Daftar Asuransi Jiwa Syariah Terbaik di Indonesia 2020

Membandingkan asuransi jiwa syariah

Asuransi jiwa syariah kini semakin dilirik karena masyarakat semakin paham manfaat asuransi jenis ini. Pasalnya, ajal tak ada yang tahu, begitu juga dengan sakit parah.

Kamu pasti tidak menginginkan hal buruk tersebut. Namun, sebagai manusia, apa daya kamu tidak bisa menolaknya, bukan? Bahkan, meskipun kamu sudah berusaha sebaik mungkin.

Nah, di sinilah peran penting sebuah asuransi jiwa syariah. Perlindungannya memberikan tambahan rasa aman kepada keluarga yang ditinggalkan. Meskipun, kepala keluarga yang biasanya menyokong finansial keluarga harus tiada, keluarga yang ditinggalkan pun tidak telantar.

Semakin melengkapi manfaat asuransi jiwa tersebut, asuransi jiwa syariah hadir dengan syariat Islam yang menyempurnakan ibadah. Dengan demikian, kamu tidak akan khawatir terkena riba.

Berdasarkan fungsinya, asuransi jiwa syariah memberikan perlindungan jiwa baik kepada individu maupun keluarga yang berbasis syariah. Setiap asuransi syariah dilindungi secara langsung oleh DPS-MUI (Dewan Pengawas Syariah MUI).

Indonesia memiliki cukup banyak pilihan unit syariah dari perusahaan asuransi ternama. Setiap produk yang mereka tawarkan pun dijamin sesuai dengan syariat Islam.

Bagi kamu yang membutuhkan perlindungan yang sesuai hukum Islam, berikut ini jenis-jenis asuransi jiwa syariah terbaik di Indonesia yang dirangkum Lifepal.

  • Asuransi jiwa syariah Al Amin
  • Takaful Keluarga
  • PRUSyariah
  • Allianz Syariah
  • Manulife Berkah SaveLink

1. Asuransi jiwa syariah Al Amin

Perusahaan asuransi Al Amin khusus menyediakan produk asuransi jiwa berbasis syariah. Berlokasi di Jakarta, perusahaan ini telah ada sejak tahun 2009. Ada 8 (delapan) macam produk asuransi jiwa yang ditawarkan oleh Al Amin, antara lain:

  • Al Amin Term Insurance, produk asuransi ini melindungi nasabah terhadap risiko meninggal dunia.
  • Al Amin Badal Arafah, produk asuransi ini cocok bagi nasabah untuk merencanakan ibadah haji atau umrah di Tanah Suci. Asuransi ini khususnya meng-cover nasabah apabila mengalami kecelakaan atau meninggal dunia selama menjalani ibadah suci.
  • Al Amin Personal Accident, produk asuransi ini memberikan santunan meninggal dunia akibat kecelakaan dan sakit kepada nasabah dari semua golongan masyarakat seperti wisatawan, jamaah haji  atau umrah, atau para pekerja.
  • At Ta’min Siswa Dinar ditujukan bagi siswa atau mahasiswa yang mengalami risiko meninggal dunia, kecelakaan diri, dan perawatan inap di rumah sakit.
  • At Ta’min Siswa Dirham, produk asuransi ini memberikan perlindungan kepada siswa atau mahasiswa terhadap kecelakaan diri dan rawat inap.
  • Syariah Pembiayaan Al Amin, produk asuransi asuransi ini memberikan perlindungan finansial akibat kesulitan melunasi pinjaman yang telah dilakukan nasabah.
  • At Ta’min Joint Life, produk asuransi ini memberikan perlindungan finansial kepada nasabah ketika mengalami kesulitan untuk melunasi pembiayaan Joint Income yang disebabkan oleh kejadian meninggal dunia.
  • At Ta’min Pembiayaan Mikro, produk asuransi ini memberikan perlindungan berupa jaminan finansial kepada nasabah yang bisa menyelesaikan cicilan pinjaman UMKM atau usaha mikro karena meninggal dunia.

Meskipun perusahaan asuransi syariah ini belum lama berdiri, mereka memiliki keunggulan tertentu. Salah satunya adalah ketersediaan produk asuransi untuk lembaga atau institusi yang membutuhkan perlindungan untuk karyawan mereka. Ditambah pula dengan perlindungan khusus anak-anak dengan penawaran yang lebih variatif

2. Takaful Keluarga

Sebagai perusahaan asuransi syariah pertama di Indonesia, Takaful Keluarga tentu tak perlu diragukan lagi pengalamannya di unit syariah.

Produk-produk asuransi mereka pun beragam, mulai dari asuransi jiwa syariah untuk individu, keluarga, hingga lembaga atau institusi.

Berikut produk-produk andalan mereka khususnya menangani asuransi jiwa yang terdiri dari:

  • Takaful Personal untuk individu, terdiri dari Takafulink Salam, Takafulink Salam Community, dan Takafulink Al-Khairat Individu
  • Takaful Korporat untuk perusahaan atau lembaga, salah satu produknya Takaful Al-Khairat Kumpulan
  • Takaful Bancassurance, kerja sama Takaful dengan perbankan
  • Asuransi Haji

Kelebihan yang dimiliki Takafulink Salam terdiri dari fasilitas pembayaran zakat maal yang sudah termasuk dari dana kontribusi yang kamu bayarkan.

Yang pasti, perputaran dana investasi yang diambil dari premi nasabah diawasi langsung oleh DPS-MUI. Jadi, tak perlu takut adanya riba.

3. PRUSyariah

Sebagai perusahaan asuransi terbesar di Indonesia, Prudential Syariah memiliki produk asuransi jiwa syariah yang bernama PRULink Syariah Assurance Account.

Dengan biaya kontribusi bulanan mulai Rp400 ribu, kamu bisa mendapatkan perlindungan hingga berusia 99 tahun. Uang kontribusi tersebut nantinya akan dikelola di instrumen investasi yang dipilih oleh unit syariah Prudential.

Selain diinvestasikan, tentu saja terdapat manfaat proteksi berupa santunan meninggal dunia dan cacat tetap atau total akibat kecelakaan.  

Perusahaan asuransi ini juga menyediakan berbagai macam produk asuransi tambahan berbasis syariah yang sangat bervariasi. Beberapa contohnya adalah PRULink Term Syariah, PRUEarly Stage Crisis Cover Plus Syariah, dan PRUPersonal Accident Death Syariah.

4. Allianz Syariah

Allianz Syariah dikenal pula dengan nama AlliSya. Salah satu produk asuransi dengan proteksi jiwa dari AlliSya adalah AlliSya Maxi Fund Plus.

AlliSya Maxi Fund Plus, produk asuransi ini memberikan perlindungan seumur hidup hingga usia 100 tahun. Tidak ada minimal premi tunggal yang harus dibayarkan, cukup disesuaikan dengan kemampuan penghasilan nasabah.

Selanjutnya, kamu dapat menambah nilai investasi dengan melakukan top-up premi minimum Rp1 juta agar hasil investasinya pun pun semakin banyak.

Sebagai informasi, manfaat pertanggungan dapat mencapai 150 hingga 350 persen dari jumlah dana kontribusi yang diberikan.

5. Manulife Berkah SaveLink

Produk asuransi syariah Manulife ini memberikan penawaran asuransi jiwa unit link yang memberikan berbagai macam perlindungan jiwa dan investasi.

Dengan memberikan dana kontribusi minimal Rp4 juta per tahun atau setara Rp300 ribuan per bulan, kamu sudah mendapatkan dua macam manfaat perlindungan jiwa.

Perlindungan tersebut terdiri dari santunan meninggal dunia sebesar 100 persen dan manfaat masa berakhir polis berdasarkan jumlah dana kontribusi yang diberikan.

Jenis investasi dari produk asuransi ini yang bisa kamu pilih, antara lain yaitu Manulife Dana Pasar Uang Syariah, Manulife Dana Berimbang Syariah dan Manulife Dana Ekuitas Optima Syariah.

Masa pertanggungan asuransi yang diberikan pun mencapai usia 99 tahun dengan usia masuk mulai dari 30 hari hingga 70 tahun. 

Berbagai pilihan perusahaan asuransi jiwa yang disebutkan di atas punya keunggulan masing-masing. Ada yang menyediakan pilihan produk asuransi jiwa dengan beragam pertanggungan. Kemudian, ada pula yang menyediakan asuransi jiwa dengan masa pertanggungan yang sangat panjang.

Yang pasti, premi masing-masing asuransi di atas pun berbeda satu sama lain.

Dari berbagai pilihan di atas tentu kamu bisa mempertimbangkan produk mana yang paling cocok untukmu.

Jangan lupa untuk memastikan asuransi yang kamu pilih sudah diawasi oleh DPS agar pengelolaan dana benar-benar sesuai syariat Islam.

Konsep asuransi jiwa syariah

Pengelolaan asuransi jiwa syariah sesuai dengan kaidah Islam yang didasarkan tuntunan dalam Al-Qur’an dan hadist.

Asuransi ini berlandaskan Fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (MUI) No. 21/DSN-MUI/X/2001 tentang Pedoman Umum Asuransi Syariah.

Sementara tata pelaksanaannya diatur Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang menjadi acuan pelaksanaan di Indonesia. Berdasarkan beberapa aturan tersebut, ada beberapa akad dan konsep yang digunakan dalam mengelola asuransi jiwa syariah. 

  1. Pertama, akad ta’awun atau saling tolong-menolong. Caranya dengan mengumpulkan dana untuk kepentingan bersama. Dana ini berasal dari premi asuransi yang dibayarkan secara rutin oleh pemegang polis. 
  2. Kedua, akad takaful atau saling melindungi. Dengan akad ini, kamu akan mendapat perlindungan berupa penggantian jika terjadi risiko sebagaimana yang telah disepakati bersama. 
  3. Ketiga, konsep tabarru’ atau risk sharing. Jadi, dana dari pemegang polis dihibahkan dengan tujuan tidak diambil kembali.

Dana ini dihibahkan dengan ikhlas untuk membantu sesama pemegang polis apabila salah satu dari mereka terkena musibah.

Dana ini dikumpulkan dalam satu rekening khusus dikelola sesuai prinsip syariah di bawah pengawasan Dewan Syariah dan diberikan kepada yang membutuhkan bila terjadi risiko. 

Kriteria asuransi jiwa syariah terbaik

Setelah menyimak penjabaran ringkas mengenai beberapa produk asuransi jiwa syariah di atas, apakah kamu sudah punya pilihan?

Apa justru semakin bingung untuk menentukan produk asuransi jiwa syariah mana yang harus dipilih? Sebenarnya, ada beberapa kriteria yang bisa membantu untuk memilih mana produk asuransi jiwa syariah terbaik yang memenuhi kebutuhanmu.

Berikut ini adalah kriteria asuransi jiwa syariah yang perlu kamu ketahui.

  • Adil dan memberi untung
  • Tidak ada dana hangus
  • Sistem klaim yang baik
  • Perjanjian tertuang di kontrak wakalah

1. Adil dan memberi untung

Dikutip dari situs resmi Prudential, asuransi jiwa syariah menerapkan prinsip berbagi risiko. Untung dari dana tabarru’ yang dikumpulkan dari peserta sesuai dengan akadnya, akan dibagi secara adil. Ingat, risikonya tidak terletak pada perusahaan tetapi pada para nasabah. 

2. Tidak ada dana hangus

Nah, salah satu ciri khas asuransi jiwa syariah adalah tidak ada dana hangus. Kenapa? Nasabah asuransi jiwa syariah punya peluang untuk mendapat uangnya kembali, bahkan sebelum jatuh tempo. Konsep yang dianut adalah Wadiah atau titipan, di mana dana yang ada dapat dikembalikan.

3. Sistem klaim yang baik

Pastikan asuransi jiwa syariah yang akan kamu beli memberikan perlindungan biaya rawat inap di rumah sakit untuk semua anggota keluarga. Pastikan pula, skema klaimnya cashless atau nontunai. Dengan begitu, kamu tidak akan ribet dengan sistem reimburse atau penggantian di belakang. 

4. Perjanjian Tertuang di kontrak wakalah

Ini salah satu poin penting bahwa asuransi jiwa syariah kamu mumpuni. Seluruh perjanjian, termasuk mekanisme yang ada, serta aturan-aturan lainnya pada asuransi jiwa syariah tertuang di kontrak wakalah (perwakilan). Hal inilah yang menjadi tanda-tanda lain dari produk asuransi Syariah yang baik untuk kamu dan keluarga.

Istilah penting dalam asuransi jiwa syariah

Ada beberapa istilah penting yang perlu kamu ketahui untuk memahami konsep asuransi jiwa syariah. Ini daftar istilahnya. 

Akad

Akad berarti kontrak, yakni serah terima (ijab qabul) menurut cara-cara yang disyariatkan dalam Al-Qur’an dan hadist yang berpengaruh terhadap obyek kontrak.

Dana tabbaru

Kumpulan iuran tabarru dari para peserta asuransi syariah untuk tolong-menolong antarsesama mereka. Dana ini akan digunakan untuk membayar klaim manfaat asuransi syariah.

Fiqh

Penjelasan ahli syariah atas dalil dari Al-Qur’an, Hadits, Konsensus Ulama (Ijma’), dan Qiyas.

Gharar

Ketidakjelasan.

Hadist

Perkataan (sabda), perbuatan, ketetapan, dan persetujuan dari Nabi Muhammad yang dijadikan landasan dalam syariat Islam.

Hibah

Pemberian secara sukarela.

Ijab

Pernyataan pihak pertama dalam suatu akad yang menunjukkan persetujuannya untuk melakukan akad.

Ijma’

Permufakatan bersama atas suatu hukum yang dilakukan para ulama.

Maslahat

Kebaikan atau manfaat.

Maysir

Judi, kerugian satu pihak menjadi keuntungan pihak lain.

Mudharat

Bahaya atau kerugian.

Qiyas

Menetapkan suatu hukum suatu perkara yang baru yang belum ada pada masa sebelumnya namun memiliki kesamaan sebab, manfaat, bahaya, dan berbagai aspek dengan perkara yang sudah lampau.

Riba

Tambahan atau bunga.

Syariah

Hukum Islam yang bersumber dari Al-Qur’an, Hadist, Ijma’, dan Qiyas

Tabbaru

Kebajikan.

Takaful

Saling menanggung.

Ta’min

Memberikan ketenangan, rasa aman, dan bebas dari rasa takut.

Wakalah Bil Ujrah

Kontrak perwakilan dengan biaya. Artinya, peserta asuransi syariah mewakilkan pengelolaan asuransi dan investasinya kepada perusahaan asuransi syariah. Di sini lain, perusahaan asuransi berhak mendapat biaya untuk pengelolaan tersebut

Nah, itu beberapa kriteria asuransi jiwa syariah yang baik dan cocok untuk kamu. Pastikan semua kriteria tersebut terpenuhi sebelum kamu memantapkan hati untuk memilih satu satu produk asuransi jiwa syariah.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →