• 2021-09-10 15.47.32
FLASHSALE
Diskon 10%

Hospital Cash Plan

  • Diskon Terbaik
  • 500+ Pilihan
  • Bantuan Klaim
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.

Hospital Cash Plan (HCP)

Hospital Cash Plan adalah Asuransi kesehatan yang memberikan uang santunan harian kepada tertanggung saat menjalani rawat inap di rumah sakit. Adapun besaran santunan diatur di dalam polis asuransi, tidak bergantung pada jumlah tagihan rumah sakit.

Misalnya, kita membeli asuransi Hospital Cash Plan dengan manfaat rawat inap maksimal Rp1 juta per hari, sementara biaya rawat inap nyatanya hanya Rp500 ribu per hari. Dari angka tadi, kita akan tetap mendapatkan Rp1 juta yang berarti surplus Rp500 ribu.

Anda bisa mendapatkan Asuransi Kesehatan Hospitas Cash Plan (HCP) terbaik dengan harga premi termurah, hanya dengan mengisi formulir diatas. Dapatkan diskon hingga 10 persen dan berbagai keuntungan menarik lainnya. Segera isi dan dapatkan berbagai manfaatnya.

Daftar Asuransi Hospital Cash Plan Terbaik

Untuk memudahkan nasabah mendapatkan polis Hospital Cash Plan terbaik, tim Lifepal telah membandingkan puluhan polis HCP. Berikut di antaranya:

Sekilas Tentang Asuransi Kesehatan Hospital Cash Plan

Hospital Cash Plan adalah Asuransi kesehatan yang memberikan santunan rawat inap harian atau biaya RS senilai dengan perjanjian polis yang telah disepakati sejak awal. Jadi, misalnya biaya yang harus dibayarkan Rp300 ribu per hari, namun manfaat santunan tunai dalam polis HCP adalah senilai Rp400 ribu per hari. Maka, nasabah tetap berhak mendapatkan santunan Rp400 ribu per hari.

Manfaat Asuransi Kesehatan Hospital Cash Plan

Asuransi Hospital Cash Plan memberikan manfaat atau benefit dasar yang serupa dengan Asuransi kesehatan, yaitu pertanggungan biaya rawat inap dan pembedahan. Berikut ringkasan manfaat atau benefit HCP:

  • Biaya kamar rawat inap. Biaya kamar rawat inap yang diberikan oleh Hospital Cash Plan tidak bergantung pada kwitansi rumah sakit, melainkan polis asuransi. Adapun santunan yang diberikan bersifat harian.
  • Biaya unit perawatan intensif. Biaya kamar perawatan intensif atau ICU yang diberikan Hospital Cash Plan bersifat harian dengan jumlah sesuai dengan yang tertulis dalam polis.
  • Biaya kunjungan dokter. Umumnya, Hospital Cash Plan juga memberikan manfaat santunan tunai harian untuk kunjungan dokter setiap harinya. Adapun besaran santunan sesuai dengan yang tertulis dalam polis.
  • Biaya umum rumah sakit. Biaya umum rumah sakit yang dimaksud meliputi obat-obatan, makan, lab, dan lain sebagainya. Santunan yang diberikan juga bersifat harian.
  • Biaya operasi. Biaya operasi yang ditanggung meliputi dokter ahli bedah, dokter ahli anestesi, dan ruang operasi. Santunan yang diberikan umumnya bersifat per tindakan.

Kelebihan dan Kekurangan Hospital Cash Plan

Kelebihan dan kekurangan Hospital Cash Plan bisa menjadi pertimbangan penting mengapa kita memerlukan atau tidak produk asuransi satu ini. Pelajari poin-poin penting mengenai HCP berikut ini.

Cara Kerja dan Ilustrasi Hospital Cash Plan

Sebelum membahas lebih jauh soal cara kerja asuransi HCP, Lifepal juga menawarkan polis Asuransi kesehatan terbaik dengan premi bersahabat. Bandingkan polisnya dengan isi formulir berikut!

Cara kerja dari asuransi Hospital Cash Plan atau HCP sebenarnya sangatlah sederhana. Misal, nasabah memilih polis Cigna Proteksi Sehat yang memberikan santunan tunai atas rawat inap hingga Rp1,5 juta per hari. Nasabah harus di rawat inap selama dua hari, berarti besaran santunan tunai yang berhak didapatkannya adalah Rp3 juta.

Namun, tagihan rumah sakit atas biaya rawat inap selama dua hari adalah sebesar Rp2 juta. Berarti nasabah tetap akan mendapatkan santunan tunai Rp3 juta sesuai dengan perjanjian polis dan terdapat surplus Rp1 juta dari nilai asli tagihan rumah sakit.

Harga Premi Hospital Cash Plan

Besaran premi Hospital Cash Plan bergantung pada beberapa faktor, mulai dari besaran santunan tunai yang diberikan, usia dan jenis kelamin, riwayat kesehatan, dan masih banyak lagi. Namun jika mengacu pada polis Simas Complete Care bisa didapatkan dengan kisaran premi mulai dari Rp60 ribu hingga Rp200 ribuan.

Cara Klaim Hospital Cash Plan

HCP merupakan manfaat turunan dari asuransi kesehatan, karena itu cara klaimnya pun serupa. Di mana nasabah perlu menyiapkan dokumen pendukung, mengisi formulir klaim, mengirimkan dokumen ke perusahaan asuransi atau agen yang dulu membantu nasabah dalam proses aktivasi polis. Kemudian, tunggu beberapa hari untuk mendapatkan informasi apakah klaim nasabah diterima atau ditolak. Apabila diterima, biasanya santunan tunai akan cair dalam waktu 14 hari kerja.

Namun biasanya setiap perusahaan asuransi memiliki metode klaim yang berbeda-beda. Jika ingin lebih mudah, Anda dapat membeli produk melalui broker asuransi terpercaya seperti Lifepal.

Sebab, Lifepal bertindak sebagai jembatan antara perusahaan asuransi dan nasabah guna memastikan semua nasabah mendapatkan haknya sesuai dengan perjanjian polis. Karena Lifepal ada untuk melindungi pelanggan dan bukan perusahaan asuransi.

Tips Memilih Hospital Cash Plan yang Bagus 

Tidak semua perusahaan memiliki layanan hospital cash plan yang bagus. Untuk itu, berikut ini adalah beberapa kriteria Asuransi kesehatan hospital cash plan yang bagus dan menguntungkan nasabah yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memilihnya. 

  1. Manfaat pengembalian premi
    Beberapa plan Asuransi kesehatan hospital cash plan menawarkan manfaat pengembalian premi apabila tidak ada klaim hingga masa polis berakhir. Umumnya besaran pengembalian premi tiap polis perusahaan berbeda-beda ada yang 20 persen, 50 persen, bahkan hingga 100 persen dari total premi yang telah dibayarkan. 
  2. Besaran santunan tunai
    Santunan tunai yang ditawarkan oleh Asuransi kesehatan memang sekilas terkesan besar. Misal total santunan tunai Rp20 juta terkesan banyak saat ini. Namun, jika dibandingkan dengan biaya perawatan kesehatan di Indonesia saat ini yang mana biaya operasi besar memakan biaya sekitar Rp7-15 juta, tentu manfaat pertanggungan Rp20 juta sangatlah kecil.
  3. Rasio klaim tahunan.
    Penting untuk kita mencari tahu catatan penyelesaian klaim atas perusahaan asuransi sebelum membeli produknya. Tanyakan rasio klaim (ICR) perusahaan asuransi kepada agen atau broker terkait, atau dapat melihat laporan tahunan perusahaan dan menghitung rumus ICR. ICR: Beban Klaim/ Pendapatan Premi
  4. Kebijakan renewal guarantee
     Perusahaan asuransi menjamin kebijakan perpanjangan polis yang berlaku untuk kondisi sakit apapun yang diderita nasabah selama masa pertanggungan. Kebijakan ini dapat membuat nasabah lebih tenang meski mendekati masa akhir polis asuransi.

Pertanyaan Seputar Hospital Cash Plan

Berikut beberapa pertanyaan yang sering diajukan atau dicari mengenai Asuransi Hospital Cash Plan.

Chat Bantuan