Reasuransi Tugure

3.0 / 5.0 (5.679 Ulasan)
Diskon Terbaik
500+ Pilihan
Bantuan Klaim
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Cicilan 0%Hemat 25%
 

Reasuransi Tugure

PT Tugu Reasuransi Indonesia atau Tugure adalah perusahaan reasuransi yang didirikan pada tanggal 2 April 1987 dengan nama PT Tugu Jasatama Reasuransi Indonesia. Sebagai informasi, reasuransi adalah perusahaan yang memberikan jaminan terhadap risiko klaim yang didapat oleh perusahaan asuransi.

Tugure menawarkan produk reasuransi treaty, reasuransi non-marine, reasuransi life, dan reasuransi marine. Keunggulan dari brand ini adalah pada pertanggungan produk beragam, yaitu menanggung risiko klaim lebih dari 60 jenis asuransi.

Ringkasan

  • (+) Menawarkan pertanggungan produk yang luas, yaitu asuransi treaty, asuransi non marine, asuransi jiwa, dan asuransi marine.
  • (+) Perusahaan reasuransi Tugure sudah melayani nasabah selama puluhan tahun.  Hal ini membuktikan bawa perusahaan sudah berpengalaman dalam layanan reasuransi.

Sejarah Tugu Re

Pada awal didirikan, Tugure hanya melayani kebutuhan reasuransi grup Tugu, sebuah grup perusahaan dari Pertamina. Namun, seiring dengan perkembangan industri yang pesat, perusahaan memperluas cakupan pasar untuk melayani sektor-sektor lain.

Pada tahun 1999, perusahaan mengubah namanya menjadi PT Tugu Reasuransi Indonesia. Lima tahun kemudian, perusahaan ditunjuk menjadi pelopor utama kerja sama reasuransi di negara-negara ASEAN.

Tugure menghadirkan produk reasuransi umum dan reasuransi jiwa, di antaranya Reasuransi Treaty, Reasuransi Non-Marine, Reasuransi Life, dan Reasuransi Marine & Aviation.

PT Tugu Reasuransi terdaftar di Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI). Tugure juga memiliki izin usaha di bidang reasuransi berdasarkan Menteri Keuangan Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Moneter Dalam Negeri melalui Surat Keputusannya No.5270/MD/1987 tanggal 18 Agustus 1987.

Tugure telah meraih berbagai penghargaan bergengsi, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Di Indonesia, prestasi dan penghargaan yang ditorehkan oleh Tugure, antara lain:

  • 2018: Warta Ekonomi Indonesia PR Corporate Award.
  • 2018: Media Asuransi Asuransi Award - Second Best Reinsurance 2018.
  • 2016: Apparindo Awards - The Best Reinsurance 2016.
Rasio solvabilitas perusahaan asuransi di Indonesia wajib memenuhi standardisasi keuangan yang telah ditentukan di dalam Peraturan Jasa Otoritas Keuangan (Nomor 71 dan 72 /POJK.05/2016). Ketentuan mengenai rasio solvabilitas adalah minimal 120 persen, ekuitas minimal Rp100 miliar untuk perusahaan asuransi dan minimal Rp200 miliar untuk reasuransi, dan perusahaan asuransi dikategorikan baik apabila minimal asetnya minimal Rp150 miliar.

Rasio solvabilitas adalah kemampuan perusahaan asuransi bersangkutan dalam memenuhi kewajiban terhadap nasabahnya. Kewajiban ini dapat diartikan sebagai kesanggupan memenuhi pertanggungan klaim asuransi yang diajukan oleh seluruh nasabah aktifnya.

Mengacu kepada laporan keuangan 2018, PT Tugu Reasuransi Indonesia. membuktikan performa kinerja finansialnya sebagai berikut.

  • Rasio solvabilitas: 152,07 persen.
  • Jumlah aset: Rp3,393 triliun.
  • Jumlah ekuitas: Rp942,249 miliar.

Dari data keuangan tersebut dapat disimpulkan bahwa dari segala aspek yang dijadikan indikator penentu kualitas keuangan perusahaan, PT Tugu Reasuransi Indonesia termasuk perusahaan reasuransi dengan kondisi finansial yang sehat. Kondisi finansial yang kuat akan memberikan jaminan kepada kualitas produk dan pemenuhan kebutuhan klaim nasabah hingga tuntas.

 
 

Daftar Produk Reasuransi Tugure

Dilansir dari laman produk pada situs resmi asuransi tugure.co.id, berikut beberapa pilihan kategori produk resuransi yang disediakan oleh PT Tugu Reasuransi Indonesia.

Reasuransi Treaty

Reasuransi treaty dari Tugure memberikan proteksi untuk perusahaan asuransi yang menerbitkan asuransi penjaminan. Produk yang bisa dilindungi oleh reasuransi ini di antaranya:

  • Asuransi Kebakaran
  • Property All Risk
  • Land and Rigs Insurance
  • Contractor All Risk dan Erection All Risk
  • Contractor Plant and Machinery Insurance
  • Civil Engineering Completed Risk Insurance
  • Machinery Breakdown
  • Electronic Equipment Insurance
  • Theft, Burglary Insurance atau Asuransi Kebongkaran
  • Good in Transit Insurance

Reasuransi Non Marine

Reasuransi non marine dari Tugure mencakup proteksi terhadap risiko klaim atas beberapa produk asuransi umum berikut ini:

  • Asuransi Kebakaran: Fire/ Property All Risk/ Industrial All Risk, Earthquake, Volcanic Eruption, Tsunami, Business Interruption, Plantation, Terrorism & Sabotage
  • Asuransi Energi: Oil & Gas (Offshore/ Onshore), Power Plants, Fertilizers
  • Asuransi Proyek: Construction All Risk (CAR), Erection All Risk (EAR), Civil Engineering Compeleted Risk (CECR), Electrical Equipment Insurance (EEI), Contractors Plant & Machinery (CPM), Heavy Equipment (HE), Personal Accident (PA)
  • Asuransi Kendaraan Bermotor
  • Asuransi Liabilitas: Comprehensive General Liability (CGL), Public Liability (PL), Employers Liability, Automobile Liability, Product Liability, Directors & Officers Liability (DNO), Professional Indemnity (PI)
  • Asuransi Aneka: Hole In One, Money Insurance (CIS/ CIT/ Cash in ATM/ FG), Neon Sign/ Billboard, Moveable All Risk

Reasuransi Life

Tugure juga menawarkan reasuransi untuk produk asuransi jiwa yang terdiri dari:

Reasuransi Marine

Asuransi Marine dari Tugure menawarkan proteksi terhadap risiko klaim dari asuransi berikut:

  • Asuransi Marine Hull: Hull & Machinery, Builder’s Risk, Terminal Operator’s Liability, Ship Repairers’ Liability
  • Asuransi Marine Cargo: Cargo in Transit, Cargo Liability, Project Cargo, Stock Throughput
  • Asuransi Penerbangan: Aircraft Hull & Liability, UAV / Drone, Aviation Liability, Crew Personal Accident and Loss of License, Satellite in Orbit and Launch
 

Daftar Polis Reasuransi Tugure

Indonesia Re menghadirkan berbagai produk asuransi, mulai dari reasuransi jiwa hingga reasuransi umum. Berikut pilihan polis reasuransi Indonesia Re yang bisa dipertimbangkan.

Reasuransi Treaty Tugure

Treaty

Produk reasuransi yang memberikan penjaminan apabila nasabah menghadapi beban klaim tertentu dari asuransi proyek konstruksi.

Reasuransi Non-Marine Tugure

Non-Marine

Produk reasuransi yang memberikan penjaminan apabila nasabah menghadapi beban klaim tertentu dari asuransi umum.

Reasuransi Life Tugure

Life

Produk reasuransi yang memberikan penjaminan apabila nasabah menghadapi beban klaim tertentu dari asuransi jiwa.

Reasuransi Marine & Aviation Tugure

Marine & Aviation

Produk reasuransi yang memberikan penjaminan apabila nasabah menghadapi beban klaim tertentu dari asuransi marine & aviation.

 

Berita Terbaru Tugu Re

Maret 2020 - PT Tugu Reasuransi Indonesia berencana anak membidik instrumen investasi emas dalam menghadapi pandemi Corona virus di tahun 2020 ini. Usaha ini bertujuan untuk menjaga kualitas investasi perusahaan agar tetap sehat. Pasalnya, emas dianggap instrumen yang aman di tengah ketidakpastian ekonomi saat ini. Namun tantangan dalam mengelola portofolio ini adalah, bagaimana menyimpannya jika membeli emas dalam jumlah besar.

Saat ini, instrumen investasi Tugu Reasuransi masih didominasi oleh surat utang negara. Beberapa aset investasi juga ditempatkan di instrumen jangka menengah medium term notes (MTN).

Sepanjang tahun 2019, Tugure membukukan premi menjadi Rp3,06 triliun, sangat bertumbuh dari tahun 2018 yang hanya sebesar Rp2,3 triliun, Tingginya asuransi pada sektor perumahan menjadi salah satu faktor penunjang peningkatan tersebut. Selain itu, kredit pada industri keuangan juga bertumbuh.

Tugure juga mencatatkan aset Rp4,73 pada kuartal 3 tahun 2019 dengan ekuitas Rp1,35 triliun dan rasio solvabilitas 231 persen. Sementara itu, dana pendapatan investasi yang dihimpun mencapai Rp80 miliar.

Januari 2020 - Direktur Data Indonesia Herry Gunawan mengatakan kisruh keuangan yang melanda PT Asuransi Jiwasraya (Persero) sangat mungkin memberikan dampak sistemik bagi lembaga jasa keuangan lain di Indonesia. Tugu Re menjadi salah satu perusahaan reasuransi yang terkena dampak karena menempatkan dana Jiwasraya sebesar 24,17 persen.

Oktober 2019 - PT Tugu Reasuransi Indonesia membayar klaim dari tiga perusahaan nasabahnya. Pertama adalah klaim reasuransi PT Simas Reinsurance Broker (Simas Re) untuk klaim Business Interruption Pulp & Paper Factory dengan nominal USD7,3 juta.

Kedua adalah klaim untuk Tugu Insurance untuk klaim Marine Hull sebesar USD6,8 juta. Ketiga, pembayaran klaim asuransi kepada PT Reasuransi Maipark Indonesia (Maipark) untuk klaim Gempa Lombok dan Palu sebesar Rp17,99 miliar.

Februari 2019- Fitch Ratings Indonesia, sebuah lembaga pemeringkat, menggolongkan National Insurer Financial Strength (IFS) PT Tugu Reasuransi Indonesia (Tugure) pada kategori A+ dengan outlook stabil.

Peringkat tersebut menunjukkan kemampuan Tugure yang kuat dalam memenuhi kewajiban (klaim) pada pemegang polis. Namun, kondisi ekonomi dapat mempengaruhi hal tersebut.

Namun, tingkat kapitalisasi perusahaan relatif lemah dengan profil bisnis yang kecil dan risiko investasi moderat. Pada tahun 2018, Tugure memegang 12 persen dari total premi bruto perusahaan reasuransi lokal.

Peringkat tersebut juga mempertimbangkan turunnya keuntungan bisnis Tugure. Pada tahun 2018, Tugure mencatat kerugian hasil investasi karena adanya gagal bayar obligasi. Makanya, Tugure menyusun profil risiko investasi dengan lebih hati-hati pada tahun 2019.

Terlepas dari fakta tersebut, portofolio investasi Tugure pada tahun 2018 likuid dengan efek pendapatan tetap, kas, serta deposito yang menyumbang lebih dari 80 persen aset investasi. Tugure juga dianggap memiliki manajemen risiko bencana yang baik, khususnya di Indonesia yang rawan terjadi bencana.

Tugure tetap perlu meningkatkan modal supaya bisa menjaga ekspansi bisnis agar tetap stabil. Perusahaan juga perlu memastikan modal penyangga cukup untuk memproteksi perusahaan dari kerugian.

Mei 2018 - Tugu Pratama, induk usaha dari PT Tugu Reasuransi Indonesia (Tugure) menyuntikkan dana sebesar Rp200 miliar ke anak perusahaannya tersebut. Hal ini dilakukan dengan tujaun memperkuat bisnis di bidang reasuransi.

Dana tersebut didapatkan dari hasil Initial Public Offering (IPO) pada akhir Mei 2018 dengan porsi 30 persen untuk Tugu Reasuransi dan sisanya untuk Tugu Pratama.

 

Simak ulasan pertanggungan, premi, cara klaim, layanan nasabah, dan rekanan. Informasi berikut disadur dari situs resmi tugure.co.id sebagai pertimbangan untuk memilih reasuransi Tugure.

Indonesia Re menghadirkan berbagai produk asuransi, mulai dari reasuransi jiwa hingga reasuransi umum.

Berikut pilihan polis reasuransi Indonesia Re yang bisa dipertimbangkan.

Reasuransi Treaty Tugure

  • Treaty: Produk reasuransi yang memberikan penjaminan apabila nasabah menghadapi beban klaim tertentu dari asuransi proyek konstruksi.

Reasuransi Non-Marine Tugure

  • Non-Marine: Produk reasuransi yang memberikan penjaminan apabila nasabah menghadapi beban klaim tertentu dari asuransi umum.

Reasuransi Life Tugure

  • Life: Produk reasuransi yang memberikan penjaminan apabila nasabah menghadapi beban klaim tertentu dari asuransi jiwa.

Reasuransi Marine & Aviation Tugure

  • Marine & Aviation: Produk reasuransi yang memberikan penjaminan apabila nasabah menghadapi beban klaim tertentu dari asuransi marine & aviation.

Cari tahu premi reasuransi Tugu Re dengan cara mengakses laman produk di situs resmi perusahaan.

Pada umumnya, premi reasuransi dipengaruhi oleh berbagai faktor berikut:

  • Total uang pertanggungan pada produk asuransi yang dijamin.
  • Waktu pengembalian uang pertanggungan.
  • Hal-hal yang menimbulkan klaim terhadap uang pertanggungan tersebut. 

Pembayaran premi reasuransi Tugu Re bergantung pada ketentuan pada polis reauransi. Sila menghubungi call center Tugu Re. Atau, perhatikan informasi panduan pembayaran premi pada polis.

Untuk mendapatkan informasi seputar cara klaim reasuransi Tugu Re, hubungi call center (021) 2131 40267 atau melalui email [email protected]

Layanan nasabah atau call center Tugure dapat dicapai dengan berbagai media. Adapun informasi lebih jelas mengenai produk, klaim Tugure, dan sebagainya, silakan menghubungi kontak berikut.

  • Customer Care Centre: Gedung Tugure, Jalan K.H. Wahid Hasyim Nomor 4-4a, lt. 3-6 Menteng, Jakarta 10340 – Indonesia.
  • Tugure Call Center: (021) 213140267.
  • Email: [email protected]
  • Faksimile: (021) 213921769.
  • Situs resmi: www.tugure.id.

Alamat Gedung Kantor Pusat Tugure

Gedung Tugure

Jalan K.H Wahid Hasyim Nomor 4-4a, lantai 3-6 Menteng, Jakarta 10340 – Indonesia.

Telepon: (021) 213140267.

Email: [email protected]

Faksimile: (021) 213921769.

Website: www.tugure.id.

Alamat Gedung Kantor Cabang Tugure

Alamat gedung kantor cabang Tugure tidak tercantum dalam situs web resmi perusahaan. Untuk mendapatkan informasi ini, silakan menghubungi nomor telepon kantor pusat Tugure.

Ada beberapa perusahaan lain yang menyediakan reasuransi seperti Tugure, di antaranya adalah:

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • https://tugure.co.id/
  • https://www.tagar.id/jiwasraya-berpotensi-sistemik-karena-ada-ini/
Penulis Nisrina Salma Alifah Jurnalis bisnis yang sedang bergelut di dunia asuransi. Hidup untuk belajar dan berbahasa. Lihat profile penulis