Apa Asuransi Mobil yang Cocok Untukmu? Cari Tahu di Sini

cek asuransi mobil

Cek asuransi mobil sebelum membeli mobil memang jarang diperhatikan orang. Kebanyakan orang hanya melakukan cek kondisi fisik dan tidak melakukan cek asuransi mobil.

Tak perlu khawatir, Lifepal akan membantu kamu untuk menentukan asuransi mobil terbaik yang sesuai dengan kondisi finansial serta kendaraan kamu. Gunakan kuis asuransi mobil terbaik berikut ini untuk mengecek asuransi mobil terbaik bagi kamu:

Cek asuransi mobil juga tidak selalu dilakukan saat mau membeli mobil baru atau bekas, ketika kamu ingin melakukan perjalanan panjang juga perlu melakukan cek asuransi mobil.

Semua itu dilakukan agar perjalanan semakin tenang, karena tahu ada asuransi mobil yang memberi proteksi.

Sehingga dengan melakukan cek asuransi mobil kamu mengetahui apa yang sebenarnya yang pihak asuransi berikan. Hal ini karena pemahaman soal asuransi sangat penting ketika akan mengajukan klaim, terlebih ketika mobil rusak usai dibawa jalan jauh.

Jangan sampai karena tidak cek asuransi mobil, kamu jadi kurang paham dan muncul rasa ketidakpuasan terhadap proteksi yang diberikan.

Cara cek asuransi mobil

Ada beberapa cara cek asuransi mobil yang bisa kamu terapkan langsung. Tentu saja selain bertanya langsung pada petugas asuransi atau call center asuransi.

Temukan pilihan perlindungan finansial dari asuransi mobil supaya kamu tidak perlu lagi khawatir dengan mahalnya biaya perawatan dan perbaikan kerusakan mobil di bengkel. Dengan jaminan finansial dari asuransi mobil, dana tabungan dan investasimu jadi aman.

Untuk mengetahui cara cek asuransi mobil secara umum, maka ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan.

  1. Bacalah isi polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI) dengan seksama. Di dalam PSAKBI juga ada informasi polis. Didalamnya juga terdapat istilah-istilah standar dan Bahasa hukum dalam PSAKBI yang perlu kamu ketahui.
  2. Baca juga ikhtisar isi polis mobil, lihat hal-hal apa saja yang dijamin perusahaan asuransi terhadap kendaraan kita.
  3. Kemudian cek status asuransi mobil, pastikan juga asuransi termasuk ke dalam jenis pertanggungan mana? Masuk ke dalam Total Loss Only atau Comprehensive.
  4. Selanjutnya, selain cek status asuransi mobil kamu juga harus perhatikan juga perluasan apa saja yang dijamin oleh pihak asuransi. Apakah kerusuhan dan huru-hara, banjir, tanah longsor, gempa bumi, tanggung jawab hukum pihak ketiga atau lainnya. Perluasan jaminan ini bisa ditanyakan ke petugas asuransi saat membeli polis.

Perlu kamu pahami bahwa selain cek premi asuransi mobil, cek asuransi mobil merupakan langkah yang wajar dilakukan.

Namun untuk cara cek asuransi mobil secara detailnya, balik lagi tergantung pada jenis asuransi yang dibeli apakah TLO, all risk, atau jenis asuransi mobil lainnya.

Hal ini bisa kamu lakukan untuk cek asuransi mobil acc, maupun merk asuransi mobil lainnya.

Cek asuransi mobil All Risk

Jenis asuransi mobil terbagi atas dua, pertama asuransi TLO dan yang kemudian asuransi mobil All Risk. Begitupun dengan cara cek asuransi mobil juga terbagi atas dua sesuai dengan jenisnya.

Cara cek asuransi mobil kamu bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu bertemu langsung atau dengan cara online.

Jangan sampai biaya perbaikan mobil justru membebanimu. Manfaatkan asuransi mobil all risk supaya kamu tak perlu pusing lagi dengan tagihan bengkel, bahkan dapat ganti rugi atas kehilangan akibat pencurian.

Jika kamu banyak yang mau ditanyakan langsung, kamu bisa memilih cara yang paling mudah dan nyaman yaitu dengan bertatap muka. Kadang cara ini masih jadi cara bertanya dan mendapat informasi terbaik yang sering dipilih orang untuk dilakukan.

Namun di masa kini, perusahaan asuransi mobil selalu berusaha untuk menjangkau nasabahnya. Untuk itu, maka disediakan berbagai kemudahan dan fasilitas untuk bertanya secara online.

Selain dengan menggunakan kuis asuransi mobil terbaik, cara cek asuransi mobil online bisa dilakukan lewat aplikasi, web atau bahan via telepon.

Kamu bisa menghubungi pihak asuransi melalui live chat, telepon, atau dengan mengirimkan email.

Banyak juga yang memilih cara cek asuransi mobil melalui laman website khusus dari penyedia asuransi yang kamu pilih.

Cek asuransi TLO

Selanjutnya cek asuransi mobil yang lainnya adalah khusus untuk jenis asuransi TLO. Perlu diketahui, memeriksa asuransi TLO sama saja seperti jenis asuransi mobil All Risk.

Kamu juga bisa memeriksa status asuransi mobil dengan beberapa pilihan, berikut diantaranya.

  • Pertama kamu harus datang langsung ke kantor cabang asuransi terdekat atau temui agen asuransi terdekat.
  • Selanjutnya, untuk mengetahui cara memeriksa asuransi mobil online kamu bisa juga menggunakan aplikasi asuransi tersebut jika ada.
  • Selain melihat asuransi mobil online lewat aplikasi, kamu juga bisa akses lewat website penyedia asuransi.
  • Cara lainnya kamu bisa hubungi call center atau customer service melalui telepon, email, atau live chat.

Cara cek asuransi mobil bekas

Mengecek asuransi mobil juga dilakukan sebelum membeli mobil bekas. Beruntung rasanya jika kamu membeli mobil yang masih ada asuransinya.

Untuk mengetahui apa saja yang perlu diperhatikan saat memeriksa asuransi mobil bekas. Berikut beberapa tips-nya.

  1. Periksa jenis asuransinya
  2. Pastikan adakah perluasan jaminan
  3. Identitas mobil dan asuransi haruslah dicocokan terlebih dahulu
  4. Tanyakan masa berlaku dan biaya polis asuransi
  5. Langsung lakukan balik nama

Cara memilih polis asuransi mobil

Setelah paham bagaimana cara memeriksa asuransi mobil, kini kamu jadi punya gambaran bagaimana cara memilih asuransi yang baik dan pas untuk mobil.

Pastikan kamu mengatur keuangan dengan baik agar gak boros dan sudah terproteksi dengan asuransi mobil. Kamu juga bisa dapat ganti rugi andai mobilmu hilang dicuri berkat asuransi mobil TLO.

Selain biaya, ada banyak hal lain yang harus kamu pertimbangkan serta manfaat yang akan didapatkan.

Biasanya, reputasi perusahaan asuransi dan proses klaim juga harus menjadi pertimbangan penting agar tidak salah memilih produk asuransi.

Lalu apa saja yang harus diperhatikan dalam memilih polis asuransi mobil?

1. Pilih sesuai kebutuhan

Kamu sebagai pemilik mobil tentu paham perlindungan seperti apa yang diharapkan. Oleh karena itu datangi agen asuransi secara langsung dan pastikan kamu memilih asuransi yang sesuai kebutuhan.

2. Pahami syarat polis asuransi

Asuransi yang kamu beli biasanya berbeda, tergantung jenis produk asuransi yang dibeli.

Untuk perhatikanlah syarat dan ketentuan, bagaimana cara mendapat klaim, apa yang membatalkannya dan apa jenis polisnya.

Pilihlah syarat yang tidak memberatkan kamu sebagai pemegang polis. Jika memberatkan jangan dibeli, namun jika sebaliknya kamu bisa mencari asuransi mobil lain dengan cakupan perlindungan yang tidak jauh berbeda.

3. Bandingkan harga premi asuransi dengan layanan

Asuransi mobil banyak sekali yang menawarkan harga murah, namun bandingkan juga dengan layanan yang diberikan.

Tentunya meskipun murah, haruslah tetap memenuhi kebutuhan yang kamu miliki. Untuk itu tanyakan dengan cermat fitur layanan apa saja yang akan kamu dapatkan saat menjadi pemegang polis.

4. Jaringan bengkel rekanan luas

Salah satu fitur penting adalah asuransi mobil harus memiliki rekanan bengkel yang luas. Agar kamu bisa dengan mudah melakukan perawatan dan servis mobil.

5. Bandingkan dengan asuransi lainnya

Selain membandingkan harga dengan layanannya, kamu juga perlu membandingkan harga asuransi dengan produk lain nya.

Dengan begitu kamu bisa mendapatkan asuransi mobil all risk dengan harga murah adalah dengan cara membandingkan polis asuransi mobil dari beberapa penyedia asuransi.

Selain premi yang murah, dengan cara ini kamu bisa juga menemukan sisi unik dan kelebihan dari masing-masing penyedia asuransi.

6. Asuransi mobil pihak ketiga

Terakhir, untuk mendapatkan asuransi yang tepat, kamu bisa mencoba mencari asuransi mobil pihak ketiga.

Asuransi mobil pihak ketiga membuat kamu benar-benar merasa lega. Sehingga kamu tidak perlu lagi khawatir akan urusan ganti rugi, lantaran asuransi pihak ketiga bisa menggantinya.

Jangan sampai biaya untuk merawat atau memperbaiki mobilmu justru menguras tabungan. Manfaatkan asuransi mobil syariah agar kamu terjamin dari tagihan dari bengkel. Asuransi mobil syariah memberimu jaminan ganti rugi dengan tetap mengedepankan pengelolaan keuangan sesuai ketentuan syariat.

Tips dari Lifepal! Lifepal dapat membantu kamu untuk menentukan asuransi mobil terbaik yang sesuai dengan kondisi finansial serta kendaraan kamu.

Gunakan kuis asuransi mobil terbaik berikut ini untuk mengecek asuransi mobil terbaik bagi kamu.

Setelah paham bagaimana cara memeriksa asuransi mobil, kini kamu jadi punya gambaran bagaimana cara memilih asuransi yang baik dan pas untuk mobil.

Selain biaya, ada banyak hal lain yang harus kamu pertimbangkan serta manfaat yang akan kamu dapatkan.

Biasanya, reputasi perusahaan asuransi dan proses klaim juga harus menjadi pertimbangan penting agar tidak salah memilih produk asuransi.

Lindungi mobil kesayanganmu selama 24 jam dengan asuransi mobil terbaik. Pilihlah asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu. Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi mobil terbaik:

Pertanyaan seputar cek asuransi mobil 

Ada berapa jenis asuransi mobil yang umumnya ditawarkan perusahaan asuransi?

Jenis asuransi mobil terbagi atas dua, pertama asuransi TLO dan yang kemudian asuransi mobil All Risk. Yuk, cari tahu asuransi mobil terbaik untuk kamu di artikel ini.

Kenapa penting untuk memiliki asuransi?

Perlindungan finansial asuransi penting, agar tidak terbebani pengeluaran mendadak yang menguras tabungan. Pilih produk asuransi sesuai kebutuhan, yaitu asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi mobil, asuransi motor, asuransi rumah, dan lainnya. Cari tahu di Lifepal.

Dapatkan Promo