Pilih Asuransi Jiwa atau Kesehatan Dahulu, Cari Tahu di Sini

pilih asuransi

Asuransi jiwa dan asuransi kesehatan merupakan dua produk yang berbeda. Meski keduanya sangat penting untuk perlindungan diri, lebih baik untuk memprioritaskan yang mana?

Mari telaah satu demi satu produk asuransi ini supaya kita pahami dahulu fungsinya dan manfaatnya, ya

Keuntungan Memiliki Asuransi Jiwa

Benefit asuransi jiwa

Asuransi jiwa adalah asuransi yang menanggung kerugian finansial jika nasabah meninggal atau mengalami kecacatan akibat kecelakaan atau penyakit tertentu. Bentuk pertanggungannya berupa uang santunan untuk ahli waris yang kita tunjuk. 

Besarnya uang pertanggungan yang diberikan pihak asuransi tergantung kepada besarnya premi yang dibayarkan kita sebagai nasabah. Selanjutnya, mari kita telaah manfaat lainnya.

1. Memberi proteksi atas sumber penghasilan keluarga

Asuransi jiwa akan memberi jaminan perlindungan untuk keluarga yang kita tinggalkan. Produk ini sebaiknya untuk tertanggung yang berperan sebagai sumber nafkah di dalam keluarganya. Risiko kematian maupun cacat yang dialami tertanggung akibat kecelakaan akan mengakibatkan sumber nafkah terputus. 

Maka dari itu, uang santunan dari perusahaan asuransi jiwa sangat bermanfaat dalam menunjang kehidupan keluarga yang untuk sementara tidak memiliki sumber penghasilan. 

Selain itu, uang santunan dari perusahaan asuransi dapat langsung digunakan untuk melunasi utang rumah tangga. Setidaknya keluarga tidak perlu lagi memikirkan utang dan bisa menyusun anggaran rumah tangga yang baru dengan lebih tenang.

2. Tabungan masa depan

Asuransi jiwa dapat menjadi tabungan masa depan karena jumlah premi yang kita bayarkan kepada pihak asuransi akan dikembalikan dalam jumlah yang lebih besar. Tabungan ini akan bermanfaat untuk keluarga kita jika memang sudah berkeluarga. 

Sedangkan bagi tertanggung yang belum berkeluarga, tabungan ini dapat dialirkan kepada ahli waris. Pengembalian uang pertanggungan yang diberikan pihak asuransi biasanya mencapai 100-200 persen atas segala kejadian yang menyebabkan terjadinya risiko meninggal dunia.

Keuntungan Memiliki Asuransi Kesehatan

Keuntungan asuransi jiwa

Asuransi kesehatan adalah produk asuransi yang memberikan jaminan biaya ketika kita sebagai nasabah mengalami gangguan kesehatan baik sakit atau kecelakaan. Asuransi kesehatan biasanya akan menanggung biaya rumah sakit, seperti biaya rawat inap, dokter, obat, dan tindakan, hingga biaya operasi berdasarkan syarat yang tertera di polis.

Berikut adalah beberapa keuntungan jika memiliki asuransi kesehatan.

1. Membantu mengelola keuangan

Melalui premi asuransi jiwa yang kita bayarkan setiap bulan, kita sebenarnya tengah mengelola keuangan pribadi. Kita akan terlatih untuk menyisihkan sebagian penghasilan untuk sesuatu yang sifatnya baik dan tidak sia-sia untuk diri sendiri.

2. Membiayai pengobatan dan perawatan saat sakit

Dengan memiliki asuransi kesehatan, kita tidak perlu risau akan biaya yang harus ditanggung. Sebab asuransi kesehatan akan menanggung seluruh biaya rumah sakit, obat, kunjungan dokter, operasi, dan lain-lain.

Proteksi asuransi kesehatan bisa dilakukan dengan dua cara, yakni sistem cashless dan proteksi dengan sistem reimbursement. Sistem asuransi kesehatan cashless memperbolehkan pemegang polis dirawat inap dan proses pembayaran dilakukan hanya dengan menunjukkan kartu provider. 

Sedangkan sistem asuransi kesehatan reimbursement mengharuskan pemegang polis untuk membayar terlebih dulu seluruh biaya rumah sakit dan kemudian melakukan klaim ke perusahaan asuransi.

Kedua sistem asuransi kesehatan ini tentu memiliki keuntungan dan kelemahan masing-masing, maka dari itu kita harus sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan finansial pribadi, ya.

3. Transfer risiko

Dengan membayar premi asuransi kesehatan yang relatif terjangkau, kita bisa mendapatkan keuntungan yang besar. Dengan memiliki asuransi kesehatan, kita tengah memindahkan risiko ke perusahaan asuransi karena kita sebagai tertanggung tidak perlu membayar biaya perawatan di rumah sakit.

Mau Pilih yang Mana Dahulu? Pertimbangkan Hal-Hal Ini

Pertimbangkan hal ini

Dengan berbagai keuntungan tersebut, mana yang harus kita pilih? Jika masih bingung memilih antara asuransi jiwa dan kesehatan, hal-hal berikut ini bisa kita pertimbangkan.

1. Besaran premi dengan penghasilan

Besaran premi asuransi tentu beda-beda tergantung jenis dan nilai pertanggungannya. Maka sebelum membeli asuransi, ketahui dulu berapa dana yang kita butuhkan untuk membayar premi asuransi per bulan dan sesuaikan dengan penghasilan kita. 

Jika penghasilan kita cukup untuk membayar salah satu premi asuransi tersebut, pilihlah yang paling cocok dengan kebutuhan. Namun jika penghasilan kita cukup untuk membayar keduanya, tidak ada salahnya untuk memiliki asuransi jiwa dan kesehatan sekaligus untuk perlindungan lebih maksimal.

2. Kondisi kesehatan

Kita perlu mempertimbangkan kondisi kesehatan sebelum memilih asuransi. Bila dalam waktu lima tahun terakhir kita memiliki riwayat sakit, maka asuransi kesehatan sangat diperlukan. Apalagi kalau kita memang memiliki kebutuhan kesehatan khusus, misalnya memiliki sakit kronis. Namun jika kondisi kesehatan kita cukup baik, kita bisa memilih asuransi jiwa.

3. Punya tanggungan atau tidak

Jika kita memiliki tanggungan keluarga baik istri atau anak, maka asuransi jiwa tepat untuk kita. Sebab uang pertanggungan asuransi jiwa dapat digunakan untuk menggantikan penghasilan yang hilang dan membiayai kebutuhan hidup keluarga kita jika terjadi risiko meninggal dunia atau cacat tetap. Sedangkan jika kita masih lajang, kita bisa memilih asuransi kesehatan untuk perlindungan.

4. Punya dana darurat atau tidak

Jika kita belum memiliki simpanan dana darurat atau jumlahnya belum mencukupi, sebaiknya prioritaskan untuk menabung dana darurat dahulu. Dana darurat akan berpengaruh pada kebutuhan kita memiliki asuransi jiwa atau kesehatan. Dana darurat sebenarnya sangat membantu kita untuk biaya berobat jika sakit. 

Maka jika kita telah memiliki dana darurat yang cukup, kita bisa memilih untuk membeli asuransi jiwa. Sebaliknya jika kita tidak memiliki dana darurat, kita bisa membeli asuransi kesehatan. 

Semoga empat poin di atas dapat memberi kita gambaran saat ingin menentukan prioritas di antara kedua produk asuransi tersebut.

Pada dasarnya, baik asuransi jiwa maupun asuransi kesehatan sama-sama kita butuhkan, namun kita sendiri yang lebih tahu kebutuhan dan prioritas pribadi. Perbedaan asuransi jiwa dan kesehatan bukan hanya pada manfaat, tetapi juga pada kebutuhan kita sebagai pemilik polis.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →