Ganti Ban Mobil, Ini Waktu dan Pertanda untuk Melakukannya

ganti ban mobil

Ganti ban mobil menjadi hal yang wajib dilakukan secara rutin karena berkaitan dengan keselamatan. Selain itu, ban juga merupakan salah satu komponen penting pada mobil. 

Fungsinya tidak sebatas menggerakkan mobil saja, melainkan juga menjadi faktor keselamatan, penghitungan konsumsi BBM, kenyamanan penumpang, serta menjadi komponen ketahanan kaki-kaki mobil.

Tips untuk ganti ban mobil yang direkomendasikan

Rutinitas ganti ban mobil tidak boleh kamu sepelekan. Namun, terkadang kita bertanya-tanya, kapan sih waktu yang tepat untuk ganti ban mobil? Simak penjelasan berikut ini.

1. Segera ganti ban mobil jika umurnya sudah lebih dari 3 tahun

Ban mobil tidak dapat digunakan terus-menerus karena terbuat dari karet elastis. Oleh sebab itu, kelenturan karet ban itu akan terus berubah seiring dengan lamanya pemakaian.

Semakin lama digunakan, elastisitas karet akan semakin berkurang, mengeras, hingga akhirnya kehilangan kelenturan. Karena mobil kerap digunakan untuk aktivitas sehari-hari, biasanya umur ban mobil tidak lebih dari 3 tahun. 

Jadi, segera ganti ban mobilmu ya kalau sudah lewat 3 tahun walaupun kembang ban tampak masih tebal. Bagaimana mengetahui usia ban mobil? Kamu tinggal membaca saja kode produksi ban mobil yang tertera. 

Perlu diketahui, umur ban mobil juga bergantung pada tipe ban mobil yang kamu pilih. Ada ban yang perawatannya relatif mudah seperti Run Flat Tyre, tetapi harganya selangit. 

Sesuaikan saja tipe ban mobil dengan kondisi keuanganmu. Sebelum membelinya, kamu bisa membandingkan harga di marketplace, toko konvensional, atau langsung ke bengkel ganti ban mobil terdekat. Belilah ban mobil dengan harga terbaik.

2. Jangan tunggu lama kalau jarak tempuh sudah 40 ribu km

Ketika jarak tempuh sudah mencapai 40 ribu km, sebaiknya kamu segera ganti ban mobil walaupun usia pakai masih di bawah 3 tahun. 

Saat kamu cek ban mobil, mungkin kelenturannya masih bagus. Namun, waspadai terjadinya aus karena telah menempuh jarak yang sangat jauh. 

Biasanya, pemakaian normal mobil berkisar 15-20 ribu km per tahun sehingga 40 ribu km akan tercapai dalam 2-3 tahun.

3. Ganti ban mobil jika ketebalan tapak ban melebihi batas TWI

Ban mobil memiliki indikasi Tread Wear Indicator (TWI), sebuah tanda batas keausan ban yang diizinkan untuk digunakan. Apabila kembang ban telah menyentuh segitiga TWI, artinya ban wajib diganti sesegera mungkin. 

Adapun posisi indikator TWI terletak di tepi ban (tampak segitiga kecil di area bawah kembang ban) dan di tengah telapak ban (berupa tonjolan kecil tidak setinggi kembang ban). Memeriksa kondisi tapak ban adalah suatu keharusan untuk memastikan mobil masih aman dikendarai.

Sebab, ban yang telah aus akan mempengaruhi pengendalian dan pengereman mobil. Tentu akan sangat riskan jika mobil dikendarai dalam kecepatan tinggi atau ketika jalanan licin.

4. Jangan biarkan ban gundul hingga ada benjolan

Kamu juga harus segera bertindak ketika terjadi ban gundul di tengah, walaupun bagian tepi kembangnya masih tampak bagus. 

Ban harus segera diganti karena ketebalan ban sudah tidak seragam lagi. Selain itu, ban juga bisa menipis pada bagian tertentu. Misalnya di tepi sisi luar, bagian telapak ban, atau tepi sisi dalam.

Benjolan pada ban juga kerap terjadi. Benjolan itu merupakan pertanda putusnya anyaman benang maupun kawat penguat konstruksi. Apabila sudah ada benjolan, artinya ketahanan ban sudah tidak seragam sehingga harus segera ganti ban mobil. 

Secara umum, benjolan pada ban diakibatkan oleh beberapa kondisi, misalnya kurangnya tekanan angin yang menyebabkan beberapa bagian ban menanggung beban lebih berat dari bagian lainnya.

Kamu bisa ke bengkel ganti ban mobil 24 jam apabila dalam kondisi terdesak. Harga ganti ban mobil bergantung pada jenis ban yang kamu pilih. 

Misalnya, untuk tipe Michelin Energy XM2 195/70 R14 dibanderol Rp820 ribu, Accelera Gamma 165/65 R13 dibanderol Rp390 ribu, Bridgestone Ecopia EP150 175/65 R14 dibanderol Rp595 ribu, Achilles Platinum 175-70/R13 dibanderol Rp478 ribu, dan sebagainya.

5. ​​​​​​​Ban retak dan terlalu sering ditambal

Ban yang terlalu sering terkena panas dalam jangka waktu lama biasanya mengalami keretakan di bagian sisi samping ban. Akibatnya, ban mudah rapuh dan rusak meskipun belum berumur 3 tahun. Segera ganti ban mobil apabila mengalami hal ini.

Selain itu, ban yang terlalu sering ditambal juga akan berkurang kekuatannya. Ini patut diperhatikan, khususnya bagi kamu pengguna ban tubeless yang sekali tambal bisa berfungsi lagi seperti semula.

6. Ganti ban mobil jika lecet terkena benda keras

Kontak dengan benda-benda keras seperti trotoar adalah hal yang tidak terhindarkan. Apalagi jika mobil sampai masuk lubang jalan yang rusak, pasti ban akan mengalami lecet dari sedang sampai serius.

Meskipun ban masih dapat digunakan, tetap ada potensi timbulnya masalah karena setiap sisi ban sudah tidak seragam lagi ketahanannya. Segera ganti ban mobilmu, jangan tunggu sampai pecah, ya!

7. Terjadi Heel Toe Wear (kembang ban terangkat)

Heel Toe Wear adalah kondisi kembang ban mobil terangkat akibat terlalu sering melintasi jalanan rusak atau dipacu dalam kecepatan tinggi. Akibatnya, sering terjadi rem mendadak.

Selain itu, Heel Toe Wear juga bisa diakibatkan bushing suspensi, bearing roda serta ball joint yang telah aus.

Pentingnya asuransi mobil untuk proteksi pada kendaraanmu

Itulah tanda yang perlu kamu perhatikan untuk segera ganti ban mobil. Kamu harus mempersiapkan semua kemungkinan terburuk. Bukan hanya kerusakan pada ban saja, melainkan juga karena hal-hal yang tak diinginkan, misalnya kecelakaan. 

Oleh sebab itu, upayakan untuk memiliki asuransi mobil agar uang tabungan dan dana investasimu tidak terganggu. Dengan adanya asuransi mobil, kamu bisa mendapatkan jaminan finansial berupa ganti rugi karena kerusakan ataupun kehilangan.

Ingin mengetahui lebih lanjut jenis asuransi mobil apa yang cocok buatmu? Kamu bisa mencari tahunya dengan mengisi kuis berikut:

Untuk mengetahui kisaran premi asuransi mobil, kamu bisa mengisi kuis berikut:

Pertanyaan seputar ganti ban mobil