Reliance Sekuritas: Profil, Produk, dan Biaya Transaksi

Reliance Sekuritas

Reliance Sekuritas atau PT Reliance Sekuritas Tbk adalah salah satu perusahaan sekuritas di Indonesia yang beroperasi sejak 2003. Reliance Sekuritas bagian dari grup industri keuangan Tanah Air, yakni Reliance Group.

Dua tahun setelah beroperasi tepatnya pada Juli 2005, Reliance menjadi perusahaan publik dengan kode emiten RELI. Sebagai perusahaan sekuritas, Reliance menawarkan layanan di sejumlah instrumen pasar modal, seperti equity atau saham, reksa dana, dan aplikasi trading

Pasar yang disasar Reliance Sekuritas adalah retail dan corporate. Jadi, bila kamu tertarik untuk berinvestasi di pasar modal, Reliance Sekuritas bisa jadi pilihan.

Profil Reliance Sekuritas Indonesia

Reliance Sekuritas Indonesia Tbk (RELI) adalah broker efek dan underwriting. Perusahaan memperoleh lisensi untuk broker efek dan underwriting dari Ketua Otoritas Jasa Keuangan Indonesia (OJK) pada 5 Juli 2005 dari Bursa Efek Indonesia (BEI).

Perusahaan juga memperoleh lisensi untuk melakukan transaksi marjin. Induk perusahaan adalah PT. Reliance Capital Management, Jakarta, Indonesia.

Gak cuma bergerak di bidang investasi, Reliance Group punya anak perusahaan lain yang bergerak di bidang proteksi finansial yaitu Asuransi Reliance Life dan Asuransi Reliance Umum.

Saat ini, pemegang saham mayoritas masih PT Reliance Capital Management dengan 1.556.820.000 lembar saham senilai Rp155,682 miliar atau 86,49 persen. Sementara, saham yang dimiliki publik 243,18 juta lembar saham atau 13,51 persen senilai Rp24,318 miliar.

Berikut alamat kantor pusat dan beberapa kantor cabang Reliance Sekuritas:

  • Kantor pusat: Soho WestPoint, Jl. Macan Kav. 4-5 Kedoya Utara, Jakarta Barat, 11520. Telp: 021-29520558 | Website: http://www.relitrade.com
  • Dewata Square Blok A3, Jl. Letda Tantular – Renon, Denpasar, Bali, 802361. Telp: 0361-225099, 0361-245099
  • Jalan Boto Lempengan No. 34 J Makassar, Sulawesi Selatan. Telp: 0411-3632388, 0411-3614634
  • Jl. Bangka No.22, Surabaya, Jawa Timur. Telp: 031-5011128, 031-5033196
  • Jl. Cisangkuy No. 58 Bandung, Jawa Barat. Telp: 022-7218200, 022-7219255

Keunggulan Reliance Securities Indonesia

Bila kamu tertarik untuk masuk ke pasar modal, salah satu yang bisa dipertimbangkan adalah memilih Reliance Sekuritas untuk membuka rekening efek. 

Namun, sebelum melakukan pembukaan, ada baiknya untuk mengetahui kelebihan apa saja sih yang dimiliki Reliance. 

Berikut ini sejumlah keunggulan yang bakal kamu dapatkan ketika berinvestasi saham dengan perusahaan ini.

1. Perusahaan terbuka

Sebagai perusahaan terdaftar di Bursa Efek Indonesia, setiap transaksi yang dilakukan investor dijamin keamanannya. Perusahaan menerapkan prinsip GCG, yakni transparan, akuntabel, responsible, wajar, dan mandiri.

2. One Stop Service

Layanan keuangan kepada investor diberikan secara terpadu. Maksudnya, investor yang ingin berinvestasi juga dapat melakukan pembiayaan atau perlindungan aset. Sebab perusahaan bagian dari grup Reliance indonesia.

3. Channel Distribution

Memudahkan investor untuk mendapatkan layanan, perusahaan memiliki dua channel atau jalur untuk pembelian produk keuangannya.

Pertama lewat kantor perwakilan dan galeri investasi yang jumlahnya mencapai 34 kantor. Kemudian lewat aplikasi trading berupa ReliTrade dan ReliMobile.

4. Fully Owned

Kepemilikan kantor cabang perusahaan adalah milik sendiri. Jadi, investor tidak perlu khawatir akan kemungkinan terjadi fraud atau kejahatan keuangan sebab keamanan terjamin.

5. Community

Reliance memiliki komunitas investor di setiap kantor perwakilannya. Kegiatan tersebut dilakukan secara rutin untuk mengedukasi kondisi pasar modal dan mengoptimalkan hasil investasi dari investor.

6. Service excellent

SDM yang dimiliki perusahaan mampu memberikan pelayanan prima kepada investornya. 

7. Research

Perusahaan juga memiliki tim riset yang membantu investor dalam bertransaksi sahamnya. Bahkan, tim riset Reliance secara rutin menerbitkan hasil riset tentang pasar modal setiap hari dan mingguan. Berikut juga rekomendasi kepada investor.

8. Relitrade

Investor dapat bertransaksi saham secara online dan realtime dengan platform Relitrade yang dilengkapi dengan fitur yang memudahkan investor. Platform ini bisa didapatkan secara gratis melalui situs resminya www.ralitrade.com.

9. Access to Global Markets

Investor tidak hanya terbatas bisa bertransaksi, tapi juga dapat mengakses pasar global yang dimiliki Reliance. Investor bisa bertransaksi efek di bursa internasional. 

Produk investasi Reliance Sekuritas

Produk investasi perusahaan cukup beragam. Hal ini ditopang posisi perusahaan sebagai perantara perdagangan efek, penjamin emisi efek, dan agen penjual reksa dana. Berikut beberapa produk investasinya:

1. Perantara perdagangan efek

Sebagai perusahaan broker atau perantara pedagang efek saham, perusahaan memusatkan perhatian pada pasar ritel domestik. Saat ini perusahaan mengembangkan basis investor melalui penambahan kantor-kantor perwakilan di berbagai kota besar di Indonesia, serta layanan online trading dan mobile trading melalui ReliTrade dan ReliMobile.

2. Penjamin emisi efek

Perusahaan menyediakan layanan emisi penjaminan kepada calon emiten dan membantu dalam mempersiapkan dan menyelenggarakan Penawaran Umum Perdana (IPO) baik saham, obligasi, atau penerbitan efek utang lainnya dengan mengikuti kewajiban dan peraturan dari regulator dalam hal go public.

3. Pendapatan tetap

Produk pendapatan tetap yang tersedia di Reliance termasuk obligasi pemerintah, obligasi korporasi, sukuk dan repo. Produk dan aktivitas kegiatan ini lebih banyak dilakukan pada pasar surat utang, sekuritisasi aset (Efek Beragun Aset/EBA), serta pemasaran dan distribusi penjualan perdana obligasi Pemerintah.

Saat ini PT Reliance Sekuritas Indonesia Tbk adalah perusahaan pertama yang memiliki program obligasi ritel yaitu surat utang (bonds) yang hanya ditawarkan kepada nasabah dengan nilai investasi terjangkau.

4. Agen penjual efek reksa dana (APERD)

Reliance Sekuritas juga memiliki beragam produk reksa dana. Reliance Sekuritas melakukan pemasaran dan penjualan reksadana dari berbagai perusahaan asset management sesuai izin dari OJK yang telah diperoleh pada 2017.

Jenis reksa dana yang tersedia yaitu:

  • Reksa dana saham
  • Reksa dana pendapatan tetap
  • Reksa dana campuran
  • Reksa dana pasar uang
  • Reksa dana obligasi pemerintah
  • Dana Investasi Real Estate (DIRE).

5. Riset

Reliance Sekuritas juga memiliki beragam hasil riset yang bisa dijadikan acuan dan bahan pertimbangan investor. Hasil riset perusahaan yaitu:

  • Daily Insight
  • Daily Price Action
  • Company Update
  • Weekly Trading Plan
  • Monthly Technical Plan
  • IPO Summary
  • Market Outlook.

Kenali profil risiko investasi kamu

Sebelum berinvestasi, kamu perlu mempertimbangkan instrumen investasi apa yang cocok. Kamu gak bisa asal memilih karena harus sesuai dengan profil penerimaan risiko.

Untuk memudahkannya, kamu bisa menggunakan Kuis Risiko Investasi Lifepal berikut ini.

Cara buka rekening efek di Reliance Securities Indonesia

Tertarik untuk memiliki rekening efek? Ada berbagai cara untuk membuka rekening efek di Reliance Sekuritas, misalnya datang ke kantor cabang atau mendaftarkan secara online.

Nah, paling praktis dan mudah adalah dengan mendaftar secara online. Langkah-langkahnya juga mudah, berikut panduan untuk melakukan registrasi lewat user web untuk nasabah online trading.

1. Pertama masuk ke website perusahaan

Website dari Reliance Sekuritas adalah relitrade.com. Selanjutnya, pada website akan terdapat link pendaftaran user.

2. Isi data lengkap dan akurat

Sejumlah data harus diisi secara akurat. Sertakan juga nomor telepon dan email yang bisa dihubungi untuk mendapatkan kode sandi yang bisa digunakan untuk transaksi online.

3. Isi password

Username dan password merupakan dua hal penting untuk kesuksesan pendaftaran. Pastikan password yang dibuat dapat kamu ingat dengan baik. Setelahnya, ketik character sebagai syarat untuk verifikasi. Lalu klik daftar.

4. Aktivasi

Dalam waktu beberapa detik, pendaftar dapat langsung mengaktivasi akun dengan link yang tersedia setelah pendaftaran. Klik link tersebut sebagai tanda pendaftaran telah berhasil.

5. Isi identitas

Pengisian identitas dilakukan lagi seperti di awal pendaftaran. Jika sudah memasukkan data dan diikuti dengan penulisan character pada box image di field code image, klik get key.

6. Validasi aktivasi

Usai pemasukan data kedua kali akan ada tanda bahwa aktivasi akun yang telah dilakukan berhasil serta aktif. Klik link tersebut untuk ke tahapan selanjutnya.

7. Validasi aktivasi kunci

Atau yang dikenal dengan validasi activation key dengan mengisi Client ID sesuai dengan trade conformation dan isi activation key sesuai dengan key yang dikirim ke alamat email yang terdaftar.

8. Klik run online trading

Validasi selanjutnya adalah aktivasi key. Akan ada tertulis Run Online Trading dalam box di akun tersebut dan klik. Kemudian akan tampil langkah selanjutnya.

9. Lanjutkan dengan download sesuai dengan perintah

Muncul pop-up untuk melakukan download konfirmasi setelah itu klik open with. Lanjutkan dengan klik ok.

10. Aplikasi Relitrade

Selanjutnya akan terjadi proses download aplikasi Relitrade. Kamu bisa melakukan transaksi jual beli di jam-jam pembukaan pasar saham di manapun kamu berada hanya dengan bermodalkan komputer dan sambungan internet. 

Setoran awal dan biaya transaksi di Reliance Sekuritas

Setelah kita membuka rekening saham selanjutnya untuk bisa melakukan online trading, kita harus menyetor dana awal ke rekening atau akun saham tersebut. Ini yang disebut dengan deposit awal di perusahaan sekuritas.

Reliance Sekuritas menetapkan setoran awal atau deposit awal dengan nilai minimal Rp 25 juta. Dana tersebut disetorkan melalui rekening bank yang diharapkan sama dengan bank dari rekening Reliance Sekuritas. Alasannya adalah untuk mempercepat validasi pada waktu penyetoran dana.

Meski begitu, bagi dana yang akunnya berbeda, juga bisa melakukan transaksi yang sama. Kita hanya perlu memasukkan kode di bidang berita pelanggan dan melakukan konfirmasi.

Apabila rekening berbeda, diusulkan agar penerimaan dana dilakukan sebelum pukul 11.00 waktu Jakarta. Sebaliknya, jika dana diterima setelah pukul 11.00 waktu Jakarta, sesi pertama dilakukan pada hari berikutnya.

Biaya transaksi atau fee Reliance Sekuritas

Semua perusahaan sekuritas pasti akan membebankan biaya transaksi kepada para nasabahnya saat hendak melakukan transaksi jual atau membeli saham. Biaya transaksi yang ditetapkan bila bertransaksi di Relitrade adalah:

  • 0,18 persen untuk pembelian
  • 0,28 persen untuk penjualan.

Sementara biaya minimum yang berlaku untuk akumulasi transaksi harian adalah Rp20.000.

Daftar perusahaan sekuritas lainnya di Indonesia

Selain Reliance Sekuritas, ada banyak perusahaan sekuritas di Indonesia yang bisa kamu pilih untuk membuka rekening saham. 

Berikut ini daftar perusahaan sekuritas di Indonesia serta ulasannya.

Pertanyaan seputar Reliance Sekuritas