Cara Mengisi Freon AC Mobil Sendiri Tanpa ke Bengkel

cara mengisi freon ac mobil

Terkadang, salah satu penyebab AC mobil tidak dingin adalah freon yang berkurang atau habis. Solusinya, kamu bisa melakukan cara mengisi freon AC mobil baik di bengkel maupun sendiri di rumah.

Tidak bisa dianggap sepele, freon AC mobil nyatanya jadi salah satu hal yang penting karena berpengaruh pada kenyamanan saat berkendara, terutama jika berkaitan dalam menjaga suhu dalam kendaraan agar tetap sejuk.

Pemeliharaan komponen satu ini juga jadi salah satu hal yang cukup banyak diminati oleh sejumlah pemilik kendaraan untuk dilakukan secara mandiri tanpa harus dibawa ke bengkel.

Hal apa saja harus dipahami mengenai freon dan cara mengisi refrigerant atau freon AC mobil yang benar secara mandiri? Berikut penjelasannya.

Cara mengisi freon AC mobil sendiri di rumah

Sebelum melakukan pengisian ulang, hal yang harus dilakukan adalah mengosongkan freon lama terlebih dulu agar tidak tercampur dengan freon baru. Jika keduanya tercampur maka akan mempengaruhi kinerja dari AC.

Kemudian, lumasi sistem AC agar mesin bagian tersebut tetap terjaga dan terhindar dari kerusakan dengan menggunakan manifold gauge. 

Caranya, masukkan selangnya ke dalam sebuah gelas yang sudah diisi cairan pelumas khusus freon sebanyak 5-10cc. 

Pelumas nantinya akan tersedot masuk melalui selang saat membuka katup kran tekanan rendah sedikit. Tutup katup apabila semua pelumas sudah masuk, kemudian tekan knop yang terdapat di tengah manifold gauge. 

Faktanya, cara mengisi freon mobil dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu cara mengisi freon AC pada saluran tekanan rendah hingga cara mengisi freon AC mobil pada saluran tekanan tinggi.

Cara mengisi freon pada AC mobil tekanan rendah

Kalau tekanan freon rendah, maka berikut ini langkah-langkah pada metode pengisian yang bisa dilakukan:

  1. Hidupkan terlebih dahulu mesin mobil pada putaran 2000-3000 rpm dan hidupkan juga AC mobil dengan temperatur maksimal.
  2. Lakukan pengisian freon pada saluran hisap atau suction (S/L) yang terdapat pada kompresor AC.
  3. Pasang manifold gauge, lalu buka kran tabung freon dan tutup rapat kran saluran tinggi.
  4. Buka kran tekanan rendah perlahan-lahan agar freon yang masuk ke dalam saluran kompresor AC berupa gas.
  5. Pastikan jangan sampai tabung freon terbalik, karena dapat menyebabkan freon yang masuk ke dalam sistem kompresor berbentuk cair dan berdampak cepat rusak.
  6. Perhatikan besar tekanan freon AC mobil, pastikan bahwa pada indikator tekan rendah manifold gauge menunjukkan angka kisaran 1,5-2 bar (21-29 psi) dan indikator pada tekanan tinggi menunjukkan angka 14,5-15 bar (200-213 psi). Angka tersebut menunjukkan bahwa kompresor AC mobil telah terisi penuh oleh freon.
  7. Setelah pengisian freon menggunakan metode tekanan rendah sudah selesai, pastikan tidak ada kebocoran yang terjadi pada saluran AC dengan menggunakan alat berupa AC leak detector.
  8. Jika sudah aman dan tidak ada kebocoran, maka proses pengisian freon AC selesai.

Cara mengisi freon pada AC mobil tekanan tinggi

Sementara itu bagi pemilik kendaraan yang baru pertama kali mencoba melakukan pengisian freon secara mandiri, metode dengan mengisi pada saluran tekanan tinggi dinilai sangat cocok. 

Hal tersebut karena selama proses pengisian katup dan bagian lain dari kompresor tidak bekerja terlalu keras. Berikut cara mengisi freon AC mobil sendiri dengan menggunakan saluran tekanan tinggi:

  1. Langkah pertama, naikkan terlebih dahulu tekanan freon dengan cara memanaskan freon dalam alat pengisian khusus atau charging station.
  2. Pastikan kondisi mesin mobil dan AC dalam keadaan off.
  3. Pastikan alat manifold gauge sudah terpasang dengan kran tekanan rendah ditutup dan kran tekanan tinggi dibuka.
  4. Untuk dapat mengisi freon ke dalam sistem kompresor AC mobil dalam bentuk cair, pemilik mobil harus membalik tabung freon terlebih dahulu.
  5. Tunggu beberapa saat sampai proses pengisian freon berjalan hingga selesai.

Itu dia detail dan metode mengenai cara mengisi freon mobil ac bagi para pemilik kendaraan yang ingin melakukan secara mandiri di rumah.

Cara mengetahui ukuran tekanan freon ac mobil

Untuk mengetahui tekanan freon AC pada mobil anda dapat dilakukan dengan cara melakukan pengujian menggunakan manifold gauge. 

Penggunaannya, pemilik mobil bisa terlebih dulu memasang beberapa selang yang ada pada manifold gauge ke portnya masing-masing. Selang yang dimaksud terdiri dari:

  • Selang warna kuning yang ada di tengah ke tabung freon.
  • Selang warna biru ke bagian low pressure (tekanan rendah).
  • Selang warna merah ke bagian high pressure (tekanan tinggi).

Jika saat dilakukan pengujian tekanan ada di antara angka 160-250 psi, maka tekanan freon terhitung terhitung tinggi. Sebaliknya, jika tekanan ada di angka 15-40 psi maka terhitung rendah.

Pengertian freon AC mobil

Apabila udara dalam kabin terasa tidak sejuk padahal volume AC sudah disetel pada tingkat yang paling tinggi, itu berarti freon sudah habis dan harus mendapatkan penggantian.

Freon AC adalah senyawa kimia yang berbentuk gas. Freon umumnya digunakan pada alat pendingin, bukan hanya pada AC saja, tapi juga pada kulkas dan jenis alat pendingin lainnya. Seringkali, freon disebut juga sebagai refrigerant.

Penyebab freon AC mobil habis

Ada beberapa hal yang bisa membuat freon habis. Berikut ini beberapa kemungkinan penyebab tersebut. 

1. Faktor usia pemakaian

Alasan paling utama yang menyebabkan freon habis adalah usia pemakaian. Seiring berjalannya waktu, freon akan habis sendiri setelah digunakan dalam waktu lama. 

2. Pipa AC mobil bocor

Kehabisan freon AC juga dapat dipicu karena kebocoran di bagian pipa yang menghubungkan komponen sistem AC mobil. Untuk perkara satu ini bisa dirasakan apabila kehabisan freon terjadi pada kurun waktu yang tidak sewajarnya.

Apa yang terjadi jika freon AC mobil habis?

Ssangat disarankan agar segera melakukan penggantian dan jangan sampai menunda apabila freon sudah habis. Karena faktanya, ada beberapa dampak negatif yang akan terjadi jika pengisian freon ac mobil ditunda.

Akibat utama yang akan dirasakan adalah kondisi AC mobil tidak dingin, membuat kabin bagian dalam mobil terasa panas.

Selain suhu kabin yang panas, keterlambatan mengisi freon nyatanya akan menimbulkan suara berisik ketika AC dinyalakan. 

Hal tersebut dipicu karena adanya sistem yang berkarat atau aus. Bukan hanya itu, bau yang tidak sedap juga kemungkinan akan muncul ke dalam kabin.

Dampak paling terburuknya, AC yang tidak segera diisi freon kemungkinan tidak dapat menyala kembali, hal tersebut disebabkan karena terjadinya kerusakan mesin AC. Karena itu, tidak ada alasan untuk menunda melakukan pengisian freon apabila sudah saatnya.

Asuransi kendaraan untuk biaya perbaikan komponen mobil

Tips dari Lifepal! Cara mengisi freon AC mobil perlu dilakukan secara berhati-hati untuk menghindari risiko kerusakan yang tidak diinginkan saat mengerjakannya sendiri. Kalau mau lebih aman, bisa bawa mobil ke bengkel.

Sebagai perkiraan, harga freon AC mobil di pasaran dimulai dari Rp100-400 ribu. Tentunya harga akan berbeda tergantung pada kebutuhan, kondisi AC mobil, serta bengkel yang dituju.

Supaya biaya servis tidak terasa memberatkan, kamu bisa mengandalkan asuransi kendaraan. Simak pentingnya asuransi kendaraan di video berikut ini.

Pada dasarnya, ada dua jenis asuransi mobil yang bisa dipilih, masing-masing memberikan manfaat yang berbeda. Berikut ini jenis tersebut: 

  • Asuransi all risk, asuransi yang menanggung segala bentuk risiko kerugian dari ringan sampai berat, serta risiko kehilangan mobil akibat pencurian
  • Asuransi TLO (total loss only), asuransi yang menanggung kerugian apabila nilai kerugian sama dengan atau lebih dari 75% nilai kendaraan sebelum kerugian

Lalu, jenis asuransi mobil manakah yang paling cocok dengan kebutuhanmu? Kalau masih bingung menentukan, kamu bisa coba ikuti kuis asuransi mobil terbaik berikut ini.

 

Pertanyaan seputar cara mengisi freon AC mobil