Asuransi Raksa

DISKON HINGGA 20% Temukan pilihan polis sesuai kebutuhan dan anggaranmu!

+62
+62
+62

Asuransi Raksa

Asuransi Raksa atau dikenal sebagai Raksa Online adalah perusahaan asuransi di bawah naungan PT Asuransi Raksa Pratikara. Asuransi ini berfokus pada produk asuransi kerugian yang meliputi asuransi kendaraan bermotor, asuransi rumah tinggal, dan asuransi ruko, atau tempat usaha seperti restoran. Beberapa produk asuransi yang ditawarkan dapat dibeli secara online sehingga lebih praktis dan memudahkan.

Kelebihan dan kekurangan Asuransi Raksa versi Lifepal:

  • (+) Perusahaan Asuransi Raksa memiliki memiliki pengalaman selama lebih dari 40 tahun. 
  • (+) Perusahaan Asuransi Raksa didukung oleh reasuransi terbaik di dalam dan luar negeri. 
  • (+) Terdapat layanan nasabah 24 jam. 
  • (+) Produk Asuransi Raksa dapat dibeli secara online. 
  • (+) Perusahaan Asuransi Raksa memiliki kantor cabang yang tersebar luas di wilayah Indonesia. 

Sekilas tentang Asuransi Raksa 

Telah berdiri sejak tahun 1975, Asuransi Raksa didukung oleh perusahaan reasuransi baik dari dalam dan luar negeri, beberapa di antaranya adalah Swiss Re dan Munich Re. Keduanya merupakan perusahaan reasuransi terbesar di dunia. 

Sebagai informasi tambahan, reasuransi adalah layanan yang melindungi perusahaan asuransi dari risiko terjadinya klaim atau gagal bayar. Jadi, sederhananya mekanisme reasuransi adalah mengasuransikan perusahaan asuransi. 

Asuransi Raksa mungkin kurang populer di telinga awam. Akan tetapi, produk asuransi yang ditawarkan cukup spesifik hanya di asuransi kerugian, manfaat yang diberikan pun terbilang luas dibandingkan produk asuransi sejenis.

Dengan usia perusahaan yang sudah melebihi 40 tahun, Asuransi Raksa menjadi salah satu pilihan asuransi kendaraan yang paling dikenal di tengah masyarakat, khususnya di Jabodetabek. Asuransi kendaraan Raksa dikenal dengan nama Raksa Autocare Insurance yang memberikan manfaat asuransi untuk kendaraan pribadi maupun kendaraan komersial. 

Asuransi Raksa terdaftar di Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI). PT Asuransi Raksa Pratikara sudah terdaftar di OJK RI dengan Nomor Izin Usaha KEP-8016/MD/1986 dengan tanggal izin usaha 8 Desember 1996.
Asuransi Raksa Pratikara menjadi satu-satunya perusahan asuransi di Asia Pasifik yang pernah mendapatkan beasiswa Horst K.Jannot dari Munich Re pada tahun 1997. Training tersebut dilaksanakan di dua negara selama tiga bulan di Munich, Jerman dan Atlanta, Amerika Serikat. Salah satu peran penting Asuransi Raksa di Indonesia adalah memberikan proteksi jiwa terhadap seluruh pengguna atau pengunjung yang menaiki bianglala tertinggi di Indonesia, J-Sky yang memiliki ketinggian hingga 69 meter dari permukaan tanah.

Laporan Keuangan Asuransi Raksa 

Rasio solvabilitas perusahaan asuransi di Indonesia wajib memenuhi standardisasi keuangan yang telah ditentukan di dalam Peraturan Jasa Otoritas Keuangan (Nomor 71 dan 72 /POJK.05/2016). Ketentuan mengenai rasio solvabilitas adalah minimal 120 persen, ekuitas minimal Rp100 miliar untuk perusahaan asuransi dan minimal Rp200 miliar untuk reasuransi, dan perusahaan asuransi dikategorikan baik apabila minimal asetnya minimal Rp150 miliar.

Rasio solvabilitas adalah kemampuan perusahaan asuransi bersangkutan dalam memenuhi kewajiban terhadap nasabahnya. Kewajiban ini dapat diartikan sebagai kesanggupan memenuhi pertanggungan klaim asuransi yang diajukan oleh seluruh nasabah aktifnya.

Mengacu kepada laporan keuangan 2018, PT Asuransi Raksa Pratikara membuktikan performa kinerja finansialnya sebagai berikut.

  • Rasio solvabilitas: 175,67 persen
  • Jumlah ekuitas: Rp199,878 miliar
  • Jumlah aset: Rp1,741 triliun

Dari data keuangan tersebut dapat disimpulkan bahwa dari segala aspek yang dijadikan indikator penentu kualitas keuangan perusahaan, PT Asuransi Raksa Pratikara termasuk perusahaan dengan kondisi finansial yang layak dijadikan pilihan prioritas bagi calon nasabah. Kondisi finansial yang kuat akan memberikan jaminan kepada kualitas produk dan pemenuhan kebutuhan klaim para nasabahnya hingga tuntas.

Saat ini, Lifepal belum bekerja sama dengan PT Asuransi Raksa Pratikara. Untuk mengetahui informasi terkait produk asuransi Raksa Pratikara, silakan cek situs resmi araksa.com. Jika tertarik untuk mengetahui informasi produk dari asuransi lainnya, Lifepal dapat membantu untuk mencarikan asuransi terbaik dan konsultasi gratis.

Tidak tersedia berita terbaru PT Asuransi Raksa Pratikara dalam kurun waktu 2018-2020. Untuk mengetahui informasi produk asuransi terbaru bisa menghubungi call center Asuransi Raksa.

 

Produk asuransi Raksa terdiri dari beberapa pilihan asuransi yang bisa dipilih sesuai dengan tujuan finansial. Mulai dari produk asuransi kendaraan bermotor, asuransi rumah tinggal, asuransi ruko, asuransi restoran dan kafe, asuransi kebongkaran, asuransi kecelakaan diri, asuransi pengangkutan, asuransi alat berat, asuransi kebakaran, dan asuransi gempa bumi.

Asuransi kendaraan bermotor
Raksa Autocare Insurance
proteksi kendaraan jenis sedan hingga truk dan bus. Dengan jenis pertanggungan all risk dan TLO
Asuransi properti
Raksa Estatecare Insurance
Asuransi dengan proteksi terhadap berbagai risiko seperti kebakaran, kebongkaran dengan jaminan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.
Asuransi properti
Raksa Storecare Insurance
Produk asuransi untuk bangunan ruko yang dipergunakan sebagai tempat usaha. Uang pertanggungan hingga Rp1,5 miliar.
Asuransi properti
Raksa Resto Care Insurance
Produk asuransi yang memberikan proteksi terhadap bangunan yang digunakan untuk usaha restoran dan kafe. Uang pertanggungan mencapai Rp1 miliar.
Asuransi properti
Raksa Becare Insurance
Produk asuransi yang memberikan proteksi terhadap risiko pencurian rumah serta kerusakan yang ditimbulkan.
Asuransi kecelakaan diri
Raksa Accidentcare Insurance
Produk asuransi yang berupa santunan tunai apabila mengalami kecelakaan, cacat sebagian atau total.
Asuransi pengangkutan
Raksa Marine Cargo Insurance
Produk asuransi yang memberikan penggantian kerusakan atau kerugian karena kebakaran, kandas, tenggelam, dan lain-lain
Asuransi alat berat
Raksa Heavy Equipment Insurance
Asuransi yang memberikan proteksi terhadap kerusakan alat berat dengan berbagai sebab. Alat-alat berat seperti Excavator, Dump Truck, dan lainnya.
Asuransi kebakaran
Raksa Fire Insurance
Asuransi yang memberikan proteksi terhadap risiko kerusakan pada harta-benda atau properti disebabkan oleh kebakaran, petir, ledakan, kejatuhan pesawat, hingga asap.
Asuransi gempa bumi
Raksa Earthquake Insurance
Asuransi yang memberikan jaminan perlindungan terhadap kerugian seperti kerusakan harta benda apabila terjadi gempa bumi.

Berbagai produk asuransi Raksa yang telah disebutkan tadi memiliki ketentuan masing-masing. Agar lebih jelas dan semakin memahami berbagai produk asuransi Raksa tersebut, mari perhatikan ulasan berikut terlebih dahulu. Dengan demikian, Anda dapat mempertimbangkan kelayakan produk asuransi Raksa. 

Pertanggungan asuransi Raksa adalah benefit atau manfaat yang diberikan oleh perusahaan asuransi. Tentu saja berdasarkan produk asuransi yang disepakati berdasarkan polis tertulis.

Biar lebih jelas, mari simak apa saja pertanggungan atau manfaat asuransi Raksa berdasarkan jenis produknya.

  • Raksa Autocare Insurance dibedakan antara asuransi comprehensive dan TLO. Untuk asuransi all risk akan memberikan pertanggungan dari segala risiko kerugian atau kehilangan sesuai dengan harga maksimal pertanggungan dikurangi dengan risiko sendiri. Begitu pula dengan pertanggungan asuransi TLO akan dilakukan penggantian sesuai dengan harga maksimal pertanggungan dikurangi dengan risiko sendiri hanya untuk kehilangan atau kerusakan total di atas 75%.
  • Raksa Accidentcare Insurance akan diberikan santunan kematian karena kecelakan, santunan cacat tetap karena kecelakaan, serta biaya pengobatan karena kecelakaan 10% dari harga pertanggungan kematian.  
  • Raksa Estatecare Insurance memberikan manfaat sesuai dengan harga pertanggungan dari risiko yang terjadi.
  • Raksa Resto Care Insurance memberikan manfaat sesuai dengan harga pertanggungan dari risiko yang terjadi.
  • Raksa Storecare Insurance memberikan manfaat sesuai dengan harga pertanggungan dari risiko yang terjadi.
  • Raksa Resto Care Insurance memberikan manfaat sesuai dengan harga pertanggungan dari risiko yang terjadi.
  • Raksa Becare Insurance memberikan manfaat sesuai dengan harga pertanggungan dari risiko yang terjadi.
  • Raksa Marine Cargo Insurance memberikan manfaat sesuai dengan harga pertanggungan dari risiko yang terjadi.
  • Raksa Heavy Equipment Insurance memberikan manfaat sesuai dengan harga pertanggungan dari risiko yang terjadi.
  • Raksa Earthquake Insurance memberikan pertanggungan terhadap kerusakan atau kerugian yang terjadi karena gempa bumi, letusan gunung berapi, kebakaran dan ledakan diiringi dengan gempa bumi atau ledakan gunung berapi, tsunami sesuai dengan harga pertanggungan.
  • Asuransi kendaraan bermotor sesuai dengan tabel premi OJK.
  • Asuransi rumah tinggal diperhitungkan sesuai dengan uang pertanggungan.
  • Asuransi ruko diperhitungkan sesuai dengan uang pertanggungan.
  • Asuransi restoran dan kafe diperhitungkan sesuai dengan uang pertanggungan.
  • Asuransi kebongkaran diperhitungkan sesuai dengan uang pertanggungan.
  • Asuransi kecelakaan diri diperhitungkan sesuai dengan uang pertanggungan.
  • Asuransi pengangkutan diperhitungkan sesuai dengan uang pertanggungan.
  • Asuransi alat berat diperhitungkan sesuai dengan uang pertanggungan.
  • Asuransi kebakaran diperhitungkan sesuai dengan uang pertanggungan.
  • Asuransi gempa bumi diperhitungkan sesuai dengan uang pertanggungan.

Ada beberapa metode penggantian biaya asuransi dikategorikan berdasarkan jenisnya sebagai berikut ini.

  • Asuransi kendaraan bermotor dibayarkan sebagian sesuai dengan polis asuransi dikurangi dengan risiko sendiri untuk setiap kejadian. Untuk penggantian asuransi TLO akan dibayarkan tunai sesuai dengan harga pasar dari kendaraan yang mengalami kerusakan/kerugian sesuai dengan nilai maksimum pertanggungan dikurangi dengan biaya risiko sendiri. Untuk perbaikan dilakukan atas persetujuan perusahaan asuransi di bengkel yang ditunjuk atau sudah bermitra dengan perusahaan asuransi.
  • Asuransi rumah dibayarkan secara cashless sesuai dengan nilai pertanggungan. 
  • Asuransi ruko dibayarkan secara cashless sesuai dengan nilai pertanggungan. 
  • Asuransi restoran dan kafe dibayarkan secara cashless sesuai dengan nilai pertanggungan. 
  • Asuransi kebongkaran dibayarkan secara cashless sesuai dengan nilai pertanggungan. 
  • Asuransi kecelakaan diri untuk penggantian biaya perawatan di rumah sakit dengan cara reimbursement, sementara santunan kematian dan cacat total tetap akan dibayarkan secara tunai sesuai dengan nilai maksimal pertanggungan. 
  • Asuransi pengangkutan dibayarkan secara cashless sesuai dengan nilai pertanggungan. 
  • Asuransi alat berat dibayarkan secara cashless sesuai dengan nilai pertanggungan. 
  • Asuransi kebakaran dibayarkan secara cashless sesuai dengan nilai pertanggungan. 
  • Asuransi gempa bumi dibayarkan secara cashless sesuai dengan nilai pertanggungan. 

Membeli asuransi Raksa secara online akan sangat praktis. Sebab, Anda tak perlu mendatangi kantor cabang Raksa terdekat sekalipun. Dengan agen asuransi yang mencapai ratusan ribu, cukup mudah bagi Anda membeli asuransi Raksa melalui mereka.

Atau, jika ingin lebih berimbang, Anda dapat membeli asuransi Raksa secara online melalui situs agregator semacam Lifepal. Melalui marketplace asuransi online Lifepal.co.id, Anda tidak hanya dapat membandingkan produk asuransi Raksa saja, tetapi juga dari perusahaan lain. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan proteksi terbaik sesuai kebutuhan dengan premi paling ringan pula.

Ada beberapa kanal pembayaran yang disediakan oleh Asuransi Raksa, di antaranya adalah sebagai berikut ini:

  • Transfer melalui Bank Mandiri
  • Transfer melalui BCA
  • Pembayaran menggunakan kartu kredit.

Cara pembayaran asuransi Raksa harus menyertakan nomor polis, nomor nota debit/kredit dalam setiap pembayaran. Pembayaran dapat dilakukan dengan mata uang asing dengan nomor rekening yang berbeda.

  • Rekening Bank Mandiri (1) A/C No.: 103.00.7727613.3 (IDR)
  • Rekening Bank Mandiri (2) A/C No.: 103.00.9961087.1 (USD)
  • Rekening BCA A/C No.: 2613009833 (IDR)

Pembayaran dengan menggunakan kartu kredit dilakukan dengan cara menghubungi layanan pelanggan untuk dilakukan otorisasi kartu kredit atau langsung membayar di loket yang tersedia di kantor pusat Asuransi Raksa.

Pengajuan klaim untuk asuransi kendaraan pada dasarnya hanya dibutuhkan KTP dan mengisi Surat Permintaan Penutupan Asuransi (SPPA). Kemudian dapat mengikuti prosedur pengajuan klaim berikut ini:

  • Klaim diajukan paling lambat 5 hari setelah kejadian ke nomor 021-3859007 / 08 atau faksimile ke nomor 021-3859004/05/06 atau email ke [email protected]
  • Melengkapi dokumen yang dibutuhkan seperti laporan kronologis kejadian, fotokopi polis, sertifikat dan lampiran endorsement, fotokopi SIM pengemudi saat kejadian, STNK, KTP atau kartu identitas lainnya.
  • Jika terjadi kerugian total perlu melampirkan BPKB kendaraan, faktur pembelian, blanko kwitansi dan surat penyerahan hak milik yang sudah ditandatangani, KIR (opsional), surat keterangan dari POLDA, bukti pemblokiran kendaraan.
  • Setelah itu petugas akan menginformasikan langkah selanjutkan dan akan menghubungi jika ada dokumen yang masih harus dilengkapi. 

Prosedur pengajuan klaim asuransi kerugian secara umum, baik Raksa atau perusahaan lain, dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut ini:

  • Menginformasikan kepada perusahaan jika sudah terjadi kerusakan atau kerugian melalui layanan telepon yang tersedia.
  • Klaim tidak boleh lebih dari 12 hari sejak kejadian.
  • Melengkapi dokumen pendukung seperti formulir laporan klaim, fotokopi polis asuransi, berita acara dari kepolisian setempat atau dari surat kepala desa atau dari kepala kelurahan yang menjelaskan tentang kejadian sehingga menyebabkan kerugian/kerusakan.
  • Melengkapi keterangan-keterangan berupa bukti foto yang relevan dan pantas sesuai dengan permintaan dari penanggung.
  • Perusahaan akan mencairkan dana dalam waktu 30 hari kerja sejak ada kesepakatan tertulis antara peserta asuransi dengan perusahaan asuransi tentang jumlah ganti rugi.

Langkah mudah untuk berhenti membayarkan premi asuransi raksa adalah sebagai berikut ini:

  1. Siapkan kartu identitas dan nomor polis asuransi.
  2. Hubungi hotline di nomor (021) 3859007, 3859008 (hunting) atau layanan lainnya.
  3. Informasikan kepada layanan pelanggan bahwa Anda ingin berhenti membayarkan premi yang secara otomatis akan berhenti mendapatkan proteksi serta manfaat dalam polis asuransi.
  4. Petugas akan mencatat dan mengirimkan formulir untuk dilengkapi.
  5. Isi dan lengkapi formulir serta data-data yang diminta.
  6. Kirim formulir dan data yang diminta ke layanan pelanggan.
  7. Petugas akan menginformasikan jika ada dokumen yang masih harus dilengkapi.
  8. Tunggu proses penghentian asuransi dengan ketentuan antara 7-14 hari kerja.

Berikut ini adalah daftar bengkel rekanan Asuransi Raksa di Jabodetabek.

Jakarta Barat

  • B2M Motor Jl. Bojong Raya no. 124 Outer Ring Road Phone : 58304555 Fax : 58304666
  • Fajar Kencana Mandiri (Fajar Jaya Motor) Jl. Tubagus Angke no. 8 Phone : 5664437 Fax : 5677233
  • Fajar Kencana Mandiri (Fajar Jaya Motor)  Jl. Daan Mogot km. 13 no 21 Cengkareng Phone : 5410789 Fax : 5420808
  • JNS Jl. Hadiah no. 15 Daan Mogot Phone: 5659511 Fax: 5663476
  • Padi Mas Motor Jl. Hadiah 18, Jelambar, Daan Mogot Phone: 5640334 Fax: 5660433
  • Primatama Jl. Arjuna Selatan no. 1 Kebon Jeruk Phone: 5349983 Fax: 5349984
  • Putra Wijaya Motor Jl. Daan Mogot km. 14 no. 35 Cengkareng Phone : 54398226-27 Fax : 6196501
  • Carrisma Jl. Outer Ring Road no. 38, Rawa Buaya Phone : 5820397/98 Fax : 5820327
  • Lido Jaya Motor Jl. H. Saaba Raya, no. 2, Meruya Selatan Phone: 58903858-9 Fax: 58902862
  • Chung Service Jl. Duri TSS No. 54-56 Jembatan Lima Phone: 6313255 Fax: 6313254

Jakarta Timur

  • Metro 77 Jl. Jend Basuki Rachmat no. 7A Phone: 8631551, 86608041 Fax: 8605372
  • Suryasakura Indah Motor Jl. Kalimalang no. 1, Jaktim, Phone: 8631334-35 Fax: 8606034
  • IRMC Jl. MT Haryono kav. 29-30, Jaktim Phone:8294830 Fax:8307462
  • PROCARE (FELIX AUTO SERVICE) Jl. DI Panjaitan Kav. 5, Jakarta Timur 13350 Phone:8190026 Fax:8570111   

Jakarta Selatan

  • KARYAKITA PUTRA SEJAHTERA Jl. Gunung Sahari no. 17 Phone: 6253378 Fax: 6253550

Jakarta Utara

  • Nova Motor Jl.Kelapa Gading Elok Utara III Blok FX II No. 17 Phone: 4508718 Fax: 45840866

Tangerang

  • Marga Jaya Jl. MH Thamrin no. 8, Cikokol, Tangerang Phone : 55753357-59 Fax : 55757266-67
  • Metro Auto Care Serpong Kav.Komersil IIIA no.3, Jl. Pahlawan Seribu Phone :5380696 Fax : 5380697  

Bogor

  • Inti Auto Jl. Raya Puncak Ciawi no. 6 Phone: (0251) 8249484 Fax: (0251) 8249485

Bekasi

  • Karya Indah Motor Jl. Siliwangi No. 20 Rawa Panjang Bekasi Phone: (0251) 8249484 Fax: (0251) 8249485.

Ada beberapa perusahaan lain yang menyediakan asuransi seperti Asuransi Raksa, di antaranya adalah:

  • Asuransi Allianz Utama
  • Asuransi Astra Buana
  • Asuransi AXA Mandiri
  • Asuransi BCA Umum
  • Asuransi Harta
  • Asuransi Mega Insurance
  • Asuransi Raksa
  • Asuransi Takaful Umum
  • Asuransi Tokio Marine Umum
  • Asuransi Tugu
  • Asuransi Zurich Insurance
Informasi Umum

Asuransi Raksa

Asuransi Raksa atau dikenal sebagai Raksa Online adalah perusahaan asuransi di bawah naungan PT Asuransi Raksa Pratikara. Asuransi ini berfokus pada produk asuransi kerugian yang meliputi asuransi kendaraan bermotor, asuransi rumah tinggal, dan asuransi ruko, atau tempat usaha seperti restoran. Beberapa produk asuransi yang ditawarkan dapat dibeli secara online sehingga lebih praktis dan memudahkan.

Kelebihan dan kekurangan Asuransi Raksa versi Lifepal:

  • (+) Perusahaan Asuransi Raksa memiliki memiliki pengalaman selama lebih dari 40 tahun. 
  • (+) Perusahaan Asuransi Raksa didukung oleh reasuransi terbaik di dalam dan luar negeri. 
  • (+) Terdapat layanan nasabah 24 jam. 
  • (+) Produk Asuransi Raksa dapat dibeli secara online. 
  • (+) Perusahaan Asuransi Raksa memiliki kantor cabang yang tersebar luas di wilayah Indonesia. 

Sekilas tentang Asuransi Raksa 

Telah berdiri sejak tahun 1975, Asuransi Raksa didukung oleh perusahaan reasuransi baik dari dalam dan luar negeri, beberapa di antaranya adalah Swiss Re dan Munich Re. Keduanya merupakan perusahaan reasuransi terbesar di dunia. 

Sebagai informasi tambahan, reasuransi adalah layanan yang melindungi perusahaan asuransi dari risiko terjadinya klaim atau gagal bayar. Jadi, sederhananya mekanisme reasuransi adalah mengasuransikan perusahaan asuransi. 

Asuransi Raksa mungkin kurang populer di telinga awam. Akan tetapi, produk asuransi yang ditawarkan cukup spesifik hanya di asuransi kerugian, manfaat yang diberikan pun terbilang luas dibandingkan produk asuransi sejenis.

Dengan usia perusahaan yang sudah melebihi 40 tahun, Asuransi Raksa menjadi salah satu pilihan asuransi kendaraan yang paling dikenal di tengah masyarakat, khususnya di Jabodetabek. Asuransi kendaraan Raksa dikenal dengan nama Raksa Autocare Insurance yang memberikan manfaat asuransi untuk kendaraan pribadi maupun kendaraan komersial. 

Asuransi Raksa terdaftar di Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI). PT Asuransi Raksa Pratikara sudah terdaftar di OJK RI dengan Nomor Izin Usaha KEP-8016/MD/1986 dengan tanggal izin usaha 8 Desember 1996.
Asuransi Raksa Pratikara menjadi satu-satunya perusahan asuransi di Asia Pasifik yang pernah mendapatkan beasiswa Horst K.Jannot dari Munich Re pada tahun 1997. Training tersebut dilaksanakan di dua negara selama tiga bulan di Munich, Jerman dan Atlanta, Amerika Serikat. Salah satu peran penting Asuransi Raksa di Indonesia adalah memberikan proteksi jiwa terhadap seluruh pengguna atau pengunjung yang menaiki bianglala tertinggi di Indonesia, J-Sky yang memiliki ketinggian hingga 69 meter dari permukaan tanah.

Laporan Keuangan Asuransi Raksa 

Rasio solvabilitas perusahaan asuransi di Indonesia wajib memenuhi standardisasi keuangan yang telah ditentukan di dalam Peraturan Jasa Otoritas Keuangan (Nomor 71 dan 72 /POJK.05/2016). Ketentuan mengenai rasio solvabilitas adalah minimal 120 persen, ekuitas minimal Rp100 miliar untuk perusahaan asuransi dan minimal Rp200 miliar untuk reasuransi, dan perusahaan asuransi dikategorikan baik apabila minimal asetnya minimal Rp150 miliar.

Rasio solvabilitas adalah kemampuan perusahaan asuransi bersangkutan dalam memenuhi kewajiban terhadap nasabahnya. Kewajiban ini dapat diartikan sebagai kesanggupan memenuhi pertanggungan klaim asuransi yang diajukan oleh seluruh nasabah aktifnya.

Mengacu kepada laporan keuangan 2018, PT Asuransi Raksa Pratikara membuktikan performa kinerja finansialnya sebagai berikut.

  • Rasio solvabilitas: 175,67 persen
  • Jumlah ekuitas: Rp199,878 miliar
  • Jumlah aset: Rp1,741 triliun

Dari data keuangan tersebut dapat disimpulkan bahwa dari segala aspek yang dijadikan indikator penentu kualitas keuangan perusahaan, PT Asuransi Raksa Pratikara termasuk perusahaan dengan kondisi finansial yang layak dijadikan pilihan prioritas bagi calon nasabah. Kondisi finansial yang kuat akan memberikan jaminan kepada kualitas produk dan pemenuhan kebutuhan klaim para nasabahnya hingga tuntas.

Saat ini, Lifepal belum bekerja sama dengan PT Asuransi Raksa Pratikara. Untuk mengetahui informasi terkait produk asuransi Raksa Pratikara, silakan cek situs resmi araksa.com. Jika tertarik untuk mengetahui informasi produk dari asuransi lainnya, Lifepal dapat membantu untuk mencarikan asuransi terbaik dan konsultasi gratis.

Tidak tersedia berita terbaru PT Asuransi Raksa Pratikara dalam kurun waktu 2018-2020. Untuk mengetahui informasi produk asuransi terbaru bisa menghubungi call center Asuransi Raksa.

 

Pilihan Produk

Produk asuransi Raksa terdiri dari beberapa pilihan asuransi yang bisa dipilih sesuai dengan tujuan finansial. Mulai dari produk asuransi kendaraan bermotor, asuransi rumah tinggal, asuransi ruko, asuransi restoran dan kafe, asuransi kebongkaran, asuransi kecelakaan diri, asuransi pengangkutan, asuransi alat berat, asuransi kebakaran, dan asuransi gempa bumi.

Asuransi kendaraan bermotor
Raksa Autocare Insurance
proteksi kendaraan jenis sedan hingga truk dan bus. Dengan jenis pertanggungan all risk dan TLO
Asuransi properti
Raksa Estatecare Insurance
Asuransi dengan proteksi terhadap berbagai risiko seperti kebakaran, kebongkaran dengan jaminan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.
Asuransi properti
Raksa Storecare Insurance
Produk asuransi untuk bangunan ruko yang dipergunakan sebagai tempat usaha. Uang pertanggungan hingga Rp1,5 miliar.
Asuransi properti
Raksa Resto Care Insurance
Produk asuransi yang memberikan proteksi terhadap bangunan yang digunakan untuk usaha restoran dan kafe. Uang pertanggungan mencapai Rp1 miliar.
Asuransi properti
Raksa Becare Insurance
Produk asuransi yang memberikan proteksi terhadap risiko pencurian rumah serta kerusakan yang ditimbulkan.
Asuransi kecelakaan diri
Raksa Accidentcare Insurance
Produk asuransi yang berupa santunan tunai apabila mengalami kecelakaan, cacat sebagian atau total.
Asuransi pengangkutan
Raksa Marine Cargo Insurance
Produk asuransi yang memberikan penggantian kerusakan atau kerugian karena kebakaran, kandas, tenggelam, dan lain-lain
Asuransi alat berat
Raksa Heavy Equipment Insurance
Asuransi yang memberikan proteksi terhadap kerusakan alat berat dengan berbagai sebab. Alat-alat berat seperti Excavator, Dump Truck, dan lainnya.
Asuransi kebakaran
Raksa Fire Insurance
Asuransi yang memberikan proteksi terhadap risiko kerusakan pada harta-benda atau properti disebabkan oleh kebakaran, petir, ledakan, kejatuhan pesawat, hingga asap.
Asuransi gempa bumi
Raksa Earthquake Insurance
Asuransi yang memberikan jaminan perlindungan terhadap kerugian seperti kerusakan harta benda apabila terjadi gempa bumi.
Ulasan Produk

Berbagai produk asuransi Raksa yang telah disebutkan tadi memiliki ketentuan masing-masing. Agar lebih jelas dan semakin memahami berbagai produk asuransi Raksa tersebut, mari perhatikan ulasan berikut terlebih dahulu. Dengan demikian, Anda dapat mempertimbangkan kelayakan produk asuransi Raksa. 

Pertanggungan asuransi Raksa adalah benefit atau manfaat yang diberikan oleh perusahaan asuransi. Tentu saja berdasarkan produk asuransi yang disepakati berdasarkan polis tertulis.

Biar lebih jelas, mari simak apa saja pertanggungan atau manfaat asuransi Raksa berdasarkan jenis produknya.

  • Raksa Autocare Insurance dibedakan antara asuransi comprehensive dan TLO. Untuk asuransi all risk akan memberikan pertanggungan dari segala risiko kerugian atau kehilangan sesuai dengan harga maksimal pertanggungan dikurangi dengan risiko sendiri. Begitu pula dengan pertanggungan asuransi TLO akan dilakukan penggantian sesuai dengan harga maksimal pertanggungan dikurangi dengan risiko sendiri hanya untuk kehilangan atau kerusakan total di atas 75%.
  • Raksa Accidentcare Insurance akan diberikan santunan kematian karena kecelakan, santunan cacat tetap karena kecelakaan, serta biaya pengobatan karena kecelakaan 10% dari harga pertanggungan kematian.  
  • Raksa Estatecare Insurance memberikan manfaat sesuai dengan harga pertanggungan dari risiko yang terjadi.
  • Raksa Resto Care Insurance memberikan manfaat sesuai dengan harga pertanggungan dari risiko yang terjadi.
  • Raksa Storecare Insurance memberikan manfaat sesuai dengan harga pertanggungan dari risiko yang terjadi.
  • Raksa Resto Care Insurance memberikan manfaat sesuai dengan harga pertanggungan dari risiko yang terjadi.
  • Raksa Becare Insurance memberikan manfaat sesuai dengan harga pertanggungan dari risiko yang terjadi.
  • Raksa Marine Cargo Insurance memberikan manfaat sesuai dengan harga pertanggungan dari risiko yang terjadi.
  • Raksa Heavy Equipment Insurance memberikan manfaat sesuai dengan harga pertanggungan dari risiko yang terjadi.
  • Raksa Earthquake Insurance memberikan pertanggungan terhadap kerusakan atau kerugian yang terjadi karena gempa bumi, letusan gunung berapi, kebakaran dan ledakan diiringi dengan gempa bumi atau ledakan gunung berapi, tsunami sesuai dengan harga pertanggungan.
  • Asuransi kendaraan bermotor sesuai dengan tabel premi OJK.
  • Asuransi rumah tinggal diperhitungkan sesuai dengan uang pertanggungan.
  • Asuransi ruko diperhitungkan sesuai dengan uang pertanggungan.
  • Asuransi restoran dan kafe diperhitungkan sesuai dengan uang pertanggungan.
  • Asuransi kebongkaran diperhitungkan sesuai dengan uang pertanggungan.
  • Asuransi kecelakaan diri diperhitungkan sesuai dengan uang pertanggungan.
  • Asuransi pengangkutan diperhitungkan sesuai dengan uang pertanggungan.
  • Asuransi alat berat diperhitungkan sesuai dengan uang pertanggungan.
  • Asuransi kebakaran diperhitungkan sesuai dengan uang pertanggungan.
  • Asuransi gempa bumi diperhitungkan sesuai dengan uang pertanggungan.

Ada beberapa metode penggantian biaya asuransi dikategorikan berdasarkan jenisnya sebagai berikut ini.

  • Asuransi kendaraan bermotor dibayarkan sebagian sesuai dengan polis asuransi dikurangi dengan risiko sendiri untuk setiap kejadian. Untuk penggantian asuransi TLO akan dibayarkan tunai sesuai dengan harga pasar dari kendaraan yang mengalami kerusakan/kerugian sesuai dengan nilai maksimum pertanggungan dikurangi dengan biaya risiko sendiri. Untuk perbaikan dilakukan atas persetujuan perusahaan asuransi di bengkel yang ditunjuk atau sudah bermitra dengan perusahaan asuransi.
  • Asuransi rumah dibayarkan secara cashless sesuai dengan nilai pertanggungan. 
  • Asuransi ruko dibayarkan secara cashless sesuai dengan nilai pertanggungan. 
  • Asuransi restoran dan kafe dibayarkan secara cashless sesuai dengan nilai pertanggungan. 
  • Asuransi kebongkaran dibayarkan secara cashless sesuai dengan nilai pertanggungan. 
  • Asuransi kecelakaan diri untuk penggantian biaya perawatan di rumah sakit dengan cara reimbursement, sementara santunan kematian dan cacat total tetap akan dibayarkan secara tunai sesuai dengan nilai maksimal pertanggungan. 
  • Asuransi pengangkutan dibayarkan secara cashless sesuai dengan nilai pertanggungan. 
  • Asuransi alat berat dibayarkan secara cashless sesuai dengan nilai pertanggungan. 
  • Asuransi kebakaran dibayarkan secara cashless sesuai dengan nilai pertanggungan. 
  • Asuransi gempa bumi dibayarkan secara cashless sesuai dengan nilai pertanggungan. 

Membeli asuransi Raksa secara online akan sangat praktis. Sebab, Anda tak perlu mendatangi kantor cabang Raksa terdekat sekalipun. Dengan agen asuransi yang mencapai ratusan ribu, cukup mudah bagi Anda membeli asuransi Raksa melalui mereka.

Atau, jika ingin lebih berimbang, Anda dapat membeli asuransi Raksa secara online melalui situs agregator semacam Lifepal. Melalui marketplace asuransi online Lifepal.co.id, Anda tidak hanya dapat membandingkan produk asuransi Raksa saja, tetapi juga dari perusahaan lain. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan proteksi terbaik sesuai kebutuhan dengan premi paling ringan pula.

Ada beberapa kanal pembayaran yang disediakan oleh Asuransi Raksa, di antaranya adalah sebagai berikut ini:

  • Transfer melalui Bank Mandiri
  • Transfer melalui BCA
  • Pembayaran menggunakan kartu kredit.

Cara pembayaran asuransi Raksa harus menyertakan nomor polis, nomor nota debit/kredit dalam setiap pembayaran. Pembayaran dapat dilakukan dengan mata uang asing dengan nomor rekening yang berbeda.

  • Rekening Bank Mandiri (1) A/C No.: 103.00.7727613.3 (IDR)
  • Rekening Bank Mandiri (2) A/C No.: 103.00.9961087.1 (USD)
  • Rekening BCA A/C No.: 2613009833 (IDR)

Pembayaran dengan menggunakan kartu kredit dilakukan dengan cara menghubungi layanan pelanggan untuk dilakukan otorisasi kartu kredit atau langsung membayar di loket yang tersedia di kantor pusat Asuransi Raksa.

Pengajuan klaim untuk asuransi kendaraan pada dasarnya hanya dibutuhkan KTP dan mengisi Surat Permintaan Penutupan Asuransi (SPPA). Kemudian dapat mengikuti prosedur pengajuan klaim berikut ini:

  • Klaim diajukan paling lambat 5 hari setelah kejadian ke nomor 021-3859007 / 08 atau faksimile ke nomor 021-3859004/05/06 atau email ke [email protected]
  • Melengkapi dokumen yang dibutuhkan seperti laporan kronologis kejadian, fotokopi polis, sertifikat dan lampiran endorsement, fotokopi SIM pengemudi saat kejadian, STNK, KTP atau kartu identitas lainnya.
  • Jika terjadi kerugian total perlu melampirkan BPKB kendaraan, faktur pembelian, blanko kwitansi dan surat penyerahan hak milik yang sudah ditandatangani, KIR (opsional), surat keterangan dari POLDA, bukti pemblokiran kendaraan.
  • Setelah itu petugas akan menginformasikan langkah selanjutkan dan akan menghubungi jika ada dokumen yang masih harus dilengkapi. 

Prosedur pengajuan klaim asuransi kerugian secara umum, baik Raksa atau perusahaan lain, dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut ini:

  • Menginformasikan kepada perusahaan jika sudah terjadi kerusakan atau kerugian melalui layanan telepon yang tersedia.
  • Klaim tidak boleh lebih dari 12 hari sejak kejadian.
  • Melengkapi dokumen pendukung seperti formulir laporan klaim, fotokopi polis asuransi, berita acara dari kepolisian setempat atau dari surat kepala desa atau dari kepala kelurahan yang menjelaskan tentang kejadian sehingga menyebabkan kerugian/kerusakan.
  • Melengkapi keterangan-keterangan berupa bukti foto yang relevan dan pantas sesuai dengan permintaan dari penanggung.
  • Perusahaan akan mencairkan dana dalam waktu 30 hari kerja sejak ada kesepakatan tertulis antara peserta asuransi dengan perusahaan asuransi tentang jumlah ganti rugi.

Langkah mudah untuk berhenti membayarkan premi asuransi raksa adalah sebagai berikut ini:

  1. Siapkan kartu identitas dan nomor polis asuransi.
  2. Hubungi hotline di nomor (021) 3859007, 3859008 (hunting) atau layanan lainnya.
  3. Informasikan kepada layanan pelanggan bahwa Anda ingin berhenti membayarkan premi yang secara otomatis akan berhenti mendapatkan proteksi serta manfaat dalam polis asuransi.
  4. Petugas akan mencatat dan mengirimkan formulir untuk dilengkapi.
  5. Isi dan lengkapi formulir serta data-data yang diminta.
  6. Kirim formulir dan data yang diminta ke layanan pelanggan.
  7. Petugas akan menginformasikan jika ada dokumen yang masih harus dilengkapi.
  8. Tunggu proses penghentian asuransi dengan ketentuan antara 7-14 hari kerja.

Berikut ini adalah daftar bengkel rekanan Asuransi Raksa di Jabodetabek.

Jakarta Barat

  • B2M Motor Jl. Bojong Raya no. 124 Outer Ring Road Phone : 58304555 Fax : 58304666
  • Fajar Kencana Mandiri (Fajar Jaya Motor) Jl. Tubagus Angke no. 8 Phone : 5664437 Fax : 5677233
  • Fajar Kencana Mandiri (Fajar Jaya Motor)  Jl. Daan Mogot km. 13 no 21 Cengkareng Phone : 5410789 Fax : 5420808
  • JNS Jl. Hadiah no. 15 Daan Mogot Phone: 5659511 Fax: 5663476
  • Padi Mas Motor Jl. Hadiah 18, Jelambar, Daan Mogot Phone: 5640334 Fax: 5660433
  • Primatama Jl. Arjuna Selatan no. 1 Kebon Jeruk Phone: 5349983 Fax: 5349984
  • Putra Wijaya Motor Jl. Daan Mogot km. 14 no. 35 Cengkareng Phone : 54398226-27 Fax : 6196501
  • Carrisma Jl. Outer Ring Road no. 38, Rawa Buaya Phone : 5820397/98 Fax : 5820327
  • Lido Jaya Motor Jl. H. Saaba Raya, no. 2, Meruya Selatan Phone: 58903858-9 Fax: 58902862
  • Chung Service Jl. Duri TSS No. 54-56 Jembatan Lima Phone: 6313255 Fax: 6313254

Jakarta Timur

  • Metro 77 Jl. Jend Basuki Rachmat no. 7A Phone: 8631551, 86608041 Fax: 8605372
  • Suryasakura Indah Motor Jl. Kalimalang no. 1, Jaktim, Phone: 8631334-35 Fax: 8606034
  • IRMC Jl. MT Haryono kav. 29-30, Jaktim Phone:8294830 Fax:8307462
  • PROCARE (FELIX AUTO SERVICE) Jl. DI Panjaitan Kav. 5, Jakarta Timur 13350 Phone:8190026 Fax:8570111   

Jakarta Selatan

  • KARYAKITA PUTRA SEJAHTERA Jl. Gunung Sahari no. 17 Phone: 6253378 Fax: 6253550

Jakarta Utara

  • Nova Motor Jl.Kelapa Gading Elok Utara III Blok FX II No. 17 Phone: 4508718 Fax: 45840866

Tangerang

  • Marga Jaya Jl. MH Thamrin no. 8, Cikokol, Tangerang Phone : 55753357-59 Fax : 55757266-67
  • Metro Auto Care Serpong Kav.Komersil IIIA no.3, Jl. Pahlawan Seribu Phone :5380696 Fax : 5380697  

Bogor

  • Inti Auto Jl. Raya Puncak Ciawi no. 6 Phone: (0251) 8249484 Fax: (0251) 8249485

Bekasi

  • Karya Indah Motor Jl. Siliwangi No. 20 Rawa Panjang Bekasi Phone: (0251) 8249484 Fax: (0251) 8249485.

Ada beberapa perusahaan lain yang menyediakan asuransi seperti Asuransi Raksa, di antaranya adalah:

  • Asuransi Allianz Utama
  • Asuransi Astra Buana
  • Asuransi AXA Mandiri
  • Asuransi BCA Umum
  • Asuransi Harta
  • Asuransi Mega Insurance
  • Asuransi Raksa
  • Asuransi Takaful Umum
  • Asuransi Tokio Marine Umum
  • Asuransi Tugu
  • Asuransi Zurich Insurance

Apa Kata Mereka Tentang Kami

qudratullah Akim
qudratullah Akim
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
Pusaka Ayudiguna
Pusaka Ayudiguna
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
Tri Aprilistiyani
Tri Aprilistiyani
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
didik setyadi
didik setyadi
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0

Mereka yang Sudah Percaya pada Lifepal

Client Lifepal
Client Lifepal