Pinjaman Online Terbaik dan Terdaftar Resmi di OJK [Terbaru 2020]

pinjaman online terbaik

Pinjaman online terbaik harus memenuhi beberapa karakteristik khusus sebagai ciri khas perusahaan fintech yang terpercaya.

Pinjaman online alias pinjol adalah solusi bagi kamu yang membutuhkan bantuan dana tunai cepat.

Cara pendaftaran pinjol yang mudah dan pencairannya yang cepat, membuat layanan keuangan ini menjadi andalan masyarakat. 

Namun, perlu diingat bahwa untuk mendapatkan pinjaman online terbaik yang sesuai dengan kebutuhanmu, pastikan perusahaan fintech pilihanmu tersebut menawarkan bunga pinjaman yang lebih rendah.

Pastikan juga mereka sudah terdaftar secara resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) supaya kamu terhindar dari penipuan oleh perusahaan ilegal. 

Buat kamu yang sedang mencari-cari layanan peminjaman uang, ada baiknya untuk memahami dulu pengertian pinjaman online dan rekomendasinya, termasuk bagaimana cara menghindari pinjol ilegal.

Jika mau mengajukan pinjaman, sebaiknya disertai asuransi kredit yang cara kerja proteksinya mirip asuransi jiwa. Untuk informasi lain mengenai kredit, simak ulasan dari pakarnya di Tanya Lifepal!

Pengertian pinjaman online

Pinjaman online adalah fasilitas pinjaman uang oleh penyedia jasa keuangan yang memanfaatkan teknologi dalam prosedur pengajuannya.

Melalui pinjol, masyarakat yang butuh dana cepat, gak perlu lagi mendatangi bank. Seluruh persyaratan dan prosedur dilakukan tanpa harus bertatap muka. 

Gak cuma itu, persyaratan mengajukan pinjaman online juga mudah, bahkan gak perlu jaminan. 

Cukup mengakses website atau mendownload aplikasi pinjol, kamu sudah bisa mendapatkan pinjaman cepat dalam waktu 24 jam dari mana saja dan kapan saja. Menarik, bukan?

Adapun penyedia pinjol adalah perusahaan financial technology alias fintech.

Pemohon kredit dapat mengirimkan syarat pinjaman online melalui email. Bahkan, wawancara kelayakan kredit dilakukan melalui sambungan telepon.

15 Pinjaman Online Terbaik & terdaftar OJK 2020

Lantaran pinjaman online ini memang sangat rentan terhadap penipuan, oleh karena itu ketika akan mengambil pinjaman, hal pertama yang harus kamu lihat adalah apakah penyedia pinjaman tersebut terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atau tidak. 

Hingga Agustus 2020, ada 33 perusahaan fintech yang sudah berizin resmi dari total 158 perusahaan fintech yang terdaftar di OJK

Nah kalau kamu pengin mengajukan pinjaman kilat melalui pinjol, jangan lupa lindungi keuanganmu dulu dengan asuransi jiwa supaya kamu bisa aman dari kredit macet andai kamu kehilangan sumber penghasilan tetap.

Baiklah, berikut ini daftar pinjaman online terbaik yang terdaftar OJK.

1. Kredit Pintar

Kredit Pintar adalah penyedia layanan pinjaman online langsung cair dan 24 jam berbasis aplikasi, dan dapat menjadi alternatif solusi saat membutuhkan dan darurat. 

Soal keamanannya, aplikasi Kredit Pintar aman karena proses verifikasi ganda agar dana pinjaman kamu tetap terhindar dari penipuan. 

Untuk mengajukan pinjaman, kamu hanya perlu mengunduh aplikasi Kredit Pintar di Play Store lalu ikut syarat dan ketentuannya.

Syarat pengajuan pinjaman online di Kredit PIntar cukup dengan dua tanda pengenal, misalnya KTP dan NPWP, dan disertai dokumen resmi lain.

Ini fitur yang ditawarkan Kredit Pintar.

  • Plafon pinjaman hingga Rp2,3 juta 
  • Tenor pinjaman dari 60 sampai 90 hari.
  • Proses pencairan dana pinjaman di Kredit Pintar hanya butuh waktu kurang dari 60 menit.
  • Ada biaya layanan sebesar 10-15 persen dari total pinjaman. 
  • Biaya keterlambatan: 1 persen/hari. 
  • Proses pelunasan dan pembayaran cicilan yang mudah bisa dilakukan via transfer lewat ATM, M-Banking, BluePay dan di semua cabang Alfa Group (Alfamart, Alfamidi, Alfa Express, Lawson, dan lain-lain).

Alamat dan call center PT Kredit Pintar Indonesia.

Lokasi gedung District 8 Treasury Tower lt 53, Sudirman Central Business District (SCBD) Lot 28

 

Jl. Jend Sudirman Kav 52-54, Senayan, Kebayoran Baru Jakarta Selatan 12190

Telepon (021) 50598882
Email [email protected]

2. CashWagon

CashWagon adalah pinjaman online pribadi melalui aplikasi dengan prosedur sederhana dan cepat yang bisa diajukan kapan dan di mana saja. 

Terkait keamanan, CashWagon memanfaatkan kecerdasan buatan alias AI (Artificial Intelligence), Machine Learning, dan Big Data yang mampu mendeteksi skema kejahatan penipuan dan menemukan aplikasi mencurigakan yang dilakukan sindikat untuk menipu.

Untuk mengajukan pinjaman, kamu hanya perlu mengunduh aplikasi Cashwagon di Play Store lalu ikut syarat dan ketentuannya. Syarat pengajuan cukup dua tanda pengenal misalnya KTP dan NPWP atau dokumen resmi lain.

Beberapa fitur yang ditawarkan CashWagon.

  • Plafon pinjaman hingga Rp5 juta.
  • Tenor hingga 180 hari.
  • Pencairan dalam 7 menit.
  • Bunga pinjaman 1 persen per hari.

Alamat dan call center PT Kas Wagon Indonesia.

Lokasi gedung Oleos 2 Building Jl. Kebagusan Jakarta 12520
Telepon (021) 40337979
Email [email protected]

3. DanaBijak

Produk yang ditawarkan oleh DanaBijak adalah Kredit Tanpa Agunan (KTA) yang berada di bawah manajemen PT. Digital Micro Indonesia yang berkantor pusat di Jakarta. DanaBijak juga telah terdaftar resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Peminjam yang baik diberikan poin untuk bisa naik level. Semakin tinggi level, akan semakin tinggi plafon pinjaman dan semakin rendah suku bunganya.

Untuk mengajukan peminjaman uang di DanaBijak, kamu harus menyiapkan file E-KTP yang telah dipindai (scan), rekening tabungan 3 bulan terakhir, dan foto diri untuk diunggah sebagai pelengkap registrasi Danabijak. Selain itu, kamu harus memiliki pendapatan minimal Rp2,5 juta per bulan.

Beberapa fitur dari DanaBijak.

  • Jumlah maksimum pinjaman awal Rp3 juta.
  • Tenor pinjaman 7 sampai 30 hari.
  • Bunga 7 persen.
  • Waktu pemrosesan pinjaman 48 jam.
  • Dana dicairkan pada hari yang sama dengan hari persetujuan permohonan pinjaman.

Alamat dan call center DanaBijak.

Alamat gedung CoHive 101, Lt. 7

 

Jl. Mega Kuningan Barat Jl. DR. Ide Anak Agung Gde Agung No.1, RT.5/RW.2, Kuningan, Jakarta Selatan 12950

Telepon +6221 3049 6181
Email [email protected]

4. Dompet Kilat

Pinjaman tunai instan lainnya adalah Dompet Kilat. Kelebihan Yang dimiliki Dompet Kilat dibanding pinjaman online dan KTA lainnya yaitu banyaknya pilihan jenis pendanaan yang kamu butuhkan.

Mulai dari bantuan pelunasan hutang, kredit motor, modal wirausaha, biaya pengobatan, biaya renovasi rumah, biaya pendidikan, biaya hidup hingga biaya pernikahan.

Buat kamu yang berusia minimal 18 tahun, punya KTP dan memberi bukti penghasilan bisa mengajukan pinjaman di perusahaan fintech ini dengan mengunduhnya di smartphone kamu. 

Berikut beberapa fitur dari Dompet Kilat.

  • Plafon pinjaman hingga Rp2 juta.
  • Tenor pinjaman sampai 30 hari. 
  • Pencairan dana kilat, kurang dari 10 menit. 
  • Bunga kompetitif yaitu 0,1% per hari.

Alamat dan call center Dompet Kilat.

Lokasi gedung Indosurya Plaza, Penthouse Floor

 

Jalan M.H. Thamrin Kav 8-9, Jakarta 10230.

Telepon (021) 400-00855
Email [email protected]

5. Uang Teman

Pinjaman online terbaik berikutnya adalah Uangteman. Ada tiga produk pinjaman UangTeman yang bisa kamu pilih yaitu Sekali Bayar, Cicilan, dan Cicilan Ringan. Masing-masing produk menawarkan plafon, tenor, dan bunga yang berbeda. 

Di UangTeman kamu bisa mengajukan pinjaman kapan dengan download aplikasinya, isi formulir, lalu tanda tangan secara elektronik, dan tunggu sampai status pendaftaran disetujui. 

Ini beberapa fitur yang ditawarkan UangTeman.

  • Jumlah pinjaman maksimal Rp3 juta untuk Sekali Bayar, Rp5-20 juta untuk Cicilan, dan Rp3,5-10 juta untuk cicilan ringan.
  • Durasi pinjaman maksimal 70 hari untuk Sekali Bayar dan 6 bulan untuk Cicilan dan Cicilan Ringan.
  • Bunga 9-18%. 

Alamat dan call center PT Digital Alpha Indonesia.

Lokasi gedung Gedung Perkantoran Pakuwon Tower

 

Kota Kasablanka Lt 28 Unit A-J

Jl. Casablanca Raya Kav 88, Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan 12870

Telepon
Email [email protected]

6. MauCash

Pinjaman online terbaik dan terdaftar di OJK selanjutnya adalah MauCash. MauCash adalah produk dari Astra dan WeLab yang terdaftar dan diawasi oleh OJK sehingga data kamu dijamin aman.

Kalau kamu ingin mengajukan pinjaman di MauCash, kamu hanya perlu mengunduh aplikasi MauCash di Play Store lalu isi data diri dan lengkapi dokumen yang diperlukan.

Jika aplikasi pengajuan pinjaman sudah disetujui pencairan akan langsung masuk ke rekeningmu.

Berikut beberapa fitur dari MauCash.

  • Pinjaman yang diberikan mulai dari Rp500 ribu hingga Rp10 juta.
  • Kemudahan pinjaman uang yang bisa dicicil dengan tenor yang cukup panjang, yaitu 4 bulan sampai 6 bulan. 
  • Maksimal bunga per tahun sebesar 125 persen.

Alamat dan Call Center PT Astra Welab Digital Arta.

Lokasi gedung Menara FIF lt 16. Jl TB Simatupang

 

Kavling 15 Cilandak, Kota Jakarta Selatan

Daerah Ibukota Jakarta 12440

Telepon 1500 396
Email [email protected]

7. PinjamanGo

PinjamanGo adalah produk layanan pinjam berbasis teknologi finansial (fintech) dari Sinar Mas yang mempertemukan peminjam dan pemberi pinjaman dalam sebuah platform online serta menawarkan layanan keuangan yang dapat dinikmati oleh semua pengguna.

Semua proses pinjam meminjam uang dilakukan secara digital sehingga dapat menghemat waktu serta menghasilkan biaya yang terjangkau untuk semua pengguna.

Fitur yang ditawarkan PinjamanGo sebagai berikut.

  • Jumlah pinjaman hingga Rp6 juta.
  • Tenor Pinjaman hingga 14 hari.
  • Suku bunga: 0,8 persen per hari.
  • Pelunasan mudah, bisa langsung pinjam lagi.

PinjamanGo termasuk pinjaman online terbaik yang cepat cair karena proses pencairannya hanya butuh satu hari saja, jadi kamu bisa mengharapkan dapat jawaban jauh lebih cepat.

Alamat dan call center PinjamanGo.

Lokasi gedung Sinar Mas Land Plaza, Tower I, 9th floor

 

Jl. M.H. Thamrin No. 51, Jakarta 10350 – Indonesia

Telepon (021) 3003-3039
Email

8. Julo

Pinjaman uang cepat dan aman selanjutnya adalah Julo berbasis aplikasi smartphone. Di tengah persaingan bisnis yang ada, hingga saat ini Julo menjadi salah satu pinjaman online bunga rendah.

Kemudian, seleksi risiko kredit dengan menggunakan teknologi big data, machine learning & algoritma mutakhir untuk menguji kelayakan kredit kamu.

Cara mengajukan peminjaman uang di Julo hanya mendownload aplikasi kami di Google Play Store, Install dan isi data pribadi hingga mendapatkan JULO Poin. 

Fitur Julo:

  • Plafon Pinjaman hingga Rp8 juta
  • Tenor Pinjaman hingga 6 bulan
  • Bunga 0% untuk bulan pertama
  • Pencairan Pinjaman dalam 1-2 hari

Keunggulan dari Julo sebagai salah satu fintech pinjaman online terbaik adalah kemudahan pinjaman uang yang bisa dicicil dengan bunga 0% untuk bulan pertama.

Jadi pengenaan bunga cicilan baru akan diberlakukan pada bulan kedua dan seterusnya..

Alamat dan call center PT. JULO Teknologi Finansial.

Lokasi gedung [email protected] Tower A Lantai 5. Jl. Casablanca Raya Kav.88

 

Jakarta Selatan 12870

Telepon
Email [email protected]

9. Indodana

Selanjutnya Indodana yang merupakan aplikasi pinjaman tanpa kartu kredit.

Menariknya, di Indodana kamu akan mendapatkan berbagai reward menarik mulai dari pulsa gratis atau voucher belanja kalau kamu bisa membayar cicilannya tepat waktu. 

Persyaratan untuk pinjam uang pribadi melalui aplikasi ini kurang lebih sama seperti KTA atau pinjaman online pada umumnya yaitu hanya butuh ponsel pintar, KTP, NPWP, dan sosial media.

Fitur Indodana hingga yang ditawarkan kepada calon debitur.

  • Plafon pinjaman hingga Rp8 juta.
  • Tenor pinjaman mulai dari 3 bulan.
  • Pencairan pinjaman yang cepat.
  • Suku bunga yang kompetitif.

Alamat dan call center Indodana.

Lokasi gedung Jalan Tomang Raya No. 38, Jatipulo, Palmerah, Jakarta Barat, 11430
Telepon (021) 3950 0088
Email [email protected]

10. Finmas

Finmas masuk daftar pinjaman online cepat cair karena memang proses pencairannya hanya berdurasi maksimal 24 jam saja. Selain unggul dalam kecepatan, Finmas juga unggul dalam kemudahan syarat peminjaman. 

Langkah mengajukan pinjaman di Finmas adalah ajukan pinjaman dan verifikasi KTP. selesai. Dana yang kamu ajukan akan langsung cair ke rekening kamu.

Fitur Finmas yang ditawarkan sebagai berikut.

  • Plafon pinjaman terbagi dua yaitu Rp200 ribu sampai Rp500 ribu dan Rp1 juta hingga Rp1,5 juta.
  • Tenor yang diberikan dibagi menjadi 2, yaitu 20 hari untuk pinjaman Rp200 ribu hingga Rp500 ribu dan 30 hari untuk pinjaman Rp1 juta hingga Rp1,5 juta.
  • Bunga hingga 0,47 persen per hari. 
  • Pencairan pinjaman dalam 1×24 jam.

Alamat dan call center PT Oriente Mas Sejahtera.

Lokasi gedung Gedung CoHive 101 lantai 16

 

Jl. Mega Kuningan Barat Blok E.4.7 Nomor 1

Kawasan Mega Kuningan

Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12950

Telepon (021)509999 88
Email [email protected]finmas.co.id

11. Pohon Dana

Pohon Dana adalah FinTech dengan layanan P2P Lending yang mempertemukan pemberi pinjaman dan penerima pinjaman melalui online yang menyediakan akses pinjaman tanpa agunan. 

Proses pinjaman Pohon Dana mudah dan cepat karena memberlakukan proses verifikasi hingga credit scoring dengan teknologi artificial intelligence untuk proses kualifikasi dan analisis kredit macet.

Pohon Dana memiliki empat produk pinjaman dana, yakni pinjaman karyawan, pinjaman kesehatan (kerja sama dengan RS Mayapada), pinjaman pendidikan dan pinjaman permodalan UKM.

Berikut beberapa fitur Pohon Dana.

  • Jumlah pinjaman Rp1 juta sampai Rp15 juta.
  • Tenor hingga 24 bulan.
  • bunga pinjaman 1,5 hingga 5 persen tanpa biaya lainnya.
  • Proses cepat 3 hari dan pencairan 2 jam setelah aplikasi disetujui.

Alamat dan call center PT. Pohon Dana Indonesia.

Lokasi gedung Mayapada Tower I, Lantai 8

 

Jl. Jend. Sudirman kav. 28, Jakarta 12920

Telepon 0818 189 660 / 0819 0113 9660 (Whatsapp)
Email [email protected]

12. Danamas

Kalau kamu butuh pinjaman dana cepat untuk modal usaha produktif yang akan dikembangkan, kamu bisa mengajukan pinjaman di Danamas.

Danamas adalah fintech P2P Lending di bawah naungan Sinarmas Financial Service yang fokus memberikan bantuan modal usaha mikro.

Persyaratan mengajukan peminjaman uang online Danamas adalah berusia minimal 21 tahun dan wajib memiliki rekening di Bank Sinarmas. Kalau kamu memenuhi syarat, kamu bisa mengajukan pinjaman dengan mendownload aplikasi Danamas di Play Store.

Beberapa fitur Danamas.

  • Pinjaman dana tunai hingga Rp7,5 juta. 
  • Jangka waktu mulai dari 90 hari hingga 1 tahun.
  • Bunga pinjaman sesuai dengan pendapatan pelaku usaha.
  • Pencairan dana akan ditransfer 1×24 jam setelah persetujuan.

Alamat dan call center Danamas.

Lokasi gedung Roxy Square Lt 5 Blok B Nomor 1 

 

Jl. Kyai Tapa No. 1, Grogol Petamburan 

Jakarta Barat 11450

Telepon 0800 1588 588

 

0882 2422 2001 / 0882 2422 2002 (Whatsapp)

Email [email protected]

13. Rupiah Cepat

Pilihan pinjaman online terbaik selanjutnya adalah Rupiah Cepat. Proses pinjaman uang online lewat aplikasi Rupiah Cepat dilakukan sepenuhnya melalui perangkat ponsel. Data pribadi dijamin aman dan privasi juga terjaga karena teknologi A.I dan Big Data. 

Di Rupiah Cepat, kamu bisa membangun riwayat skor kredit yang baik. Makin tinggi skor Anda, makin beragam pilihan pinjaman yang bisa dinikmati.

Untuk mengajukan pinjaman cukup download aplikasi Rupiah Cepat dan ajukan langsung melalui ponsel kamu. 

Fitur Rupiah Cepat yang ditawarkan kepada calon debitur.

  • Pinjaman hingga Rp20 juta.
  • Tenor Pinjaman hingga 1 tahun.
  • Proses pengajuan cepat, dana langsung cair dalam waktu 15 menit.

Alamat dan call center Rupiah Cepat.

Lokasi gedung Jl. Benyamin Suaeb Blok D7

 

Pademangan Timur, Pademangan

Jakarta Utara, DKI Jakarta

Telepon 0815 5100 001
Email [email protected]

14. Alami

Kalau kamu pengin mengajukan pinjaman online pribadi terbaik berbasis syariah, Alami bisa jadi pilihan. Alami adalah perusahaan P2P terdaftar OJK yang berbasis Syariah, yang mempertemukan UKM dengan pemberi pembiayaan. Pinjaman di Alami Sharia berupa invoice financing atau anjak piutang.

Berdasarkan bukti tagihan invoice, ALAMI akan menawarkan kepada calon Pendana (funder) untuk memberikan pembiayaan dengan akad wakalah bil ujrah disertai dengan dana talangan dengan akad qardh.

Kalau kamu butuh pinjaman untuk usaha yang gak bertentangan dengan agama Islam dan telah berdiri minimal 1 tahun serta berlokasi di Jabodetabek, kamu bisa memanfaatkan pinjaman online Alami Sharia. 

Beberapa fitur dari pinjaman Alami.

  • Minimal pembiayaan yang dapat disalurkan adalah Rp50 juta hingga Rp2 milyar
  • Nilai pembiayaan yang disalurkan didasarkan pada nilai invoice yang dimiliki calon penerima pembiayaan. ALAMI akan mendanai maksimal 80% dari nilai invoice yang dimiliki.
  • Tenor pembiayaan Invoice Financing adalah 1 bulan sampai maksimal 6 bulan.

Alamat dan call center PT Alami Fintek Sharia

Lokasi gedung Plaza 89, Kav. X7,

 

Jln. H.R. Rasuna Said No. 6, Kel. Karet Kuningan, Kec. Setiabudi, 

Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Telepon (021) 311 161 91

 

0819-9898-7191 (Whatsapp chat)

Email

15. KoinWorks

Terakhir, pinjaman online terpercaya adalah KoinWorks. Kalau kamu cari pinjaman online bunga rendah, Koinworks jawabannya.

Gak cuma itu, KoinWorks juga membantu kamu mendapatkan dana tunai cepat untuk berbagai keperluan, mulai dari keperluan bisnis, keperluan pendidikan, dan juga keperluan pribadi (khusus untuk karyawan/pegawai).

Peminjaman uang tersebut sudah terjamin aman karena telah lulus sertifikasi ISO.

Proses pendaftarannya juga mudah, kamu bisa melakukannya hanya bermodalkan ponsel pintar dari mana saja dan kapan saja. Ada tiga produk pinjaman online KoinWorks, yaitu:

  • KoinBisnis untuk keperluan usaha.
  • KoinPintar untuk bantuan pinjaman biaya kuliah.
  • KoinGaji untuk kebutuhan karyawan.

Berikut beberapa fitur pinjaman dari KoinWorks.

  • Limit pinjaman KoinBisnis hingga Rp2 miliar dan tenor hingga 2 (dua) tahun lamanya. 
  • Limit KoinPintar disesuaikan dengan universitas dengan tenor pengembalian dana pendidikan non formal hingga 12 bulan, sedangkan pendidikan formal hingga 10 tahun lamanya.
  • Pinjaman KoinGaji hingga 80 persen dari jumlah total gaji bulanan.
  • Bunga yang bakal dibebankan kepada peminjam berkisar dari 0,75 persen sampai 1,67 persen per bulan. 

Alamat dan call center KoinWorks.

Lokasi gedung Gedung Cyber 2 Lantai 35 Unit D-E

 

Jl. HR Rasuna Said, Blok X5 No 13

Kuningan, Setia Budi, Jakarta Selatan 12950

Telepon (021) 2932 3996
Email [email protected]
Kalau kamu punya pertanyaan terkait produk pinjaman tunai dan usaha lainnya sekaligus mendapatkan rekomendasi kepada berbagai produk asuransi yang ada di Indonesia, konsultasikan saja kepada ahlinya di Tanya Lifepal!

Kalkulasi angsuran pinjaman online dengan kalkulator bunga flat

Penasaran dengan berapa cicilan bulanan yang kamu perlu bayarkan nanti? Coba temukan jawabanmu dengan kalkulator bunga flat berikut.

Perlu diketahui bahwa nilai yang kamu temukan di atas belum termasuk biaya-biaya lainnya ya sebagaimana tiap perusahaan penyedia pinjaman tunai memiliki kebijakan dan biaya administrasi tersendiri.

Kelebihan dan risiko pinjaman online

Sebelum kamu memutuskan untuk mengajukan pinjaman online langsung cair, lebih baik memahami dulu kelebihan dan risikonya. Apa saja ya? 

Kelebihan yang bisa didapatkan dari pinjaman online terbaik

Pinjaman online memberi kemudahan bagi banyak orang untuk membantu kondisi keuangan mereka secara pribadi atau untuk bisnis. Berikut keuntungan yang bisa didapat dari memilih pinjaman online terbaik:

1. Proses mengajukan pinjol yang terbilang mudah

Karena memanfaatkan teknologi, proses pengajuan pinjaman online jauh lebih mudah jika dibandingkan pinjaman bank yang mengharuskanmu untuk datang ke cabang bank terdekat terlebih dahulu untuk mengajukan pinjaman.

Cukup andalkan smartphone dan koneksi internet, maka pengajuan pinjaman online langsung cair. Sebagian lainnya bahkan menawarkan layanan pinjaman online langsung cair dengan KTP saja. 

Tentu kemudahan ini membantumu lebih menghemat waktu dan tenaga karena proses pengajuannya bisa dilakukan dari mana saja dan kapan saja. Asalkan persyaratan yang diajukan sudah lengkap, ya!

2. Syarat pinjaman online yang terbilang mudah

Kelebihan pinjaman online selanjutnya adalah persyaratan dokumen yang gak ribet karena pada dasarnya pinjaman tunai adalah inti bisnis mereka.

Rata-rata persyaratan yang diberikan oleh penyedia pinjaman online langsung cair adalah:

3. Gak perlu jaminan

Kenapa proses pencairan dananya bisa cepat? Hal ini dikarenakan tidak ada agunan yang diberikan sehingga gak perlu proses penaksiran aset terlebih dahulu. Ditambah lagi, semua data diberikan secara digital sehingga bisa langsung segera diproses.

Berbeda jika kamu mengajukan pinjaman bank di mana beberapa mengharuskan menjaminkan aset.

4. Pinjaman cair dengan cepat

Salah satu alasan utama beberapa orang mengajukan pinjaman online adalah karena dana pinjaman bisa bisa cair dalam jangka waktu hitungan hari. Bahkan beberapa menjanjikan dalam waktu 24 jam! 

Jadi ketika sedang dalam keadaan terdesak dan butuh dana mendadak, maka pinjaman online langsung cair bisa langsung kamu manfaatkan.

5. Bisa digunakan untuk keperluan apa aja

Tidak seperti jenis pinjaman lainnya, seperti KPR (Kredit Pemilikan Rumah), yang hanya dikhususkan untuk membeli rumah, KKB (Kredit Kendaraan Bermotor) yang dikhususkan untuk membeli kendaraan bermotor, atau KUR (Kredit Usaha Rakyat) yang dikhususkan untuk modal usaha, pinjol bisa dipergunakan untuk keperluan apa saja. 

Kamu bisa menggunakannya untuk renovasi rumah, biaya pendidikan, biaya berobat ke rumah sakit, hingga modal pernikahan.

Risiko pinjaman online

Nah terlepas dari mudahnya mendapatkan bantuan dana tunai dari pinjol, kita juga perlu memahami risiko di baliknya. Ini dia beberapa risiko pinjaman online.

1. Sistem bunga kredit lebih besar

Gak seperti bunga kredit tanpa agunan yang diberikan oleh bank yang menerapkan sistem perhitungan bunga bulanan, pinjaman online tanpa jaminan ini menggunakan sistem perhitungan bunga harian.

Memang jika kita mengambil masa tenor yang singkat, maka bunganya gak akan terlalu berasa, tapi jika masa tenor yang diambil cukup lama, maka bunga yang dikenakan akan cukup berat.

Maka sebelum mengajukan peminjaman uang, apa pun instrumennya, ada baiknya kamu melakukan perhitungan terlebih dahulu agar nantinya bisa mengetahui perbedaan bunga yang harus dibayar jika mengambil masa tenor singkat atau panjang.

2. Plafon pinjaman tidak terlalu besar

Jumlah pinjaman online gak terlalu besar dibandingkan pinjaman di bank yang memberikan bisa memberikan plafon pinjaman hingga Rp500 juta.

Pasalnya, pinjaman online hanya bisa memberikanmu plafon pinjaman hingga Rp20 juta saja.

Jadi, pinjol ini cocok bagi kamu yang butuh dana gak begitu besar tapi butuh cepat. 

3. Tenor gak terlalu lama

Plafon pinjaman yang gak terlalu besar juga memengaruhi masa tenor yang diberikan oleh perusahaan penyedia pinjaman online. Biasanya masa tenor yang ditawarkan mulai dari hitungan 10 hari hingga 180 hari. Jadi cuma sebentar ya.

Perlu diingat, semakin lama masa tenor yang kamu ambil, maka semakin besar bunga cicilan yang harus dibayarkan.

4. Gak semua pinjol terpercaya

Saat ini fintech pinjaman online sudah semakin banyak. Sayangnya, di balik semua itu gak semuanya terpercaya dan memiliki kredibilitas tinggi. Jadi, pinjol ini sangat berisiko kalau kamu gak cermat.

Bahkan, gak jarang kita mendengar ada kasus penipuan berkedok pinjaman online. 

Sebagai antisipasi awal, kamu bisa bertanya kepada kerabat yang pernah memanfaatkan layanan pinjaman tunai tanpa adanya masalah.

Waspadai ciri-ciri pinjaman online ilegal

Sebagian perusahaan fintech menawarkan pinjaman online terbaik dengan tanpa mensyaratkan jaminan sehingga memudahkan calon debiturnya, namun kemudahan ini patut diwaspadai juga ya.

Hal ini dikarenakan salah satu ciri-ciri perusahaan fintech abal-abal adalah memberikan kemudahan yang beragam.

Nah, buat kamu yang masih awam namun berencana mengajukan pinjaman online pribadi, ada baiknya untuk memperhatikan ciri-ciri perusahaan pinjol ilegal. Pada umumnya, karakteristik mereka seperti berikut.

1. Mengharuskan nasabah mentransfer uang

Beberapa pinjol memang mensyaratkan potongan uang di awal. Namun, kalau pinjol resmi biasanya uang tersebut dipotong dari total pinjaman.

Uang muka itu biasanya digunakan sebagai administrasi, seperti biaya materai, dan biasanya, jumlahnya pun tidak seberapa.

Nah, berbeda dengan pengajuan pinjol ilegal yang justru menerapkan uang muka dengan nominal yang sangat besar. Biasanya nomor rekening tujuan adalah rekening pribadi bukan atas nama perusahaan.

Misalkan kamu ingin meminjam uang sebesar Rp50 juta, tetapi diminta uang muka sebesar Rp1 juta atau lebih dengan alasan agar dana yang mau dipinjam cepat cair. Hati-hati bisa-bisa uang Rp1 juta-mu raib. 

2. Tidak memiliki alamat kantor dan call center yang jelas.

Ketika kamu mengunjungi situs pinjol yang resmi, tentu bisa dengan mudah mencari nomor kontak yang lengkap agar calon nasabah dapat dengan mudah menghubungi langsung pihak perusahaan.

Jika ada pun, identitas tersebut bisa saja palsu, seperti alamat kantor yang tidak jelas, nomor telepon menggunakan ponsel dan alamat email menggunakan alamat pribadi.  

3. Tidak transparan

Transparansi merupakan salah satu syarat yang diberikan pemerintah, dalam hal ini, OJK, bagi fintech resmi. 

Sementara itu, pinjol ilegal biasanya akan menutupi sebisa mungkin informasi yang berhubungan dengan perusahaan mereka. Bahkan gak ada kejelasan terkait bunga hingga biaya-biaya lain.

Malahan bunga, biaya, dan denda pinjaman online ilegal biasanya sangat tinggi. 

4. Meminta informasi pribadi

Lembaga pinjol legal biasanya hanya akan meminta informasi seputar nama peminjam, nomor telepon yang aktif dan alamat email. Sekalipun meminta nomor rekening, hanya dibutuhkan untuk mengecek riwayat kredit dan pencairan dana calon peminjam.

Jika suatu lembaga pinjol meminta informasi pribadi di luar yang disebutkan tadi, seperti pin ATM, maka ada baiknya untuk diwaspadai dan jangan terlalu cepat untuk memutuskan mengajukan peminjaman uang ke pihak semacam itu.

5. Persyaratan dan persetujuan pinjaman terlalu mudah

Perusahaan fintech lending yang beroperasi sesuai dengan aturan yang berlaku akan memiliki sistem dan strategi mitigasi risiko agar terdapat kepastian dari pembayaran setiap pinjaman.

Jika pengajuan pinjaman terlalu mudah disetujui, kamu perlu curiga dan mencari tahu lebih banyak mengenai perusahaan tersebut.  

Masyarakat dapat memeriksa status dari perusahaan fintech P2P lending atau pinjaman online di situs resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Cara Cek Pinjaman Online Terbaik yang Terdaftar di OJK

Untuk tahu apakah perusahaan pinjaman online terdaftar di OJK, kamu bisa melakukan beberapa cara, di antaranya:

  • Kunjungi situs resmi OJK untuk mengetahui perkembangan fintech terbaru di Indonesia. Setiap bulan biasanya OJK merilis daftar pinjaman online resmi. 
  • Lihat di situs pinjaman online resmi, jika mencantumkan logo OJK di bagian bawah, maka dipastikan perusahaan itu resmi dan terdaftar.
  • Tanyakan melalui kontak OJK 157 atau melalui e-mail [email protected]

Itu tadi penjelasan mengenai pinjaman online terbaik dan terdaftar di OJK. Kehadiran pinjol memang mampu membantu dalam mengatasi permasalahan finansial yang terjadi di masyarakat. 

Namun, kamu harus bijak dan jangan sampai gegabah dalam mengajukan peminjaman uang online, ya. Alih-alih mendapatkan bantuan pelunasan hutang, kamu malah terlilit hutang baru  karena dirugikan oleh pinjol ilegal.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →