klep, di dalam mesin.

Cara servis ECU mobil yang rusak adalah dengan membongkarnya, kemudian melakukan pemeriksaan secara fisik. Jika rusak akibat mobil terendam banjir, maka ECU harus dikeringkan terlebih dahulu.

Setelah pemeriksaan secara fisik selesai, lakukanlah pengecekan komponen-komponen ECU seperti transistor, IC, resistor, dan kapasitor dengan memakai multitester.

Biaya servis ECU mobil sangat tergantung dari jenis mobilnya. Sebagai contoh, ECU Toyota Camry harganya Rp 7 jutaan, maka biaya servis ECU mobilnya Rp 1,5 juta hingga Rp 2 juta. 

Sedangkan Toyota Avanza, harga komponen ECU nya Rp 2,5 juta, sehingga biaya servis ECU mobilnya sekitar Rp 800 ribu. Mobil Eropa yang harga ECU nya diatas Rp 10 juta, maka harga jasa servis ECU nya menjadi Rp 3 jutaan. Hal tersebut seperti yang dilansir dari situs gridoto.com.

Servis karburator mobil

Karburator adalah komponen penting dalam sebuah mobil. Fungsi karburator adalah untuk mencampurkan udara dan bahan bakar untuk pembakaran. Komponen yang satu ini memang sering sekali kotor atau mengalami kerusakan. 

Untuk melakukan servis karburator mobil sendiri ada beberapa peralatan yang harus disiapkan yaitu lap, sikat kawat dan halus, kemudian bensin dan kompresor.

Jika tidak memiliki kompresor, kamu bisa menggunakan pompa atau sejenisnya yang dapat digunakan untuk membersihkan kotoran di dalam karburator.

Berikut cara servis karburator mobil yang bisa kamu lakukan sendiri yang dilansir oleh otoflix.com.

  1. Langkah pertama, lakukan dengan cara idle up. Nyalakan mesin dan kemudian kendorkan terlebih dahulu sekrup idle up. Kemudian nyalakan AC dan kendorkan idle up sampai tidak bisa lagi merendahkan putaran mesin.
  2. Selanjutnya kendorkan sekrup putaran mesin, sampai putaran mesin turun dan jangan sampai mesin mati.
  3. Kemudian putar sekrup idle ke kiri sampai mesin hampir mati. Lalu, putar kembali ke kanan pelan-pelan, disini kalian dapat mencari putaran mesin tertinggi. Biasanya pada posisi ini terjadi campuran bahan bakar dan udara yang paling baik.
  4. Ketika sudah menemukan putaran mesin terbaik, kamu dapat menyetel kembali sekrup putaran mesin (gas). Cari putaran mesin terbaik, antara 700 sampai 900 RPM. Jangan terlalu kecil, agar mesin tidak mudah mati dengan sendirinya.
  5. Setelah itu kalian dapat melakukan penyetelan kembali pada sekrup idle up AC. Sesuaikan dengan putaran mesin antara 900 sampai 1000 RPM. Kemudian matikan AC, dan lihat apakah RPM sudah pas atau sesuai yang diinginkan.
  6. Jika belum sesuai kalian melakukan penyetelan sampai menemukan RPM yang diinginkan.
  7. Ketika semua sudah selesai, jangan lupa untuk membersihkan filter bahan bakar serta filter saringan udara dengan menggunakan alat yang sudah kami jelaskan diatas.
  8. Selesai, mobil sudah siap dijalankan tanpa adanya masalah pada karburator tersebut.

Jika kamu ingin membawa mobil ke bengkel untuk servis karburator maka biaya servis karburator mobil berkisar antara Rp 175 ribu hingga Rp 200 ribuan.

Servis injeksi mobil

Mobil-mobil keluaran terbaru biasanya sudah tidak memakai karburator, dan menggunakan sistem injeksi bahan bakar. Mesin bersistem injeksi ini akan menghasilkan tenaga lebih besar daripada mesin karburator.

Dalam jangka panjang, sistem injeksi ini dapat membantu meningkatkan daya tahan mesin, sehingga lebih awet dan tidak boros bahan bakar. Namun sistem ini tentu saja memerlukan jasa servis injeksi mobil yang berbeda dengan servis karburator.

Cara servis mobil injeksi dapat menggunakan alat scanner mobil atau diagnostic tools. Alat ini dapat berkomunikasi dengan komponen ECU mesin, dan akan menampilkan data terkait dengan engine management, seperti diagnostic trouble code, live data stream.

Bahkan alat scanner ini mempunyai fitur actuation test, untuk mengintervensi sementara ECM, serta fitur customize untuk mengubah beberapa parameter.

Untuk mengoperasikan alat scanner sampai pada tahap ini, dibutuhkan pengetahuan dasar sistem kontrol mesin dan penguasaan alat scanner tersebut. Proses ini juga serupa dengan cara servis injeksi mobil Avanza, atau service mobil injeksi lainnya.

Biaya servis injektor mobil bensin biasanya sudah termasuk paket biaya servis tune up. Sedangkan untuk biaya servis injektor mobil sendiri berada di kisaran Rp 150 ribuan hingga Rp 200 ribuan per injektor.

Servis aki mobil

Aki mobil merupakan komponen penting bagi mobil. Fungsi aki sangat penting untuk menopang kelistrikan mobil sehingga dapat tetap berjalan. Berkat aki, bagian lain dari mobil seperti lampu, AC, kamera parkir, sampai klakson, dapat berfungsi.

Cara servis aki mobil

Ada beberapa langkah cara servis aki mobil basah yang bisa kamu lakukan sendiri, yaitu:

  1. Lepas aki dari mobilnya. Jangan lupa gunakan sarung tangan dan masker yang sudah disiapkan.
  2. Buka penutup lubang-lubang aki dengan menggunakan tang atau kunci pas agar lebih mudah.
  3. Buang cairan pada aki yang rusak. Caranya dengan membalikkan aki. Buanglah cairan tersebut di tempat yang aman. Jauhkan dari jangkauan anak-anak. Selain baunya yang menyengat, ingat juga bahwa cairan aki juga sangat berbahaya bila terkena tubuh.
  4. Memasukkan air panas melalui lubang-lubang aki. Setelah itu kocok dan buang kembali. Kemudian kamu bisa gunakan air biasa untuk membilas tempat aki tersebut, dengan mengocok isi aki dengan menggunakan air biasa. Lakukan secara berulang supaya elemen aki menjadi bersih.
  5. Balik aki dan biarkan sampai tidak ada air yang tersisa.
  6. Setelah semua sisa air habis keluar, isi aki dengan air aki zuur sampai batas maksimal. Gunakan corong kecil untuk mengisi aki dengan air aki zuur.
  7. Mengisi daya aki. Proses ini memerlukan waktu semalaman. Gunakan pengisi daya dengan aliran kecil agar lebih stabil dan tahan lama.

Servis aki kering mobil

Sedangkan dibawah ini adalah langkah servis aki kering mobil yang bisa dilakukan sendiri.

  1. Melepas aki kering dari mobil
  2. Bersihkan permukaan aki kering
  3. Buka tutup cover aki kering
  4. Isi aki dengan air aki hingga kedalaman 1 cm.
  5. Tutup aki kering
  6. Isi daya aki kering dengan adaptor
  7. Cek kembali kondisi aki kering

Biaya servis aki mobil

Ada dua solusi untuk menyelesaikan masalah aki mobil yang soak. Pertama adalah, kamu bisa membeli aki mobil baru dan membuang aki lama. Kedua, adalah servis aki mobil lama kamu, dengan mengisi daya.

Biaya servis aki mobil dengan mengisi dayanya hanya Rp 10 ribuan saja, namun kamu harus bersabar menunggu proses pengisian daya 3 sampai 5 jam.

Servis remot mobil

Remote atau remot mobil tidak hanya berfungsi untuk membuka dan mengunci pintu saja tetapi juga berguna di saat genting. Contohnya, saat kamu mencari mobil di tengah keramaian, indikasi pencurian, dan lain-lainnya.

Remote mobil rusak memang memerlukan jasa servis remote mobil agar bisa dilakukan pengecekan oleh teknisi terlatih dan berpengalaman, yang memiliki peralatan lengkap.

Biaya servis remot mobil

Biaya service remot mobil berbeda-beda, tergantung kerusakan. Namun berkisar antara Rp 150 ribuan sampai Rp 300 ribuan. Prosesnya juga tergolong cepat, dua jam sudah bisa berfungsi kembali.

Servis shockbreaker mobil

Shockbreaker senantiasa menjadi komponen dimana mobil bertumpu. Hal ini membuat shockbreaker biasanya lebih rentan terhadap kerusakan. Untuk perawatan, sebaiknya cek shockbreaker mobil setiap menempuh jarak 25.000 kilometer.

Biaya servis shockbreaker mobil

Biaya servis shockbreaker mobil yang harus dikeluarkan untuk ganti seal shockbreaker, hanya sekitar Rp 50 ribu sampai Rp 100 ribu tergantung dari jenis mobilnya.

Sementara jika kamu ingin mengganti oli shockbreaker, harganya juga berkisar dari Rp 50 ribu sampai Rp 100 ribuan.

Servis speedometer mobil

Speedometer merupakan salah satu alat yang biasanya menempel di dashboard. Alat ini penting karena berfungsi sebagai penunjuk kecepatan mobil yang sedang kamu kendarai.

Jika rusak, proses servis speedometer mobil ini sendiri memakan waktu cukup lama, yaitu kisaran 1 hingga 4 minggu. Seba teknisi membutuhkan waktu untuk analisa kerusakan nya terlebih dahulu dan perlu dilakukan pengecekan komponennya satu per satu.

Harga servis speedometer mobil

Besarnya harga servis speedometer mobil bervariasi, tergantung dari jenis mobil dan jenis speedometer yang digunakannya. Namun umumnya, harga servis speedometer mobil mulai dari Rp 500 ribuan hingga Rp 2 jutaan.

Servis kaca mobil

Kaca mobil terbagi menjadi 3 jenis, yaitu kaca tempered, kaca partially tempered, dan kaca laminated. Tiap kaca mobil memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Pilihlah kaca dengan merek ternama dan telah terkenal dengan kualitasnya. Pilih juga kaca mobil yang paling banyak dipakai di Indonesia karena sudah pasti kualitasnya sudah sesuai dengan iklim di Indonesia.

Cara servis power window mobil

Saat ini, hampir semua mobil sudah menggunakan mekanisme power window untuk buka tutup kaca mobil. Berikut beberapa cara servis power window mobil.

  • Untuk memperbaiki switch atau saklar power window yang rusak, kamu cukup mengganti saklar yang rusak saja dengan yang baru.
  • Jika kerusakan terjadi pada motor listrik power window yang aus, maka kamu bisa mengganti brush atau sikat motor listrik yang aus.
  • Jika rel kaca mobil kamu terlalu kotor, maka cara memperbaikinya adalah dengan menyemprotkan spray silikon ke sela-sela rel kaca untuk membersihkan kotoran.

Servis kaca mobil retak

Ternyata tidak semua kaca mobil retak harus diganti. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk servis kaca mobil retak, dengan teknik suntik kaca atau las kaca retak.

Teknik ini dilakukan dengan memasukkan resin ke dalam retakan tersebut. Namun, suntik kaca hanya bisa dilakukan pada kondisi seperti berikut.

  • Tidak menembus kaca interior
  • Retakan kurang dari 14 inci
  • Tidak terjadi di sudut
  • Tidak mengganggu fitur yang ada pada kaca mobil

Sedangkan berikut ini adalah cara servis kaca mobil retak panjang:

  1. Bersihkan kaca

Bersihkan serpihan kecil kaca mobil, debu, pasir, tanah, dan kotoran lain. Pastikan tidak ada partikel yang bakal mengganggu proses penyuntikkan resin ke dalam retakan.  

  1. Lakukan pengeboran

Setelah bersih, kaca harus di-bor untuk membuat lubang. Nantinya, resin akan dimasukkan ke dalam lubang ini sehingga kaca mobil bisa merekat utuh kembali. Buat lubang secukupnya saja, jangan terlalu lebar, dan buatlah di sepanjang retakan. 

  1. Masukkan cairan resin

Masukkan cairan resin ke dalam lubang yang sudah dibuat tadi. Isikan cairan ini pada lubang hingga permukaannya tertutup. Setelah itu, tunggu beberapa jam untuk menunggu resin mengeras. 

  1. Pemerataan cairan 

Tunggulah beberapa jam, baru bisa terlihat hasilnya. Retakan kaca akan nampak mengecil dan cairan resin bisa mengembalikan kerekatan kaca. Kemudian, lakukan proses penyinaran sinar UV. Berulah setelahnya dilakukan proses pemerataan menggunakan lapisan film.

Biaya servis kaca mobil

Harga ganti kaca mobil dan harga perawatannya biasanya bervariasi, bergantung pada jenis kaca mobil yang dipilih, jenis kerusakannya, dan biaya lain-lainnya.

Namun, kebanyakan biaya untuk kaca mobil samping dan belakang dibanderol dengan kisaran harga Rp 1 juta hingga Rp 3,5 juta. Sedangkan kaca depan harganya Rp 1 juta.

Namun variasi harga tergantung pada merek mobil dan merek kaca yang dipilih.  Sementara itu untuk biaya pemasangan kaca mobil kurang-lebih Rp 600 ribu.

Servis alternator mobil

Alternator atau dikenal juga dengan nama dinamo ampere adalah komponen mobil yang berfungsi sebagai pembangkit listrik dan menyalurkannya ke komponen elektronik.

Jika rusak, maka suplai listrik pada mobil bisa terhambat. Akibatnya mobil akan sukar untuk dinyalakan, dan bahkan bisa mogok jika alternator rusak parah.

Ketika kondisi itu terjadi, maka mobil kamu perlu jasa servis dinamo ampere mobil atau servis alternator mobil.

Besaran biaya servis alternator mobil yang harus dibayar tergantung dari tipe mobil dan tingkat kerusakannya.

Namun, umumnya biaya servis dinamo ampere mobil berkisar Rp 200 ribuan sampai Rp 300 ribuan. Biaya tersebut belum termasuk penggantian komponen yang tidak bisa diperbaiki lagi.

Servis kelistrikan mobil

Pada servis jenis ini, mobil akan diperiksa menyeluruh semua lampu indikator, sistem starter mobil, sistem pengisian daya dan aki, sistem pengapian, serta pengecekan kabel dan soket. 

Biaya service kelistrikan mobil di situs olx.co.id itu berkisar antara Rp 100 ribu hingga Rp 200 ribu.

Servis klakson mobil

Klakson merupakan komponen pada mobil yang berfungsi sebagai pemberi isyarat atau sinyal untuk kendaraan bermotor lain maupun orang-orang di sekitar mobil. Ada tiga jenis klakson yang banyak digunakan mobil yaitu disc horn, fanfare horn, dan nautilus horn.

Biaya servis klakson mobil

Jika klakson mobil rusak, ada baiknya kamu bawa dulu ke bengkel untuk diperbaiki. Biaya servis klakson mobil pun tidak terlalu mahal, dibawah Rp 50 ribuan. Namun jika yang rusak adalah jaringan klakson jenis disc horn, maka tidak bisa diperbaiki.

Servis knalpot mobil

Knalpot mobil memiliki fungsi sebagai exhaust system untuk melakukan proses pembuangan gas sisa pembakaran dan membuat mesin mobil tetap berjalan normal.

Fungsi exhaust system sendiri selain untuk membuang hasil pembakaran yang terjadi di dalam silinder mesin, juga berfungsi untuk menjaga performa mesin sehingga mengurangi racun yang ada di dalam gas pembuangan tersebut.

Biaya servis knalpot mobil

Biaya servis knalpot mobil bocor dengan cara mengelas berkisar antara Rp 100-300 ribuan. Ongkos ini termasuk untuk knalpot yang patah. Biaya yang berbeda harus kamu bayar jika yang rusak adalah rubber mounting atau gasket dari knalpot, siapkan dana antara Rp 100 ribuan hingga Rp 250 ribuan.

Jika knalpot rusak parah dan harus mengganti baru dengan full system exhaust, kamu harus bayar biaya servis knalpot mobil sebesar Rp 2 juta sampai Rp 5 jutaan untuk produk lokal.

Sementara kalau kamu menginginkan knalpot kustom, atau kombinasi dengan produk impor, bisa ditebus dengan harga Rp 5 jutaan sampai Rp 15 jutaan. 

Servis bemper mobil

Setiap jenis mobil memiliki bentuk dan desain bemper yang unik dan berbeda-beda. Bemper sendiri adalah komponen terluar mobil yang ada di bagian depan dan di belakang.

Jadi, bemper merupakan bagian mobil yang beresiko rusak akibat gesekan, atau tabrakan.

Biaya servis bemper mobil 

Ketika bemper penyok, kamu perlu membawanya ke bengkel servis bemper mobil. Disitu montir akan mengecek separah apa penyok yang dialami bemper mobil kamu.

Biaya servis bemper mobil penyok yang harus kamu bayar tergantung dari tingkat keparahan penyoknya.

Menurut situs resmi Daihatsu Indonesia, untuk bemper penyok sepanjang 10-20 cm, biaya servis bemper mobil umumnya berkisar Rp 100 ribu sampai Rp 150 ribu. 

Jika kerusakan bemper hingga robek, kamu harus membayar biaya servis lebih tinggi lagi. Biaya itu belum termasuk biaya proses pengecatan ulang pada bemper. Harganya bervariasi tergantung pada cat yang digunakan, dan jenis mobil.

Biaya pengecatan bemper biasanya sekitar Rp 350 ribuan per panel. Harga untuk mobil MPV dan SUV pastinya lebih mahal, yaitu Rp 450 ribuan per panel.

Servis inverter power mobil

Inverter adalah alat yang mengambil input DC 12V, dan menyediakan 110v, atau 220v di banyak negara, output AC.

Secara sederhana, inverter mengambil listrik dari pemantik rokok atau soket listrik di mobil kalian kemudian diubah menjadi jenis listrik yang tersedia dari outlet listrik di rumah kalian.

Biaya servis inverter power mobil

Inverter adalah perangkat yang mengubah jenis listrik di mobil. Jika rusak, ada baiknya kamu menggantinya dengan inverter baru bukan memperbaikinya ke bengkel servis inverter power mobil.

Harga inverter mobil baru bervariasi antara Rp 200 ribuan hingga Rp 3 jutaan. Pilihlah inverter mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Servis velg mobil

Velg mobil menjadi tumpuan seluruh roda ban mobil, serta menjadi penyeimbang di saat roda melaju dengan kecepatan tinggi, menjadi tumpuan beban vertikal, dan juga beban samping.

Fungsi penting velg mobil juga merupakan salah satu komponen yang memiliki peran penting untuk menumpu seluruh beban mobil. Rusaknya velg mobil dapat mengganggu keselamatan perjalanan kamu.

Biaya repair velg mobil

Besarnya biaya repair velg mobil tergantung jenis kerusakannya. Jika velg mobil retak atau pecah, biaya repair velg mobil sebesar Rp 250 ribuan per satu velg mobil, untuk ukuran velg mobil 18 inci.

Semakin kecil ukuran velg mobil, biaya repair nya juga semakin murah. Untuk ukuran velg mobil di atas 18 inci kamu perlu membayar biaya repair velg mobil antara Rp 500 ribuan sampai Rp 1 jutaan per satu velg mobil untuk kerusakan yang sama.

Servis kopling mobil

Kampas kopling mobil bekerja untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke transmisi. Komponen kampas kopling mobil juga biasanya dikenal dengan sebutan clutch disc.

Kampas kopling ini juga juga menjadi penunjang agar mobil dapat berjalan dalam kondisi yang aman dan nyaman bagi penggunanya. Komponen ini juga sering mendapat masalah, hingga kadang terbakar.

Biaya servis kopling mobil

Besarnya biaya servis kopling mobil bervariasi, tergantung dari jenis mobil dan bengkel yang kamu kunjungi. Harga komponen kampas kopling pun berbeda-beda tergantung dari berbagai jenis mobil.

Servis gardan mobil

Gardan merupakan salah satu komponen mobil penting yang berfungsi membedakan putaran roda ketika berbelok, untuk mencegah agar roda tidak selip.

Komponen yang biasa disebut kopel ini, berperan penting dalam memperbesar momen serta mengubah putaran mesin ke roda mobil. Jika gardan tidak berfungsi sempurna atau bahkan mengalami kerusakan, bisa berakibat fatal pada kinerja mesin mobil.

Beberapa gejala gardan mobil kamu mengalami kerusakan adalah:

  • Roda mobil sulit dikendalikan
  • Meningkatnya suhu mesin, menjadi mudah overheat
  • Timbulnya suara bising dari mesin mobil
  • Jalan kendaraan menjadi tidak mulus
  • Rusaknya gear rasio

Biaya servis gardan mobil

Secara umum, biaya servis gardan depan mobil di bengkel biasanya di kisaran Rp 3 jutaan hingga Rp 4 jutaan. Sementara biaya servis gardan belakang mobil lebih murah Rp 500 ribu dari gardan depan, yaitu sekitar Rp 2,5 jutaan sampai Rp 3,5 jutaan.

Servis radiator mobil

Radiator adalah salah satu komponen mobil yang sangat penting karena berfungsi sebagai sistem pendingin.

Radiator akan mendinginkan air panas dari mesin yang masuk ke upper tank dan pipa-pipa radiator kemudian disalurkan kembali melalui lower tank.

Cara servis radiator mobil

Penyebab rusaknya radiator mobil biasanya mampet atau tersumbat. Hal tersebut umumnya disebabkan oleh faktor usia mobil dan pemakaian air yang tidak sesuai, seperti air kapur, air sumur, atau bisa juga karena air radiator yang jarang diganti.

Berikut adalah cara servis radiator mobil sendiri seperti yang dilansir dari situs otoklix.com.

  1. Siapkan bahan yang diperlukan yaitu air galon, radiator coolant, dan cairan untuk membersihkan radiator.
  2. Kuras air radiator dengan membuka bagian kran yang ada di bawah tangki radiator. Air radiator harus benar-benar terkuras habis, tidak boleh ada sisa.
  3. Bersihkan selang air radiator. Cara membersihkan selang radiator adalah dengan melepas selang kemudian semprotkan air ke dalamnya. Lakukan sampai tidak ada kotoran yang tersisa di dalam selang.
  4. Bersihkan inti radiator dengan cara mengisi air di radiator sampai air keluarannya bersih. Untuk membersihkan bagian inti ini gunakan selang radiator bersih dan radiator coolant. Atau kamu bisa menggunakan air galon biasa.
  5. Nyalakan mesin mobil untuk menguras air radiator. Tutup tangki radiator dan panaskan mesin 15 menit. Tunggu hingga thermostat naik ke posisi tengah hingga air radiator yang keluar lancar dan jernih. Jika sudah benar-benar kosong, matikan kembali mesin.
  6. Mengulang pembersihan radiator. Jika mesin sudah dingin, isi kembali radiator lalu hidupkan kembali mesin hingga air radiator keluar sampai habis. Lakukan langkah ini dua hingga tiga kali, agar tidak ada kerak yang tertinggal.
  7. Jika radiator sudah bersih, tutup kembali kran dan pasang selang. Kemudian, isi kembali radiator dengan radiator coolant karena mencegah timbulnya kerak. 

Biaya servis radiator mobil

Biaya servis radiator mobil di bengkel resmi umumnya lebih mahal, yaitu antara Rp 250 ribu sampai Rp 400 ribu. Tergantung tingkat kerusakan radiator mobil. Biaya service radiator mobil di bengkel umum hanya sebesar Rp 175 ribuan sampai Rp 350 ribuan saja.

Servis sabuk pengaman mobil

Sabuk pengaman adalah alat penting bagi keselamatan pengemudi dan penumpang mobil sebab berfungsi untuk mengurangi risiko cedera saat terjadi kecelakaan. 

Beberapa cara untuk merawat sabuk pengaman yaitu:

  1. Bersih sabuk menggunakan sikat halus
  2. Jangan gunakan pembersih deterjen karena akan beresiko membuat tampilan sabuk pengaman tampak kusam.
  3. Lap sabuk pengaman dengan kain microfiber kering dan bersih.
  4. Semprotkan cairan silikon secara berkala, untuk menjaga kelenturan sabuk pengaman
  5. Bersihkan pula bagian buckle atau gesper, agar terhindar dari macet saat ingin digunakan.

Cara servis sabuk pengaman mobil

Sabuk pengaman adalah komponen mobil yang jarang sekali rusak. Namun disarankan untuk menggantinya, jika usia sabuk pengaman sudah lebih dari 10 tahun.

Berikut beberapa cara servis sabuk pengaman mobil, yang bisa kamu lakukan sendiri.

  1. Pertama siapkan beberapa kunci dan obeng, kemudian congkel sabuk pengaman dengan obeng dan buka baut di bagian dalamnya.
  2. Selanjutnya buka juga baut bagian bawah, dan buka plastik penutupnya. Mekanisme seal belt akan tampak, dan rentan terhadap kotoran. Lepas baut penahan dan mekanisme sabuk dari tempatnya.
  3. Komponen tersebut memang rentan terhadap kotoran, sehingga bisa menyebabkan sabuk pengaman macet. Bersihkan dari kotoran agar seal belt tidak macet kembali.
  4. Gunakan kuas, semprotan angin, krim kulit, atau gemuk. Anda bisa bersihkan gerigi yang ada dalam komponen dengan krim kulit atau gemuk secara perlahan.
  5. Langkah terakhir yaitu potong sedikit bagian ujung plastik penutup palang pintu.

Servis TV mobil

Ada beberapa hal yang membuat TV mobil tidak bisa berfungsi optimal, yaitu:

  • Mematikan mesin mobil sebelum TV mati
  • Debu dan kotoran di dalam kabin bisa membuat layar sentuh TV mobil jadi tidak berfungsi
  • Jari yang dipakai untuk menyentuh layar sentuh sering kotor, maka bisa membekas dan menghasilkan bercak pada layar TV mobil
  • Sering menggunakan bahan cair di sekitar TV mobil, salah satunya adalah pewangi kabin mobil, maka sifat korosif di dalamnya bisa merusakan lapisan layar

Jika TV mobil kamu mengalami gangguan, kamu bisa membawanya ke bengkel servis audio atau ke bengkel resmi.

Biaya servis TV mobil

Jika kerusakan TV mobil ada pada layar LCD nya maka biaya servis TV mobil tidak jauh beda dengan tarif servis LCD head unit mobil, yaitu Rp 2 juta sampai Rp 6 juta, tergantung tingkat kesulitan, jenis mobil, dan ketersediaan suku cadang penggantinya.

Servis plafon mobil

Kerusakan yang paling sering terjadi pada plafon mobil adalah plafon turun atau ambles. Biasanya kerusakan plafon seperti ini terjadi pada mobil-mobil buatan Eropa yang usianya lebih dari 5 tahun.

Salah satu faktor penyebab plafon mobil buatan Eropa itu mudah ambles adalah faktor lingkungan Indonesia yang berbeda dengan kondisi kendaraan berasal.

Biaya perbaikan plafon mobil

Untuk biaya perbaikan plafon mobil, umumnya kamu harus menyiapkan dana sebesar Rp 4,5 jutaan sampai Rp 9 jutaan. Biaya tersebut tidak bisa dibilang murah, sebab pembongkaran plafon ada resiko dapat merusak sensor-sensor mobil.

Tips dari Lifepal! Ketika mobil kamu tidak bekerja dengan normal, tandanya kamu harus melakukan servis mobil. Ada macam-macam servis mobil yang bisa kamu jalani untuk memperbaiki kondisi mobil kesayanganmu.

Hal-hal seperti berapa lama servis mobil akan berlangsung, berapa banyak biaya servis mobil yang harus dikeluarkan, dan bagaimana ​​cara servis mobil yang dilakukan sebuah bengkel, biasanya akan ditanyakan kepada montir.

Biasanya setelah kendaraan selesai di servis, kamu akan diberikan kartu servis mobil yang berisi informasi pada kilometer berapa kendaraan harus kembali ke bengkel untuk di servis, jenis oli yang digunakan, dan juga kondisi aki mobil.

Pilihlah jenis servis yang mobil kamu butuhkan, dan jangan sampai lupa dengan jadwal servis berkala agar kendaraanmu tetap optimal. Jangan lupa pula untuk melindung mobil kesayanganmu dengan asuransi mobil terbaik. Pilihlah asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi mobil :

Lindungi mobilmu dengan asuransi

Biaya servis mobil dan perawatan tentu tidak murah. Jangan sampai biaya servis mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaranmu.

Manfaatkan asuransi mobil all risk supaya kamu gak perlu pusing lagi dengan tagihan bengkel karena kamu akan terjamin dari biaya perawatan mobil dan perbaikan kerusakan ringan serta berat. Bahkan dapat ganti rugi atas kehilangan akibat pencurian.

Hitung sendiri berapa kisaran preminya dengan kalkulator premi asuransi mobil Lifepal berikut ini.

Kemudian pilihlah asuransi mobil yang cocok sesuai kebutuhan. Misalnya kamu bisa membeli asuransi mobil syariah maupun konvensional. Yuk, cara tahu dengan mengikuti kuis asuransi mobil terbaik Lifepal di bawah ini

Kalau perlu, tambahan proteksi lainnya seperti asuransi kesehatan untuk menjaga dari risiko biaya berobat di rumah sakit yang mahal di tengah maraknya virus saat ini juga sangat diperlukan. 

Beli juga polis asuransi jiwa yang akan melindungi kamu dan keluargamu dari beban finansial saat tertanggung meninggal dunia. Seluruh produk asuransi terbaik bisa kamu dapatkan di Lifepal lebih hemat hingga 25%!

Hitung uang pertanggungan kamu

Uang pertanggungan adalah sejumlah uang yang akan cair jika terjadi risiko meninggal dunia. Produk asuransi umumnya akan memberikan uang pertanggungan asuransi (UP).

Nilai uang pertanggungan adalah hasil perhitungan Nilai Hidup Manusia. Jika kamu ingin mengetahui berapa besarannya, manfaatkan kalkulator nilai hidup manusia berikut ini untuk menghitungnya:

Perlu diketahui, asuransi memiliki sejumlah risiko, terutama mengenai risiko kerugian investasi. Jika produk yang kamu pilih berbentuk unit link, maka ada risiko kerugian investasi di dalamnya.

Artinya, ada kemungkinan kamu perlu membayar premi lebih lama dari ketentuan awal jika terjadi risiko kerugian tersebut. Kalau kamu tidak mengisi ulang saldo unit link yang kosong, bisa-bisa polis kamu lapse.

Maka dari itu, pastikan sebelum memilih produknya kamu sudah membaca polisnya secara rinci. Mau cara yang lebih simple? Manfaatkan fitur perbandingan asuransi terbaik di Lifepal!

Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi jiwa terbaik

Gunakan kalkulator menabung Lifepal!

Sudah tahu berapa yang harus ditabung untuk sesuatu setiap bulannya? Walaupun pemasukan kamu tidak besar, kamu harus berusaha memprioritaskan menabung. Sebab dana tabungan bisa digunakan untuk uang darurat, modal, atau modal usaha.

Gunakanlah kalkulator menabung bulanan untuk bantu menghitung besarnya uang yang harus kamu tabung untuk tujuan kamu. Cobalah kalkulator menabung bulanan ini.

Gunakan pula kalkulator waktu menabung di bawah ini untuk menghitung waktu menabung yang dibutuhkan untuk mencapai target nilai akhir tabungan.

Pertanyaan seputar servis mobil